Affiliate Marketing: Pengertian dan Tips Sukses Menjalankannya

afiliasi marketing

Saat ini ada berbagai cara mudah untuk mendapatkan uang dari internet, salah satunya adalah dengan affiliate marketing. Affialiate marketing ini akan memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk mendapatkan uang dari internet dengan cara ikut serta mempromosikan suatu produk.

Lalu bagaimana cara kerja affiliate marketing ini hingga bisa membuat seseorang bisa mendapatkan uang dari internet. Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

Apa Itu Affiliate Marketing?

affiliate marketing

Bekerja selalu diidentikan dengan berangkat pagi pukul 08.00 dan pulang pukul 17.00 dan baik berangkat atau pulang selalu dihadapkan dengan lalu lintas yang padat. Belum lagi tambahan pekerjaan yang harus dibawa pulang.

Terdengar mengerikan, bukan?

Bagaimana jika, alih-alih berurusan dengan rutinitas pekerjaan dari pagi hingga sore dan harus berhadapan dengan kemacetan, Kawan Kledo mencoba cara mendapatkan uang, dari mana saja dan kapan saja — bahkan saat tidur?

Itulah konsep di balik pemasaran afiliasi.

Pemasaran afiliasi merupakan taktik pemasaran yang dilakukan untuk meningkatkan penjualan dan menghasilkan pendapatan online secara signifikan. Pemasaran ini akan memberikan manfaat bagi produk atau bisnis dan juga pemasar afiliasi, bagi pemilik bisnis akan mendapatkan pelanggan baru dan pemasar afiliasi akan mendapatkan komisi.

Pemasaran afiliasi ini akan membuat pemasar afiliasi mendapatkan komisi untuk memasarkan produk orang atau perusahaan lain. Afiliasi bekerja dengan cara mencari produk yang mereka sukai, kemudian mempromosikan produk itu dan akan mendapatkan sebagian keuntungan dari setiap penjualan yang berhasil mereka lakukan.

Penjualan ini dilacak melalui tautan afiliasi dari satu situs web ke situs lainnya.

Baca Juga: Mendapatkan Uang dari Internet dengan 10 Cara Ini, Berani Coba?

Cara Memulai Affiliate Marketing

Pemasaran afiliasi bekerja dengan cara memberikan link pembelian produk dan jika ada yang membelinya, Kawan Kledo yang memasang link tersebut akan mendapatkan komisi. dalam pemasaran afiliasi ini, ada tiga pihak yang berbeda terlibat, yakni:

  • Penjual dan pencipta produk
  • Afiliasi atau pengiklan
  • Konsumen

Untuk lebih jelasnya, berikut cara kerja pemasaran afiliasi yang melibatkan tiga pihak ini:

1. Penjual dan Produsen

Penjual, baik itu pengusaha tunggal atau perusahaan besar adalah vendor, pedagang, produsen, atau pengecer produk ke pasar. Produk tersebut dapat berupa benda fisik, seperti barang-barang rumah tangga, atau ataupun berupa jasa.

Dalam affiliate marketing ini penjual tidak perlu secara aktif terlibat dalam pemasaran, tetapi mereka juga dapat menjadi pengiklan dan mendapat untung dari bagi hasil yang terkait dengan pemasaran afiliasi.

Misalnya, penjual bisa menjadi pedagang online yang memulai bisnis dropshipping dan ingin menjangkau audiens baru dengan membayar situs web afiliasi untuk mempromosikan produk mereka. Atau bisa juga penjual menjadi perusahaan SaaS yang memanfaatkan afiliasi untuk membantu menjual perangkat lunak pemasaran mereka.

2. Afiliasi atau Penerbit

Juga dikenal sebagai penerbit, afiliasi dapat berupa individu atau perusahaan yang memasarkan produk dengan cara yang menarik bagi calon konsumen. Dengan kata lain, afiliasi mempromosikan produk untuk meyakinkan konsumen bahwa produk itu berharga atau bermanfaat bagi mereka dan meyakinkan mereka untuk membeli produk tersebut.

Jika konsumen pada akhirnya membeli produk, afiliasi menerima sebagian dari pendapatan yang dihasilkan.

Afiliasi biasanya memiliki audiens yang sangat spesifik, umumnya mengikuti minat audiens tersebut. Ini menciptakan target konsumen tertentu yang akan membantu afiliasi menarik konsumen yang kemungkinan besar akan membeli produk yang dipromosikan.

3. Konsumen

Konsumen merupaka pendorong pemasaran afiliasi. Afiliasi akan membagikan produk ini dengan di media sosial, blog, dan situs web yang mereka miliki.

Ketika konsumen membeli produk, penjual dan afiliasi akanberbagi keuntungan. Terkadang ada afiliasi yang memilih untuk terbuka dengan konsumen dan mengungkapkan bahwa mereka menerima komisi untuk penjualan yang mereka lakukan.

Ada juga konsumen yang sama sekali tidak menyadari infrastruktur pemasaran afiliasi di balik pembelian mereka. Konsumen akan menyelesaikan proses pembelian dan menerima produk seperti biasa, tidak terpengaruh oleh sistem pemasaran afiliasi yang membawanya membeli produk tersebut.

Keuntungan Affiliate Marketing

affiliate marketing

Melalui affiliate marketing ini, ada beberapa keuntungan yang bisa Kawan Kledo dapatkan, apa saja?

1. Penghasilan Pasif

Sementara pekerjaan “biasa” mengharuskan Kawan Kledo bekerja untuk menghasilkan uang, pemasaran afiliasi menawarkan kemampuan untuk menghasilkan uang bahkan saat Kawan Kledo sedang tidur. Dengan menginvestasikan sejumlah waktu awal ke dalam kampanye, Kawan Kledo dapat melihat pengembalian berkelanjutan saat konsumen membeli produk selama hari dan minggu berikutnya.

Kawan Kledo akan menerima penghasilan untuk pekerjaan afiliasi ini setelah Kawan Kledo menyelesaikannya. Bahkan ketika Kawan Kledo tidak di depan komputer, keterampilan pemasaran yang Kawan Kledo akan memberi Kawan Kledo pendapatan yang stabil.

2. Tidak Diperlukan Kepuasan Pelanggan

Penjual individu dan perusahaan yang menawarkan produk atau jasa harus berurusan dengan konsumen dan memastikan mereka puas dengan apa yang telah mereka beli.

Berkat struktur pemasaran afiliasi, Kawan Kledo tidak perlu khawatir dengan dukungan pelanggan atau kepuasan pelanggan. Seluruh tugas pemasar afiliasi adalah menghubungkan penjual dengan konsumen. Penjual yang akan menangani keluhan konsumen setelah Kawan Kledo menerima komisi dari penjualan.

3. Bisa Bekerja dari Rumah

Jika Kawan Kledo adalah seseorang yang tidak suka pergi ke kantor, pemasaran afiliasi adalah solusi yang tepat. Kawan Kledo dapat meluncurkan kampanye dan menerima pendapatan dari produk yang ditawarkan.

Untuk melakukan pekerjaan ini Kawan Kledo bisa melakukannya dari dalam rumah. Bahkan Kawan Kledo bisa melakukannya sembari rebahan atau hanya mengenakan baju tidur.

4. Hemat Biaya

Sebagian besar bisnis memerlukan modal awal serta arus kas untuk membiayai produk yang dijual. Namun, pemasaran afiliasi dapat dilakukan dengan biaya rendah, artinya Kawan Kledo dapat memulai dengan cepat dan tanpa banyak kesulitan.

Tidak ada biaya program afiliasi yang perlu dikhawatirkan dan Kawan Kledo juga tidak perlu membuat produk. Memulai pekerjaan ini sangatlah mudah.

5. Lebih Nyaman dan Fleksibel

Karena Kawan Kledo pada dasarnya menjadi pekerja lepas, Kawan Kledo akan mendapatkan kemandirian tertinggi dalam menetapkan tujuan Anda sendiri, mengarahkan kembali ketika Kawan Kledo merasa sangat ingin, memilih produk yang Kawan Kledo minati, dan bahkan menentukan jam kerja sendiri.

Kemudahan ini membuat Kawan Kledo dapat mendiversifikasi portofolio jika Kawan Kledo suka atau hanya fokus pada kampanye yang sederhana dan mudah. Kawan Kledo juga akan terbebas dari batasan dan peraturan perusahaan serta tim yang berkinerja buruk.

6. Pendapatan sesuai Kinerja

Dengan pekerjaan lain, Kawan Kledo bisa bekerja 80 jam seminggu dan tetap mendapatkan gaji yang sama. Tentunya ini berbeda dengan pemasaran afiliasi dimana dinilai berdasarkan kinerja Anda.

Kawan Kledo akan mendapatkan darinya apa yang Kawan Kledo hasilkan ke dalamnya. Semakin banyak pekerjaan yang berhasil Kawan Kledo lakukan, maka pendapatan yang Kawan Kledo peroleh juga akan semakin besar.

Strategi Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan metode cepat dan murah untuk menghasilkan uang tanpa repot menjual produk, pemasaran afiliasi memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang ingin meningkatkan penghasilan secara online. Tapi bagaimana cara afiliasi dibayar setelah menghubungkan penjual ke konsumen?

Berikut beberapa cara afiliasi dibayarkan:

1. Affiliate Marketing Per penjualan

Afiliasi per penjualan merupakan struktur pemasaran afiliasi standar. Dalam program ini, pemilik bisnis membayar afiliasi persentase dari harga jual produk setelah konsumen membeli produk. Dengan kata lain, afiliasi ini harus membuat investor berinvestasi dalam produk sebelum mereka diberi kompensasi.

2. Affiliate Marketing Per Lead

Afiliasi per lead menjadi strategi afiliasi yang lebih kompleks yang akan mengkompensasi afiliasi berdasarkan konversi prospek. Pelaku afiliasi harus membujuk konsumen untuk mengunjungi situs web pemilik bisnis dan menyelesaikan tindakan yang diinginkan — apakah itu mengisi formulir kontak, mendaftar untuk uji coba suatu produk, berlangganan buletin, atau mengunduh perangkat lunak atau file.

3. Affiliate Marketing Per Klik

Strategi afiliasi ini ini berfokus pada pemberian insentif kepada afiliasi untuk mengarahkan konsumen dari platform pemasaran mereka ke situs web merchant. Ini berarti afiliasi harus melibatkan konsumen pindah dari situs afiliasi ke situs pedagang. Afiliasi jenis ini dibayar berdasarkan peningkatan trafik web.

Jenis Affiliate Marketing

Ada beberapa jenis affiliate marketing yang biasanya digunakan oleh sebuah perusahaan, apa saja?

1. Influencer

Influencer merupakan individu yang memegang kekuasaan untuk mempengaruhi keputusan pembelian dari sebuah segmen pasar yang besar. Influencer ini memiliki posisi yang bagus untuk mendapatkan keuntungan dari pemasaran afiliasi.

Mereka memiliki pengikut yang mengesankan, sehingga mudah bagi mereka untuk mengarahkan konsumen ke produk penjual melalui posting media sosial, blog, dan interaksi lainnya dengan pengikut mereka. Influencer kemudian menerima bagian dari keuntungan yang didapat brand yang dipromosikan.

Kampanye pemasaran influencer sangat populer di Instagram di mana suatu brand bermitra dengan influencer akan dipandang sebagai brand yang berkualitas. Bergantung pada kesepakatan, kampanye dapat terdiri dari serangkaian ulasan produk dengan foto, pengambilalihan akun, ataupun live video.

2. Blogger

Dengan kemampuan untuk menentukan peringkat secara organik dalam mesin pencari, blogger dapat menjadi salah satu cara meningkatkan konversi penjual. Blogger akan mengambil sampel produk dan menulis ulasan yang mempromosikan brand dengan cara yang menarik, mengarahkan pengunjung ke situs penjual.

Blogger akan diberikan penghargaan atas pengaruhnya menyebarkan berita tentang nilai produk, membantu meningkatkan penjualan penjual. Misalnya, terdapat artikel tentang perangkat lunak pemasaran email terbaik terdapat ulasan produk dan tautan untuk afiliasi.

3. Website Mikro

Mengembangkan dan memonetisasi situs mikro juga dapat menghasilkan jumlah penjualan yang baik. Situs-situs ini dapat diiklankan di dalam situs mitra atau pada daftar sponsor dari mesin pencari.

Mereka berbeda dan terpisah dari situs utama organisasi. Dengan menawarkan konten yang lebih fokus dan relevan kepada audiens tertentu, situs mikro akan menghasilkan peningkatan konversi karena ajakan bertindak yang sederhana dan lebih lugas.

4. Email

Meskipun asal-usulnya lebih tua, pemasaran email masih menjadi sumber pendapatan pemasaran afiliasi yang layak. Beberapa afiliasi memiliki daftar email yang dapat mereka gunakan untuk mempromosikan suatu produk.

Beberapa orang memanfaatkan email yang menyertakan hyperlink ke produk dan mendapatkan komisi setelah konsumen membeli produk. Metode lain adalah afiliasi untuk membangun daftar email dari waktu ke waktu.

Mereka menggunakan berbagai kampanye untuk mengumpulkan email secara massal, kemudian mengirimkan email mengenai produk yang mereka promosikan.

5. Website Media Besar

Dirancang untuk menciptakan trafik dalam jumlah besar setiap saat, situs-situs ini berfokus untuk membangun jutaan pemirsa. Situs web ini mempromosikan produk ke audiens yang lebih besar melalui penggunaan spanduk dan tautan afiliasi kontekstual.

Metode ini menawarkan hasil yang unggul dan dapat meningkatkan konversi, sekaligus menghasilkan pendapatan terbaik bagi penjual dan afiliator.

Tips Sukses Affiliate Marketing

marketing afiliasi

Berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk sukses pemasaran afiliasi:

1. Perluas Relasi

Saat memulai karir pemasaran pemasar afiliasi, Kawan Kledo pasti ingin mengembangkan audiens dengan minat yang spesifik. Ini dapat dilakukan dengan cara menyesuaikan kampanye afiliasi dengan suatu niche, sehingga dapat meningkatkan konversi.

Dengan menetapkan Kawan Kledo sebagai ahli dalam satu bidang alih-alih mempromosikan beragam produk, Kawan Kledo dapat memasarkan ke orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk tersebut.

2. Pilih Produk Affiliate Marketing yang Diminati

Tidak ada kekurangan produk yang dapat Kawan Kledo promosikan. Kawan Kledo memiliki kemampuan untuk memilih produk yang diyakini secara pribadi, jadi pastikan kampanye berpusat pada produk yang akan dinikmati konsumen.

Kawan Kledo bisa menjadi sangat baik dalam menjangkau email untuk bekerja dengan blogger dan influencer lain. Bergabung dengan komunitas di media sosial untuk mengumpulkan informasi kontak dan mengirim email yang dipersonalisasi untuk mengumpulkan blog tamu dan peluang afiliasi.

3. Tinjau Produk dan Layanan

Fokuslah meninjau produk dan layanan yang termasuk dalam niche Kawan Kledo. Kemudian, dengan memanfaatkan hubungan yang telah dibuat dengan audiens, beri tahu mereka manfaat dari membeli produk atau layanan yang Kawan Kledo promosikan.

Hampir semua barang yang dijual secara online dapat ditinjau jika ada program afiliasi, mulai dari produk fisik, perangkat lunak digital, atau bahkan layanan yang dipesan secara online, seperti berbagi perjalanan atau pemesanan resor perjalanan.

Sangat efektif untuk membandingkan produk ini dengan produk lain dalam kategori yang sama. Yang terpenting, pastikan Kawan Kledo menghasilkan konten yang terperinci dan jelas untuk meningkatkan konversi.

4. Pelajari Beberapa Sumber Affiliate Marketing

Alih-alih hanya berfokus pada kampanye email, luangkan waktu juga untuk menghasilkan uang dengan blog, menjangkau audiens Kawan Kledo di media sosial, dan bahkan mencari promosi-promosi lainnya.

Uji berbagai strategi pemasaran untuk melihat mana yang paling ditanggapi oleh pemirsa Kawan Kledo. Sering-seringlah menggunakan teknik ini.

5. Pilih Produk Affiliate Marketing Terbaik

Tidak peduli seberapa bagus keterampilan pemasaran yang Kawan Kledo miliki, Kawan Kledo akan menghasilkan lebih sedikit uang untuk produk yang buruk dibandingkan produk yang baik. Ambil waktu untuk mempelajari permintaan suatu produk sebelum Kawan Kledo mempromosikannya.

Pastikan untuk meneliti brand dengan hati-hati sebelum bekerja sama. Waktu yang Kawan Kledo sangat berharga, pastikan Kawan Kledo memilih produk yang menguntungkan dan brand terpercaya.

6. Tetap Ikuti Tren Affiliate Marketing

Ada persaingan yang besar di bidang pemasaran afiliasi. Kawan Kledo harus memastikan tetap mengikuti tren baru agar tetap kompetitif. Selain itu, Kawan Kledo dapat memperoleh manfaat dari setidaknya beberapa teknik pemasaran baru.

Pastikan Kawan Kledo terus mengikuti semua strategi baru ini untuk meningkatkan konversi, dan mendapatkan penghasilan sebesar mungkin.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai pengertian affiliate marketing dan tips sukses menjalankannya. Affiliate marketing merupakan cara mendapatkan uang dari internet yang sesuatu perkembangan teknlogi saat ini, jadi wajib untuk Kawan Kledo coba.

Jangan lupa untuk gunakan software akuntansi Kledo untuk mengelola keuangan yang Kawan Kledo dapatkan dari affiliate marketing ini. Kledo merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan.

Banner 3 kledo
Desi Murniati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one + 18 =