BOPO Adalah: Cek Pengertian dan Cara Hitungnya Disini

bopo adalah

BOPO adalah perhitungan biaya operasional terhadap pendapatan operasional. Metrik ini sangat penting dalam menjalankan bisnis. Ketika sebuah perusahaan ingin menentukan kesehatan keuangannya saat ini, mungkin menggunakan rumus dan perhitungan yang berbeda untuk mengukur kinerjanya.

Salah satu metodenya adalah rasio biaya terhadap pendapatan, yang mengidentifikasi berapa banyak uang yang dihabiskan untuk beroperasi dan berapa banyak yang diperoleh dari pendapatan.

Jika Anda bertanggung jawab atas operasi keuangan perusahaan Anda, mengetahui metode estimasi ini dapat membantu Anda memperoleh pemahaman yang lebih kuat tentang kondisi ekonomi saat ini.

BOPO Adalah:

biaya operasional

BOPO merupakan singkatan dari biaya operasional pendapatan operasional. BOPO sendiri adalah rasio yang digunakan untuk menentukan proporsi antara biaya operasional dan pendapatan operasional.

Analisis rumus BOPO ini tidak hanya digunakan pada perusahaan. Namun, juga digunakan oleh bank untuk mengukur seberapa efisien kinerja mereka dalam mengelola dana nasabah.

Baca juga: Akuntansi Bisnis: Pengertian Lengkap dan Tugasnya

Fungsi Rasio BOPO bagi Bisnis

Rasio biaya operasional digunakan untuk menentukan seberapa efisien perusahaan menjalankan dan mengelola biaya. Perhitungan bertindak sebagai metode penilaian keuangan untuk menentukan kesehatan perusahaan dan dapat memungkinkan untuk analisis deret waktu.

Anda dapat membandingkan rasio Anda dengan rasio perusahaan lain dalam industri yang sama. Perbandingan ini dapat membantu Anda memutuskan apakah perusahaan memerlukan strategi pertumbuhan baru atau peningkatan kinerja.

Dengan menghitung kemampuan operasional suatu perusahaan secara berkala, Anda dapat membandingkan dan menilai apakah kinerja perusahaan tersebut lebih baik atau lebih buruk dari waktu ke waktu.

Rasio BOPO yang lebih rendah dapat menjadi pertanda baik dari efisiensi yang lebih tinggi, sementara rasio BOPO yang meningkat dari waktu ke waktu dapat menunjukkan peningkatan biaya dibandingkan dengan pendapatan yang dihasilkan.

Rumus Rasio BOPO

Rumus untuk menghitung rasio BOPO adalah:

Rasio BOPO = (beban operasi + harga pokok penjualan) / penjualan bersih = rasio operasi

Komponen dari rumus ini adalah:

Biaya Operasional

Biaya operasional adalah biaya yang dibutuhkan perusahaan untuk menjalankan bisnis. Ini melibatkan semua biaya kecuali pembayaran bunga dan pajak.

Organisasi juga tidak memasukkan biaya non-operasional seperti biaya nilai tukar, yang tidak terkait dengan aktivitas bisnis inti. Biaya operasional mungkin termasuk overhead, seperti penjualan umum dan biaya administrasi. Mereka dapat mencakup biaya hukum dan akuntansi, biaya perbankan, biaya pemasaran atau penjualan, upah atau gaji, dan biaya kantor.

Harga Pokok Penjualan

Harga pokok penjualan adalah biaya yang berhubungan langsung dengan proses produksi. Beberapa organisasi mungkin lebih suka menambahkan harga pokok penjualan ke biaya operasional, tetapi beberapa mungkin memisahkannya.

Biaya produk langsung ini dapat mencakup bahan, tenaga kerja, perbaikan dan pemeliharaan mesin, serta upah dan tunjangan bagi karyawan produksi.

Penjualan Bersih

Penjualan bersih adalah total penjualan atau pendapatan seluruh perusahaan. Anda menghitung ini dengan mengambil total pendapatan dan menguranginya dengan biaya retur penjualan, potongan harga, dan diskon. Ini biasanya muncul di bagian atas laporan laba rugi sebagai total yang diperoleh perusahaan.

Mengapa Rasio BOPO Penting bagi Bisnis

Ada banyak alasan mengapa rasio ini penting untuk bisnis, seperti:

Kesederhanaan

Rasio BOPO adalah metrik yang sangat sederhana untuk ditentukan, artinya siapa pun dapat menggunakannya untuk tujuan bisnis mereka sendiri. Karena rumusnya mudah dipahami dan dihitung, Anda dapat sering menggunakannya untuk mendapatkan informasi penting instan tentang perusahaan Anda.

Kesehatan Keuangan

Rasio BOPO memungkinkan Anda untuk menilai kesehatan keuangan bisnis Anda saat ini. Anda juga dapat menggunakannya untuk membuat perkiraan perkiraan situasi keuangan masa depan Anda dengan kondisi yang tetap.

Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Ketika Anda memahami situasi keuangan bisnis Anda, Anda dapat membuat keputusan yang lebih tepat. Ini memastikan bahwa Anda lebih mungkin untuk menentukan cara terbaik untuk meningkatkan profitabilitas perusahaan Anda dan menemukan keseimbangan sempurna antara biaya operasional dan pendapatan.

Peningkatan Pemecahan Masalah

Setelah Anda menghitung rasio Anda, Anda mungkin menemukan bahwa hasilnya tidak menguntungkan bagi perusahaan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda kemudian dapat mengidentifikasi penyebab masalah tersebut dan membuat solusi untuk meningkatkan profitabilitas bisnis Anda dengan menurunkan biaya operasional tertentu.

Universal

Rasio pendapatan memiliki aplikasi universal, artinya bisnis besar dan kecil dapat menggunakannya. Seorang freelancer bahkan dapat menggunakan rasio untuk menentukan apakah keuntungan mereka sepadan dengan investasi mereka.

Penetapan Tujuan

Memahami kondisi ekonomi perusahaan Anda dapat membantu Anda menetapkan tujuan yang bermakna dan praktis untuk mencapai pertumbuhan keuangan dan profitabilitas.

Saat Anda menetapkan tujuan rasio biaya terhadap pendapatan, Anda dapat memilih tujuan untuk mengurangi biaya operasional di area tertentu atau tujuan untuk meningkatkan pendapatan.

Pengembangan Kebijakan

Memperkirakan kondisi keuangan dan masa depan bisnis Anda dapat membantu Anda mengembangkan kebijakan yang berarti. Anda dapat menerapkan kebijakan untuk membantu meningkatkan proses operasional Anda atau membuat perubahan struktural yang akan mendorong ekspansi keuangan yang positif.

Uji Kelayakan

Setelah menghitung rasio perusahaan saat ini, Anda juga dapat menentukan metrik kelayakan. Metrik ini menjelaskan kepraktisan usaha bisnis Anda dan apakah menguntungkan untuk dikejar.

Dapat Dilacak

Anda dapat menggunakan rasio ini di dalam perangkat lunak spreadsheet atau software akuntansi untuk membantu Anda melacak kemajuan perusahaan Anda. Perangkat lunak ini menggunakan formula yang secara otomatis memperbarui rasio Anda dan memungkinkan penilaian cepat untuk keputusan operasi bisnis.

Banner 1 kledo

Bagaimana Cara Menghitung Rasio BOPO

bopo adalah

Berikut adalah lima langkah untuk membantu Anda menghitung rasio BOPO:

1. Identifikasi dan Jumlahkan Biaya Operasional Anda

Langkah pertama untuk menghitung rasio Anda adalah mengidentifikasi semua biaya operasional perusahaan. Ada banyak pengeluaran yang mungkin harus Anda perhitungkan, seperti biaya administrasi, penggajian, pemeliharaan, perbaikan, perjalanan, pajak, dan anggaran pemasaran.

Kumpulkan setiap pengeluaran ini dan pastikan angka Anda akurat sehingga Anda dapat menghindari perkiraan yang tidak akurat. Setelah Anda memiliki biaya untuk setiap pengeluaran, hitung jumlahnya untuk mendapatkan total biaya operasional Anda.

Baca juga: Harta Lancar Adalah: Jenis, Contoh, Cara Hitung dan Jurnalnya

2. Identifikasi dan Jumlahkan Pengeluaran Keuangan Anda

Biaya keuangan adalah setiap pembayaran yang terkait dengan properti. Ini pada dasarnya adalah layanan utang Anda, seperti hipotek atau sewa sewa untuk ruang kantor atau bangunan Anda.

Untuk jenis pengeluaran ini, Anda biasanya membayar investor Anda secara bulanan atau triwulanan untuk jangka waktu tertentu. Verifikasi angka untuk setiap pengeluaran keuangan dan hitung total pengeluaran.

3. Identifikasi dan Jumlahkan Pendapatan Finansial Anda

Langkah selanjutnya adalah menentukan pendapatan finansial atau kotor Anda secara keseluruhan. Pendapatan kotor menunjukkan berapa banyak uang yang diperoleh perusahaan sebelum pemotongan, pengeluaran, dan pajak.

Jika Anda memiliki banyak sumber pendapatan dan aliran uang, pertama-tama pastikan akurasi numerik dari semua aliran pendapatan. Kemudian, tambahkan semua pendapatan bersama untuk menghitung total pendapatan finansial Anda.

Baca juga: Letter OF Intent (LOI): Pengertian, Komponen, dan Contohnya

4. Hitung Pendapatan Operasional Anda

Setelah Anda mengumpulkan total pendapatan finansial dan total pengeluaran finansial, hitung selisih antara kedua perkiraan tersebut. Hasil ini mewakili pendapatan operasional Anda, yang merupakan jumlah uang yang Anda peroleh setelah dikurangi pengeluaran keuangan Anda tetapi sebelum memperhitungkan biaya operasional Anda.

Misalnya, jika pendapatan finansial Anda adalah $100,000 dan pengeluaran finansial Anda adalah $20,000, maka pendapatan operasional Anda adalah $80,000.

5. Gunakan Rumus Rasio BOPO

Untuk menghitung rasio biaya terhadap pendapatan, bagi biaya operasi Anda dengan pendapatan operasional dan kalikan totalnya dengan 100.

Misalnya, jika biaya operasi perusahaan adalah $25.000 dan pendapatan operasionalnya adalah $80.000, maka persamaannya akan terlihat seperti (2 5,000 80.000) x 100. Total rasio biaya terhadap pendapatan untuk perusahaan ini adalah 31,25%.

Ini adalah angka yang dapat diterima, karena menunjukkan bahwa perusahaan menghasilkan lebih banyak uang daripada yang mereka belanjakan dan menciptakan margin keuntungan yang baik.

Baca juga: Jaminan Fidusia: Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Kesimpulan

Demikian penjelasan menganai BOPO yang perlu Anda pelajari. Rasio ini umum digunakan pada perusahaan maupun bank dikarenakan pengaplikasiannya yang mudah namun efektif untuk mengukur kinerja sebuah entitas organisasi.

Untuk menghitung rasio ini, Anda membutuhkan data harga pokok penjualan, biaya operasional, dan pendapata operasional. Tentunya, berbagai data tersebut dapat dilacak dengan mudah jika Anda rutin melakukan pembukuan.

Aktivitas pembukuan memiliki banyak peranan bagi bisnis sehingga Anda perlu memastikan bahwa bisnis Anda melakukan pembukuan dengan benar dan tepat. Apabila Anda kesulitasn melakukan pembukuan secara manual, beralih menggunakan software akuntansi dari Kledo merupakan solusi alternatif untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Dengan menggunakan software Kledo, Anda dapat menyelesaikan banyak pekerjaan cukup dengan satu aplikasi saja. Mulai dari pengelolaan akuntansi, manajemen inventaris, dan pembuatan faktur dapat dilakukan dengan menggunakan Kledo.

Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan fitur terlengkap dari Kledo. Penasaran? Anda juga bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari mulai sekarang juga melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + eight =