Rekomendasi Buku Akuntansi Terbaik bagi Para Pemula

buku akuntansi terbaik

Membaca buku akuntansi bisa memberi Anda pengetahuan dan wawasan keuangan dalam waktu yang realatif singkat. Ini merupakan cara terbaik, khususnya bagi para pemula, untuk meningkatkan keterampilan finansial mereka.

Sebagai pelaku usaha, Anda harus mengerti dasar-dasar ilmu akuntansi. Meskipun Anda bisa menggunakan jasa akuntan untuk menjelaskan laporan keuangan bisnis Anda.

Namun, dengan mempunyai dasar ilmu yang cukup, akan membuat Anda cukup percaya diri dalam mengelola bisnis dan mengambil keputusan.

Selama ini, akuntansi dianggap sebagai disiplin ilmu yang sulit untuk dipelajari. Akan tetapi, Anda bisa memepelajarinya dengan membaca untuk memahami pengetahuan dasar tentang akuntansi.

Ada ratusan buku akuntansi di pasaran, mulai dari akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, prinsip akuntansi, dan banyak lagi.

Untuk mempermudah dan membantu Anda memutuskan buku mana yang paling cocok bagi Anda untuk mengembangkan ilmu dan pengetahuan di bidang keuangan dan akuntansi. Berikut adalah daftar 12 buku Akuntansi terbaik untuk pemula.

1. Taxes Made Simple (Mike Piper)

buku akuntansi terbaik

Taxes Made Simple yang ditulis Mike Piper merupakan buku dengan penjelasan sederhana yang disertai dengan berbagai contoh praktis. Penjelasan di buku ini sangat padat dan jelas sehingga mudah untuk dipahami.

Di sisni, Anda bisa belajar konsep persamaan dasar akuntansi dan signifikansinya, membaca dan menyiapkan laporan keuangan, perhitungan dan beberapa rasio keuangan.

Buku ini cukup baik untuk pemula karena bisa membuat pembacanya memahami ide dasar dan sekali lagi bisa membantu mereka memahami dasar-dasar akuntansi.

Baca juga: Ini 8 Drama dan Film Motivasi Bisnis yang Wajib Ditonoton Calon Pebisnis

2. A Brief History of Economic Genius (Paul Strathern)

Sejarah selalu menjadi mata pelajaran yang membosankan dan membuat Anda tertidur setiap kali membacanya. Ketika sampai pada sejarah teori dan angka, ini bahkan akan menjadi lebih membosankan.

Tapi kami jamin bahwa buku ini tidak akan membuat Anda bosam sampai Anda mencapai halaman terakhir buku tersebut.

Penulis memberikan penjelasan yang sangat lengkap mulai dari perkembangan matematika dan teori ekonomi, pembukuan entri ganda hingga penemuan simpangan baku dan berbagai aplikasi teori probabilitas.

Teori-teori tersebut diambil dari Adam Smith dan Hume; Saint-Simon dan Owen; Marx dan Hegel; Pareto; Veblen; Schumpeter, Keynes, John Nash dan akhirnya kembali ke von Neumann.

Penulis berhasil membuat analisis ringkas seputar sejarah bagaimana pengaruh matematis dari pendapat para ahli untuk kemudian dibuatkan satu kesimpulan yang saling berkaitan .

Penulis berhasil mengemas sejarah menjadi sesuatu yang sangat menarik untuk dipelajari.

3. The Tax and Legal Playbook: Game-Changing Solutions to Your Small (Mark J. Kohler)

Selama ini, bidang ilmu akuntansi dan pajak seringkali dianggap sebagai kombinasi ilmu yang sangat menakutkan.

Tetapi melalui bukunya, Kohler berhasil menjelaskan akuntansi dan pajak dengan cara yang sederhana dan penuh jenaka. Kohler merupakan seorang yang ahli dalam membingkai konsep akuntansi dan pajak untuk menjadi konten yang luar biasa dan sederhana sehingga bisa dinikmati pembaca.

Buku ini adalah pilihan terbaik dalam menjawab berbagai pertanyaan di benak Anda dan membantu Anda dalam mengambil keputusan untuk mengamankan finansial Anda.

Buku ini menyajikan panduan yang bagus untuk perencanaan pajak dan strategi penghematan pajak.

Penulis dengan sempurna menyertakan contoh nyata yang akan membantu Anda mengatasi kesulitan dalam mengelola akuntansi dan pajak yang sangat sulit.

4. Warren Buffett Accounting Book: Reading Financial Statements for Value Investing Buffett Book

Akuntansi tidak lengkap rasanya tanpa adanya investasi. Buku ini berbicara tentang tokoh-tokoh terkenal yang baru saja masuk dalam industri ini.

Buku ini merupakan paket lengkap yang bisa menjelaskan semua persyaratan untuk menganalisis laporan keuangan.

Penulis juga memberikan tautan sempurna ke berbagai metrik dari berbagai laporan keuangan. Dan, menjelaskan secara menyeluruh mengapa metrik tertentu digunakan dalam laporan keuangan.

5. A Random Walk Down Wall Street: The Time-Tested Strategy for Successful Investing (Burton G. Malkiel)

buku akuntansi terbaik

Buku ini ditulis pada tahun 1973 dan merupakan panduan yang sempurna bagi para pemula, mahasiswa baru, maupun pengusaha.

Buku ini adalah kumpulan lengkap yang berisikan pengetahuan praktis dan teoretis tentang reksa dana pasar saham dan gagasan berinvestasi di dunia pasar saham yang penuh risiko dan tak terduga.

Di edisi ke-11, buku ini juga menambahkan lebih banyak konten kekinian tentang dana yang diperdagangkan di bursa dan peluang investasi di pasar negara berkembang, babak baru tentang dana “smart beta”, dan gimmick pemasaran terbaru dari industri manajemen investasi.

Baca juga: 42 Istilah Akuntansi dalam Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

6. Freakonomics: A Rogue Economist Explores the Hidden Side of 6Everything Paperback (Steven D. Levitt dan Stephen J. Dubner)

Freakonomics merupakan buku yang mengkombinasikan seni jurnalistik dengan ekonomi.

Meskipun buku ini fiksi, buku ini bisa memberikan wawasan yang sangat berharga tentang pengetahuan bagaimana cara kerja ekonomi langsung dari akarnya dan menganalisi perkembangan seosial manusia.

7. Intermediate Accounting (Donald E. Kieso, Jerry J. Weygandt, dan Terry D. Warfield)

Buku ini adalah panduan sempurna untuk memahami konsep apa itu IFRS dan bagaimana penerapannya dalam praktik.

Buku ini juga mencakup cara baru dalam memandang IFRS dan konvergensi US GAAP ke IFRS.

Dalam buku ini, penulis juga membahas program akuntansi sehari-hari seperti Excel, dan perangkat lunak akuntansi terkomputerisasi lainnya, sehingga membantu kita untuk memahami praktik akuntansi secara nyata.

Buku ini juga memberikan tips akuntansi dan keuangan, contoh masalah, kumpulan soal, dan menunjukkan kepada Anda bagaimana memecahnya langkah demi langkah.

Baca juga: Tips Mengelola Keuangan Perusahaan bagi Pemula

8. Simple Numbers, Straight Talk, Big Profits! (Greg Crabtree)

Buku ini memberi panduan tentang bagaimana cara menggunakan angka untuk membawa bisnis Anda memperoleh profitabilitas.

Tak hanya itu, buku ini juga membagikan langkah-langkah hebat untuk membantu pemilik bisnis mengembangkan keterampilan sehingga bisa mengambil tindakan tegas terkait keuangan mereka. Di mana hal ini merupakan keterampilan wajib yang harus dipelajari setiap pemilik bisnis.

9. Accounting for the Numberphobic (Dawn Fotopulos)

Buku ini merupakan salah satu buku akuntansi yang paling mudah dibaca untuk pemilik usaha kecil, terutama bagi mereka yang fobia angka.

Ini adalah buku manajemen terbaik karena menjelaskan tiga laporan keuangan utama yang mencakup laporan laba rugi , laporan arus kas, dan neraca, yang menjadi kunci penting bagi kesuksesan bisnis Anda.

10. Financial Statements: A Step-by-Step Guide to Understanding and Creating Financial Reports (Thomas Ittelson)

Bagi pemilik usaha kecil, buku ini memberikan pemahaman akuntansi yang lebih menyeluruh.

Buku ini memberikan analisis rinci tentang bagaimana pemilik bisnis yang tidak terbiasa dengan praktik akuntansi dapat belajar dan memahami bagaimana mengukur kesehatan keuangan bisnis dan meningkatkan literasi keuangan mereka.

Dalam buku ini, penulis juga menjelaskan bagaimana alur kas mempengaruhi laporan keuangan bisnis.

11. Accounting for Small Business Owners (Tycho Press)

Buku ini menjelaskan dasar-dasar keuangan bisnis dan akuntansi untuk pemilik bisnis baru dan membantu juga Anda mempelajari cara membayar karyawan , melacak pengeluaran, dll.

Buku ini menjelaskan dalam format dan metode akuntansi bisnis, sehingga Anda memiliki pandangan yang lengkap sebelum menangani keuangan bisnis Anda. Buku ini berfungsi sebagai panduan sempurna bagi Anda untuk memahami bisnis dan merencanakan strategi keuntungan Anda.

12. Small Time Operator (Bernard B. Kamoroff)

Buku ini lebih menjelaskna tentang bagaimana Anda harus memulai bisnis. Namun, ini mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan menjalankan bisnis Anda, yang meliputi pajak, pembukuan, dan akuntansi.

Buku ini bisa membuat Anda mudah memahami keuangan bisnis Anda dengan mengambil ide-ide kompleks di balik akuntansi dan proses keuangan lainnya dan cara memecahkan permasalahan keuangan.

Buku ini juga juga dilengkapi dengan berbagai soal yang bisa membantu Anda berlatih membuat pembukuan dan akuntansi.

Buku ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1976 dan saat ini masih beredar hingga edisi ke 15.

Baca juga: Ingin Sukses Menjalankan Bisnis Usia Muda? Ini Dia Kuncinya!

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Itulah 12 buku yang kami rekomendasikan bagi Anda yang ingin mempelajari akuntansi, khususnya bagi para pemula.

12 buku tersebut mampu membawa kita mempelajara dan menyelami dunia akuntansi dengan penjelasan yang mudah dan sangat menghibur.

Stereotip akuntansi yang selama ini dianggap sebagai disiplin ilmu yang sulit, dipatahakan oleh kehadiran 12 buku tersebut.

Di akuntansi, pembukuan merupakan bagian dari siklus akuntansi yang tidak boleh dihilangkan. Sebab, pembukuan mempunyai peranan yang sangat penting bagi bisnis agar Anda bisa mengetahui bagaimana kondisi finansial bisnis Anda.

Memang, penyusunan pembukuan tidaklah gampang. Namun, saat ini telah hadir software keuangan yang bisa memudahkan pembukuan bisnis Anda.

Kledo merupakan software keuangan yang menawarkan berbagai fitur layanan terbaik untuk membantu mengelola keuangan bisnis Anda.

Perlu Anda ketahui, bahwa Kledo sudah digunakan lebih dari 10 ribu pelaku usaha dari seluruh penjuru Indonesia.

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + nine =