Social Media Management: Pengertian, Strategi, dan Tantangannya

social media management banner

Menerapkan social media management sangat penting saat ini terlepas dari industri atau bidangnya, karena meraka menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dengan publik.

Mengelola media sosial mungkin cocok untuk Anda jika Anda ingin menggabungkan pemikiran analitis dan kreativitas dengan membantu merek membangun pengikut online.

Memperoleh wawasan tentang dunia media sosial dan belajar tentang pekerjaan di media sosial yang populer dapat membantu Anda membuat rencana karier yang lebih realistis untuk diri Anda sendiri.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu social media management, mengeksplorasi manfaatnya untuk merek, menunjukkan kepada Anda bagaimana Anda dapat membuat strategi media sosial yang efektif dan tantangan yang mungkin akan Anda hadapi.

Apa itu Social Media Manaagement?

Sederhananya, ini adalah proses mengelola strategi media sosial yang lengkap. Namun, social media management sedikit lebih strategis. Hal ini melibatkan lebih dari sekadar membalas tweet dan komentar. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, social media management terkait dengan aspek penting lainnya dari strategi pemasaran digital Anda.

Strategi pemasaran digital dibangun di atas informasi faktual yang kuat. Lagi pula, untuk menciptakan bisnis yang sukses, Anda harus mengetahui secara spesifik tentang pasar Anda dan bagaimana solusi Anda akan membantu memecahkan masalah tertentu. 

Oleh karena itu, strategi pemasaran digital juga harus bertujuan bagaimana merek Anda akan memposisikan dirinya secara online untuk menghasilkan lebih banyak bisnis.

Strategi media sosial berkaitan dengan penggunaan platform media sosial untuk membangun kesadaran, menghasilkan prospek, dan penjualan.

Social media management adalah praktik yang mendukung pemasaran digital dan strategi media sosial Anda.

Ini adalah bagian penting dalam menjalankan strategi media sosial yang efektif karena menjelaskan bagaimana merek Anda akan berpartisipasi (seperti penerbitan konten, aturan engagement dengan pelanggan, dll.) pada platform media sosial untuk menghasilkan hasil.

Namun, bagaimana Anda memastikan bahwa pendekatan social media management Anda tepat untuk merek Anda?

Baca terus sampai selesai karena akan kita bahas secara detail.

Baca juga: Stealth Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi dan Contohnya

Manfaat Menggunakan Social media Management untuk Perusahaan

Mengembangkan strategi media sosial yang konsisten adalah bagian penting dalam menjalankan perusahaan yang sukses di industri apa pun.

Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mempengaruhi bagaimana orang memandang mereka dan mempromosikan produk mereka dengan biaya yang relatif rendah.

Berikut adalah beberapa manfaat terpenting dari terlibat dalam social media management bagi perusahaan:

Meningkatkan jangkauan

Meningkatkan jangkauan melalui media sosial adalah salah satu tujuan pemasaran utama bagi banyak perusahaan.

Hal ini karena, tidak seperti pemasaran dan promosi tradisional, atau offline, media sosial dapat membantu merek terhubung dengan pengguna, konsumen, dan pengikut di seluruh dunia.

Hal ini sangat berguna bagi perusahaan yang menjual produk digital atau organisasi nirlaba yang berfokus untuk menginformasikan sebanyak mungkin orang tentang tujuan atau ide mereka.

Pengenalan merek

Dengan membagikan pembaruan dan informasi rutin tentang produk atau layanan suatu merek, Anda dapat membantu orang menjadi lebih mengenal penawaran merek tersebut.

Dengan melakukan hal ini, Anda dapat meningkatkan pengenalan merek dan meningkatkan peluang untuk mengubah orang-orang tersebut, atau prospek, menjadi penjualan untuk meningkatkan keuntungan.

Mengerjakan aspek kehadiran online sebuah merek ini membutuhkan pekerjaan yang teratur dan konsisten di semua profil.

Misalnya, jika Anda menjalankan beberapa saluran media sosial untuk sebuah bisnis, penting bagi Anda untuk menggunakan warna, font, dan logo yang sama agar orang-orang tahu bahwa itu adalah perusahaan yang sama.

Efisiensi biaya

Pada umumnya, bergabung dengan berbagai platform media sosial adalah gratis untuk perusahaan dan perorangan. Meskipun perusahaan memiliki pilihan untuk memilih metode iklan berbayar di media sosial, ada banyak cara untuk menjangkau pengikut baru secara organik.

Misalnya, dengan membuat kontes atau hadiah di profil media sosial mereka. Ini berarti menggunakan media sosial adalah metode yang hemat biaya untuk berkomunikasi dengan pelanggan yang sudah ada dan menarik pelanggan baru.

Personalisasi

Media sosial adalah elemen kunci dari strategi pemasaran yang sukses. Media sosial memberikan Anda pilihan untuk membuat beberapa versi narasi merek, tergantung pada minat, lokasi, atau perilaku pengikut Anda.

Misalnya, jika Anda menjalankan profil media sosial untuk merek pakaian internasional, Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat postingan, iklan, dan konten visual dalam berbagai bahasa.

Hal ini memungkinkan Anda untuk terhubung dengan lebih banyak orang yang mungkin menghargai bahwa Anda mencoba menarik perhatian mereka dalam bahasa asli mereka.

Menjangkau komunitas

Sambil membangun merek online yang kuat dan memperhatikan minat serta perilaku followers, Anda juga menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dengan pendapat dan ulasan mereka.

Anda dapat mendorong pelanggan yang sudah ada untuk membicarakan merek Anda secara online atau berbagi foto produk yang mereka beli di profil mereka.

Ulasan pelanggan yang positif sangat penting untuk membuat merek dapat diandalkan dan membuat orang lain ingin mengalami hal yang sama, sehingga meningkatkan kemungkinan mereka memutuskan untuk membeli sesuatu dari Anda.

Multiguna

Strategi media sosial yang efektif adalah alat multiguna yang dapat Anda sesuaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan masing-masing merek.

Hal ini memungkinkan Anda untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan memantau strategi penjualan atau membangun kesadaran merek dengan membagikan konten yang menarik dan gratis kepada para pengikut Anda.

Hampir semua jenis pemasaran digital memanfaatkan media sosial dengan satu atau lain cara, misalnya, influencer marketing menggunakannya untuk mencari dan mempekerjakan pembuat konten untuk kampanye influencer mereka.

Baca juga: Partnership Marketing: Pengertian, Strategi, Tantangan, dan Contohnya

Banner 3 kledo

Cara Membuat Strategi Social Media Management yang Efektif

Mengembangkan strategi social media management yang efektif adalah proses multilangkah yang mengharuskan Anda untuk fokus pada beberapa aspek merek sekaligus.

Berikut ini adalah langkah-langkah penting untuk strategi sukses yang membantu Anda mengubah prospek menjadi penjualan dan membangun komunitas online yang kuat:

Menganalisis strategi saat ini

Salah satu hal pertama yang dilakukan oleh manajer media sosial saat mereka mulai bekerja dengan klien baru adalah menganalisis strategi media sosial merek mereka saat ini.

Saat melakukan audit media sosial secara menyeluruh, mereka mengumpulkan metrik media sosial sebuah merek, mempelajari audiensnya, dan memastikan tampilannya di semua platform media sosial sesuai.

Audit seperti ini juga sangat membantu karena memungkinkan merek untuk mengidentifikasi tren pasar saat ini dan melihat apa yang telah dilakukan oleh kompetitor mereka secara online untuk menarik pelanggan baru.

Pahami pelanggan Anda

Di balik setiap strategi pemasaran digital yang sukses adalah tim pemasaran yang memiliki pemahaman yang sangat jelas dan terperinci tentang siapa pembeli mereka. 

Mereka tahu semua yang perlu diketahui tentang bagaimana pelanggan mereka berpikir.

Faktanya adalah, jika Anda tidak mengenal pembeli Anda, Anda tidak akan tahu bagaimana cara menarik perhatian mereka. 

Memahami pembeli dan audiens tidak seperti dulu lagi. Anda harus bergerak melampaui demografi dan mulai berfokus pada apa yang dihargai oleh pembeli Anda.

Anda perlu mengetahui bagaimana perasaan mereka terhadap tantangan yang mereka hadapi dan bagaimana mereka mengharapkan solusi Anda dapat memberikan hasil ketika mereka berkomitmen. 

Tempat yang tepat untuk memulai adalah dengan membuat persona untuk semua jenis audiens yang Anda miliki.

Persona yang terdefinisi dengan baik akan membantu Anda menentukan tantangan, kebutuhan, dan keinginan terpenting yang dimiliki oleh pembeli Anda.

Dengan informasi ini, Anda akan dapat membuat konten media sosial yang menarik bagi pembeli Anda di sepanjang buying journey mereka.

Baca artikel ini untuk mengetahui secara lengkap cara membuat buyers persona untuk bisnis Anda.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis

Pilih platform media sosial yang tepat untuk merek Anda

Tidak semua platform media sosial dibuat sama. Mereka menarik untuk berbagai usia dan minat.

Misalnya, TikTok adalah platform sosial berbasis video yang berkembang pesat. 41% penggunanya berusia antara 16 dan 24 tahun. Mereka membuat sketsa komedi, merekam diri mereka sendiri menyanyikan lagu, dan banyak lagi. 

Jika Anda seorang manajer pemasaran media sosial untuk solusi SaaS akuntansi, mudah untuk melihat bahwa TikTok bukanlah tempat yang tepat untuk menghabiskan waktu untuk mengembangkan merek Anda. 

Di sisi lain, LinkedIn adalah jaringan media sosial profesional. Lebih banyak orang yang menggunakannya untuk mendapatkan wawasan tentang bisnis, termasuk konten kepemimpinan.

Mengembangkan serangkaian artikel yang kuat dan mendalam tentang tantangan umum yang dialami pembeli Anda dapat menghasilkan lebih banyak kesadaran dan berpotensi menghasilkan lebih banyak prospek untuk bisnis Anda.

Memilih platform yang tepat adalah masalah memahami jenis pengguna yang menarik bagi setiap platform.

Cara termudah untuk menentukan apakah pembeli Anda ada di platform media sosial tertentu adalah dengan menggunakan informasi yang dikumpulkan dari persona Anda dan mengakses setiap platform.

Buat akun dan mulailah mencari pengguna, tagar, pertanyaan, dan konten yang terkait dengan industri Anda. 

Saat Anda mencari, kumpulkan seluruh data temuan Anda. Tujuan Anda adalah untuk membangun sebuah kasus apakah Anda harus menginvestasikan waktu pada platform media sosial.

Jika Anda menemukan bahwa tidak banyak pengguna dan hanya ada sedikit konten, pindahlah ke platform berikutnya.

Buat strategi media sosial Anda

Strategi media sosial Anda adalah blueprint untuk semua yang akan dilakukan merek Anda di media sosial. Ini akan menentukan: 

Jenis konten yang akan Anda hasilkan 

Konten yang akan Anda hasilkan untuk media sosial akan ditentukan oleh siapa audiens Anda dan apa yang mereka minati. 

Pada tahun 2015, Jeremy Miller menulis sebuah buku berjudul “Sticky Branding”. Menurut Miller, hanya 3% dari pasar Anda yang merupakan pembeli aktif.

gambar

Kelompok yang tersisa terdiri dari:

  • 7% yang mungkin membutuhkan produk Anda tetapi belum mulai mencari pilihan
  • 30% yang tidak memiliki keinginan mendesak untuk membelinya sekarang
  • 30% yang tidak memiliki kebutuhan dan tidak tertarik dengan pemasaran Anda
  • 30% yang bukan pelanggan yang sempurna karena mereka tidak selaras dengan merek Anda

Memahami hal di atas akan membantu Anda fokus pada pembuatan konten yang membahas kondisi setiap pembeli.

Ini berarti membuat konten untuk membantu mereka bertransisi dari 30% yang tidak tertarik menjadi 3% yang siap membeli.

Seberapa sering Anda akan mempublikasikan konten dan berapa banyak yang akan Anda buat

Di dunia yang sempurna, Anda akan dapat membuat konten sebanyak apa pun yang Anda pilih.

Namun, anggaran menentukan berapa banyak yang bisa Anda hasilkan dan pada akhirnya dibagikan.

Oleh karena itu, Anda harus menyeimbangkan antara anggaran yang Anda miliki dan apa yang paling penting untuk dibagikan kepada pelanggan Anda di media sosial.

Jadwal konten Anda akan menjadi peta jalan untuk konten apa yang akan dipublikasikan dan kapan. Memiliki jadwal juga akan memudahkan Anda untuk mendapatkan hasil.

Jadwal ini harus mencakup semua konten yang akan Anda bagikan di media sosial. Ini mencakup setiap akun, jenis konten, tanggal dan waktu. 

Membuat kalender konten

Kalender konten membantu Anda merencanakan dan menjadwalkan postingan.

Kalender konten adalah alat visual yang berguna dan titik referensi yang memberi tahu Anda dan tim Anda kapan setiap konten ditayangkan dan berapa lama waktu yang Anda miliki di antaranya untuk membuat dan mempersiapkan diri untuk membagikan postingan, artikel, foto, atau video berikutnya.

Biasanya, Anda ingin membuat kalender konten dalam tampilan bulanan. Anda juga dapat memutuskan untuk membuat beberapa kalender, satu untuk setiap platform media sosial yang Anda kelola untuk sebuah merek.

Sebagian besar aplikasi social media management dilengkapi dengan fungsionalitas penjadwalan. Hal ini menyederhanakan proses perencanaan konten berdasarkan tema atau kampanye dan menjadwalkannya.

Apa pendekatan engagement pelanggan Anda nantinya?

Berinteraksi dengan audiens Anda adalah komponen penting dalam social media management. 

Ini adalah kesempatan untuk melakukan interaksi langsung dan mempelajari lebih lanjut tentang tantangan, kebutuhan, dan keinginan yang mereka miliki, serta bagaimana merek, produk, dan layanan Anda dapat membantu mengatasinya.

Namun, terhubung dengan audiens Anda bukan hanya tentang polling dan survei.

Ini tentang menjawab pertanyaan, menawarkan informasi yang bermanfaat, dan terkadang meneruskan pertanyaan ke departemen yang tepat untuk diselesaikan.

Baca juga: Customer Profiling: Pengertian, Strategi, dan Cara Membuatnya

Pastikan Anda konsisten

Setelah menentukan jenis konten yang akan Anda publikasikan dan seberapa sering, Anda perlu mengambil tindakan dan melakukannya secara konsisten.

Media sosial adalah ruang yang sangat kompetitif dan pelanggan Anda dilibatkan oleh merek-merek yang ada di industri Anda dan yang lainnya, semuanya mencoba menjual sesuatu kepada pelanggan Anda. 

Agar menonjol, Anda harus secara konsisten mempublikasikan konten agar tetap menjadi yang teratas di benak pelanggan.

Hal ini juga mendukung pembeli di setiap tahap perjalanan mereka untuk menjadi aktif dan siap membelanjakan uangnya dengan merek Anda.

Memantau kampanye dan melakukan analisis

Memantau kinerja strategi dan kampanye media sosial Anda memungkinkan Anda mengidentifikasi teknik mana yang paling cocok untuk sebuah merek.

Hal ini mengharuskan Anda untuk secara teratur memantau tampilan, suka, dan jumlah pengikut.

Wajar jika beberapa postingan dan konten mungkin berkinerja lebih baik, sedangkan yang lain mungkin tidak menghasilkan banyak keterlibatan.

Pantau apa yang ingin dilihat oleh pengikut sebuah merek di media sosial dan terus berikan konten serupa untuk membuat mereka tetap terlibat.

Baca juga: Apa Saja Metrik Pemasaran dan Bagaimana Cara Mengukurnya?

Tantangan dalam Social Media Management

social media management 2

Sebagai seorang Social Media Manager atau pemilik bisnis, ada beberapa tantangan yang mungkin dihadapi dalam melakukan social media management.

Berikut adalah beberapa tantangan umum yang sering dihadapi:

Memilih dan membangun platform yang tepat

Ada banyak platform media sosial yang tersedia, dan setiap platform memiliki audiens yang berbeda.

Tantangannya adalah memilih platform yang tepat untuk target audiens Anda dan membangun kehadiran yang kuat di platform tersebut.

Selain itu, perlu memahami karakteristik dan fitur unik dari setiap platform agar dapat mengoptimalkan strategi pemasaran di setiap platform tersebut.

Menghasilkan konten yang menarik

Menciptakan konten yang menarik dan relevan merupakan tantangan lain dalam manajemen media sosial.

Konten yang berkualitas tinggi dan orisinal dapat membantu menarik perhatian audiens dan membangun keterlibatan yang kuat. Namun, menciptakan konten yang konsisten dan terus-menerus dapat menjadi tugas yang menantang.

Selain itu, perlu juga mengikuti tren terkini dan memahami preferensi audiens agar konten dapat tetap relevan dan menarik.

Mengelola waktu dan sumber daya

Manajemen media sosial melibatkan pengelolaan waktu dan sumber daya yang efisien.

Tantangannya adalah mengelola banyak platform sosial, menjaga konsistensi dalam posting konten, dan merespons secara cepat terhadap interaksi dengan pengguna.

Selain itu, perlu mengawasi metrik kinerja media sosial, seperti jumlah pengikut, keterlibatan, dan konversi, sehingga dapat mengukur efektivitas strategi dan melakukan penyesuaian yang diperlukan.

Menghadapi komentar negatif atau kriti

Media sosial juga membuka pintu bagi komentar negatif dan kritis yang dapat mempengaruhi citra merek. Mengelola komentar negatif dengan bijaksana dan menghadapi krisis dengan cepat dan transparan merupakan tantangan yang sering dihadapi.

Perlu ada strategi respons yang baik untuk mengatasi situasi ini, seperti memberikan tanggapan yang profesional, mengedepankan komunikasi yang terbuka, dan mengambil langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah.

Baca juga: Cara Melakukan Branding Produk di Media Sosial, Mudah!

Mengikuti perubahan algoritma dan kebijakan

Platform media sosial terus mengubah algoritma dan kebijakan mereka. Tantangannya adalah untuk tetap up-to-date dengan perubahan ini dan mengadaptasi strategi pemasaran sesuai dengan kebutuhan baru.

Mengikuti perkembangan dan perubahan tersebut membutuhkan pemahaman yang baik tentang tren dan pergeseran dalam media sosial.

3 Alat Social Media Management Terbaik

Kami telah menjelajahi perusahaan-perusahaan yang paling terkemuka untuk memberikan Anda 3 layanan berkinerja terbaik. Salah satu dari platform ini akan membantu Anda mengelola media sosial secara efisien.

Hootsuite

social media management hotsuite

Hootsuite membantu Anda mempertahankan kehadiran sosial yang kuat. Platform ini menawarkan Anda untuk mengintegrasikan akun Anda dengan Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn, WhatsApp Business API, Live Chat, Pinterest, Twitter, dll. Hootsuite memberi Anda akses ke tampilan kalender di mana Anda bisa melihat semua postingan Anda yang dijadwalkan dan dipublikasikan.

Kalendernya memungkinkan Anda untuk memetakan semua kampanye Anda dan menangguhkannya begitu bisnis Anda menghadapi keadaan yang tidak terduga.

Komposer platform ini membantu Anda membuat konten berkinerja tinggi. Dengan bantuannya, Anda bisa mengedit gambar dan mengakses pustaka aset.

Ketika Anda mempublikasikan video, sistem akan secara otomatis menyesuaikannya agar sesuai dengan ekspektasi kualitas Anda dan jaringan.

Bulk Composer memberdayakan Anda untuk meningkatkan keterlibatan dengan memilih waktu terbaik untuk mempublikasikan.

Layanan ini akan memberi Anda petunjuk kapan sebaiknya menjadwalkan beberapa postingan sekaligus. Ketika postingan sudah siap, Anda akan melihat waktu yang direkomendasikan, disesuaikan dengan jaringan yang dipilih.

Hootsuite memungkinkan Anda untuk memantau tren di media sosial dan komentar pengguna di berbagai media sosial dalam satu tampilan.

Dengan bantuannya, Anda bisa menjawab pertanyaan pelanggan dengan menugaskan tugas ke anggota tim yang tepat. Anda dapat melacak kinerja kampanye Anda melalui analisis multi-saluran.

Platform ini mengundang pengguna untuk melakukan uji coba 30 hari sebelum membeli paket berbayar. Namun, Anda harus menentukan detail kartu kredit Anda untuk mendapatkan kesempatan ini.

Layanan ini menawarkan empat paket berbayar. Yang termurah akan dikenakan biaya $49 per bulan untuk satu pengguna.

Dengan harga ini, Anda akan dapat mengelola sepuluh akun sosial, menjadwalkan beberapa posting tak terbatas di muka, dan mengakses pesan dalam satu kotak masuk.

Baca juga: Continuous Advertising: Hal Penting yang Harus Ada dalam Strategi Pemasaran Anda

Sprout Social

social media management sprout

Sprout Social sangat berguna ketika Anda perlu mendorong keterlibatan. Perangkat lunak yang mudah digunakan ini membuka akses ke inbox yang cerdas.

Ini memungkinkan Anda untuk mengkonsolidasikan semua jaringan dan memantaunya dari satu platform.

Setiap kali ada pesan masuk, Anda akan diberi tahu. Platform ini juga peduli dengan reputasi merek Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola ulasan pada jaringan seperti Facebook, Google Bisnisku, dan TripAdvisor.

Dengan Bot Builder, Anda akan dapat membuat chatbot dan mengurangi waktu respons terhadap pesan masuk dan masalah pelanggan.

Fitur Task Assignment mengendalikan tim dan tugas Anda. Anda dapat mendelegasikan tugas kepada anggota tim tertentu untuk menangani masalah pelanggan.

Setelah itu, layanan akan mengevaluasi efisiensi berdasarkan tugas yang telah diselesaikan.

Anda bisa menandai pesan yang diterima dan menyortirnya berdasarkan alur kerja, tujuan, atau strategi pemasaran Anda.

Lebih baik lagi, Anda memiliki kesempatan untuk menggunakan Social CRM untuk mengakses riwayat percakapan dan detail kontak untuk memberikan jawaban yang relevan.

Tidak seperti Hootsuite, Sprout Social menyediakan uji coba 30 hari bagi pengguna tanpa meminta detail kartu pengguna. Selain uji coba gratis, platform ini memiliki tiga paket berbayar: Standar, Profesional, dan Lanjutan.

Standar mengharuskan Anda membayar $99 per bulan. Paket ini mencakup lima profil sosial, kotak masuk lengkap, kalender konten, perangkat CRM, perangkat promosi berbayar, dan banyak lagi.

MeetEdgar

social media management meet

MeetEdgar merupakan software social media management yang dirancang untuk menghemat waktu dalam menangani akun-akun bisnis Anda di media sosial.

Software ini memiliki library yang sangat terorganisir. Artinya, postingan Anda akan diurutkan dan diatur ke dalam perpustakaan yang mudah dicari sehingga Anda bisa menyimpan postingan secara otomatis dan mengelolanya nanti.

Dengan MeetEdgar, Anda akan bisa secara konsisten berbagi konten yang relevan dengan audiens Anda. Jadwal otomatisasi mingguannya memungkinkan Anda merencanakan jumlah postingan yang tidak terbatas dan mempublikasikannya pada tanggal dan waktu yang ditentukan.

Platform ini memastikan bahwa Anda mempublikasikan konten yang tepat. MeetEdgar menjadwalkan postingan sosial berdasarkan kategori sehingga Anda berbagi pembaruan yang tepat pada saat yang tepat.

Selain itu, Anda akan memiliki akses ke pengaturan awal untuk meningkatkan postingan Anda. Software ini membangun sebuah library konten yang selalu up to date dan membagikan ulang postingan lama pada pengguna ketika Anda tidak memiliki sesuatu yang baru untuk dipublikasikan.

Setelah Anda membuat postingan, layanan ini menyediakan variasi yang dibuat secara otomatis dan Anda bisa memilih yang terbaik di antara pilihan yang tersedia.

MeetEdgar juga memungkinkan Anda untuk melacak statistik kinerja kampanye Anda. Lebih baik lagi, perangkat ini memastikan dukungan langsung.

Tidak seperti Hootsuite dan Sprout Social, perusahaan ini hanya menyediakan uji coba perangkat lunaknya selama 7 hari.

Mereka yang puas dengan layanan ini dan ingin menggunakannya setiap hari bisa membeli paket berbayar.

Perusahaan ini menawarkan dua paket, dengan harga mulai dari $29,99 per bulan. Paket ini mencakup lima akun, kiriman tak terbatas, empat kategori konten, dan banyak lagi.

Baca juga: 15 Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari

Kesimpulan

Pembuatan konten bisa jadi sulit. Anda harus kreatif dan menghasilkan konten yang cukup secara konsisten. Misalnya, jika merek Anda ada di TikTok dan Instagram, tetapi kesulitan untuk memproduksi video, mencoba berkembang di TikTok mungkin bukan pendekatan atau penggunaan sumber daya yang efektif. 

Sebaliknya, fokus pada Instagram akan memungkinkan Anda untuk memproduksi konten secara efisien dan melayani audiens Anda dengan lebih efektif.

Setelah Anda mulai melihat kesuksesan di satu platform, pertimbangkan untuk mengembangkannya ke platform berikutnya. Setelah menyempurnakan proses pembuatan dan pengelolaan konten, akan lebih mudah untuk mengelola akun tambahan.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 + ten =