Cost Plus Pricing: Pengertian, Cara Hitung, Manfaat, dan Contohnya

cost plus pricing

Pernah mendengar tentang cost plus pricing? Jika belum mari kita bahas secara mendalam pada artikel ini.

Penetapan harga yang efektif dapat membantu perusahaan mengoptimalkan keuntungan mereka, memberikan nilai maksimum bagi pelanggan mereka dan menutupi pengeluaran bisnis secara memadai.

Ada banyak strategi yang digunakan bisnis untuk membantu mereka memilih harga yang tepat untuk produk atau layanan. Cost plus pricing adalah salah satu metode harga yang dapat digunakan perusahaan untuk memastikan mereka memenuhi kebutuhan perusahaan mereka dan mempertimbangkan biaya yang mereka keluarkan dalam suatu produk atau layanan.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu cost plus pricing, menjelaskan cara menghitungnya, membuat daftar keuntungan dan tantangan yang terkait dengan metode tersebut dan memberikan contoh untuk mengilustrasikan cara kerja cost plus pricing,.

Apa yang Dimaksud dengan Cost Plus Pricing?

cost plus pricing

Penetapan harga cost plus pricing adalah metode penetapan harga yang digunakan perusahaan untuk mencapai harga jual untuk produk atau layanan mereka.

Ini salah satu metode sederhana untuk penetapan harga penawaran, penetapan harga cost plus pricing mencakup penhitungan bahan langsung, tenaga kerja dan biaya overhead untuk suatu produk bersama dengan persentase markup.

Penetapan harga ini bisa digunakan untuk produk, layanan, dan kontrak pelanggan, di mana pelanggan setuju untuk harga yang diberikan yang didalamnya terdapat harga tenaga kerja atau layanan mereka ditambah keuntungan yang telah dinegosiasikan sebelumnya di atas biaya penjual.

Penetapan harga ini memungkinkan perusahaan untuk menjual produk atau jasa mereka lebih dari biaya produksi atau pengiriman.

Sementara biaya dapat menjadi pengukuran langsung, margin keuntungan yang diinginkan dapat berbeda dari perusahaan ke perusahaan.

Biasanya, penetapan harga cost plus pricing dan margin keuntungan tidak akan mempertimbangkan penetapan harga pesaing atau riset pasar.

Namun, metode ini memungkinkan penjual memberi harga penawaran mereka untuk memasukkan semua nilai yang mereka berikan kepada konsumen mereka.

Baca juga: Komunikasi Bisnis: Pengertian, Jenis, Manfaat, dan Tips Improvisasinya

Bagaimana Cara Menghitung Metode Penetapan Harga Cost Plus Pricing?

Jika Anda tertarik menggunakan penetapan harga ini untuk menentukan harga produk Anda, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ambil:

Tentukan total biaya

Untuk menentukan total biaya produk atau layanan Anda, jumlahkan semua biaya tetap dan variabel yang terkait.

Biaya tetap tidak akan berubah dengan jumlah unit yang Anda produksi, sedangkan biaya variabel berubah.

Biaya tetap termasuk pembayaran seperti biaya sewa atau sewa, asuransi atau pembayaran bunga.

Biaya variabel termasuk uang yang dihabiskan untuk hal-hal seperti tenaga kerja, bahan atau komisi.

Menambahkan semua biaya yang terkait dengan memproduksi produk atau memberikan layanan dapat menentukan total biaya Anda.

Bagi total biaya dengan output Anda

Untuk menyelesaikan langkah kedua penetapan harga biaya-plus, bagi total biaya dengan jumlah unit yang telah Anda produksi.

Jika Anda menyediakan layanan, Anda dapat membagi total biaya dengan jumlah jam Anda bekerja atau pengukuran lain yang relevan seperti biaya per pengguna.

Ini dapat membantu Anda menentukan berapa biaya untuk menghasilkan satu produk atau memberikan layanan kepada pelanggan Anda. Untuk memulihkan biaya Anda, Anda harus menerima setidaknya jumlah ini dari pelanggan Anda.

Hitung biaya penjualan

Untuk menghitung biaya penjualan Anda, kalikan biaya unit dengan persentase markup Anda.

Untuk menentukan persentase markup Anda, Anda dapat membagi biaya barang atau jasa Anda dengan margin keuntungan yang Anda inginkan.

Pertimbangkan untuk membuat persentase markup Anda lebih tinggi daripada margin keuntungan. Misalnya, margin keuntungan 20% mungkin memerlukan markup 25%.

Baca juga: Mau Melakukan Evaluasi Bisnis? Perhatikan Hal-hal Berikut Ini

Manfaat Menggunakan Penetapan Harga Harga Cost Plus Pricing?

Berikut ini adalah keuntungan menggunakan metode cost plus pricing:

Sangat mudah digunakan

Rumus dalam menghitung biaya cost plus pricing terdapat biaya variabel yang relatif sedikit. Ini dapat memungkinkan perusahaan untuk menetapkan harga produk dan layanan mereka secara konsisten tanpa banyak riset pasar.

Ini juga bisa menjadi strategi yang andal untuk usaha kecil atau bisnis yang tidak memiliki banyak waktu ekstra untuk fokus pada strategi penetapan harga yang bernuansa.

Berhati-hatilah saat menentukan margin keuntungan dan alokasi overhead yang Anda inginkan sehingga Anda dapat konsisten dalam perhitungan dan menentukan harga penawaran Anda dengan andal.

Metodie ni dapat diandalkan

Dengan metode cost plus pricing, Anda dapat memastikan bahwa Anda menutupi semua biaya Anda dan menghasilkan keuntungan yang Anda inginkan.

Misalnya, kontraktor yang menggunakan penetapan harga ini pada perjanjian dengan klien dapat menjamin bahwa mereka menerima pembayaran untuk layanan mereka dan mencapai ekspektasi margin keuntungan yang mereka ingingkan.

Ini menghilangkan risiko kerugian dan memastikan bahwa, apa pun yang terjadi selama kontrak, pembayaran pelanggan memenuhi harapan minimum penjual.

Selama bisnis secara akurat menghitung biaya per pengguna atau biaya per item, penetapan harga cost plus pricing memastikan pembeli menutupi setiap pengeluaran dengan pembelian mereka.

Namun, terkadang ada biaya tambahan yang tidak dapat diperhitungkan oleh perusahaan. Dengan meningkatkan margin, Anda dapat mengkompensasi biaya yang terlewat dan menciptakan penyangga terhadap fluktuasi pasar atau pengeluaran yang tidak diperhitungkan.

Ini juga dapat membantu Anda memperkirakan pendapatan dalam jangka waktu tertentu berdasarkan pengeluaran iklan, tingkat konversi, dan penjualan rata-rata.

Baca juga: Manajemen Gudang: Pengertian, Manfaat, Proses dan Cara Optimasinya

Metode ini sangat mudah dimengerti

Manfaat lain dari penetapan harga cost plus pricing adalah mudah dipahami dan diterima oleh pelanggan. Karena komponen yang terlibat relatif sedikit, menjelaskan bagaimana Anda sampai pada harga Anda kepada pelanggan jarang membutuhkan penjelasan yang rumit.

Jika pelanggan memiliki pertanyaan tentang kenaikan harga, pemasok dapat merujuk kenaikan terkait dalam biaya tetap atau variabel yang menunjukkan alasan perubahan tersebut.

Metode ini membutuhkan sedikit penelitian

Penetapan harga cost plus pricing dapat membantu jika Anda memiliki informasi terbatas seputar harapan pelanggan, penetapan harga pesaing, atau permintaan pasar.

Satu-satunya data yang diperlukan untuk metode penetapan harga ini adalah biaya Anda sendiri dan margin keuntungan yang diinginkan.

Jika Anda tidak memiliki pesaing langsung atau tidak ada produk serupa di pasar, metode cost plus pricing memastikan Anda memberi harga produk Anda dengan cara yang memenuhi kebutuhan bisnis dan mencerminkan biaya yang Anda keluarkan untuk menghasilkan penawaran Anda.

Dalam skenario ini, penetapan harga jenis ini dapat memberikan harga awal yang efektif yang dapat Anda gunakan saat Anda mengembangkan pengetahuan tentang pasar dan pelanggan Anda.

Banner 3 kledo

Tantangan Penetapan Harga Cost Plus Pricing

cost plus pricing

Meskipun ada banyak manfaat dari metode penetapan harga cost plus pricing, ada beberapa tantangan yang terkait dengan model tersebut juga.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika menetapkan harga penawaran Anda menggunakan strategi biaya ini:

Metode ini tidak selalu berkorelasi dengan nilai pelanggan

Salah satu kelemahan potensial dari metode penetapan harga ini adalah bahwa pelanggan tidak selalu menyamakan biaya dengan nilai. Seringkali, pelanggan paling bersedia untuk membelanjakan uangnya ketika mereka melihat suatu produk atau layanan bernilai investasi mereka.

Jika sesuatu itu mahal untuk diproduksi, tetapi menawarkan sedikit nilai bagi pelanggan, mereka mungkin enggan mengeluarkan uang untuk penawaran itu.

Memahami kebutuhan dan harapan pelanggan dapat menjadi faktor penting untuk dipertimbangkan ketika menetapkan harga suatu produk dan penetapan harga cost plus pricing terkadang dapat mengabaikan komponen pelanggan.

Mengoptimalkan harga Anda dalam pasar yang ada dapat meningkatkan permintaan untuk produk Anda.

Baca juga: Accounts Receivable Turnover: Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

Metode ini dapat mengurangi efisiensi

Tantangan potensial lainnya untuk penetapan harga cost plus pricing adalah potensinya untuk mengganggu efisiensi perusahaan.

Seringkali, perusahaan bertujuan untuk menurunkan biaya dan pengeluaran operasional mereka sehingga mereka dapat meningkatkan profitabilitas mereka.

Namun, dengan penetapan harga cost plus pricing, karena pemasok menetapkan margin mereka dan menjamin tingkat pengembalian, hal ini terkadang dapat menciptakan lingkungan di mana pemasok kurang termotivasi untuk mengurangi biaya. Metode biaya ini terkadang dapat mendorong kepasifan penjual.

Perusahaan yang lebih kecil mungkin lebih mudah mengatasi tantangan ini daripada bisnis yang lebih besar karena memasuki pasar masih membutuhkan harga yang kompetitif, yang dapat mendorong perusahaan kecil untuk merampingkan operasi mereka dan menurunkan biaya tetap dan variabel.

Sebaliknya, perusahaan besar yang mendominasi pasar mungkin mengandalkan strategi penetapan harga mereka untuk memaksimalkan biaya dengan sedikit memperhatikan pengeluaran karena margin keuntungan yang dijamin.

Metode ini tidak mempertimbangkan kompetisi

Meskipun tidak selalu demikian, konsumen sering kali memilih alternatif harga yang lebih rendah jika menurut mereka perusahaan telah menetapkan harga produk atau layanan terlalu tinggi.

Mengevaluasi harga pesaing dapat membantu bisnis memahami apa yang ingin dibayar konsumen dan membangun diri mereka sendiri dengan aman di dalam pasar.

Cost plus pricing hanya mempertimbangkan faktor internal sehingga terkadang dapat mengabaikan faktor eksternal penting seperti penawaran pesaing.

Hal ini dapat menimbulkan tantangan karena jika perusahaan menetapkan harga produk mereka terlalu rendah, mereka dapat mengorbankan potensi keuntungan. Jika mereka memberi harga terlalu tinggi, pelanggan dapat membeli penawaran pesaing sebagai gantinya.

Contoh Penetapan Harga Cost Plus Pricing

Misalnya, jika perusahaan menjual sepatu kets dan ingin menggunakan metode cost plus pricing untuk menentukan harga produknya, mereka mungkin menentukan:

  • Biaya total: Perusahaan sepatu menambahkan biaya material mereka sebesar 22.000.000 biaya tenaga kerja mereka sebesar 6.000.000 dan overhead yang dialokasikan sebesar 8.000.000 untuk menentukan biaya total mereka sebesar 34.000.000.
  • Biaya per unit: Untuk langkah selanjutnya, perusahaan membagi biaya totalnya dengan outputnya. Dalam contoh ini, mereka memproduksi 20 pasang sepatu kets. 34.000.000/20 = 1.700.000
  • Biaya penjualan: Jika perusahaan sepatu menerapkan markup 30% untuk produk mereka, yaitu 1.700.000 + 30% maka mereka mendapatkan harga produk mereka: 2.210.000.

Baca juga: Perputaran Total Aset: Pengertian Lengkap dan Cara Menghitungnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai metode penetapan haga cost plus pricing dalam sebuah bisnis. Penting untuk diketahui, bahwa untuk menggunakan metode penetapan harga ini, Anda perlu mengetahui setiap biaya yang Anda keluarkan dalam membuat sebuah produk atau layanan.

Jadi pastikan Anda mengetahui dan mencatat setiap biaya dan pengeluaran Anda untuk menentukan harga dan margin terbaik yang bisa Anda dapatkan dari setiap produk yang terjual.

Untuk kemudahan pencatatan biaya dan transaksi yang terjadi dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti Kledo untuk proses pembukuan yang lebih baik.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan seluruh biaya, proses pembukuan, dan pengelolaan administrasi bisnis dnegan lebih muda dan praktis.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + thirteen =