Iklan Advertorial: Pengertian dan Cara Membuatnya untuk Pemasaran Bisnis

iklan advertorial

Iklan advertorial akhir-akhir ini banyak dipilih oleh pemilik bisnis untuk mempromosikan produk yang mereka jual. Iklan jenis ini dipilih karena bisa membantu mempromosikan produk dengan cara yang lebih halus.

Karena cara promosinya yang halus, banyak pelaku usaha yang memilih iklan ini dibandingkan jenis iklan lainnyanya. Lalu bagaimana cara membuat iklan advertorial ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara membuat iklan advertorial, yuk simak penjelasan yang ada di artikel ini. Namun sebelum itu, baca penjelasan pengertian iklan advertorial di bawah ini:

Pengertian Iklan Advertorial

iklan advertorial

Advertorial merupakan jenis iklan di surat kabar, majalah atau situs web yang melibatkan pemberian informasi tentang produk dalam bentuk artikel. Biasanya, sebuah brand membayar surat kabar untuk menulis artikel dan menyisipkan iklan secara soft di artikel tersebut.

Advertorial adalah iklan yang muncul di media, baik itu majalah, surat kabar atau website.

Mereka digunakan oleh suatu bisnis untuk memberikan informasi kepada calon konsumen tentang fitur suatu produk. Ini dapat digunakan untuk menargetkan sekelompok orang tertentu dengan memilih media yang tepat untuk mempublikasikan advertorial.

Misalnya, sebuah iklan di surat kabar bisnis akan melibatkan sekelompok orang yang lebih tertarik tentang ekonomi, pasar, atau produk keuangan. Ini adalah media yang efektif bagi perusahaan untuk terhubung dengan konsumennya melalui sebuah cerita, tidak seperti iklan cetak tradisional di majalah, surat kabar, atau di situs web sebagai iklan spanduk.

Advertorial lebih detail dibandingkan iklan lainnya dan dengan demikian membantu konsumen memahami lebih banyak tentang produk. Advertorial biasanya ditulis oleh biro iklan atau klien itu sendiri. Mereka kemudian membeli ruang iklan di situs web, koran, atau majalah.

Penting untuk dicatat bahwa aturan sebagian besar publikasi, kata “iklan” sebagian besar dicetak dalam huruf kecil di bagian atas atau bawah iklan. Beberapa surat kabar atau majalah memilih untuk memasukkan advertorial ini ke bagian khusus.

Baca Juga: Search Engine Marketing: Pengertian Lengkap dan Tips Menerapkannya dalam Bisnis

Seberapa Efektif Iklan Advetorial?

Beberapa perusahaan takut menggunakan iklan advertorial karena mereka merasa target konsumen mereka akan marah dengan upaya untuk menyamarkan konten advertorial yang ditulis dalam bentuk artikel.

Namun, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa advertorial membantu meningkatkan perhatian pembaca terhadap pesan, relevansi pesan yang dirasakan, dan ingatan pesan, yang semuanya merupakan faktor kunci apakah seseorang dalam mengambil tindakan.

Bahkan dalam kasus di mana teks benar-benar identik, teks yang dirancang untuk meniru tampilan bagian editorial biasanya berkinerja jauh lebih baik daripada teks yang terlihat seperti iklan.

Karena sifat agresif dari iklan online selama beberapa dekade terakhir, orang menjadi memusuhi metode periklanan tradisional seperti spanduk, bahkan jika pesan itu sendiri tepat sasaran dan memberikan nilai asli.

Oleh karena itu, menulis advertorial menjadi cara untuk mengakomodasi kebiasaan konsumsi konten pengguna online saat ini, dan keberhasilan yang diperoleh oleh advertorial membuktikan bahwa pendekatan ini juga merupakan alternatif yang jauh lebih baik dari sudut pandang pengguna.

Terlebih lagi, tidak seperti periklanan tradisional, advertorial memberikan kesempatan unik untuk menceritakan sebuah kisah dengan suara yang tidak berpusat pada penjualan. Perusahaan yang memiliki kepercayaan terhadap layanan mereka menggunakan advertorial karena pesan yang ingin mereka sampaikan benar-benar dapat diterima pelanggan mereka.

Tujuan dan Fungsi dari Iklan Advertorial

Iklan ini memiliki tujuan yakni menyatukan suatu informasi dengan pesan yang berhubungan dengan promosi produk dengan bahasa yang lebih halus. Agar iklan ini mudah dipahami oleh masyarakat luas, penulisan iklan harus menggunakan gaya bahasa yang jelas dan tegas.

Buatlah kata-kata yang tidak hanya meyakinkan dalam penulisan iklan ini, namun juga bisa menarik perhatian orang yang membacanya. Selain itu pastikan pesan yang disampaikan mampu menciptakan sesuatu yang dibutuhkan oleh masyarakat. Termasuk meyakinkan calon investor untuk berinvestasi di bisnis yang Kawan Kledo iklankan tersebut.

Jenis Iklan Advertorial

Ada dua jenis iklan advetorial dibagi menjadi 4 (empat) yakni iklan produk dan iklan jasa, untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa membaca penjelasannya di bawah ini:

1. Iklan Advertorial Produk

Pada jenis iklan produk, iklan yang ditampilkan banyak membahas produk yang dipromosikan, mulai dari merek, jenis, kualitas produk, dan keberadaan produk tersebut. Sebagai contoh adalah iklan yang membahas tas merek terkenal.

2. Iklan Advertorial Jasa

Jika iklan advertorial produk membahas produk yang dipromosikan, iklan advertorial jasa membahas suatu jasa yang ingin dipromosikan kepada masyarakat. Pada iklan jenis ini, pembahasan iklan mengarah kepada kualitas pelayanan apa saja yang ditawarkan oleh perusahaan jasa tersebut.

Sebagai contoh perusahaan sedot WC dimana akan dijelaskan layanan yang akan diberikan oleh perusahaan tersebut.

3. Iklan Advertorial Perusahaan

Untuk advertorial perusahaan, iklan jenis ini banyak membahas mengenai eksistensi suatu perusahaan, baik itu perusahaan swasta atau BUMN. Pembahasan yang disajikan di iklan jenis ini biasanya mengenai kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

4. Iklan Advertorial Pemerintah

Untuk advertorial pemerintah, iklan ini membahas aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh pemerintah. Iklan jenis ini biasanya memiliki sifat informatif, eksplanatif, interpratif, persuasif, argumentif, influentatif, dan juga eksploratif.

Baca Juga: Coba Cara Berikut Ini untuk Memasang Iklan di Facebook, Anti Ribet!

Cara Membuat Iklan Advertorial

iklan advertorial

Buat Kawan Kledo yang ingin membuat iklan advertorial, Kawan Kledo bisa mengikuti cara-cara yang ada di bawah ini:

1. Mulai dengan Persiapan

Tahap pertama yang harus Kawan Kledo lakukan dalam menulis iklan ini adalah mulai dengan persiapan. Apa saja kira-kira persiapan yang harus dilakukan?

Persiapan ini dilakukan dengan cara mencari ide atau gagasan, melakukan pengujian ide, memilih topik yang akan ditulis, mengumpulkan data, dan membuat kerangka tulisan.

2. Tulis

Setelah Kawan Kledo menetapkan ide dan topik apa yang akan ditulis, Kawan Kledo baru bisa memulai langkah kedua yakni menulis iklan. Pastikan juga data-data yang akan digunakan telah terkumpul agar tulisan Kawan Kledo tidak mandek di tengah jalan.

3. Lakukan Editing

Setelah selesai menulis artikel untuk iklan, Kawan Kledo harus melakukan editing. Editing ini dilakukan untuk mengoreksi kesalahan-kesalahan yang terjadi pada saat proses penulisan, mulai dari kesalahan penulisan hingga data-data yang digunakan.

4. Buat Judul

Jika Kawan Kledo menganggap judul harus dibuat di awal, Kawan Kledo salah besar. Banyak penulis yang membuat judul ini setelah artikel selesai ditulis.

Ini sering dilakukan karena biasanya penulis mendapatkan ide judul ketika atau setelah artikel selesai ditulis.

Gaya Pesan dalam Iklan Advertorial

Ada berbagai jenis gaya pesan iklan dari sebuah advertorial, antara lain:

  • Informatif. Ini memberi tahu atau memperkenalkan produk, layanan, dan aktivitas yang ditawarkan. Biasanya, advertorial informatif menggunakan gaya penulisan yang lugas.
  • Argumentatif. Gaya ini untuk membuktikan sesuatu dengan memberikan argumen dan deskripsi analitis.
  • Eksploratif. Gaya ini mengungkapkan dan menjelaskan secara mendalam informasi yang diberikan kepada publik. Biasanya menjawab pertanyaan mengapa dan bagaimana.
  • Penjelasan. Gaya ini berusaha menjelaskan dan menggambarkan produk, jasa, dan aktivitas secara langsung.
  • Interpretatif. Ia berusaha menafsirkan informasi tentang produk, layanan, dan aktivitas yang dilakukan, biasanya dengan memberikan beberapa komentar atau informasi.
  • Persuasif. Advertorial adalah membujuk audiens untuk merangsang apa yang diinginkan pengiklan.
  • Berpengaruh. Tipe ini mendorong aksi penonton dan mengarahkan munculnya aksi.
  • Memuji. Hal ini melengkapi informasi yang diberikan sehingga penonton menjadi tertarik.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai iklan advertorial dan cara membuatnya yang dapat Kawan Kledo ikuti. Iklan ini bisa dijadikan Kawan Kledo sebagai pilihan untuk mempromosikan bisnis atau produk Kawan Kledo.

Selain penggunaan iklan, pastikan juga Kawan Kledo selalu mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik. Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Selain itu, basis cloud yang dimiliki oleh Kledo juga memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk melakukan pengelolaan keuangan dari mana saja dan kapan saja.

Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Banner 3 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − one =