Pemasaran Tidak Langsung: Pembahasan dan Bedanya dengan Pemasaran Langsung

pemasaran tidak langsung

Strategi pemasaran sangat penting bagi perusahaan supaya terus berkembang. Di antara berbagai jenis strategi, pemasaran tidak langsung menjadi salah satu jenis pemasaran yang sering digunakan bisnis.

Tujuan pemasaran ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran akan suatu merek, menciptakan hubungan dengan merek lain, dan membangun otoritas merek tersebut.

Untuk itu, pada artikel ini, Kledo akan membahas seputar pemasaran tidak langsung dan bedanya dengan pemasaran langsung yang perlu Anda ketahui.

Apa itu Pemasaran Tidak Langsung?

pemasaran tidak langsung

Pemasaran tidak langsung (indirect marketing) dibentuk oleh serangkaian teknik untuk mendapatkan pelanggan dengan cara yang sangat halus melalui transmisi konten yang berkualitas.

Maksudnya, dengan strategi-strategi tersebut, perusahaan mencoba mempromosikan produk dan layanan tanpa terlihat sedang dipromosikan atau memiliki tujuan komersial.

Dengan demikian, modus komunikasi teknik ini tidak didasarkan pada komunikasi satu lawan satu, tetapi terlebih dahulu dilakukan fokus untuk membuat diri Anda dikenal untuk meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jadi, ketika perusahaan menggunakan pemasaran ini, mereka menggunakan teknologi media.

Artinya, media membantu mereka mengembangkan hubungan antara perusahaan dan khalayak sasaran. Beberapa contoh pemasaran tidak langsung dapat berupa iklan TV atau radio, pemasaran digital, atau pemasaran viral.

Baca juga: Sistem Pemasaran: Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

Mengapa Pemasaran Tidak Langsung itu Penting?

Bukan rahasia lagi bahwa konsumen dihadapkan pada ribuan iklan setiap hari. Saluran pemasaran yang digunakan oleh  bisnis online  untuk mengiklankan produk mereka terus meningkat dan memperluas jalan mereka untuk menjangkau pelanggan. 

Sementara itu, rata-rata konsumen juga semakin baik dalam mengabaikan jenis pemasaran semacam itu. Tapi ini tidak berarti orang tidak mau mengeluarkan uang atau membeli produk yang tepat. 

Mengingat fakta ini, pemasaran ini menghadirkan opsi ideal untuk menghasilkan permintaan. Dengan demikian, Anda mendapatkan kepercayaan konsumen sambil memberi mereka waktu mempertimbangkan keputusan untuk membeli produk Anda.

Baca juga: Kerangka Konseptual Akuntansi: Arti dan Pembahasan Lengkapnya

Kelebihan Pemasaran Tidak Langsung

Menggunakan pemasaran tidak langsung memiliki beberapa manfaat yang mungkin dialami organisasi. Di bawah ini adalah deskripsi manfaat yang mungkin dialami organisasi ketika terlibat dalam pemasaran ini:

Membangun kepercayaan merek

Saat prospek terlibat dengan produk Anda sendiri, tentu ini dapat membangun kepercayaan merek.

Misalnya, sebuah perusahaan dapat terlibat dengan audiens secara online untuk membangun kepercayaan tanpa berpartisipasi dalam pemasaran tertentu.

Lebih murah

Dibandingkan dengan pemasaran langsung, pemasaran tidak langsung jauh lebih murah. Misalnya, perusahaan tidak perlu membeli slot waktu iklan komersial atau papan reklame yang memakan banyak biaya.

Efek jangka panjang

Strategi pemasaran tidak langsung seringkali merupakan strategi jangka panjang, artinya prospek dapat berinteraksi dengan mereka setelah Anda merilisnya dan di masa depan.

Misalnya, jika Anda memposting video untuk perusahaan, prospek dapat berinteraksi dengannya beberapa bulan atau tahun dari sekarang.

Baca juga: 10 Contoh Strategi Pemasaran Produk Ini Wajib Dicoba di Tahun 2023, Apa Saja?

Kekurangan Pemasaran Tidak Langsung

Seperti pemasaran lainnya, pemasaran tidak langsung juga memiliki beberapa kelemahan. Di bawah ini adalah deskripsi kerugian yang mungkin Anda alami saat terlibat dalam gaya pemasaran ini:

Kurangnya data terukur

Karena pemasaran tidak langsung tidak sedetail pemasaran langsung, organisasi menerima data yang kurang terukur dari demografi yang berinteraksi dengannya.

Misalnya, perusahaan mungkin mengumpulkan informasi seperti jumlah orang yang berinteraksi dengan mereknya tetapi tidak dapat mengumpulkan data tentang siapa orang tersebut dan preferensi yang mereka miliki.

Memakan waktu lama

Pemasaran tidak langsung adalah strategi jangka panjang dan seringkali membutuhkan waktu untuk memiliki efek nyata pada bisnis.

Misalnya, video mungkin tidak memperoleh jumlah viewers banyak saat Anda mempostingnya, tetapi dapat meningkatkan viewers jika semakin lama diposting di situs web bisnis.

Membutuhkan konsistensi yang tinggi

Pemasaran tidak langsung memiliki siklus yang melibatkan perusahaan secara terus-menerus agar dapat bekerja.

Misalnya, spesialis public relationship perusahaan dapat terus terlibat dengan prospek potensial dan pelanggan saat ini untuk mempertahankan citra perusahaan yang baik dan meningkatkan kepercayaan pada mereknya.

Baca juga: Net Working Capital: Pengertian Lengkap dan Cara Hitungnya

6 Cara Menggunakan Pemasaran Tidak Langsung untuk Mengembangkan Bisnis Anda

Berikut adalah 6 pendekatan pemasaran tidak langsung yang dapat digunakan:

Pemasaran konten

Pemasaran konten adalah jenis pemasaran tidak langsung yang populer karena efektivitasnya dalam mempromosikan hubungan B2B. Jenis pemasaran ini dengan membuat blog, video, podcast, dan materi yang berpusat pada konsumen untuk menarik minat dan perhatian audiens.

Meskipun tujuan utama pemasaran konten adalah untuk meningkatkan perolehan pendapatan, Anda bisa memulainya dengan membuat konten yang menginformasikan atau menghibur audiens target Anda. 

Hubungan masyarakat (public relationship)

Menurut Public Relations Society of America, public relationship (PR) adalah “proses komunikasi strategis yang membangun hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan masyarakat.” Hubungan media hanyalah salah satu komponen PR.

PR yang hebat berfungsi sebagai batu loncatan untuk pertumbuhan dan ekspansi bisnis. Jika Anda memiliki PR yang tepat, kredibilitas perusahaan Anda dapat meningkat secara eksponensial. 

Beberapa manfaat PR antara lain: 

  • Meningkatkan pendapatan penjualan
  • Peningkatan backlink untuk mendukung kinerja SEO
  • Menarik lebih banyak investor

Uji coba dan penawaran gratis

Mungkin, tidak ada cara yang lebih baik untuk membujuk calon pelanggan agar mau berbisnis dengan Anda selain memberi mereka gambaran tentang produk Anda. 

Melihat adalah percaya, dan calon klien Anda memiliki peluang untuk menjadi pelanggan berbayar sehingga mereka mau berinteraksi dengan produk atau layanan Anda. 

Menawarkan uji coba gratis adalah cara terbaik untuk menunjukkan kepada orang-orang bahwa Anda memiliki solusi untuk pain point mereka. Dan ini cara terbaik untuk meyakinkan audiensperihal kualitas produk Anda.

Uji coba gratis adalah solusi win-win untuk kedua belah pihak. Beberapa pelanggan mungkin ragu untuk membayar langsung. Menghadirkan uji coba gratis dapat menghilangkan ketakutan mereka. 

Pemasaran dari mulut ke mulut

Terlepas dari munculnya pemasaran digital , promosi dari mulut ke mulutmasih menjadi pola pemasaran yang efektif di banyak industri. Kenapa tepatnya? Karena sebagian besar konsumen memercayai rekomendasi keluarga, teman, dan kolega mereka daripada sebagian klaim sepihak dari produsen. 

Jadi, Anda perlu menginvestasikan waktu untuk membangun jaringan bisnis. Coba bangun identitas merek dan bangun hubungan dengan orang yang tepat di ceruk pasar atau industri Anda. 

Saat ini, Anda dapat memperluas jaringan Anda lebih jauh melalui platform jaringan online, salah satunya Google Workplace.

Platform ini memungkinkan Anda untuk memulai percakapan yang tepat, membangun identitas merek, dan mendapatkan rujukan yang berharga. 

Insentif rujukan seperti yang diterapkan oleh Google memungkinkan bisnis B2B menghasilkan permintaan dan mengumpulkan prospek berkualitas tinggi. Selain itu, Anda dapat menggunakan formulir interaktif untuk mempromosikan rujukan organik. 

Pemasaran media sosial

Suka atau tidak suka, media sosial adalah jalan pemasaran besar-besaran di dunia modern. Namun, sebagian besar pengguna media sosial muak dengan iklan yang dilakukan secara terus menerus dari bisnis. 

Oleh karena itu, Anda harus mengambil pendekatan berbeda agar platform seperti Facebook, Twitter, dan Instagram berfungsi untuk tujuan pemasaran tidak langsung Anda. 

Untuk memulai, Anda harus fokus untuk menyediakan konten yang bagus. 

Ada beberapa saluran seperti video TikTok, grup Facebook, Instagram, dan Youtube yang dapat membantu mendistribusikan konten Anda. Setelah audiens memperhatikan konten Anda, Anda dapat berinteraksi dengan mereka secara langsung dan membangun audiens untuk merek Anda.  

Pemasaran influencer

Memanfaatkan pengaruh individu dengan pengikut media sosial yang loyal dan pakar industri juga dapat membawa pertumbuhan yang luar biasa. 

Daripada mengambil pendekatan langsung ke pemasaran media sosial, Anda bisa menggunakan kepercayaan, keahlian, dan kredibilitas influencer terpilih untuk mempromosikan produk atau layanan Anda.

Dengan promosi atau rekomendasi dari influencer yang tepat, merek Anda dapat menarik perhatian ribuan prospek. 

Saat ini, Anda dapat memilih antara kumpulan influencer yang lebih luas seperti vlogger, tokoh media sosial, blogger, dan, tentu saja selebritas. Di dunia B2B, influencer pilihan Anda harus memiliki pengetahuan industri yang mendalam agar kampanye menjadi efektif.

Baca juga: Akumulasi Depresiasi: Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

Strategi Pemasaran Tidak Langsung

Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda gunakan untuk memaksimalkan keuntungan pemasaran tidak langsung:

Mengumpulkan data

Meskipun ada sedikit data terukur dari pemasaran tidak langsung, mengumpulkan beberapa data dapat membantu bisnis membuat basis data informasi yang berguna untuk digunakan di masa mendatang.

Misalnya, suatu perusahaan dapat mengumpulkan jumlah orang yang berinteraksi dengan situs web mereka dan menggunakan data tersebut untuk terlibat dalam strategi SEO guna meningkatkan retensi dan rasio klik-tayang.

Menyiapkan rencana jika pemasaran kurang efektif

Karena pemasaran tidak langsung memiliki sedikit atau tidak ada efek langsung pada perusahaan, mempersiapkan kurangnya tanggapan dalam jangka pendek dapat membantunya terus terlibat dalam strategi yang menguntungkan.

Misalnya, tim yang merilis video dan mengetahui bahwa video tersebut mungkin tidak mendapatkan tanggapan dari audiens dalam waktu singkat, sebaiknya terus memantau dalam jangka panjang untuk melihat seberapa efektifnya video tersebut.

Pekerjakan profesional untuk memantau keterlibatan

Memiliki profesional yang dapat terus terlibat dalam pemasaran dapat membantu perusahaan terus memaksimalkan efek jangka panjang dari strategi pemasaran.

Misalnya, profesional yang terlibat dalam praktik SEO dapat memantau keefektifan perubahan pada halaman web dan artikel serta menyesuaikannya untuk meningkatkan keterlibatan.

Baca juga: Biaya Pemasaran: Jenis, Metode Hitung, dan Jurnalnya

Perbedaan Pemasaran Tidak Langsung dan Pemasaran Langsung

LangsungTidak langsung
Komunikasi satu lawan satuKomunikasi dari satu pihak ke banyak orang
Pesan promosi yang disampaikan berfokus pada penjualanPesan luas yang berfokus pada edukasi audiens
Waktu eksekusi penjualan cepat dan menghasilkan ROI lebih cepatWaktu eksekusi cepat tetapi menghasilkan ROI dalam waktu cukup lama
Menghilangkan perantara seperti outlet media dan publikasi onlineDapat menggunakan perantara seperti kerjasama dengan majalah, influencer, saluran televisi dan radio, dan lainnya
Proses penjualan yang singkat dan terdefinisi dengan baikProses penjualan dan waktu evaluasi yang lama
Ideal dilakukan ketika bisnis sudah mapan dan mempunyai nama besar di mana Anda dapat memanfaatkan kesadaran merek yang ada untuk menutup penjualanIdeal dilakukan pada pasar baru di mana upaya pemasaran membantu mengembangkan kesadaran merek

 Jenis umum kegiatan pemasaran langsung dan tidak langsung

LangsungTidak langsung
TelemarketingPemasaran konten
Email PemasaranSEO
Surat langsung dan perangkoPemasaran influencer
SMS dan pesan teksProgram royalti dan hadiah
Penjualan langsungReview produk

Baca juga: Direct Marketing: Pahami Pengertian, Komponen, Jenis, dan Contohnya

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Itulah pembahasan mengenai pemasaran tidak langsung dan bedanya dengan pemasaran langsung. Jenis pemasaran ini bida dilakukan bagi Anda yang memiliki bisnis baru agar bisa menjangkau audiens lebih luas.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan yang detail dan sistematis dengan menggunakan software akuntansi seperti Kledo. Software ini dilengkapi dengan berbagai fitur mulai dari otomatisasi laporan keuangan, aplikasi invoice, software inventory, dan masih banyak lagi.

Mulai dari 139 ribu saja, Anda sudah bisa menggunakan Kledo dengan fitur terlengkap. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, gunaka free trial Kledo selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × one =