Pengertian Market Mapping, Manfaat, Jenis, dan Cara Melakukannya

market mapping banner

Representasi visual dapat berguna ketika mencoba memahami topik yang kompleks. Bisnis sering menggunakan teknik visual yang disebut market mapping untuk membantu memahami pasar dan pesaing mereka.

Mempelajari market mapping atau pemetaan pasar dapat membantu Anda memutuskan apakah menggunakan teknik ini dapat menguntungkan tim Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu market mapping dan menjelaskan bagaimana cara menjelaskannya dapat membantu bisnis.

Apa itu Market Mapping?

Market mapping atau pemetaan pasar adalah metode untuk memvisualisasikan posisi atau produk Anda di dalam pasar tertentu. Anda membuat segmen pasar yang berbeda untuk diukur dan dibandingkan.

Ini adalah jenis peta posisi pasar yang memperhitungkan berbagai kekuatan di pasar Anda, seperti penawaran, permintaan, dan kejenuhan, dan di mana Anda berada dalam teka-teki tersebut.

Pemetaan pasar memberi Anda gambaran lengkap tentang lanskap persaingan Anda, termasuk segmen pelanggan, perbandingan produk, dan prakiraan pasar.

Segmentasi pasar sebenarnya bekerja mirip dengan analisis SWOT tradisional yang mengenali kekuatan, kelemahan atau kesenjangan, peluang, dan ancaman Anda. Dengan memproyeksikan lanskap persaingan Anda ke dalam grafik nilai, Anda dapat dengan mudah mengukur keunggulan dan kelemahan kompetitif.

Namun, mari kita mulai dari awal. Dalam setiap analisis, pertama-tama Anda harus mengetahui contoh market mapping supaya Anda bisa membuatnya dengan benar.

Baca juga: Segmentasi Transaksional (Analisis RFM): Pengertian, Strategi, dan Contohnya

Contoh Market Mapping

Untuk mengetahui lebih dalam tentang market mapping, Anda bisa melihat gambar di bawah ini:

market mapping 2
market mapping 1

Baca juga: Segmentasi Behavioral: Pengertian, Karakteristik, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Bagaimana Market Mapping Membantu Bisnis?

Berikut ini adalah manfaat pemetaan pasar dapat membantu bisnis:

Memperkirakan pasar masa depan

Pemetaan pasar membantu bisnis memperkirakan tindakan pesaing dan memperkirakan perkembangan pasar di masa depan.

Dengan memetakan model bisnis kompetitor perusahaan, akan lebih mudah untuk mendeteksi tren dalam aktivitas mereka dan menemukan pola perilaku.

Hal ini dapat membantu bisnis mengantisipasi dan bereaksi terhadap perubahan di pasar dan memberikan prediktabilitas dengan memberikan pemahaman yang lebih baik tentang strategi pesaing mereka.

Mengidentifikasi pesaing terdekat

Market mapping dapat mengidentifikasi pesaing yang memiliki kesamaan dalam posisi pasar dan penawaran produk. Sebagai contoh, peta pasar untuk bisnis minuman ringan dapat mencakup beberapa perusahaan minuman, namun juga memiliki beberapa pesaing dekat yang secara visual terlihat dekat di peta.

Ini adalah cara sederhana untuk membandingkan kompetitor sambil mengidentifikasi potensi ancaman atau peluang.

Membantu analisis penilaian

Pemetaan pasar dapat membantu saat menentukan nilai bisnis lain, seperti pesaing langsung atau tidak langsung.

Posisi relatif pesaing pada grafik dapat berguna untuk memprediksi kinerja pasar di masa depan dan membantu dalam menentukan nilai aset perusahaan yang sebenarnya.

Dengan memperkirakan nilai aset, termasuk aset langsung, tidak berwujud, dan aset operasi, bisnis dapat merumuskan ide yang lebih baik tentang berapa nilai sebenarnya di pasar.

Baca juga: Firmographic Segmentation: Pengertian, Variabel, Manfaat, dan Contohnya

Menentukan strategi bisnis

Pemetaan pasar membantu perusahaan untuk menentukan strategi bisnis mereka yang spesifik untuk pasar mereka. Dengan menganalisis persaingan, perusahaan dapat mengidentifikasi produk atau layanan terbaik untuk pasar tertentu.

Mereka juga dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan pesaing mereka, dan memutuskan apa yang harus difokuskan dalam hal pengembangan dan distribusi produk.

Mengidentifikasi mitra potensial atau target akuisisi

Dengan menggunakan pemetaan pasar, sebuah organisasi dapat mengidentifikasi mitra potensial atau target akuisisi yang melengkapi arah strategis perusahaan mereka sendiri dan memungkinkan penetrasi lebih lanjut ke dalam pasar.

Sebagai contoh, dua perusahaan dengan pendapatan yang sebanding namun memiliki produk yang bervariasi dapat menjadi mitra yang berharga. Market mapping juga memberikan wawasan tentang strategi yang menargetkan kelemahan perusahaan di pasar tertentu.

Mengenali kesenjangan di pasar

Peta pasar dapat mengungkap kesenjangan di pasar, yang merupakan peluang bagi perusahaan untuk masuk ke pasar atau segmen baru.

Sebagai contoh, kesenjangan ini dapat muncul melalui pemetaan data dengan adanya kelompok perusahaan yang melayani pasar tertentu namun tidak ada perusahaan yang melayani pasar lain.

Jika ada permintaan untuk suatu produk tetapi pasokannya kurang, ini memberikan peluang bagi perusahaan untuk memanfaatkan permintaan tersebut.

Baca juga: Pengertian Direct Mail Marketing dan Strategi Melakukannya

Banner 1 kledo

Tiga Jenis Market Mapping

Perusahaan dari semua ukuran dan di semua tahap dapat memanfaatkan manfaat pemetaan pasar. Konsep ini berguna ketika Anda ingin memasuki pasar baru, meluncurkan produk baru, meningkatkan pangsa pasar, memperkuat posisi, dan mengevaluasi produk. Mari kita lihat beberapa contoh peta pasar yang memiliki tujuan berbeda.

Market mapping produk

Saat memetakan produk, Anda akan membuat grafik yang membandingkan produk Anda dengan produk pesaing. Anda akan memperhatikan faktor-faktor seperti:

  • Harga
  • Manfaat
  • Kualitas
  • Fitur

Market mapping pesaing

Pemetaan pasar pesaing Anda dapat membantu Anda melihat apa yang membedakan perusahaan Anda dan siapa yang akan Anda hadapi. Saat membuat peta pasar untuk pesaing Anda, catat informasi seperti:

  • Pendapatan tahunan
  • Jangkauan pasar
  • Rangkaian produk
  • Tingkat harga produk
  • Tingkat pertumbuhan

Market mapping audiens Anda

Pemetaan pasar audiens Anda diperlukan untuk menciptakan strategi pemasaran yang kuat. Peta ini akan mengidentifikasi jenis pelanggan yang paling berharga bagi perusahaan Anda, sehingga Anda dapat menargetkan mereka dengan lebih efektif. Anda dapat menggunakan berbagai titik data untuk memetakan audiens Anda, termasuk:

  • Frekuensi pembelian
  • Usia
  • Jenis kelamin
  • Lokasi
  • Tingkat pendapatan
  • Minat
  • Value
  • Life cycle

Baca juga: Pengertian Interactive Marketing, Manfaat, Strategi, dan Contohnya

Bagaimana Cara Membuat Market Mapping?

market mapping 4

Apa pun peta pasar yang Anda putuskan untuk dibuat, berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk melakukannya.

Mengidentifikasi pasar

Kunci pertama untuk pemetaan pasar yang efektif adalah menetapkan batasan di sekitar pasar Anda.

Hal ini penting karena jika pasar Anda terlalu luas, Anda akan segera tenggelam dalam data atau mendapati diri Anda membandingkan perusahaan Anda dengan perusahaan lain yang hanya memiliki sedikit atau bahkan tidak ada persinggungan dengan perusahaan Anda.

Identifikasi wilayah geografis dan pelanggan potensial (atau saat ini) yang ingin Anda pelajari, dan persempit daftar pesaing potensial Anda menjadi mereka yang produknya mencoba memecahkan masalah pelanggan yang sama dengan Anda.

Anda selalu dapat membuat beberapa peta dengan batas-batas yang berbeda jika Anda khawatir untuk mencakup semuanya.

Identifikasi fitur unik produk Anda

Anda tidak dapat secara akurat membandingkan perusahaan atau produk Anda dengan yang lain jika Anda tidak tahu apa yang Anda tawarkan, jadi pastikan Anda memiliki pemahaman yang kuat tentang hal ini sebelum memulai pemetaan pasar.

Anda juga tidak dapat secara akurat membuat perbandingan pada setiap fitur perusahaan Anda, jadi persempitlah manfaat, biaya, atau fitur lain yang ingin Anda bandingkan untuk peta pasar ini.

Baca juga: Stealth Marketing: Pengertian, Manfaat, Strategi dan Contohnya

Lakukan riset

Jika Anda belum memiliki semua informasi yang Anda butuhkan untuk membuat peta pasar, lakukan survei pelanggan, baca ulasan, dan periksa data iklan untuk memahami nilai yang Anda berikan kepada pelanggan Anda dan bagaimana produk Anda dibandingkan dengan penawaran pesaing Anda.

Selain itu, Anda dapat melihat laporan publik perusahaan pesaing untuk mengetahui harga, tingkat pertumbuhan, dan pendapatan mereka, serta mencari informasi sebanyak mungkin tentang strategi pemasaran mereka.

Data adalah kunci untuk market mapping yang efektif – ingatlah untuk tetap berada dalam parameter yang Anda tentukan sendiri di awal proses pemetaan pasar.

Baca juga: 10+ Manfaat Pameran Produk dan Kekurangannya

Buatlah Grafik

Sekarang saatnya untuk memplot setiap produk, pelanggan, atau perusahaan dalam sebuah grafik. Seperti apa bentuk grafik Anda akan tergantung pada titik data yang Anda periksa, tetapi berikut adalah beberapa contoh dua sumbu grafik Anda:

  • Harga produk dan kualitas produk
  • Pangsa pasar dan tingkat harga produk
  • Pangsa pasar dan usia pelanggan
  • Lokasi pelanggan dan jumlah pembelian

Setelah Anda membuat grafik data Anda, Anda dapat dengan cepat melihat di mana klaster dan kesenjangan pasar.

Terus lakukan pemetaan

Market mapping paling efektif jika Anda melakukannya secara teratur. Hal ini akan membantu Anda melihat perubahan dari waktu ke waktu, membantu Anda mengidentifikasi tren pasar, mempelajari strategi pesaing, dan melihat di mana basis pelanggan Anda mungkin bergeser.

Semua informasi ini sangat penting untuk menciptakan strategi bisnis dan pemasaran yang efektif dan menjaga keunggulan kompetitif perusahaan Anda.

Baca juga: Partnership Marketing: Pengertian, Strategi, Tantangan, dan Contohnya

Kesimpulan

Itulah penjelasan lengkap market mapping atau pemetaan pasar beserta contoh dan tahapan melakukannya.

Mengetahui pasar secara keseluruhan sangat penting bagi kesuksesan bisnis dan membuat Anda bisa memilih keputusan yang tepat untuk keberlanjutan bisnis.

Selain data pasar, hal yang penting untuk Anda ketahui secara terperinci adalah data keuangan untuk memastikan kesehatan finansial bisnis.

Pastikan Anda mencatat data keuangan dalam sistem modern sehingga memudahkan Anda menyimpan dan menganalisis seluruh data tersebut lebih praktis. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online yang sudah digunakan oleh lebih dari 65 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis dan memiliki fitur terlengkap dengan harga terjangkau.

Hanya 4500 perhari Anda akan mendapatkan fitur pembukan yang lebih praktis, manajemen aset, pembuatan laporan keuangan instan, multi gudang dan cabang, dan masih banyak lagi.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

20 − 3 =