Tips Membuat Iklan Promosi yang Berhasil untuk Bisnis Anda

iklan promosi

Iklan promosi adalah cara yang efektif untuk membangun kesadaran produk dengan cepat, meningkatkan penjualan produk, dan meningkatkan pendapatan Anda secara keseluruhan.

Promosi dapat menawarkan manfaat jangka pendek yang efektif, sementara strategi periklanan dasar membutuhkan lebih banyak waktu dan memberikan hasil jangka panjang.

Ketika Anda perlu melakukan penjualan produk dengan cepat, iklan promosi bisa menjadi yang terbaik untuk diterapkan.

Pada artikel ini, kami meninjau apa itu iklan promosi, bagaimana promosi berbeda dari iklan, manfaat menggunakannya dan tips dalam membuat iklan yang sukses.

Apa itu iklan promosi?

iklan promosi

Iklan promosi adalah strategi pemasaran jangka pendek yang digunakan bisnis untuk meningkatkan penjualan produk atau layanan tertentu.

Beberapa perusahaan mungkin memilih untuk mengiklankan promosi untuk meningkatkan kesadaran, meningkatkan penjualan, atau menyoroti pembaruan produk baru atau yang sudah ada.

Contoh umum dari iklan promosi yang berbeda adalah kampanye pemasaran “beli satu gratis satu”, kupon virtual atau fisik, atau pengurangan harga yang diiklankan yang ditargetkan untuk audiens tertentu.

Apa Perbedaan Iklan dan Promosi?

Promosi biasanya merupakan kampanye jangka pendek yang digunakan untuk melakukan penjualan cepat guna membantu perusahaan memenuhi sasaran pendapatan secara keseluruhan atau meningkatkan penjualan produk tertentu.

Periklanan adalah kampanye jangka panjang yang digunakan untuk menciptakan atau mengembangkan identitas merek dan untuk membangun atau memperkuat hubungan dan kepercayaan dengan calon atau pelanggan saat ini.

Perbedaan umum lainnya antara keduanya meliputi:

Durasi waktu

Merencanakan kampanye iklan membutuhkan lebih banyak pemikiran dan waktu untuk membangun strategi efektif yang menjangkau dan terhubung dengan audiens target Anda.

Karena Anda mempromosikan satu produk daripada keseluruhan merek, iklan promosi lebih cepat disatukan.

Baca juga: Mengetahui Komponen Laba Rugi dalam Laporan Keuangan Bisnis

Penetapan harga kampanye

Sebagian besar kampanye iklan memasarkan seluruh merek dan bertujuan untuk menargetkan khalayak luas, sehingga Anda dapat membayar lebih untuk menampilkannya di berbagai outlet untuk waktu yang lama.

Promosi hanya memasarkan satu atau dua diskon produk untuk waktu yang terbatas, sehingga lebih murah untuk diproduksi dan ditampilkan.

Misi kampanye

Kampanye periklanan bertujuan untuk membangun koneksi, kepercayaan, dan hubungan dengan calon pelanggan dan pelanggan mereka saat ini. Tujuan utama dari iklan promosi adalah untuk mendapatkan lebih banyak penjualan.

Emosi yang digunakan dalam pengiriman pesan

Kampanye iklan membutuhkan lebih banyak imajinasi dan kreativitas untuk menghubungkan pelanggan secara emosional dengan materi.

Promosi biasanya menggunakan sedikit atau tanpa emosi, karena terutama ditujukan untuk menawarkan penawaran jangka pendek dan menghasilkan keuntungan cepat.

Hasil kampanye

Periklanan biasanya membutuhkan waktu untuk membangun kepercayaan dengan pelanggan, membangun hubungan dan meyakinkan pelanggan untuk berkomitmen pada produk.

Promosi sering melihat hasil yang lebih cepat karena pelanggan hanya menggunakan kesepakatan yang diiklankan untuk melakukan pembelian cepat.

Baca juga: Forecasting: Pengertian Lengkap dan Tips Memilih Metode Forecasting yang Benar

Manfaat Menggunakan Iklan Promosi

Kampanye iklan promosi adalah solusi jangka pendek yang efektif untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan cepat.

Manfaat umum menggunakan iklan promosi dalam upaya pemasaran Anda meliputi:

Membangun pengenalan merek

Jika calon pelanggan terus melihat promosi produk, mereka mungkin menjadi lebih sadar akan merek tersebut. Keakraban ini dapat mengarahkan mereka untuk menguji produk dengan harga diskon.

Mengarah ke referensi pelanggan

Pertimbangkan untuk menawarkan promosi pelanggan saat ini jika mereka merujuk produk atau layanan ke teman atau kolega.

Ini dapat mendatangkan pelanggan yang mengesankan yang memercayai pendapat orang yang mereka kenal.

Meningkatkan loyalitas pelanggan

Membuat iklan promosi secara teratur dapat mengarahkan pelanggan untuk membeli produk secara teratur dan tetap setia pada merek.

Pertimbangkan untuk memberikan promosi kepada pelanggan saat ini untuk menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dan menghargai bisnis dan loyalitas mereka terhadap merek.

Baca juga: 15 Tips Untuk Meningkatkan Branding Produk di Tahun 2022

Bentuk Umum dari Periklanan dan Pemasaran

Selain iklan promosi, ada banyak jenis iklan dan pemasaran yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan merek atau produk Anda. Bentuk umum lainnya dari periklanan dan pemasaran meliputi:

Iklan televisi dan radio

Cara yang bagus untuk menyampaikan pesan Anda di depan khalayak luas adalah melalui iklan televisi dan radio.

Dengan televisi, Anda dapat menggunakan elemen seperti penglihatan, gerakan, warna, dan suara untuk menceritakan kisah merek Anda dan meyakinkan orang lain untuk mencoba produk Anda.

Anda dapat menggunakan radio untuk menulis skrip menarik yang menginformasikan audiens tentang produk atau layanan yang Anda jual dan bagaimana mereka dapat menggunakannya untuk keuntungan mereka.

Papan reklame luar ruangan

Suatu bentuk iklan cetak adalah papan reklame dan tampilan lain yang dapat dilihat pelanggan selama perjalanan, tugas, atau aktivitas mereka.

Calon pelanggan dan pelanggan saat ini dapat melihat ini di jalan, di stadion atau tempat atau di bus atau kereta api.

Anda dapat menggunakan bangunan yang lebih besar untuk berbagi pesan dan membuat dampak besar pada audiens Anda, yang dapat mengarahkan mereka untuk mencoba atau mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda.

Koran dan majalah

Metode iklan cetak lainnya adalah menampilkan iklan di koran atau majalah. Jenis majalah atau surat kabar tempat Anda menampilkan iklan dapat bergantung pada jenis audiens yang ingin Anda jangkau atau produk yang Anda jual.

Misalnya, jika Anda menjual bahan scrapbooking, Anda dapat menampilkan iklan Anda di majalah seni dan kerajinan.

Pemasaran digital

Strategi efektif yang digunakan banyak perusahaan adalah pemasaran digital, yang dapat mencakup konten informatif seperti blog, e-book, dan white paper.

Anda dapat membuat konten ini secara langsung kepada audiens tertentu sesuai dengan kebutuhan, preferensi, dan tantangan yang mereka hadapi dalam kehidupan pribadi atau profesional mereka.

Tujuan utama pemasaran digital adalah untuk mendidik pembaca Anda, menambah nilai, dan menjadikan perusahaan sebagai pemimpin pemikiran yang mapan dan tepercaya di industri ini.

Baca juga: Ingin Melakukan Brand Building Sukses di Tahun 2022? Berikut Tipsnya

Direct mail dan pemasaran email

Jenis iklan ini memungkinkan Anda menjangkau pelanggan secara lebih langsung dengan menargetkan audiens tertentu dan melayani pesan Anda kepada mereka menggunakan email atau surat fisik.

Anda dapat mempersonalisasi upaya surat langsung Anda dengan memahami keinginan, kebutuhan, dan perilaku audiens Anda dan menyesuaikan pesan Anda untuk berhubungan dengan mereka.

Kirimkan artikel seperti buletin, pamflet, atau pembaruan perusahaan untuk menjaga agar pelanggan saat ini dan calon pelanggan diperbarui tentang upaya perusahaan dan informasi tentang berita industri.

Pemasaran online berbayar

Pemasaran dan periklanan berbayar dapat menarik pelanggan baru dengan menjangkau khalayak global dengan anggaran yang masuk akal.

Anda dapat melakukan ini dengan membangun situs web yang mudah digunakan yang mudah dinavigasi dan menemukan informasi penting yang dicari pelanggan.

Pertimbangkan untuk membuat iklan digital untuk ditampilkan di internet dan melayaninya langsung ke audiens yang ingin Anda tarik.

Banner 2 kledo

Tips dalam Membuat Iklan Promosi yang Efektif

iklan promosi

1. Tentukan di mana audiens Anda berada

Untuk melakukan ini, pertama-tama tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini: Siapa audiens Anda? Apa pola, perilaku, psikografis, dan preferensi mereka?

Jika Anda mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan itu, Anda mungkin sebenarnya dapat mengetahui di mana mereka berada.

Di dunia digital saat ini, audiens Anda mungkin ada di LinkedIn atau nongkrong di Reddit, Instagram, atau Tiktok Tanyakan pada diri Anda: Di mana audiens potensial saya? Dan perlu diingat bahwa audiens Anda dan ke mana mereka ingin pergi akan selalu berubah.

2. Pahami audiens Anda

Ini berarti Anda benar-benar harus memahami mereka. Apa yang menurut Anda mungkin menarik bagi mereka mungkin tidak, terutama dalam hal materi iklan, copy, dan pengiriman.

Pikirkan tentang reaksi mereka, dan bereksperimenlah untuk melihat apa yang berhasil.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Market Size, Cara Hitung, dan Meningkatkannya

3. Jadilah otentik untuk merek Anda

Jika Anda ingin membuat iklan operasi, selalu ingat ini, jangan mencoba menyampaikan pesan yang tidak sesuai dengan merek, produk, atau konsumen.

Jangan menjadi apa yang bukan bisnis Anda. Jangan sampai audiens Anda merasa dibohongi dengan apa yang iklankan pada bisnis Anda

4. Sempurnakan pesan Anda dalam Iklan

Kami sangat percaya bahwa pesan adalah segalanya. Jika Anda melewatkan pesan, Anda kehilangan pasar dan audiens. Pesan yang buruk tidak akan menarik bagi audiens dan iklan Anda akan terlewat begitu saja.

5. Pastikan Iklan Anda kreatif dan memiliki copy yang mudah dipahami

Iklan merek yang paling pintar dan efektif terkadang paling halus. Mereka memadukan pesan dan seni mereka bersama-sama untuk menghadirkan gambaran holistik dari sebuah merek — terkadang berfokus pada produk dan terkadang pelanggan ideal.

Anda tahu strategi ini ketika Anda melihatnya. Iklan ini efektif untuk merek, efektif untuk produk dan efektif untuk pelanggan potensial.

Anda harus mengingat bahwa iklan adalah sebuah karya seni dan Anda harus memahami hal tersebut.

6. Tim adalah hal penting untuk membuat iklan yang menarik

Perusahaan yang lebih besar memiliki kemampuan untuk bekerja dengan agensi kreatif dan media. Perusahaan yang lebih kecil mungkin dapat membuat kampanye iklan mereka sendiri, atau mereka dapat menyewa agensi kecil yang independen.

Bagaimanapun, orang-orang yang bekerja dengan Anda penting. Mereka harus mendengarkan dan bekerja berdampingan dengan Anda sebagai mitra. Satu ukuran tidak cocok untuk semua, dan terkadang kombinasi agensi dan pekerja in house adalah komunikasi terbaik.

7. Jangkau audiens Anda di mana mereka berada, bukan di mana mereka tidak berada

Apa bauran iklan Anda? Apakah Anda menggunakan papan reklame, unit iklan online, media sosial atau media cetak?

Jika Anda tahu di mana audiens potensial Anda, dapatkah Anda menentukan format terbaik untuk menjangkau mereka?

Agensi besar mungkin tahu. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan game online, calon pelanggan mungkin sudah memainkan game online favorit mereka.

8. Lakukan pengukuran

Jika ini adalah kampanye merek, Anda mungkin ingin mengukur peningkatan merek. Misalnya Anda memasang papan reklame digital di dekat bandara di jalan tol. Kira-kira 1,4 juta orang melewati papan reklame itu setiap minggu. Ini memberikan brand awareness.

Di sisi lain, Anda dapat mengukur kinerja iklan dengan metrik seperti prospek, konversi, klik, dan lainnya. Selalu memperhitungkan pengukuran ke dalam rencana Anda sehingga Anda dapat menunjukkan indikasi keberhasilan.

Baca juga: Apa Itu Buzz Marketing? Berikut Pengertian, Manfaat, Dan Tips Melakukannya

Bisnis Saya Memiliki Anggaran Terbatas, Bagaimana Cara Membuat Iklan Promos yang Efektif?

Berikut adalah beberapa cara untuk memasarkan bisnis Anda dengan anggaran terbatas:

  • Manfaatkan platform media sosial. Media sosial adalah cara yang efektif untuk mengembangkan bisnis Anda sambil menghabiskan sedikit atau tanpa uang. Ikuti akun perusahaan lain, gunakan tagar dan sering memposting untuk membangun pengikut.
  • Beriklan selama musim puncak untuk industri Anda. Jika Anda memiliki anggaran kecil, lakukan penggunaan iklan billboard atau iklan TV untuk musim pembelian puncak. Misalnya, jika Anda memiliki bisnis ritel, tunggu hingga bulan-bulan liburan ketika orang berbelanja lebih banyak.
  • Mulai blog untuk mengarahkan trafik. Jika Anda sudah memiliki situs web perusahaan, blog adalah cara murah untuk mengiklankan produk Anda. Buat tutorial produk dengan kata kunci dan tautan balik untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap dan cara membuat iklan promosi secara efektif, yang bisa Anda gunakan sekalipun bisnis Anda memiliki anggaran yang kecil.

Biaya periklanan dalam suatu bisnis memang terkadang bisa menjadi suatu pengeluaran yang sangat besar, terutama untuk industri tertentu.

Untuk memastikan seluruh biaya yang Anda keluarkan memiliki hasil yang memuaskan, Anda harus mencatat seluruh biaya tersebut dan juga mencatat setiap transaksi yang berhasil selama Anda melakukan kampanye pemasaran.

Hindari pencatatan manual yang memakan waktu dan rentan kesalahan, dan mulailah beralih ke sistem yang lebih memudahkan seperti menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan pembelian, melakukan pemantauan multi gudang, penghitungan pajak pembelian, manajemen stok, proses rekonsiliasi transaksi yang mudah, otomatisasi pembuatan 30 jenis laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

10 + 4 =