20 Contoh Promosi Kreatif yang Bisa Anda Lakukan dalam Bisnis

contoh promosi kreatif banner

Dengan semakin banyaknya persaingan di dunia digital, mungkin sulit untuk menemukan beberapa strategi dan contoh promosi kreatif yang Anda butuhkan untuk meraih kesuksesan.

Benar, berpikir kreatif adalah salah satu cara terbaik untuk menghasilkan ide-ide baru yang akan menyenangkan audiens Anda.

Ide promosi atau pemasaran kreatif dapat membantu meningkatkan awareness pada merek Anda, membangun minat di antara pelanggan Anda, dan mempromosikan ide, produk, dan promosi baru.

Ide-ide ini juga menarik perhatian masyarakat umum, yang sangat bagus untuk bisnis kecil atau bisnis yang baru saja dimulai.

Artikel ini akan memberikan 20 contoh promosi kreatif yang dapat membantu bisnis Anda mencapai hasil yang lebih baik.

1. Cobalah Strategi Gamifikasi

Gamifikasi adalah salah satu tren paling populer dalam contoh pemasaran dan promosi kreatif.

Gamifikasi berarti menambahkan elemen permainan ke area lain dalam bisnis Anda untuk menarik audiens dan memberi mereka kesempatan untuk terlibat.

Umumnya, gamifikasi melibatkan pemberian hadiah kepada audiens setelah mereka menyelesaikan tugas tertentu atau target dengan merek Anda.

Strategi gamifikasi memberikan kepuasan instan kepada pelanggan. Strategi ini juga dapat membuat pelanggan Anda kembali karena mereka menikmati pengalaman yang diberikan oleh merek Anda.

Gamifikasi sering digunakan dalam program loyalitas pelanggan dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan dan menukarkan poin dengan produk atau layanan.

Banner 2 kledo

2. Buat Konten Interaktif

Konten interaktif adalah konten yang mendorong partisipasi audiens. Hal ini dapat mencakup hal-hal seperti interaktif:

  • Kalkulator
  • Kuis
  • Video
  • Infografis
  • eBook

Ketika sebuah konten bersifat interaktif, konten tersebut akan memberikan penghargaan atas keterlibatan aktif daripada hanya membiarkan seseorang secara pasif membaca artikel atau menonton video.

Hal ini juga memberikan beberapa tingkat kontrol kembali kepada konsumen dan memberdayakan mereka selama interaksi mereka dan dapat membangun loyalitas pelanggan dan asosiasi positif dengan merek Anda.

Selain itu, konten interaktif cenderung memberikan nilai lebih kepada audiens daripada konten statis.

Jadi, cara ini semakin mendorong keterlibatan dan partisipasi dengan merek Anda.

Baca juga: Analisis Kelayakan Usaha: Pengertian, Jenis, Tahapan, dan Contohnya

3. Tampil dalam Expert Roundup

Jika Anda memiliki pengetahuan khusus dalam industri Anda berdasarkan pengalaman Anda atau pandangan unik merek Anda tentang produk dan layanan, berbagi pengetahuan itu dapat membantu mendukung upaya pemasaran Anda.

Expert roundup adalah postingan blog, podcast, atau video yang menampilkan kontribusi dari berbagai pakar di bidang tertentu.

Seorang pewawancara akan meminta Anda dan orang lain di bidang Anda untuk memberikan pendapat atau saran tentang topik tertentu.

Hal ini memberikan Anda kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan membantu membimbing orang lain yang mungkin meminta nasihat atau panduan dari Anda.

Ketika Anda tampil di beberapa diskusi ini, hal ini membantu meningkatkan reputasi Anda dan mempromosikan bisnis, merek, dan produk Anda.

4. Selenggarakan Kompetisi di Media Sosial

Mengadakan kompetisi adalah contoh promosi kreatif lainnya yang dapat membantu menyebarkan berita tentang merek, produk, dan layanan Anda.

Anda bisa mengadakan kompetisi di media sosial untuk membantu meningkatkan brand awareness bisnis Anda dan mengumpulkan lebih banyak pengikut, yang bisa ditambahkan ke proses pemasaran lainnya.

Anda bisa memberikan petunjuk kepada pengikut Anda dan meminta mereka memasukkan konten mereka sendiri seperti foto atau video sebelum memilih pemenang.

Pastikan bahwa orang-orang yang mengikuti kompetisi mengikuti akun Anda, dan promosikan pengguna tersebut setelah memilih mereka sebagai pemenang.

Hadiahnya bisa berupa apa saja, mulai dari produk gratis, diskon layanan, hingga uang tunai atau hadiah kartu hadiah.

Baca juga: 20+ Cara Membuat Iklan yang Efektif dan Berpotensi Viral

5. Gunakan Prospect Lead Kreatif untuk Mengembangkan Daftar Email

Email marketing masih menjadi salah satu bentuk pemasaran digital yang paling dapat diandalkan. Email memungkinkan Anda untuk secara langsung menyapa pelanggan Anda secara individual dan menyampaikan pesan yang jelas.

Namun, terkadang open rate kita menjadi stagnan dan menjadi lebih sulit untuk mendapatkan keterlibatan dalam kampanye email.

Menggunakan prospect lead dapat membantu mengembangkan daftar email Anda dan mendorong lebih banyak pembukaan dan klik. Prospect lead adalah hal-hal seperti diskon, kupon, sampel produk, dan penawaran pengiriman gratis.

Hal ini memberikan nilai konkret kepada audiens dan mendorong mereka untuk terlibat dengan email untuk mendapatkan hadiah.

6. Rencanakan Strategi Promosi Musiman

Promosi musiman adalah pemasaran yang bertepatan dengan acara tahunan. Ini termasuk hal-hal seperti penjualan saat Ramadhan, diskon Natal, dan Tahun baru.

Meskipun Anda mungkin menawarkan beberapa diskon sepanjang tahun, memiliki acara penjualan khusus untuk acara pemasaran musiman yang berbeda dapat menarik lebih banyak minat pada merek Anda.

Merencanakan strategi pemasaran musiman membutuhkan waktu, jadi pastikan untuk mulai menyebarkan berita tentang apa yang dapat Anda lakukan jauh sebelum waktu acara yang sebenarnya tiba.

Dengan begitu, pelanggan Anda tahu persis apa yang Anda tawarkan dan kapan waktu yang tepat untuk menerima penawaran tersebut.

Baca juga: Media Promosi: Pengertian, Jenis, Tips Memilih, Dan Mengukur Efektifitasnya

7. Lakukan Guest Posting

Guest posting adalah konten yang Anda buat tetapi dihosting di website atau platform selain milik Anda.

Hal ini sangat bagus untuk beberapa alasan berbeda. Pertama, ini memungkinkan Anda untuk memanfaatkan audiens dari bisnis yang berbeda dan menyebarkan berita tentang bisnis dan merek Anda sendiri.

Hal ini juga memberi Anda kesempatan untuk membangun backlink ke website Anda sendiri.

Backlink penting untuk menciptakan SEO yang kuat untuk merek Anda. Ketika sumber yang sah menautkan ke situs web Anda, hal ini akan membangun otoritas dalam bisnis Anda.

Guest posting memungkinkan Anda untuk menautkan ke halaman Anda dan menciptakan lebih banyak peluang untuk peringkat SEO yang lebih tinggi.

8. Berikan Komisi untuk Beberapa Karya Seni

contoh promosi kreatif 1

Contoh promosi kreatif dapat melampaui dunia digital dan meningkatkan komunitas Anda.

Menggunakan karya seni seperti mural lokal tidak hanya dapat membantu Anda menyebarkan berita tentang bisnis Anda, tetapi juga membantu mempercantik komunitas Anda.

Hal ini juga mendukung seniman lokal dan dapat menarik perhatian orang yang lewat.

Anda juga bisa memesan karya seni digital yang bisa ditampilkan di website atau produk Anda.

Mengadakan kompetisi desain dapat membantu menarik lebih banyak minat pada merek Anda dan mendorong partisipasi dari pelanggan setia yang ingin menjadi bagian yang lebih besar dari merek tersebut.

Baca juga: 22 Strategi Promosi Toko Online Beserta Contohnya

9. Tambahkan Emoji dan Meme ke Konten Anda

Saat ini sudah sangat banyak materi promosi yang bersifat formal dan tidak menyenangkan.

Meskipun hal ini berhasil untuk audiens tertentu, jika target pasar Anda mencakup pembeli yang lebih muda atau jika produk Anda sendiri lebih menyenangkan daripada formal, menambahkan emoji, hadiah, dan meme ke konten Anda dapat membantu meningkatkan kesadaran dan menyenangkan audiens Anda.

Saat Anda memasukkan elemen menyenangkan ke dalam konten promosi Anda, hal ini dapat membantu Anda mengembangkan suara merek yang lebih menyeluruh dan kepribadian merek yang menonjol.

Jenis pesan ini dapat diterapkan pada blog, email, postingan media sosial, dan bentuk konten pemasaran lainnya.

10. Eksplorasi Video Pendek

Platform media sosial menjadi semakin terfokus pada video daripada konten tertulis.

Aplikasi seperti TikTok dan Youtube Short hanya menampilkan konten video, dan Instagram serta Facebook juga memfokuskan upaya mereka pada video daripada teks dan gambar.

Sementara video yang panjang dan diproduksi dapat memakan waktu yang lama untuk dibuat dan diedit, video pendek dapat dibuat dalam hitungan menit.

Video pendek dapat berupa apa saja, seperti demo produk, penjelasan layanan, tur di balik layar, atau hanya untuk bersenang-senang.

Membagikannya di seluruh platform sosial Anda akan membantu Anda tetap relevan dan mendorong lebih banyak keterlibatan dengan merek Anda.

Baca juga: 12 Cara Promosi di Whatsapp Ini Wajib Anda Coba!

11. Kembangkan Welcoming Workflow untuk Pelanggan Baru

Mendapatkan pelanggan baru adalah hal yang besar. Namun, sering kali tidak banyak usaha yang dilakukan untuk menyambut pelanggan baru ini dan menyambut mereka dengan merek Anda di luar email standar.

Menciptakan strategi untuk menyambut pelanggan baru dapat membangun rasa senang dan bersemangat untuk membeli dari sebuah merek.

Susun strategi tentang berbagai cara untuk menyambut pelanggan baru.

Pikirkan tentang hal-hal seperti grafik di situs eCommerce Anda, diskon waktu terbatas, undangan ke program loyalitas, atau pesan yang dipersonalisasi.

12. Gunakanlah dengan Topik Populer

Selalu menyenangkan untuk bergabung dengan topik yang sedang tren di media sosial.

Melemparkan gambar promosi yang terkait dengan tren baru atau sensasi viral dapat membantu Anda bergabung dalam percakapan yang sedang tren.

Hal ini memungkinkan Anda untuk menampilkan konten Anda di depan audiens baru yang mengikuti tren tersebut.

Namun, jangan sampai Anda terlambat mengikuti tren. Mengawasi apa yang sedang tren dan menyiapkan tim Anda untuk membuat konten dengan cepat dapat membantu Anda menghindari datang terlambat untuk menikmati topik yang sedang tren.

Baca juga: Pahami Konsep Promosi Ini untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

13. Tampilkan Testimoni di Website Anda

Promosi dari mulut ke mulut adalah strategi pemasaran yang ampuh. Kumpulkan testimoni dari klien atau pelanggan yang puas tentang pengalaman mereka dengan layanan atau produk Anda.

Buatlah bagian khusus di website Anda untuk testimoni ini, dan pastikan untuk menampilkan testimoni secara mencolok untuk menarik pengguna baru.

14. Memanfaatkan Tren TikTok

Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif, dapat dikatakan bahwa TikTok secara resmi merupakan kekuatan media sosial yang harus diperhitungkan. Ini juga merupakan jenis platform di mana tren viral adalah hal yang biasa.

Tetap ikuti perkembangan tren TikTok terbaru, dan cari cara untuk melibatkan merek Anda. Sesuaikan upaya Anda agar sesuai dengan suara merek Anda yang unik.

Baca juga: 8 Cara Promosi di TikTok yang Efektif Agar Jualan Laris Manis

15. Buat Playlist yang Menarik

contoh promosi kreatif 2

Merek yang cerdas adalah ahli dalam mencari tahu di mana target audiens mereka menghabiskan waktu paling banyak dan secara aktif bertemu dengan mereka di tempat tinggal mereka.

Ya, ini berarti membangun kehadiran di platform pemasaran media sosial utama, tetapi mudah untuk mengambil beberapa langkah lebih jauh.

Salah satu pilihannya adalah membuat playlist khusus di platform streaming seperti Spotify atau Apple Music untuk membantu meningkatkan kesadaran merek sekaligus menjadi bagian yang lebih besar dari kehidupan sehari-hari pelanggan Anda.

Sesuaikan musik yang Anda pilih dengan nilai-nilai merek Anda, perbarui secara teratur, dan saksikan reputasi Anda tumbuh.

16. Bergabunglah dalam Percakapan di Quora atau Reddit

Pada saat ini, hampir semua pemasar merek menggunakan platform media sosial utama seperti Facebook, Instagram, dan Twitter untuk terhubung dengan audiens potensial. Namun, terlalu banyak yang melupakan platform seperti message board seperti Quora atau Reddit.

Situs-situs seperti ini sangat bagus untuk membangun otoritas dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan spesifik industri yang mungkin dimiliki audiens Anda.

Anda juga bisa masuk ke dalam percakapan yang relevan tentang topik yang tepat waktu, serta memasukkan tautan dari situs web Anda ke dalam upaya Anda.

Baca juga: 10 Teknik Promosi yang Mudah Digunakan Pemilik Bisnis

17. Menyelenggarakan Webinar

Selenggarakan webinar untuk terhubung dengan audiens Anda. Pertimbangkan untuk bermitra dengan organisasi lain untuk memaksimalkan jangkauan Anda dan mengekspos perusahaan kepada audiens baru.

Kembangkan presentasi yang memberikan peserta ilmu yang bermanfaat yang menciptakan kesan positif terhadap organisasi Anda.

Penting juga untuk mengumpulkan informasi kontak dan menindaklanjuti peserta karena webinar sering kali menjadi cara yang sukses untuk menghasilkan prospek baru.

18. Tambahkan Checklist ke Konten yang Anda Buat

Buat template atau daftar periksa untuk digunakan oleh pengguna Anda. Hal ini memungkinkan Anda memberikan layanan yang relevan dengan merek kepada audiens dengan cara yang baru.

Pastikan pengguna dapat dengan mudah mengunduh, mencetak, atau membagikan checklist, dan penting juga untuk membuatnya bisa di akses dengan mudah di perangkat seluler. Berikut ini sebuah contoh:

Elastinex adalah perusahaan produk anti bocor. Pada musim hujan, mereka menerbitkan checklist sebagai panduan untuk merawar rumah saat musim hujan.

Daftar ini mencakup hal yang harus dilakukan saat melakukan pemeriksaan kebocoran atap dan pengguna dapat menandai setiap item untuk memastikan mereka memeriksa area yang mungkin berpotensi terjadi kebocoran saat musim hujan.

Baca juga: Mengenal Jenis Strategi Promosi Penjualan yang Bisa Anda Gunakan

19. Berpartisipasi dalam Acara Lokal

Jika Anda adalah pemilik bisnis fisik tradisional yang sedang mencari contoh promosi kreatif yang bagus, maka menggunakan cara untuk terhubung dengan komunitas lokal Anda adalah suatu keharusan.

Acara lokal menawarkan peluang luar biasa untuk melakukan hal ini sekaligus mendorong lebih banyak orang untuk melihat kampanye online Anda.

Tanyakan kepada petugas di kota setempat untuk daftar pilihan di kota Anda dan sekitarnya. (Kamu juga bisa mengadakan acara sendiri jika kamu mau.) Contoh seperti car free day di hari Minggu atau festival daerah adalah pilihan yang bagus.

20. Bergabunglah dengan Bisnis Lainnya

Bisnis yang lebih kecil sering kali lebih kuat bersama dalam hal memanfaatkan ide pemasaran paling kreatif, jadi pertimbangkan untuk bermitra dengan beberapa bisnis di industri Anda (atau industri terkait).

Satukan pikiran Anda, dan ciptakan promosi bersama yang memungkinkan Anda memanfaatkan audiens satu sama lain. Anda bisa saling memberikan promosi di media sosial, menyelenggarakan webinar bersama, membagi biaya terkait toko pop-up, dan banyak lagi. Jadilah kreatif!

Baca juga: Cara Menawarkan dan Mempromosikan Produk dengan Efektif

Kesimpulan

Dengan banyaknya persaingan di dunia pemasaran digital, mungkin sulit untuk tampil menonjol.

Memunculkan ide promosi kreatif dapat membantu membangun lebih banyak kesadaran pada merek Anda dan mendatangkan audiens baru.

Dengan mengetahui beberapa contoh promosi kreatif diatas, kami harapkan Anda bisa membuat strategi yang lebih baik untuk meningkatkan keuntungan bisnis secara keseluruhan.

Pastikan juga Anda mencatat setiap pengeluaran dari proses promosi yang Anda buat dan transaksi yang terjadi dalam bisnis pada proses pembukuan yang mudah.

Jika belum memiliki sistem pembukuan untuk bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang mudah digunakan dan memiliki harga terjangkau se-Indonesia.

Jika tertarik, Anda bisa mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen + 18 =