10 Cara Membangun Networking dalam Bisnis Ini Wajib Dilakukan, Penting!

networking dalam bisnis

Networking menjadi sesuatu yang sangat penting dalam suatu bisnis. Networking dalam bisnis memiliki peranan yang sangat penting, mulai dari untuk membuka wawasan baru hingga sebagai tempat promosi terbaik.

Nah, apakah Kawan Kledo sudah melakukan networking dalam bisnis ini? Jika belum, apakah Kawan Kledo sudah mengetahui cara untuk melakukannya?

Buat Kawan Kledo yang ingin tahu caranya, yuk baca artikel ini hingga selesai karena di sini akan dibahas secara lengkap cara melakukan networking dalam bisnis.

Jadi, baca artikel ini hingga selesai, ya!

Apa Itu Networking dalam Bisnis

networking dalam bisnis

Networking atau relasi atau yang juga disebut dengan jaringan merupakan hubungan yang dijalin antara seseorang dengan orang lain yang memiliki ketertarikan di bidang yang sama. Dalam bisnis, networking ini diartikan sebagai hubungan antara seseorang dengan orang lain baik itu teman, konsuman, ataupun sesama pelaku bisnis dan memiliki tujuan untuk mengembangkan usaha.

Networking atau jaringan ini nantinya akan membantu Kawan Kledo sebagai pelaku bisnis untuk lebih mengembangkan bisnis Kawan Kledo. Saking pentingnya relasi atau networking ini, sebelum memulai suatu usaha biasanya pelaku bisnis akan menjelaskan networking di dalam rencana bisnis.

Manfaat Networking dalam Bisnis

networking dalam bisnis

Setelah Kawan Kledo mengetahui pengertian dari nerworking atau jaringan dalam bisnis, sekarang saatnya membahas manfaat networking ini. Apa saja manfaat yang dimiliki jaringan dalam bisnis ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin tahu manfaatnya, yuk simak penjelasan yang ada di bawah ini:

1. Wawasan Semakin Bertambah

Manfaat pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dari memiliki jaringan bisnis adalah wawsan yang Kawan Kledo miliki akan semakin bertambah. Hal ini dikarekana semakin banyak relasi yang dimiliki maka akan semakin banyak cara untuk mendapatkan wawasan baru.

Wawasan baru ini bisa Kawan Kledo dapatkan saat bertemu dan membicarakan bisnis dengan relasi bisnis Kawan Kledo. Semakin banyak hal yang diobrolkan dengan relasi ini maka akan semakin banyak informasi atau wawasan yang Kawan Kledo dapatkan, dengan begitu Kawan Kledo jadi punya ilmu lebih banyak untuk mengembangkan bisnis.

2. Sebagai Tempat Promosi

Pernahkan Kawan Kledo mendengar atau membaca bahwa orang terdekat seperti teman atau relasi adalah tempat promosi paling baik? Nah, ini juga berlaku bagi relasi. Relasi bisa menjadi tempat promosi terbaik bisnis Kawan Kledo.

Hal ini dikarenakan relasi dapat membantu Kawan Kledo dalam mempromosikan bisnis Kawan Kledo dan pada relasi ini Kawan Kledo bisa meminta masukan terhadap bisnis Kawan Kledo.

3. Untuk Meningkatkan Pendapatan

Karena bisa membantu Kawan Kledo mempromosikan bisnis, relasi juga akan berkontribusi dalam meningkatkan pendapatan bisnis Kawan Kledo. Ini terjadi saat relasi yang Kawan Kledo miliki mempromosikan bisnis Kawan Kledo baik secara langsung atau melalui media sosial.

Konsumen biasanya lebih percaya review yang diberikan orang lain dibandingkan oleh pemilik bisnis itu sendiri. Jadi, keberadaan relasi ini sangat penting karena bisa meningkatkan penjualan dan pastinya akan meningkatkan pendapatan bisnis.

4. Menjalin Kerjasama dengan Bisnis Lain

Tahukah Kawan Kledo bahwa semakin banyak relasi yang dimiliki, maka relasi-relasi lainnya akan semakin mudah untuk didapatkan? Ini terjadi saat Kawan Kledo mengenal Pebisnis A kemudian Pebisnis A ini akan mengenalkan Kawan Kledo ke kenalannya yaitu Pebisnis B.

Dari hubungan-hubungan ini nantinya Kawan Kledo bisa menemukan partner yang tepat untuk diajak kerjasama. Misalnya, Kawan Kledo membutuhkan partner untuk distribusi, Kawan Kledo bisa mencari partner ini dengan bertanya kepada relasi yang Kawan Kledo miliki.

Baca Juga: Ingin Membuat Penawaran Kerjasama, Download Template Suratnya Di Sini.

5. Branding

Selain manfaat-manfaat yang ada di atas, dengan memiliki relasi Kawan Kledo juga bisa melakukan branding terhadap bisnis Kawan Kledo. Branding sendiri merupakan upaya yang dilakukan agar merek atau brand bisnis dapat melekat di ingatan konsumen.

Nah, branding ini bisa dilakukan dengan beberapa cara, salah satunya adalah dari relasi yang dimiliki. Ini dikarenakan relasi merupakan media pemasaran yang cukup efektif untuk memperkenalkan produk.

Meskipun saat ini sudah era digital, namun promosi dari mulut ke mulut atau secara langsung juga masih efektif. Mendengar review secara langsung bagi beberapa orang lebih meyakinkan dibandingkan hanya melalui media sosial.

6. Bisa Bersaing secara Sehat

Kompetitor bisnis menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari suatu bisnis. Bisnis apapun yang Kawan Kledo kembangkan pasti akan memiliki kompetitor, baik itu yang sudah ada lebih dulu atau muncul setelah bisnis Kawan Kledo.

Nah, networking ini ternyata tidak hanya dengan orang yang memiliki bisnis yang beda tapi juga dengan kompetitor bisnis. Namun meski menjadi kompetitor bukan berarti tidak bisa menjalin hubungan baik.

Meski berkompetisi di bisnis yang sama, Kawan Kledo tetap bisa menjalin hubungan baik karena pada dasarnya bisnis merupakan bagian profesional, sedangkan relasi adalah hubungan sosial dengan orang lain. Jadi, dengan begitu Kawan Kledo bisa bersaing secara sehat dengan kompetitor ini.

7. Membantu untuk Pengambilan Keputusan

Pernah nggak sih ketika mau mengambil suatu keputusan Kawan Kledo membutuhkan masukan dari orang lain? Nah, relasi bisa menjadi tempat meminta pendapat ketika Kawan Kledo ingin mengambil suatu keputusan.

Dari pendapat yang diberikan oleh relasi ini, Kawan Kledo bisa mempertimbangkan beberapa hal sebelum mengambil keputusan.

8. Pergaulan Semakin Luas

Dalam bisnis, semakin luas pergaulan maka semakin mudah untuk bisnis tersebut berkembang. Sebagai contoh adalah dalam membangun bisnis kafe atau kedai kopi dimana relasi yang dimiliki ini yang akan menjadi pelanggan di kedai kopi tersebut.

Tanpa adanya relasi ini pastinya Kawan Kledo akan kesulitan untuk memperkenalkan bisnis Kawan Kledo dan pergaulan Kawan Kledo hanya sebatas itu-itu saja. Lalu bagaimana caranya agar bisa memiliki banyak relasi dan pergaulan bisa semakin luas?

Salah satu cara yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan bergabung ke komunitas yang sesuatu dengan bidang Kawan Kledo. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan caranya dengan membaca artikel ini hingga selesai.

9. Bisa Melihat Peluang Bisnis Baru

Selain manfaat-manfaat yang ada di atas, dengan memiliki networking dalam bisnis kawan Kledo juga bisa melihat peluang bisnis baru yang bisa jadi pilihan untuk dikembangkan. Hal ini dikarenakan dengan semakin banyak relasi yang Kawan Kledo miliki, maka Kawan Kledo bisa melihat bisnis-bisnis yang sebelumnya tidak pernah Kawan Kledo tahu.

Dari sana Kawan Kledo bisa melakukan inovasi hingga terciptalah ide bisnis baru. Selain itu, bersama dengan relasi Kawan Kledo juga bisa membangun bisnis baru.

10. Munculnya Kesempatan Baru

Selain bisa melihat peluang bisnis baru, dengan memiliki relasi yang luas, Kawan Kledo juga bisa mendapatkan banyak kesempatan yang sebelumnya tidak pernah Kawan Kledo dapatkan. Semakin banyak relasi yang dimiliki, maka semakin besar pula kemungkinan kesempatan baru akan muncul.

10 Networking dalam Bisnis yang Wajib Dilakukan

relasi bisnis

Setelah mengetahui manfaat networking bagi bisnis Kawan Kledo, berikut 10 networking yang dapat Kawan Kledo terapkan ke dalam bisnis Kawan Kledo:

1. Miliki Banyak Kenalan

Networking dalam bisnis pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan cara memiliki banyak kenalan. Mendapatkan banyak kenalan dapat dilakukan dengan cara mengikuti berbagai acara seminar ataupun bergabung dengan komunitas bisnis.

Kawan Kledo bisa mencari komunitas-komunitas bisnis ini sesuatu daerah tempat Kawan Kledo tinggal dan bergabung. Selain itu Kawan Kledo juga bisa mengikuti kompetisi bisnis untuk memperbanyak kenalan.

Semakin banyak kegiatan yang Kawan Kledo ikuti semakin banyak pula kenalan yang bisa Kawan Kledo miliki.

2. Bergabung dengan Komunitas

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bergabung dengan komunitas bisa menjadi salah satu cara mendapatkan banyak kenalan. Jika Kawan Kledo tidak menemukan komunitas yang sesuai, Kawan Kledo bisa membentuk komunitas ini bersama rekan Kawan Kledo.

Dari komunitas ini juga Kawan Kledo bisa mengadakan acara-acara yang akan membantuk pelaku bisnis lainnya mendapatkan relasi.

3. Ikut Seminar

Selain bergabung ke komunitas, mengikuti seminar atau pelatihan juga menjadi salah satu cara networking dalam bisnis. Lalu bagaimana caranya mendapatkan informasi mengenai seminar atau pelatihan ini?

Informasi-informasi terkait seminar atau pelatihan dapat Kawan Kledo temukan di media sosial. Beberapa seminar atau pelatihan ini diadakan oleh instansi pemerintahan hingga perusahaan-perusahaan besar.

Bahkan Kawan Kledo bisa juga mengikuti acara pelatihan selama beberapa hari dengan cara mendaftar program yang ada. Dengan mengikuti pelatihan ini pastinya Kawan Kledo bisa mendapatkan banyak relasi bisnis.

4. Melakukan Tukar Kartu Nama

Melakukan tukar kartu nama juga bisa menjadi salah satu cara membangun relasi dengan orang lain. Meski terlihat sederhana namun bertukar kartu nama ini memiliki peran yang cukup penting bagi Kawan Kledo yang ingin membangun relasi.

Kartu nama ini merupakan alat yang sangat penting, jadi pastikan Kawan Kledo memberikannya kepada rekan bisnis baru. Hal ini dilakukan agar rekan bisnis baru dapat dengan mudah untuk menghubungi Kawan Kledo.

5. Berikan Dukungan kepada Rekan Bisnis

Networking selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memberikan dukungan kepada rekan bisnis yang Kawan Kledo miliki. Bantulah rekan bisnis ketika mereka mengalami masalah dan membutuhkan bantuan Kawan Kledo.

Dengan memberikan bantuan ini, Kawan Kledo bisa menjalin hubungan yang dekat dengan rekan bisnis dan pastinya nantinya dapat memberikan dampak yang baik kepada Kawan Kledo.

6. Buat Acara Sharing

Selain bergabung atau membangun komunitas, Kawan Kledo juga bisa membuat acara sharing dengan rekan bisnis lainnya. Acara sharing ini bisa dilakukan dalam bentuk workshop ataupun forum online.

Dengan acara sharing ini nantinya Kawan Kledo bisa berbagi masalah-masalah yang pernah ditemui dan cara mengatasinya. Kawan Kledo juga bisa mendapatkan ilmu dari rekan bisnis lain dan dari situ kedekatan sesama pelaku bisnis dapat terjalin.

7. Manfaatkan Media Sosial

Selain kartu nama, bertukar media sosial dan saling follow juga sering dilakukan untuk membangun relasi. Selain itu Kawan Kledo juga bisa mendapatkan relasi dari media sosial ini, lho.

Caranya pun sangat mudah, Kawan Kledo bisa mengikuti komunitas di media sosial sesuai dengan minat Kawan Kledo dan dari sana Kawan Kledo bisa belajar ilmu-ilmu yang dibagikan oleh anggota komunitas.

8. Selalu Percaya Diri

Sebagai pelaku bisnis, Kawan Kledo juga harus tampil percaya diri. Jika Kawan Kledo bersikap kurang percaya diri pastinya akan membuat Kawan Kledo kesulitan untuk bergaul dengan orang-orang yang baru Kawan Kledo temui.

Jadi, pastikan Kawan Kledo selalu percaya diri, terlebih saat menjelaskan kelebihan-kelebihan yang dimiliki bisnis Kawan Kledo. Dengan bagitu rekan bisnis lebih percaya dan tidak ragu untuk menjalin kerjasama dengan Kawan Kledo.

9. Lakukan Tindak Lanjut

Nah, setiap Kawan Kledo bertemu rekan bisnis baru pastikan Kawan Kledo melakukan tindak lanjut sebelum mengakhiri pertemuan tersebut. Tindak lanjut ini dapat dilakukan dengan cara membuat janji untuk menelpon ataupun mengirimkan email.

Dengan begitu hubungan dengan rekan bisnis dapat tetap terjaga.

10. Buat Bisnis Semakin Berkembang

Terakhir, untuk bisa menciptakan networking Kawan Kledo harus membuat bisnis Kawan Kledo semakin berkembang. Dengan bisnis Kawan Kledo yang semakin berkembang, maka bisnis Kawan Kledo akan semakin terkenal dan kredibilitas bisnis Kawan Kledo akan semakin tinggi.

Dengan begitu, lebih mudah bagi Kawan Kledo untuk menjalin relasi dengan orang lain. Dengan bisnis yang berkembang dan terkenal, Kawan Kledo juga akan lebih diakui. Siapa sih yang tidak mau kenal dengan pemilik bisnis sukses?

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 10 cara membangun networking dalam bisnis yang dapat Kawan Kledo lakukan. Selain networking, ada bagian dalam bisnis yang wajib untuk diperhatikan yakni pengelolaan keuangan bisnis.

Pengelolaan keuangan bisnis ini menjadi bagian yang sangat krusial karena akan menentukan keuntungan yang akan diperoleh oleh bisnis tersebut. Kabar baiknya, ada cara mudah melakukan pengelolaan bisnis ini yakni dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang memiliki berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis. Kledo juga memungkinkan bagi Kawan Kledo untuk melakukan pengelolaan keuangan dimana saja dan kapan saja. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 3 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 4 =