Jaringan Bisnis: Definisi, Manfaat, dan Tips Membangun Networking

jaringan bisnis

Jaringan bisnis merupakan alat yang bisa digunakan oleh pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya. Banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh pengusaha melalui jaringan.

Misalnya saja, meningkatkan penjualan, strategi pemasaran, menambah relasi dan kenalan, pengembangan diri, dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, kami akan membahas pengertian jaringan bisnis, manfaat beserta kerugian, dan juga cara membangun jaringan bisnis yang kuat.

Apa Itu Jaringan Bisnis?

jaringan bisnis

Jaringan bisnis adalah tentang membuat koneksi dengan profesional lain di bidang Anda. Dengan membangun hubungan dengan pemilik bisnis lain, Anda dapat membuka peluang baru untuk bisnis Anda.

Misalnya, Anda mungkin bertemu seseorang yang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan. Atau Anda mungkin bertemu seseorang yang mengenal seseorang yang sedang mencari produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Menariknya, jaringan dapat membantu Anda menemukan pelanggan baru dan mengembangkan bisnis Anda.

Baca juga: Evaluasi Bisnis: Arti, Tujuan, Fungsi, Metode, Tahapan, dan Contohnya

Apa Saja Manfaat Jaringan Bisnis?

Jaringan bisnis dapat memberikan sejumlah manfaat kepada anggota, termasuk:

Akses ke Jaringan Profesional yang Lebih Luas

Bergabung dengan grup jaringan bisnis, membuat Anda akan memiliki akses ke jaringan profesional yang lebih luas. Ini dapat membantu jika Anda mencari klien atau kolaborator baru.

Peluang untuk Membangun Hubungan

Jaringan bisnis dapat memberi Anda peluang untuk membangun hubungan dengan profesional lain. Hubungan ini dapat membantu dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Kesempatan untuk Belajar dan Berkembang

Jaringan bisnis juga dapat menjadi kesempatan belajar yang luar biasa. Anda dapat belajar tentang industri dan tren baru, dan Anda bahkan mungkin memiliki kesempatan untuk berbicara dengan para ahli di bidang Anda.

Apa Kerugian dari Jaringan Bisnis?

Meskipun grup jaringan bisnis dapat bermanfaat, ada juga beberapa potensi kerugian, termasuk:

Biaya Keanggotaan

Beberapa grup jaringan bisnis bisa mahal untuk bergabung. Ini mungkin menjadi penghalang bagi beberapa profesional, terutama jika mereka baru memulai bisnis.

Komitmen Waktu

Grup jaringan bisnis sering membutuhkan komitmen waktu dari anggota. Ini bisa sulit bagi profesional sibuk yang sudah memiliki banyak hal.

Pressure

Beberapa kelompok jaringan bisnis mungkin menekan anggota untuk menjual produk atau layanan mereka. Ini bisa menjadi tidak menyenangkan bagi sebagian orang, dan mungkin tidak cocok untuk semua orang.

Jika Anda mempertimbangkan untuk bergabung dengan jaringan bisnis, penting untuk melakukan riset untuk menemukan yang cocok untuk Anda. Ada banyak jenis grup yang berbeda di luar sana, jadi Anda harus dapat menemukan grup yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca juga: 10 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan Lewat Komunitas Bisnis

Cara Membangun Jaringan Bisnis yang Kuat

1. Kenali Bisnis Anda

Lift pitch adalah strategi yang akrab bagi kebanyakan orang yang telah melakukan penjualan atau pemasaran dan penting untuk mengetahui strategi Anda sebelum Anda memulai jaringan. Elevator pitch adalah serangkaian kalimat pendek dan manis yang menggambarkan perusahaan dan misi Anda. 

Terlepas dari saluran jaringan yang Anda pilih, orang-orang akan mengajukan pertanyaan tentang bisnis Anda, jadi sebaiknya siapkan ringkasan singkat dengan waktu terbatas.

Sebelum pergi ke acara atau seminar, di mana banyak jaringan terjadi, cari tahu apa yang bisnis Anda lakukan dengan baik dan apa yang dapat Anda tawarkan kepada pelanggan.

Sempurnakan ptomosi Anda sehingga Anda dapat dengan mudah menggunakannya dalam situasi jaringan. Bila Anda sudah familiar dengan bagian terbaik dari bisnis Anda, Anda dapat berkomunikasi dengan percaya diri dengan calon pelanggan, vendor, dan orang-orang yang dapat membantu pasar untuk Anda. 

Baca juga: Pitching Adalah: Berikut Arti Pentingnya bagi Bisnis

2. Perhatikan Kartu Nama Anda

Kartu nama yang menarik membantu mempromosikan Anda kepada orang lain dan tetap diingat mereka meskipun percakapan telah berakhir. 

Secara keseluruhan, kartu nama Anda harus mencerminkan kepribadian bisnis Anda serta harus jelas dan mudah dibaca. Untuk itu, pertimbangkan hal berikut dalam membuat kartu nama bisnis: 

  • Ukuran dan bentuk
  • Logo
  • Kontak informasi
  • Layout
  • merek

Setelah acara networking, orang-orang mungkin ingin menghubungi Anda. Pastikan kartu nama Anda dirancang sedemikian rupa sehingga mudah dibaca dan mudah bagi orang untuk menemukan informasi kontak Anda. 

Penting juga agar kartu bisnis Anda konsisten dengan merek Anda yang lain, seperti di situs web perusahaan. Menggunakan skema warna, font, dan desain umum yang sama membantu menjaga merek Anda tetap konsisten. 

Jika ada sesuatu yang penting yang Anda bicarakan di acara tersebut, buat catatan di bagian belakang kartu sebelum memberikannya kepada orang tersebut. 

3. Bergabung dengan Organisasi Bisnis Lokal

Cara mudah untuk membangun jaringan dengan pemilik usaha lain di wilayah Anda adalah dengan bergabung dengan organisasi pemilik bisnis.

Saat Anda bergabung dengan kamar dagang lokal atau organisasi lain yang terdiri dari pemilik usaha kecil di wilayah Anda, Anda akan memiliki akses ke acara jejaring dan peluang lain untuk terhubung dengan orang lain. 

Contoh organisasi yang dapat Anda ikuti antara lain:

  • Kamar Dagang
  • Komunitas pengusaha
  • Komunitas perdagangan

Sebagian besar komunitas bisnis juga menawarkan seminar pelatihan yang dapat Anda gunakan untuk mengelola bisnis Anda secara lebih efektif.

Biasanya ada biaya untuk bergabung, tetapi Anda akan terhubung dengan ribuan pemilik bisnis lain. Pada acara ini, Anda dapat mengobrol dengan orang lain di area tersebut untuk mendiskusikan iklim bisnis lokal, berbagi sumber daya, mempelajari cara menghadapi tantangan, dan bahkan membangun kesadaran merek. 

4. Menghadiri Pameran Dagang atau Konferensi

Menghadiri pameran dan konferensi adalah cara mudah untuk membangun jaringan dengan orang lain di industri Anda. Ada banyak cabang perusahaan besar yang terlibat dalam acara ini.

Jika Anda dapat mengeluarkan sedikit uang ekstra untuk pergi ke seminar nasional, itu akan memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan orang-orang dari berbagai bagian negara. 

Konferensi bisnis menampilkan sesi yang mengajarkan tips dan tren di industri Anda serta cara menangani hambatan khusus industri yang mungkin dihadapi bisnis Anda.

Mereka juga menawarkan waktu untuk berjejaring dengan peserta lain. Ini adalah kesempatan sempurna untuk berbicara dengan profesional industri lainnya untuk mendiskusikan cara meningkatkan bisnis Anda. 

Baca juga: Tahapan Scale Up Bisnis, Tips, dan Contohnya

5. Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Jika Anda sudah lama berkecimpung dalam bisnis, Anda mungkin telah memperoleh banyak pengetahuan yang dapat bermanfaat bagi orang lain.

Menjadikan diri Anda sebagai pakar industri juga menarik bagi klien potensial. Orang-orang suka berbisnis dengan mereka yang tahu apa yang mereka lakukan. 

Pertimbangkan untuk mengajar di seminar industri atau melakukan pembicaraan di tempat-tempat lokal. Anda juga dapat mengatur program mentoring yang menghubungkan para profesional yang akan datang dengan orang-orang di perusahaan Anda. 

6. Memanfaatkan Media Sosial

jaringan bisnis

Platform media sosial seperti Instagram dan Facebook memungkinkan Anda terlibat dengan klien Anda, tetapi jaringan lain terutama LinkedIn, memungkinkan Anda terlibat dengan pemilik bisnis lain.

Untuk memanfaatkan jaringan sosial Anda menjadi jaringan bisnis, bergabunglah dengan grup yang berbeda dan aktif mengikuti perbincangan di grup.

LinkedIn memungkinkan Anda berjejaring dalam platform yang lebih kecil dan Anda dapat menggunakan berbagai teknik jaringan. Anda mungkin tidak ingin memposting promosi di forum, tetapi LinkedIn adalah platform yang baik untuk berbagi pengetahuan industri dan menemukan acara di mana Anda dapat berjejaring secara langsung. 

Memposting secara teratur di grup LinkedIn dan berinteraksi dengan anggota grup lain dapat membantu Anda menjadi kontributor teratas, yang memudahkan anggota grup lain untuk menemukan Anda. Pastikan bahwa posting Anda berkualitas tinggi dan bermanfaat untuk membantu membangun kredibilitas Anda. 

Pastikan untuk memposting di media sosial saat Anda berada di acara jejaring juga. Kebanyakan orang memiliki ponsel dan banyak dari mereka akan memposting dari acara tersebut.

Menggunakan tagar dan menandai orang yang ditunjuk membantu mereka menemukan Anda dan meningkatkan peluang Anda untuk sukses berjejaring.  

Baca juga: Cara Melakukan Branding Produk di Media Sosial, Mudah!

7. Bergabung di Acara Virtual

Dengan dimulainya pandemi COVID-19 dan perubahan berikutnya bagi banyak orang ke gaya hidup virtual, banyak organisasi juga memindahkan acara jejaring mereka secara online.

Acara virtual menarik bagi pemilik bisnis karena lebih mudah dihadiri dan Anda tidak perlu membayar biaya perjalanan. Namun, mereka masih menawarkan cara untuk berhasil membangun jaringan dengan orang lain.

Untuk terlibat dalam acara jejaring virtual, Anda perlu melakukan beberapa hal ini: 

  • Uji webcam dan mikrofon Anda sebelum acara
  • Pastikan internet Anda berjalan dengan benar
  • Memakai pakaian rapi dan sopan

Dalam rapat virtual, sangat mudah untuk berbicara dengan orang lain. Menggunakan fungsi obrolan dan mengangkat tangan memungkinkan Anda menghargai waktu orang lain. 

Meskipun kemungkinan akan ada pergeseran kembali ke lebih banyak acara tatap muka di masa depan, acara virtual mungkin akan ada untuk jangka panjang. Acara ini lebih murah untuk dihadiri dan lebih mudah untuk menyesuaikan dengan jadwal Anda. 

8. Menjadi Pendengar yang Baik

Jaringan bisnis tidak semua tentang Anda. Ini juga merupakan kesempatan bagi Anda untuk terhubung dengan orang lain. Menjadi pendengar yang aktif adalah cara yang baik untuk membuat kesan yang baik pada orang lain.

Banyak orang mendengarkan orang lain, tetapi pada kenyataannya, mereka sebenarnya menunggu jeda dalam percakapan sehingga mereka dapat masuk dan berbicara tentang apa pun yang ada di pikiran mereka. 

Mendengarkan secara aktif adalah seni memperhatikan apa yang dikatakan seseorang dan hadir saat mereka berbicara dengan Anda.

Ketika seseorang berbicara kepada Anda tentang bisnis mereka, perhatikan dan ajukan pertanyaan lanjutan sehingga mereka dapat mengetahui bahwa Anda telah mendengarkan mereka. Mendengarkan secara aktif juga memberi Anda kesempatan untuk mempelajari sesuatu yang baru. 

Baca juga: Penyebab Bisnis Stagnan dan Cara Mengatasinya

9. Melakukan Tindak lanjut

Tips jaringan bisnis penting lainnya yang banyak orang lewatkan adalah tindak lanjut setelah acara berakhir. Menindaklanjuti memberikan kesempatan lain untuk berinteraksi dengan orang baru di jaringan Anda.

Setelah Anda menyelesaikan acara, hubungi semua orang yang Anda temui buat janji temu dengan kenalan Anda. Buat email yang sopann dan berterima kasih kepada mereka karena telah meluangkan waktu untuk berbicara dengan Anda. 

10. Mengukur Return on Investment (ROI)

Salah satu alasan utama pemilik usaha kecil tidak menghadiri acara networking adalah karena kurangnya ROI. Bukan tanpa alasan, seringkali manfaat jaringan bisnis terhadap perolehan laba tidak bisa langsung dirasakan perusahaan.

Tetapi setiap koneksi yang Anda buat dapat berubah menjadi pelanggan di kemudian hari, bahkan bertahun-tahun kemudian. Yang pada akhirnya, akan mampu meningkatkan laba bisnis Anda.

Untuk menentukan ROI Anda, penting untuk menanyakan kepada pelanggan bagaimana mereka cara menemukan bisnis Anda. Jika mereka mengenal bisnis Anda atas sarans orang laing, cobalah untuk mendapatkan nama orang tersebut. Catat organisasi orang yang Anda temui saat berjejaring. 

Anda juga dapat mengukur ROI Anda dengan memantau situs web dan feedback media sosial Anda segera setelah acara jejaring. Sebagian besar perangkat lunak manajemen situs web memiliki analitik bawaan sehingga Anda dapat melihat peningkatan dalam penggunaan. Ukur keterlibatan pada posting media sosial Anda juga.

Baca juga: Pentingnya Mentor Bisnis, Kualifikasi, dan Tips Memilihnya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Membangun jaringan bisnis membantu Anda belajar tentang perkembangan baru di industri Anda dan memberi Anda kesempatan untuk terhubung dengan komunitas Anda. Hal ini mungkin tampak seperti buang-buang waktu bagi sebagian orang, tetapi alat pemasaran sederhana ini berharga dan efektif jika dilakukan dengan benar. 

Jadi, tidakkah menurut Anda sudah waktunya untuk mencoba jaringan bisnis? Ikuti saran di atas, atau ciptakan tips jaringan Anda sendiri dan mulailah memperluas koneksi profesional Anda hari ini.

Apapun jenis bisnis Anda, pembukuan merupakan kewajiban yang harus dilakukan untuk melacak dan mencatat semua transaksi keuangan pada bisnis.

Guna memudahkan proses pembukuan, Anda perlu menggunakan bantuan software akuntansi dari Kledo yang sudah digunakan lebih dari 35 ribu pengguna.

Software ini mempunyai beragam fitur pendukung bisnis mulai dari perpajakan, pembelian, membuat faktur instan, otomatisasi laporan keuangan, manajemen stok dan gudang, dan masih banyak lagi.

Hanya 4500 per hari saja, Anda sudah bisa mendapatkan layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Jadi tunggu apalagi? Anda juga bisa mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four + nine =