Simak! Inilah Strategi Jitu Pemasaran Internasional yang Harus Anda Coba

pemasaran internasional

Siapa sih pelaku usaha yang tak ingin bisnisnya berhasil menembus pemasaran internasional?

Pasti, semua pelaku usaha baik berskala besar dan kecil mempunyai impian agar bisa merambah pasar internasional.

Perusahaan yang berhasil memasuki pemasaran global, berdampak pada pangsa pasar yang semakin luas. Dengan begitu, tingkat penjualan mereka semakin tinggi sehingga arus kas masuk juga semakin besar.

Namun, agar sukses menapaki pasar global, Anda harus mengembangkan strategi jitu agar bisa bersaing dengan kompetitor dari negara lain.

Tak hanya itu, pasar global merupakan pasar yang penuh dengan tantangan dan hambatan.

Sehingga, Anda dituntut bisa terus tumbuh dan kuat menghadapi berbagai tantangan yang semakin hari semakin berat.

Disinilah perlunya strategi pemasaran global yang tepat. Lantas, seperti apa ya teknik pemasaran global yang tepat?

Temukan jawabannya pada artikel ini karena artikel ini akan membagikan panduan pemasaran internasional yang patut Anda coba sekarang juga.

Mengenal Arti Pemasaran Internasional

pemasaran internasional

Hal pertama yang harus Anda lakukan terlebih dahulu yaitu memahami definisi strategi pemasaran internasional itu sendiri.

Strategi pemasaran internasional adalah seperangkat atau kumpulan metode yang digunakan untuk memasarkan sebuah produk kepada masyarakat internasional.

Faktor yang mendorong perusahaan melirik pasar global karena kapasitas yang mereka sudah melebihi kebutuhan domestik. Akhirnya, mereka mengambil peluang memasuki pasar global untuk mengembangkan bisnisnya.

Pertanyaan selanjutnya adalah mengapa strategi pemasaran global sangat penting?

Begini, perusahaan yang memutuskan untuk terjun ke pasar global dapat diibaratkan seperti orang yang sedang berperang. Mereka harus mempunyai strategi agar bisa memenangkan medan pertempuran tersebut.

Strategi yang baik adalah strategi yang dirancang secara mantap berdasarkan hasil pengamatan kondisi di lapangan sesungguhnya.

Kemudian, strategi tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dan panduan perihal apa yang harus dilakukan dan dibutuhkan oleh perusahaan.

Memasuki pasar global memang sangat sulit. Semakin hari semakin sulit pula tantangan yang harus Anda hadapi.

Namun, bukan berarti Anda menyerah begitu saja. Sebaliknya, Anda harus tetap bersemangat dan jeli dalam melihat setiap peluang sekecil apa pun itu.

Baca juga: Strategi Pemasaran Produk ke Luar Negeri dan Prinsip yang Harus Anda Tahu

Tantangan Pemasaran Internasional

Seperti yang sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya, memasuki pasar global bukanlah suatu perkara yang mudah.

Setiap hari, Anda akan dihadapkan pelbagai permasalahan berbeda. Lalu, apa saja permasalahan yang terjadi ketika memasuki pasar global?

Birokrasi yang Rumit

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa Indonesia terkenal sebagai negara dengan sistem birokrasi yang rumit.

Birokrasi tersebut pula yang membuat enggan investor untuk menanamkan modalnya ke Indonesia.

Adapun kaitannya dengan usaha memasuki pasar global, pelaku usaha yang ingin go international harus mengurus persyaratan dokumen yang membutuhkan waktu lama, menguras tenaga, dan membingungkan.

Sebagai contoh, jika Anda ingin mengurus pendaftaran merk dagang membutuhkan waktu antara 12 sampai 24 bulan.

Perbedaan Budaya dan Bahasa

Budaya dan bahasa menjadi kendala pelaku usaha kita untuk berinteraksi dengan orang mancanegara.

Dilihat dari prespektif budaya kerja, orang Indonesia cenderung lebih santai secara pola pikir dan ritme kerja. Sedangkan orang luar cenderung bekerja cepat dan mengedepankan rasionalitas.

Dari segi bahasa, saat ini bahasa internasional yang digunakan ialah bahasa inggris. Dokumen-dokumen kerja sama internasional tak ayal juga berbahasa inggris.

Sementara itu, sebagian besar masyarakat Indonesia mempunyai kendala kemampuan bahasa inggris. Kasus ini banyak menimpa bisnis-bisnis kecil yang sebenarnya mempunyai potensi bisnis luar biasa.

Peraturan yang Sering Berubah

Pelaksanaan peraturan di Indonesia seringkali berubah sangat cepat. Ini juga berdampak pada pelaku usaha yang berkiprah di pasar global.

Sebab, mereka harus melakukan adaptasi berulang kali karena perubahan peraturan tersebut.

Daya Saing Rendah

Sebenarnya, kualitas produk asal Indonesia tak kalah kualitasnya dibandingkan negara lain. Buktinya, banyak permintaan luar negeri terhadap produk lokal.

Sayangnya, produk kita masih kalah saing soal urusan harga, terutama dengan China.

Produk buatan China terkenal dengan harganya yang sangat murah bahkan mempunyai selisih yang sangat jauh dibandingkan harga produk lokal.

Preferensi Pelanggan Luar Negeri yang Berbeda

Setiap negara pasti mempunyai karakteristik yang berbeda. Itu juga berlaku soal bagaimana preferensi dan selera dalam berbelanja.

Mungkin, produk Anda yang yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia belum tentu sesuai dengan selera masyarakat luar negeri.

Contohnya produk mie instan. Tahukah Anda bahwa produk mie instan lokal yang dipasarakan di Indonesia dan luar negeri berbeda terutama soal rasanya?

Misal, meskipun mie tersebut sama-sama bercita rasa ayam bawang, mie instan khusus lokal akan disesuaikan dengan lidah asli orang Indonesia.

Sementara mie instan yang dipasarkan di luar negeri, akan disesuaikan dengan cita rasa lidah mereka.

Kondisi Politik dan Keamanan

Pasar internasional sangat dipengaruhi oleh kondisi politik dan keamanan secara global.

Jika semuanya berjalan dengan normal, tak akan terjadi permasalahan besar yang berarti.

Tapi jika situasi politik dan keamanan global bermasalah, dapat membawa dampak merugikan pada pemasaran produk Anda.

Contoh nyatanya situasi wabah Covid-19 yang mulai muncul di awal tahun 2020 lalu. Karena begitu bahanya Covid-19, pintu masuk antar negara pun ditutup guna menghindari penularan virus tersebut.

Lalu lintas distribusi internasional juga mati suri karena kondisi wabah yang mengerikan. Efeknya, permintaan masyarakat luar negeri pun menurun drastis karena kondisi perekonomian dunia yang melesu.

Sumber Daya Manusia (SDM) yang Rendah

Indonesia sebenarnya tak kekurangan manusia-manusia penuh talenta yang dapat berkontribusi pada kemajuan nasional.

Namun, kita juga tak boleh menutup mata bahwa masih banyak SDM Indonesia yang kurang terampil dan mempunyai tingkat literasi yang rendah.

Strategi Jitu Pemasaran Internasional, Coba Sekarang Juga!

pemasaran internasional

Langkah 1. Memeriksa Kondisi Keuangan

Hal pertama yang harus Anda periksa betul sebelum memutuskan memasuki pasar global adalah menganalisa kondisi keuangan bisnis Anda.

Berkompetisi di pasar global pasti membutuhkan dana yang tak sedikit. Ada banyak uang yang harus dikeluarkan baik untuk merekrut sumber daya baru hingga kampanye pemasaran secara global.

Penting untuk Anda ketahui seberapa besar modal yang diperlukan untuk merambah pasar internasional.

Oleh karena itu, periksalah neraca Anda untuk mengetahui kondisi keuangan yang sebenarnya.

Langkah 2. Menganalisa Berbagai Risiko yang Mungkin Terjadi

Setelah mengecek kondisi keuangan, selanjutnya Anda harus mencari tahu apa saja risiko yang mungkin bisa menimpa bisnis Anda.

Perlu Anda ingat lagi, bahwa pasar global merupakan pasar yang fluktuatif dan penuh dengan tantangan. Ada banya sekali tantangan bisnis yang bisa menimpa Anda kapan saja misalnya tantangan kompetitor dan kondisi keamanan.

Dengan menganalisa berbagai risiko yang mungkin terjadi, Anda bisa membuat planning untuk berjaga-jaga tindakan apa yang harus diambil jika risiko tersebut menimpa bisnis Anda.

Langkah 3. Menentukan Segmen Pasar

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah memilih segmen pasar yang ingin Anda tuju.

Caranya yakni dengan membagi dan mengelompokkan setiap negara dalam beberapa kelompok homogen. Penentuan kelompok tersebut dapat didasarkan dari kebutuhan, selera, kondisi geografis, budaya, sosial, dan minat.

Lalu cari peluang yang bisa Anda masuki untuk memasarkan produk Anda dan tentukan negara mana yang akan menjadi target pasar.

Baca juga: Cara Menentukan Target Pasar yang Tepat untuk Bisnis

Langkah 4. Melakukan Riset Pasar

Setelah menentukan negara target pasar, lakukan riset mendalam perihal karakteristik calon konsumen dari negara tersebut.

Selanjutnya, hasil riset tersebut dapat Anda jadikan untuk menentukan desain produk agar sesuai dengan permintaan mereka.

Baca juga: 10 Metode Riset Pemasaran yang Bisa Digunakan Bisnis Anda

Langkah 4. Mempelajari Regulasi Negara Tujuan

Ini merupakan langkah yang sangat penting dilakukan jika ingin memasuki pasar global.

Sebab, setiap negara pasti mempunyai peraturan dan regulasi yang berbeda. Apabila Anda mengetahui regulasi negara tujuan, Anda bisa menentuka apa saja yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan.

Langkah 5. Membuat Rencana Bisnis yang Mantap

Sesudah melakukan empat langkah di atas, Anda harus menyusun rencana bisnis yang berisikan tujuan dan strategi agar bisa memasuki pasar negara tujuan.

Tulis juga hal-hal apa saja yang harus dilakukan dan dibutuhkan seperti kualitas SDM dan kapasitas diri.

Selain itu, Anda juga harus menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang bisnis Anda. Dan, atur pula bagaimana strategi yang tepat agar bisa memasuki negara tujuan.

Langkah 6. Melakukan Pemasaran

Langkah terakhir yaitu melakukan pemasaran produk yang bisa Anda lakukan melalui iklan komersial dan memanfaatka keberadaan media sosial.

Oh iya, untuk membuat konten promosi, sesuaikan dengan lingkungan kehidupan calon konsumen negara tujuan ya.

Tujuannya, agar mereka merasa bahwa produk Anda benar-benar dibuat untuk mereka sehingga mereka merasa empati dan bersedia membeli produk Anda.

Apabila produk telah diterima dengan baik, jangan lupa rutin melakukan evaluasi demi perbaikan kualitas produk Anda.

Baca juga: Strategi Pemasaran Era Digital yang Bisa Digunakan Bisnis

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Setiap pelaku usaha yang ingin merambah pasar global wajib mempunyai strategi pemasaran internasional yang tepat supaya tidak salah langkah.

Anda bisa mempraktikkan strategi di atas untuk memulai ekspansi bisnis Anda di pasar mancanegara.

Dan, satu hal yang tak boleh dilewatkan model bisnis apa pun ialah pencatatan akuntansi.

Pencatatan akuntansi yang baik dan benar dapat menjaga keberlangsungan bisnis Anda.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan software akuntansi Kledo untuk membantu Anda mencatat berbagai transaksi bisnis yang terjadi.

Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + six =