Jurnal Pengambilan Prive: Pengertian, Cara Membuat, dan Contohnya

Jurnal Pengambilan Prive

Mengetahui cara membuat jurnal pengambilan prive sangat penting bagi Anda seorang akuntan atau seorang pemilik bisnis.

Dalam akuntansi, aset seperti uang tunai atau barang yang ditarik dari bisnis oleh pemiliknya untuk penggunaan pribadi mereka disebut sebagai prive. Ini juga disebut akun penarikan atau drawings dan mengurangi total modal yang diinvestasikan oleh pemilik.

Dalam kasus barang yang ditarik oleh pemilik untuk penggunaan pribadi, pembelian dikurangi dan akhirnya modal pemilik disesuaikan. Penyesuaian dilakukan pada harga biaya.

Untuk perusahaan kecil, pengambilan prive biasanya terlihat dalam bentuk uang tunai atau aset bisnis, namun, jika bisnis berbadan hukum, penarikan sering kali terlihat dalam bentuk dividen atau dividen scrip.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa membaca artikel ini sampai selesai untuk mengetahui cara membuat jurnal pengambilan prive beserta contohnya untuk proses akuntansi bisnis yang lebih baik.

Apa yang Dimaksud dengan Prive?

Definisi akun penarikan atau pengambilan prive mencakup aset, dan bukan hanya uang/tunai, karena uang, kas, atau dana adalah jenis aset.

Ini adalah aset lancar perusahaan dan merupakan salah satu dari sekian banyak aset yang dapat ditarik dari bisnis oleh pemilik untuk penggunaan pribadi mereka.

Oleh karena itu, aset seperti peralatan atau produk yang tidak terjual dari inventaris penutupan, dll. yang ditarik dari bisnis untuk penggunaan pribadi pemilik adalah bagian dari prive.

Secara lebih umum, setiap penarikan dari bisnis yang pada akhirnya mengurangi total ekuitas pemilik atau total modal bisnis adalah penarikan dan dicatat dalam akun penarikan.

Untuk aturan akuntansi di Indonesia, prive adalah penarikan uang atau aset perusahaan oleh pemilik, sebelum laba perusahaan diakui.

Jumlah prive akan diperhitungkan (sebagai pengurang) terghadap bagian laba yang diterima pemilik. Jika prive lebih besar dari bagian laba tersebut, maka pemilik wajib menyetorkan kembali ke perusahaan sejumlah (prive-bagian laba), atau jika tidak, akan mengurangi modal pemilik pada bisnis.

Baca juga: Jurnal Konsinyasi dalam Akuntansi Beserta Contohnya

Penggunaan Akun Pengambilan Prive

Akun prive umumnya dikaitkan dengan organisasi bisnis yang tidak berbadan hukum, seperti kepemilikan perseorangan dan kemitraan.

Itu karena akun prive memisahkan penggunaan uang dan aset bisnis dari penggunaan bisnis ke penggunaan pribadi.

Ini pada dasarnya diperlukan di beberapa organisasi karena pemilik dan bisnis bukanlah entitas yang terpisah ketika datang ke organisasi seperti kepemilikan perseorangan dan kemitraan.

Dengan melakukan hal tersebut, perusahaan jadi mempunyai informasi mengenai seluruh transaksi serta alur keuangan yang terjadi pada bisnisnya, dan menghindarkan kebingungan akibat adanya pengeluaran dana yang digunakan untuk pemilik.

Di sisi lain, dengan bisnis berbadan hukum seperti perusahaan dan perusahaan multinasional, bisnis dan pemiliknya adalah entitas yang terpisah, dan karenanya, akun prive tidak diperlukan untuk memisahkan penggunaan uang dan aset karena perbedaannya sudah tersedia.

Baca juga: 17 Tips Network Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Karakteristik Akun Prive

Jurnal Pengambilan Prive

Berikut ini adalah karakteristik dari akun prive

1. Membantu melacak modal yang digunakan untuk penggunaan pribadi

Akun prive sangat membantu dalam melacak jumlah total modal yang ditarik dari bisnis untuk penggunaan pribadi.

Ini membantu dalam mengawasi penarikan pemilik dan membantu menjaga saldo modal total keseluruhan perusahaan.

2. Bukan akun berkelanjutan/tetap

Akun prive bukan merupakan catatan yang berkelanjutan atau permanen dalam arti bahwa, pada akhir tahun keuangan, akun ini diseimbangkan dalam buku besar dengan kredit, dan saldo ditransfer ke sisi modal total atau ekuitas pemilik dari neraca dengan debit.

Ini hanya digunakan lagi di tahun berikutnya untuk melacak penarikan dari bisnis tahun itu, jika ada.

Oleh karena itu, ini bukan akun yang berkelanjutan atau permanen, melainkan akun sementara.

Baca juga: Pengertian Laporan Persediaan Barang, Cara Membuat, dan Jenisnya

3. Bukan akun pengeluaran

Meskipun akun pengambilan prive adalah akun debit dan menunjukkan pengurangan total uang yang tersedia dalam bisnis, ini bukan akun pengeluaran – ini bukan biaya yang dikeluarkan oleh bisnis.

Sebaliknya, ini hanyalah pengurangan total ekuitas bisnis untuk penggunaan pribadi.

Jika akun gambar adalah akun pengeluaran, maka akan dicatat dalam akun laba rugi bisnis, bukan neraca.

4. Tidak Ada dampak pajak

Bisnis tidak menanggung dampak pajak atas penarikan dana karena mitra individu membayar pajak atas penarikan dana mereka.

Baca juga: Peluang Usaha Frozen Food dan Tips Memulainya

Apa Pengaruh Prive terhadap Pencatatan Akuntansi?

Bagaimana perusahaan mencatat prive tidak hanya memengaruhi laporan keuangan, tetapi juga memainkan peran kunci dalam memastikan keseimbangan yang sehat antara kebutuhan pribadi pemilik dan kelangsungan bisnis.

Berikut merupakan pengaru prive terhadap pencatatan akuntansi:

1. Pemisahan keuangan

Pencatatan prive membantu dalam memisahkan transaksi keuangan bisnis dan pribadi pemilik. Pencatatan yang teliti dan terperinci adalah kunci untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas di kedua sisi.

2. Pengaruh pada neraca keuangan

Setiap kali prive terjadi, jumlah yang setara dikurangkan dari ekuitas pemilik. Ini memengaruhi neraca keuangan dengan mengurangi kepemilikan pemilik dalam perusahaan.

3. Dampak terhadap laba bersih

Prive dapat memiliki konsekuensi langsung terhadap laba bersih. Pemilik perlu mengevaluasi dampaknya pada profitabilitas perusahaan dan membuat keputusan yang bijak.

4. Pengelolaan pajak

Pencatatan prive juga harus memperhitungkan aspek pajak. Pemilik perlu memahami implikasi pajak dari setiap penarikan dana dan mengintegrasikan strategi ini ke dalam perencanaan keuangan.

Penyajian Ayat Jurnal Akun Pengambilan Prive

Setiap transaksi yang mengurangi kas atau aset lain dari bisnis, terutama untuk penggunaan pribadi pemilik, memiliki efek mengkredit akun kas.

Hal ini karena mendebet akun-akun drawing karena modal sama-sama turun dengan penurunan aset perusahaan.

Yaitu mendebit aset yang keluar dari bisnis dan mendebit kewajiban jika ada penurunan.

Dengan kata lain, kita dapat menyebut akun penarikan sebagai akun kontra ekuitas, karena pengurangan total ekuitas bisnis. Ada pengurangan paralel di kedua sisi aset dan kewajiban neraca karena transaksi yang dilakukan oleh pemilik.

Baca juga: Pengertian Teori Akuntansi dan Pembahasan Lengkapnya

Ayat jurnal untuk pengambilan barang atau uang

Dalam hal uang tunai ditarik untuk penggunaan pribadi dari kas di tangan atau rekening bank resmi.

Prive A/CDebitDebit peningkatan prive
 Ke Kas (atau) Bank A / CKreditKredit penurunan aset

Dalam hal barang yang ditarik untuk penggunaan pribadi dari bisnis.

Prive A/CDebitDebit peningkatan prive
 Untuk Menyimpan A/CKreditKredit penurunan aset

*Rekening pembelian juga dapat digunakan sebagai pengganti rekening stok karena stok/pembelian perusahaan sedang dikurangi.

Ini adalah akun sementara yang dibersihkan selama proses akuntansi pada akhir setiap tahun akuntansi & tidak ditampilkan sebagai pengeluaran bisnis.

Saldo debit dalam akun penarikan ditutup dengan mentransfernya ke akun modal. Itu tidak secara langsung mempengaruhi akun untung dan rugi dengan cara apa pun.

Entri penyesuaian untuk menunjukkan penurunan modal

Modal A/CDebit
Untuk Menarik Prive A/CKredit

(Sama untuk kas & barang)

Baca juga: Ayat Jurnal Penyesuaian: Pengertian, Jenis, dan Contohnya dalam Bisnis

Contoh & Penempatan Jurnal Pengambilan Prive dalam Laporan Keuangan

Seorang produsen kulit menarik uang tunai senilai 5.000.000 dari rekening bank resmi untuk penggunaan pribadi. Posting jurnal yang sesuai untuk skenario ini dan tunjukkan juga jurnal penyesuaian dalam akun modal.

Entri jurnal untuk penarikan uang tunai untuk penggunaan pribadi

Prive A/C5.000.000
Ke Bank A/C5.000.000

(Saldo bank berkurang sebesar 5.000.000)

Entri penyesuaian untuk menunjukkan penurunan modal

Modal A/C5.000.000
Untuk Menarik Prive A/C5.000.000

(Modal pemilik berkurang 5.000.000)

Baca juga: Apa Itu Prive? Berikut Pembahasan dan Contoh Jurnalnya

Perubahan dalam persamaan dasar akuntansi

Persamaan dasar akuntansi berubah dengan setiap transaksi yang terjadi dalam bisnis. Demikian pula dengan penarikan untuk penggunaan pribadi, persamaan akuntansi berubah sebagai berikut;

Representasi di neraca

Akun penarikan direpresentasikan di neraca sebagai akun kontra-ekuitas, dan ditampilkan sebagai pengurangan di sisi ekuitas neraca untuk mewakili pengurangan total ekuitas / total modal dari bisnis seperti gambar di bawah ini:

jurnal pengambilan prive 2

Baca juga: Mengetahui Akun Prive dalam Akuntansi dan Contohnya

Siapa yang Menggunakan Akun Pengambilan Prive?

Akun drawings umumnya disiapkan untuk bisnis seperti kemitraan dan perusahaan kepemilikan tunggal.

Itu berarti pemilik tidak dianggap terpisah dari bisnis mereka.

Oleh karena itu, jika ada dana atau aset lain yang ditarik dari bisnis untuk penggunaan pribadi apa pun, akan ada refleksi langsung pada akun perusahaan tersebut sebagai ‘drawings‘ atau penarikan dan karenanya, perlunya menyiapkan akun drawings.

Di sisi lain, di mana bisnis perusahaan diperlakukan terpisah dari anggotanya, perusahaan semacam itu tidak perlu menyiapkan akun drawings untuk setiap penarikan atau penggunaan dana dan aset.

Perusahaan-perusahaan yang berbeda tersebut adalah perusahaan yang tergabung dengan pengakuan badan hukum yang terpisah berdasarkan aturan yang berlaku di Indonesia atau perusahaan multinasional lainnya.

Oleh karena itu, tidak ada perusahaan-perusahaan ini yang tidak perlu menyiapkan akun drawings atau pengambilan prive.

Baca juga: Jurnal Pembelian: Definisi, Format, dan Contohnya

Mudahkan Proses Pengelolaan Pembukuan Anda dengan Kledo

Jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan proses pencatatan transaksi dan perjurnalan secara manual, Anda bisa mencoba menggguankan sistem akutnansi modern dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang memiliki fitur terlengkap seperti proses penjurnalan otomatis, manajemen persediaan, mengelola multi gudang dan cabang, sampai membuat laporan keuangan dalam hitungan detik.

Dengan menggunakan Kledo, proses pembukuan bisnis menjadi lebih mudah dan praktis karena Kledo sudah terpercaya dan digunakan oleh lebih dari 35 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Jika tertarik, Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Panduan Mempelajari Akuntansi Dasar bagi Pemula

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, jurnal pengambilan prive dalam akuntansi yang harus dipahami oleh setiap individu yang menjalankan perusahaan tidak berbadan hukum.

Akun prive adalah komponen yang berbeda dari sistem akuntansi double-entry dan digunakan untuk mencatat transaksi yang tidak terkait dengan kegiatan bisnis sehari-hari.

Dengan demikian, akun prive adalah akun sementara di mana transaksi dicatat sampai mereka ditransfer ke akun permanen atau nyata yang dikenal sebagai neraca atau laporan posisi.

Selalu disarankan untuk mempertahankan akun terpisah untuk membedakan antara bisnis dan individu yang menjalankannya. Hal ini membantu dalam memisahkan transaksi profesional dan pribadi. Kami harap artikel ini bermanfaat dan informatif bagi Anda.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola pembukuan bisnis yang lebih mudah, praktis, dan modern, Anda juga bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 1 =