15 Produk Ramah Lingkungan yang Dapat Dijadikan Peluang Bisnis

15 produk ramah lingkungan

Permintaan terhadap aneka produk ramah lingkungan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya masyarakat yang sadar dengan isu pencemaran ligkungan dan pemanasan global. Sehingga saat ini semakin banyak orang yang beralih menggunakan produk-produk yang ramah lingkungan.

Karena itu, tak ada salahnya untuk menjadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis sebab selain memperoleh keuntungan finansial, Anda juga bisa ikut berpartisipasi menjaga kelestarian bumi.

Untuk memulai bisnis ini, Anda harus mempunyai kriteria mana saja produk yang bisa digunakan baik. Produk tersebut harus mempunyai kualitas yang baik supaya dapat terus dipakai. Selain itu, produk tersebut juga harus bisa bersaing dengan kompetitor yang ada agar dapat terjual di pasar.

Nah pada artikel ini, kami akan membagikan 15 daftar produk ramah lingkungan yang dapat Anda jadikan sebagai peluang bisnis.

15 Produk Ramah Lingkungan yang Dapat Anda Jual

Menggunakan produk ramah lingkungan merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menjaga kelestarian lingkungan. Dengan semakin banyaknya orang yang sadar terhadap isu lingkungan, Anda bisa memanfaatkannya untuk dijadikan sebagai peluang bisnis.

Berikut kami bagikan 15 daftar produk ramah lingkungan yang bisa Anda jual:

1. Kain guna ulang

produk ramah lingkungan: kain guna ulang

Salah satu produk ramah lingkungan yang paling banyak dicari pelanggan ialah kain guna ulang. Pasalnya, kain guna ulang ini penggunaannya lebih efektif dan mudah, serta dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, seperti penghapus make up, cotton pad, dan juga sapu tangan.

Selain itu, proses produksi kain guna ulang ini tidak akan meruksa lingkunga dan bahkan dapat digunakan berulang kali sehingga sangat efektif untuk mengurangi limbah sampah.

Nah, apabila Anda tertarik menjadikan kain guna ulang sebagai peluang bisnis, pastikan Anda memilih jenis kain yang tepat yang sesuai dengan karakteristik produk.

Misalnya, jika Anda ingin menjual produk sapu tangan guna ulang, Anda dapat memilih jenis kain linen atau bamboo yang mempunyai daya serap tinggi. Kemudian apabila Anda ingin memproduksi cotton pad Anda harus menggunakan jenis kain katun yang berkualitas, agar produk yang Anda tawarkan tidak mudah rusak dan dapat digunakan untuk beberapa kali pemakaian.

Nantinya, semakin lama produk tersebut dapat digunakan, maka akan semakin baik pula terhadap kelestarian lingkungan.

Baca juga: 17 Ide Bisnis Kerajinan dari Barang Bekas, Modal Minim Untung Berlimpah

2. Produk pembersih alami

pembersih-alami

Selanjutnya, produk ramah lingkungan yang juga banyak dicari ialah produk pembersih alami. Seperti yang kita tahu, berbagai produk pembersih kimia seperti detergen, sabun, pelembut, dan lainnya terbukti bisa merusak lingkungan.

Untuk itu, Anda dapat menjual alternatif produk pembersih dengan bahan baku yang berasal dari hasil alam. Misalnya, Anda dapat menjual biji lerak yang dapat digunakan sebagai pengganti detergen.

3. Beeswax wrap

beeswax wrap

Anda juga dapat menjual beeswax wrap sebagai salah upaya untuk mengurangi penggunaan plastik. Anda bisa berinovasi dengan menjadikan beeswax wrap sebagai pembungkus makanan dengan berbagai macam warna dan motif unik guna menarik perhatian pelanggan.

Dibandingkan dengan pembungkus makanan lainnya, beeswax wrap memiliki keunggulan yaitu lebih tahan lama dan dapat digunakan berulang kali, sehingga pelanggan dapat mengurangi penggunaan kertas dan plastik sebagai pembungkus makanan atau barang.

Baca juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini!

kledo pos 2

4. Tote bags

tote bags

Tote bags menjadi salah satu produk ramah lingkungan yang juga cukup banyak diminati konsumen. Walaupun saat ini sudah banyak orang yang bejualan tote bags, akan tetapi produk ini memiliki pasar yang cukup luas karena dapat dijadikan sebagai pengganti plastik ketika berbelanja.

Supaya produk Anda berbeda dengan kompetitor, Anda bisa membuat tote bags dengan desain yang menarik dan unik agar customers tertarik membeli produk Anda.

5. Tempat makan dan minum

tempat makan dan minum

Tempat makan dan tempat minum merupakan salah satu jenis produk ramah lingkungan yang banyak diminati konsumen. Anda dapat menjual kotak makanan dan tempat minuman yang dapat digunakan berulang kali.

Kemudian, Anda bisa membuat desain produk yang unik dan berbeda dari yang lain karena sudah banyak produk tempat makan dan minum ramah lingkungan yang beredar di pasar.

Baca juga: 10 Cara Berbisnis Modal Kecil dan Contoh Bisnisnya

6. Spons ramah lingkungan

spons ramah lingkungan

Sebagian besar spons yang saat ini dijual di pasaran tidak ramah lingkungan karena membutuhkan waktu yang lama agar bisa terurai. Solusi yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menyediakan spons dengan bahan baku yang lebih ramah lingkungan, misalnya dengan bamboo, loofah, maupun sabut kelapa.

Dengan menggunakan bahan baku alami, spons menjadi lebih ramah lingkungan karena dapat terurai dengan baik sehingga tidak akan membahayakan lingkungan.

7. Sikat gigi ramah lingkungan

sikat gigi ramah lingkungan

Berbeda dengan sikat gigi biasa, sikat gigi ramah lingkungan merupakan jenis sikat gigi yang dapat terurai dengan baik ketika di lingkungan. Sedangkan, sebagian besar sikat gigi yang kini ada di pasar sanat sulit terurai karena terbuat dari bahan plastik sehingga penggunaan sikat gigi ini bisa menghasilkan lebih banyak sampah.

Baca juga: Tips Sukses Usaha Kerajinan Tangan Ini Wajib untuk Dicoba, Mudah!

8. Popok ramah lingkungan

popok ramah lingkungan

Penggunaan popok yang setiap tahun semakin meningkat menyebabkan limbah sampah pun semakin menumpuk banyak. Padahal, popok merupakan salah satu jenis produk yang sangat sulit diurai sehingga dapat berdampak negatif terhadap lingkungan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menjual popok kain atau clodi yang bisa dicuci dan digunakan lebih satu kali. Selain lebih ramah lingkungan, produk ini banyak diminati karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan popok sekali pakai.

9. Menstrual cup dan menstrual pad

menstrual cup

Selama ini, sampah pembalut dan tampon menjadi permasalahan yang masih menjadi momok serius, karena kedua produk tersebut tidak bisa terurai dengan mudah di lingkungan.

Maka sebagai alternatifnya, banyak wanita yang saat ini beralih menggunakan produk menstruasi yang lebih ramah lingkungan seperti menstrual cup dan menstrual pad. Kebutuhan terhadap kedua produk tersebut bisa Anda jadikan sebagai peluang bisnis dengan menyediakan produk menstruasi dari kain yang berkualitas tinggi.

Baca juga: 20 Ide Usaha Kreatif dan Inovatif Serta Tips Mengembangkannya

10. Sedotan

sedotan ramah lingkungan

Membuat sedotan yang bisa digunakan lebih dari satu kali pakai juga bisa menjadi opsi bisnis yang ramah lingkungan. Biasanya, sedotan yang ramah lingkungan dan ama untuk digunakan terbuat dari bahan stainless dan silikon, yang terkenal sangat awet dan bisa terus digunakan berulang kali sehingga tidak menimbulkan dampak kerusakan yang merugikan lingkungan.

Selain memastikan keamanan bahan sedotan, Anda juga harus melakukan riset terkait permintaan dan kebutuhan konsumen. Misalnya, Anda dapat menyediakan berbagai ukuran sedotan agar memudahkan konsumen yang gemar minum berbagai aneka minuman.

11. Baterai isi ulang

produk ramah lingkungan: baterai isi ulang

Baterai merupakan salah satu penyumbang limbah elektronik yang dapat membahayakan lingkungan, karena tidak dapat diurai ketika sudah menjadi sampah.

Dari permasalahan ini, Anda dapat mnjual produk baterai isis ulang, yang dapat digunakan dalam rentang waktu yang cukup lama serta menjadi cara yang efektif untuk mengurangi limbah elektronik.

Baca juga: 50+ Kata Promosi Jualan Makanan dan Minuman yang Menarik Pembeli

12. Alat makan

alat makan

Alat makan, atau sering juga disebut cutlery set menjadi salah satu produk ramah lingkungan yang dapat Anda jual. Anda dapat memilih untuk menjual sendok, garpu, dan pisau, atau bahkan ketiganya sekaligus untuk dijual menjadi satu produk bundle. Sehingga pembeli bisa membawanya kemana saja dengan lebih mudah.

13. Buku bekas

buku bekas

Ide bisnis produk ramah lingkungan selanjutnya ialah dengan menjual buku bekas. Seperti yang sudah kita ketahui, bahan baku utama pembuatan buku adalah pohon, sehingga banyak pohon ditebang agar bisa memproduksi buku.

Tak hanya terkait bahan baku utamanya, seluruh rangkaian proses produksi buku pun juga memakan energi yang cukup besar, baik energi listrik maupun karbon.

Oleh karena itu, agar bisa mengurangi jumlah pohon yang ditebang serta penggunaan energi lainnya, tak ada salahnya untuk mencoba berbisnis jualan buku bekas.

Baca juga: 15 Daftar Produk Indonesia yang Mendunia, dari Fesyen Hingga Jamu

14. Daur ulang plastik

produk ramah lingkungan: tas daur ulang

Penggunaan plastik secara terus menerus sangat membahayakan lingkungan karena jenis sampah ini sangat sulit untuk diuraikan. Maka dari itu, Anda bisa mencoba bisnis daur ulang plastik dan mengubahnya menjadi produk yang lebih bermanfaat serta memiliki nilai jual lebih.

Seperti pembuatan tas, mainan, pernak-pernik, ecobrick, dan lainnya. Dengan menjalankan bisnis ini, Anda turut berpartisipasi mengurangi limbah plastik.

15. Thrift store

thrift store

Belakangan ini, nge-thrift menjadi gaya hidup yang sedang trend di kalangan anak muda. Tidak hanya pakaian, produk lain seperti sepatu, tas, dan barang antik pun banyak dicari.

Dengan menjalankan bisnis ini, Anda bisa meraup keuntungan yang cukup besar serta bisa berkontribusi mengurangi jejak karbon yang dihasilkan dari setiap proses produksi.

Baca juga: Peluang Besar Bisnis Tas Handmade dengan Modal Kecil

Kesimpulan

Itulah 15 ide bisnis produk ramah lingkungan yang dapat Anda coba serta tentunya memiliki potensi menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Dengan menjalankan bisnis hijau ini, Anda turut berkontribusi menjaga kelestarian lingkungan, mengurangi polusi, serta merubah dunia menjadi lebih baik lagi.

Nah, supaya bisnis ramah lingkungan Anda dapat berjalan dengan lancar, Anda tentu membutuhkan alat bantu yang bisa memudahkan pengelolaan transaksi penjualan bisnis. Guna memudahkan hal tersebut, Anda dapat menggunakan aplikasi kasir gratis dari Kledo POS.

Kledo POS merupakan aplikasi yang dapat digunakan secara online maupun offline, dengan fitur yang lengkap serta mudah digunakan.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk buktikan sendiri bagaimana Kledo POS akan memudahkan bisnis Anda dengan mencobanya gratis selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 14 =