Relationship Marketing: Pengertian, Manfaat dan Strategi Efektifnya

relationship marketing

Relationship marketing atau pemasaran relasional adalah jenis strategi pemasaran yang mendorong retensi pelanggan alih-alih penjualan. Ini mencakup strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk membina hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Dalam jenis pemasaran ini, Anda mencoba menciptakan basis pelanggan yang loyal.

Menciptakan basis pelanggan jangka panjang yang setia adalah tujuan bersama bagi sebagian besar perusahaan.

Mempelajari cara membuat kampanye relationship marketing yang efektif dapat membantu Anda mengembangkan hubungan jangka panjang dengan klien.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu relationship marketing dan bagaimana mengembangkan kampanye relationship marketing serta memberikan contohnya.

Apa itu Relationship Marketing?

relationship marketing

Relationship marketing atau pemasaran relasional adalah bentuk proses pemasaran yang membangun keterlibatan jangka panjang dengan pelanggan.

Tujuan dari pemasaran relasional adalah untuk membuat hubungan dengan pelanggan yang mendorong retensi dan loyalitas dengan perusahaan untuk bisnis yang berkelanjutan.

Ini adalah cara untuk membuat pelanggan merasa dihargai yang kemudian mempromosikan perusahaan dalam bentuk iklan dari mulut ke mulut yang mereka berikan secara sukarela.

Sebuah perusahaan dapat memperoleh wawasan dari pelanggan yang dapat menyebabkan hubungan pelanggan baru.

Pembuatan prospek dan akuisisi pelanggan biasanya memerlukan perencanaan dan biaya yang ekstensif. Setelah konsumen terhubung dengan merek, pemasaran hubungan membantu mereka tetap terhubung dengan perusahaan dalam jangka panjang.

Bisnis dapat belajar banyak tentang bagaimana pelanggan menggunakan produk dan layanan mereka dengan hubungan dekat ini.

Mereka dapat meningkatkan penawaran pasar mereka dengan menambahkan fitur atau menawarkan produk baru jika mereka menemukan ada kebutuhan yang tidak terpenuhi yang dikomunikasikan oleh pelanggan yang berharga.

Bisnis menggunakan pemasaran hubungan ketika mereka melakukan survei dan jajak pendapat reguler untuk mengumpulkan umpan balik pelanggan.

Untuk mendapatkan manfaat dari informasi ini, perusahaan harus menghormati apa yang dikomunikasikan pelanggan kepada mereka dan menerapkan perubahan apa pun pada praktik bisnis mereka.

Media sosial memiliki peran penting dalam pemasaran hubungan karena memungkinkan perusahaan untuk terlibat dengan pelanggan.

Teknologi sangat penting dalam hubungan pemasaran suatu perusahaan. Dengan internet, bisnis dapat menyimpan, melacak, dan menganalisis sejumlah besar informasi pelanggan dan menggunakannya untuk menyesuaikan iklan dan menawarkan penawaran khusus untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada pelanggan setia.

Merek bisnis dapat membantunya menciptakan hubungan jangka panjang ketika berfokus pada basis pelanggannya. Pelanggan sering terhubung dengan merek pada tingkat emosional, yang menjadikan pemasaran hubungan sebagai aspek penting dari retensi pelanggan.

Baca juga: Brand Loyalty: Ini Cara untuk Meningkatkannya, Berani Coba?

Apa Manfaat Relationship Marketing?

Retensi pelanggan jangka panjang

Relationship marketing membantu dalam mempertahankan pelanggan untuk jangka waktu yang lebih lama dibandingkan dengan pemasaran tradisional.

Ini karena pemasaran relasional berfokus pada peningkatan kepuasan pelanggan dengan memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam skenario seperti itu, pelanggan cenderung bertahan lebih lama dengan merek yang selanjutnya meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jika hubungan yang kuat terjalin dengan pelanggan, bahkan kenaikan harga produk tidak mempengaruhi penjualan. Jadi, bahkan dalam kondisi terburuk sekalipun, pemasaran relasional bermanfaat dalam mempertahankan pelanggan.

Peningkatan pendapatan

Saat memasarkan produk atau layanan, dari mulut ke mulut memainkan peran penting. Jika pelanggan puas dengan merek tersebut, dia pasti akan merujuknya ke keluarga, teman, atau kerabatnya. Hal ini akan membantu dalam meningkatkan pendapatan perusahaan.

Umpan balik yang berharga

Jika pelanggan memiliki hubungan yang sehat dengan merek, maka dia akan dapat memberikan umpan balik yang berharga tentang produk. Ini dapat digunakan lebih lanjut untuk meningkatkan kualitas produk.

Mendapatkan keunggulan atas pesaing

Pemasaran relasional membantu menawarkan layanan yang dipersonalisasi kepada pelanggan.

Ini membantu memberikan sentuhan pribadi kepada pelanggan yang selanjutnya membantu dalam mendapatkan keunggulan kompetitif atas yang lain. Sentuhan pribadi dapat dicapai jika perusahaan:

  • Menjaga transparansi dengan pelanggan
  • Memiliki saluran umpan balik yang tepat
  • Menyediakan layanan dukungan yang efisien
  • Menyediakan interaksi dengan pelanggan secara online dan melalui media sosial
  • Terus memeriksa citra merek secara online dan ambil tindakan yang sesuai

Strategi Terbaik Membangun Relationship Marketing

Pahami pelanggan Anda dan berikan informasi yang relevan

Sangat penting untuk memahami kebutuhan dan minat pelanggan, dan kemudian menggunakan pengetahuan itu untuk memberikan informasi yang relevan kepada mereka.

Misalnya, Anda dapat menentukan jenis konten yang diinginkan audiens, lalu memilih format konten yang sesuai.

Setiap pelanggan memiliki preferensi yang berbeda. Beberapa lebih suka menonton video dan beberapa membaca posting blog. Jadi, setelah mengevaluasi minat pelanggan, Anda dapat memilih format untuk menyampaikan konten yang sesuai.

Cobalah untuk memasukkan data realistis dalam konten Anda. Untuk ini, Anda dapat menggunakan infografis di konten Anda.

Infografis adalah kombinasi sempurna dari kata, grafik, dan data yang membantu orang untuk memahami konten Anda dengan cara yang lebih baik.

Bangun identitas merek yang kuat

Menciptakan identitas merek yang kuat adalah penting dalam hal pemasaran hubungan. Anda perlu memberikan jawaban atas berbagai pertanyaan seperti ‘apa yang membuat merek Anda berbeda dari pesaing Anda?’, ‘mengapa orang harus berinvestasi pada produk Anda?’

Jika Anda ingin pelanggan Anda mengidentifikasi merek Anda, maka Anda perlu menyertakan dasar-dasar seperti logo, slogan, dan USP merek Anda.

Baca juga: Riset Pasar: Pengertian, Tujuan dan Langkah Melakukannya

Tindak lanjuti pelanggan dengan layanan purna jual

Pembelian pelanggan saja tidak cukup jika Anda ingin membangun hubungan dengan pelanggan.

Pastikan Anda menindaklanjuti dengan pelanggan bahkan setelah penjualan untuk memastikan bahwa pelanggan puas dengan pengalaman mereka. Anda bahkan dapat meminta umpan balik untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Kirim pembaruan email

Mengirim buletin email kepada pelanggan adalah cara yang baik untuk tetap berhubungan dengan mereka.

Anda dapat memberikan pembaruan penting tentang perusahaan Anda atau promosi dan kontes khusus untuk pelanggan Anda yang sudah ada.

Ini dapat membantu meningkatkan keterlibatan pengguna dan mendorong pelanggan untuk kembali lagi di masa mendatang.

Baca juga: Apa itu Engagement Rate dan Bagaimana Cara Meningkatkannya?

Berikan hadiah kepada pelanggan yang loyal

Semua orang suka diapresiasi atas pekerjaannya. Hal yang sama berlaku untuk pelanggan juga. Menghargai pelanggan atas kesetiaan mereka pada merek adalah cara yang baik untuk membangun hubungan yang lebih kuat dengan mereka.

Ini akan menjadi alasan yang baik bagi pelanggan untuk kembali ke merek Anda dan melakukan lebih banyak pembelian.

Banner 1 kledo

Berikan layanan yang berfokus pada pelanggan dan individual

Fokus dari kampanye relationship marketing harus apa yang dibutuhkan pelanggan dan bukan layanan atau produk yang ditawarkan perusahaan.

Anda dapat membuat saluran untuk memastikan pelanggan selalu dapat menghubungi Anda jika mereka membutuhkan bantuan dalam hal apa pun.

Pelanggan menghargai ketika sebuah bisnis mencoba melayani kebutuhan mereka dengan cara apa pun yang memungkinkan, karena hal itu menunjukkan dedikasi dan penghargaan.

Ceritakan kisah yang menarik dengan konten terbaik

Anda dapat menghasilkan konten iklan yang relevan yang dapat dihargai oleh pelanggan terlepas dari apakah mereka memiliki niat untuk melakukan pembelian.

Ini memperkuat kesadaran yang dimiliki pelanggan dengan merek Anda dan membantu pertimbangan mereka untuk kembali ke perusahaan di masa depan.

Terus kumpulkan feedback pelanggan

Bisnis harus menyesuaikan strategi pemasaran hubungan mereka agar sesuai dengan kebutuhan mereka. Akan sangat membantu untuk mengandalkan umpan balik dari pelanggan.

Pelanggan mereka dapat berbagi dengan perusahaan hal-hal yang ingin mereka lihat dan apa yang mereka suka dan tidak suka tentang suatu produk.

Perusahaan dapat membuat hubungan yang bermakna dengan pelanggan mereka jika mereka mendengarkan umpan balik mereka dan membuat perubahan yang sesuai.

Ambil yang diperlukan untuk peningkatan layanan

Setelah Anda meminta pelanggan Anda untuk meninggalkan umpan balik, Anda mendapatkan ide dan masukan tentang produk Anda.

Dengan cara ini Anda dapat mengatasi area negatif dan melakukan perbaikan yang diperlukan untuk meningkatkan kualitas produk.

Baca juga: Apa itu Market Share? Berikut Pengertian dan Cara Menghitungnya

5 Tingkat Relationship Marketing

relationship marketing

Ada tingkat yang berbeda dalam pemasaran hubungan dan setiap tingkat mewakili sebuah fase. Mari lihat secara mendalam:

Pemasaran dasar

Pemasaran dasar mengacu pada langkah terpenting dalam pemasaran yang melibatkan perolehan pelanggan dan membimbing mereka sampai mereka menjadi pemimpin.

Pemasaran reaktif

Ini mengacu pada proses ketika perusahaan menerima umpan balik dari pelanggan setelah penjualan.

Pemasaran yang akuntabel

Agak mirip dengan pemasaran reaktif, pemasaran yang akuntabel mengacu pada proses ketika perusahaan menjangkau pelanggan untuk meminta saran guna meningkatkan kualitas produk atau layanannya.

Pemasaran proaktif

Dalam hal ini, bisnis bekerja secara aktif untuk meningkatkan produk atau layanan mereka untuk memberikan pengalaman pelanggan terbaik.

Pemasaran kemitraan

Pemasaran kemitraan agak mirip dengan pemasaran proaktif yang melibatkan asosiasi dengan bisnis lain untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Contoh Relationship Marketing

Berikut adalah beberapa contoh pemasaran relasional yang dapat Anda tinjau untuk mendapatkan inspirasi:

Contoh 1

Toko hewan peliharaan mengirimkan kartu ucapan selamat kepada pemilik pada hari ulang tahun hewan peliharaan mereka dengan kupon dan penawaran khusus. Ini dapat menunjukkan bahwa toko tersebut peduli terhadap pemilik dan hewan peliharaannya, mempromosikan merek yang positif.

Contoh 2

Perusahaan perangkat lunak akuntansi membuat portal online ekstensif untuk pelanggan yang terkait dengan penggunaan produk yang mencakup video bermanfaat, artikel pakar tentang masalah sehari-hari, forum, aplikasi seluler, dan komunitas online bagi pengguna untuk berinteraksi.

Contoh 3

Jaringan hotel membuat program loyalitas untuk tamu yang sering berkunjung di mana mereka bisa mendapatkan upgrade atau menginap gratis dengan menggunakan poin. Tamu bisa mendapatkan poin di lokasi mana pun, membuat mereka lebih cenderung memilih merek tersebut.

Contoh 4

Sebuah perusahaan peralatan dapur menawarkan garansi seumur hidup untuk produk mereka. Garansi seumur hidup mendorong pelanggan untuk terus membeli peralatan dari perusahaan, dan mereka meninggalkan ulasan positif di situs web perusahaan, meningkatkan kesadaran merek.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai relationship marketing yang bisa Anda adapatasikan dalam usaha Anda. Menjaga hubungan dengan pelanggan dan memberikan pelayanan terbaik adalah hal yang harus Anda lakukan jika Anda ingin bisnis Anda berkembang.

Dengan banyaknya pembeli yang puas, mereka akan secara sukarela melakukan rekomendasi kepada orang-orang terdekatnya sehingga bisnis Anda akan semakin terkenal.

Selain proses pemasaran yang baik, hal lain yang harus ada dalam bisnis Anda adalah proses pembukuan yang benar dan sesuai standar.

Sayangnya masih banyak pemilik bisnis di Indonesia yang tidak menggunakan pembukuan dan beranggapan mencatat pembukuan adalah aktivitas yang membosankan dan memakan waktu.

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis yang beranggapan seperti itu juga, Anda harus mencoba Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo Anda bisa mendapatkan pembaruan seluruh aktivitas keuangan dan pembukuan Anda secara real-time seperti status arus kas, laporan laba rugi, neraca dan laporan keuangan lainnya.

Kledo juga memiliki fitur terbaik seperti pembuatan invoice otomatis, manajemen aset dan persediaan, multi pengguna, multi gudang, integrasi ke marketplace dan toko online, dan masih banyak lagi fitur Kledo yang akan memudahkan Anda.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 haru atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *