Pengertian Community Marketing, Manfaat, dan Cara Memulainya

community marketing

Pemasaran adalah mengomunikasikan apa yang ditawarkan produk atau layanan Anda, dan itu adalah bagian penting dari bisnis Anda. Strategi community marketing atau pemasaran komunitas adalah strategi pemasaran populer yang benar-benar berhasil jika dilakukan dengan benar.

Pemasaran komunitas bekerja dengan membangun hubungan dengan anggota kelompok atau komunitas, biasanya melalui media sosial. Jenis pemasaran ini bisa sangat sukses karena membantu membangun reputasi yang kuat untuk perusahaan Anda dengan pelanggan setia.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang community marketing? Baca terus artikel ini hingga selesai! 

Apa Itu Community Marketing?

community marketing

Community marketing atau pemasaran komunitas adalah metode modern untuk menemukan pelanggan baru, dan ini adalah sesuatu yang dapat Anda lakukan sendiri dengan mudah. Pemasaran komunitas adalah landasan strategi pemasaran kontemporer. Ini adalah bentuk pemasaran digital yang berfokus pada penargetan audiens melalui minat atau aktivitas bersama.

Membuat komunitas itu mudah dan fungsional dengan membawa orang-orang dengan minat yang sama. Misalnya, perusahaan Anda dapat memposting iklan di halaman Facebook lokal atau grup atau mensponsori acara mendatang untuk terhubung dengan perusahaan dan individu lain di daerah Anda.

Selain itu, Anda dapat menjangkau orang-orang yang mungkin mendapat manfaat dari penawaran produk atau layanan Anda di komunitas.

Definisi sederhana dari pemasaran komunitas adalah “menggunakan media sosial untuk menjangkau audiens khusus.” Anda mendistribusikan posting di platform media sosial lain daripada memposting ke halaman perusahaan Anda, seperti Twitter, Instagram, dan Tumblr. Dengan cara ini, Anda dapat terhubung dengan orang-orang yang sudah tertarik dengan jenis produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Baca juga: Strategi Retargeting Ads untuk Meningkatkan Pendapatan

Sejarah Community Marketing

Pemasaran komunitas adalah jenis pemasaran yang berfokus pada menciptakan dan memelihara hubungan antara perusahaan dan pelanggannya. Dapat dikatakan bahwa itu ditemukan pada akhir 1950-an oleh profesor pemasaran Amerika Philip Kotler.

Pemasaran komunitas dapat didefinisikan sebagai “suatu bentuk pemasaran yang berusaha membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan dengan melibatkan mereka dalam komunikasi dua arah.”

Sejak itu, pemasaran komunitas telah berkembang menjadi strategi bisnis untuk menciptakan dan memelihara hubungan dengan pelanggan mereka. Dengan melibatkan pelanggan dalam komunikasi dua arah, bisnis dapat membangun kepercayaan dan loyalitas, yang mengarah ke bisnis berulang dan rekomendasi pelanggan.

Pemasaran komunitas adalah bentuk pemasaran yang menekankan hubungan yang Anda bangun dengan target pasar Anda. Ini adalah satu bagian membangun hubungan dan satu bagian pemasaran, dan ini digunakan untuk meningkatkan kesadaran merek dan memberi perusahaan Anda lebih banyak eksposur.

Pemasaran ini berfokus pada membangun kesadaran merek dan loyalitas melalui pengembangan komunitas. Komunitas dapat terdiri dari pelanggan dan keluarga mereka, karyawan Anda, atau siapa pun yang tertarik dengan produk atau layanan Anda.

Saat Anda mulai mengumpulkan anggota yang tertarik dengan merek Anda dan penawarannya, Anda dapat menggunakan komunitas ini untuk menginformasikan keputusan pemasaran, mendapatkan umpan balik tentang produk baru, dan mempromosikan acara.

Dengan cara ini, pemasaran komunitas lebih dari sekadar penjualan dan memungkinkan Anda membangun hubungan dengan orang-orang yang tertarik dengan apa yang dilakukan perusahaan Anda.

Baca juga: Bagaimana Cara Melakukan Analisis Pasar? Berikut Pembahasannya

Mengapa Anda Harus Melakukan Comunity Marketing?

Pemasaran komunitas adalah cara yang bagus untuk menjangkau audiens yang lebih luas dan pengguna aktif. Cara terbaik untuk memasarkan produk atau layanan adalah dengan membuat orang-orang yang nyata menggunakannya dan membicarakannya. Seperti dengan terlibat dalam acara dan amal lokal, Anda dapat menempatkan merek Anda di depan lebih banyak calon pelanggan tanpa mengeluarkan uang untuk iklan.

Jika Anda dapat melibatkan pelanggan Anda, itu akan membantu mereka merasa penting dan setia kepada perusahaan Anda. Akibatnya, mereka akan terus datang kembali untuk lebih banyak hal yang melibatkan mereka, dan Anda akan dapat melayani mereka dengan lebih baik.

Menggunakan strategi komunitas akan membantu Anda memiliki pelanggan setia. Kemudian, berkat pemasaran dari mulut ke mulut, pelanggan setia ini akan berkontribusi pada merek Anda.

Berikut adalah beberapa alasan utama mengapa pemasaran pembangunan komunitas harus menjadi bagian dari strategi pemasaran Anda:

  • Ini membantu Anda membangun kepercayaan pengguna dan hubungan yang kuat dengan menciptakan ruang yang aman. Dalam komunitas yang tulus dan bersahabat, orang yang mendambakan hubungan manusiawi dapat terikat dengan anggota komunitas lainnya. 
  • Pemasaran komunitas dapat membantu Anda menciptakan basis pelanggan yang lebih setia dengan koneksi yang lebih dalam.
  • Strategi komunitas dalam pemasaran akan memungkinkan Anda menjangkau pelanggan potensial selain dari pelanggan saat ini juga.
  • Pemasaran komunitas dapat meningkatkan kesadaran merek.
Banner 3 kledo

Contoh Community Marketing

Mari kita lihat dua perusahaan yang menggunakan strategi komunitas dalam upaya pemasaran mereka. Perusahaan-perusahaan ini telah membangun strategi pemasaran komunitas yang sukses dengan berfokus pada platform komunitas mereka.

Ide Lego

Lego melakukan pekerjaan yang hebat di komunitas mereka yang disebut Ide Lego. Komunitas ini dibuat pada tahun 2014 dan masih aktif sampai sekarang. Orang-orang yang telah membeli produk Lego dan membuat objek yang berbeda membagikan ide mereka di platform komunitas dengan visual.

Selain itu, anggota komunitas lainnya dapat mengomentari dan memberikan suara pada kreasi tertentu.

Adidas Creator’s Club

Adidas Creator’s Club menawarkan produk khusus anggota, hadiah Adiclub, aplikasi olahraga premium, dan akses khusus ke anggota komunitasnya. Hadiah dan penawaran semacam ini membantu Anda mendapatkan lebih banyak pelanggan setia.

Anggota Adidas Creator’s Club dapat mengunggah gambar dan cerita mereka atau berpartisipasi dalam program latihan yang terkait dengan konsep merek.

Baca juga: Pentingnya Strategi Digital Marketing untuk Penjualan yang Maksimal

6 Langkah untuk Memulai Community Marketing

community marketing

Strategi pemasaran komunitas dapat melibatkan penjangkauan media sosial, program loyalitas pelanggan, dan menciptakan ruang bagi pelanggan untuk berinteraksi satu sama lain.

Langkah paling penting dalam pemasaran komunitas adalah mengidentifikasi target pasar Anda. Mengetahui apa yang disukai dan bergaul dengan pelanggan Anda dapat membantu Anda memulai pemasaran komunitas.

Setelah Anda mengidentifikasi di mana pelanggan Anda menghabiskan waktu, langkah selanjutnya adalah terlibat dalam komunitas. Hadiri acara, mulai percakapan, dan ajukan pertanyaan. 

Setelah orang mengenali dan mempercayai Anda, maka Anda dapat mulai melakukan penjualan. Tapi ingat, tujuan pemasaran komunitas bukanlah untuk menghasilkan penjualan. Melainkan untuk membangun kepercayaan antara perusahaan Anda dan pelanggannya.

Apa yang membuat pemasaran komunitas berbeda dari jenis pemasaran lainnya adalah fokusnya dalam membangun hubungan dengan audiens. Akibatnya, pemasaran komunitas bisa jauh lebih pribadi daripada bentuk pemasaran tradisional, yang mungkin tidak selalu sesuai untuk setiap bisnis atau organisasi.

Pemasar komunitas biasanya menggunakan beberapa jenis penjangkauan yang berbeda untuk membangun hubungan dengan audiens target mereka. Langkah-langkah ini dapat mencakup:

  • Mulailah dengan menemukan niche Anda. Langkah pertama menuju pemasaran komunitas yang sukses adalah mengidentifikasi audiens target Anda dan kebutuhan atau minat apa yang mereka miliki. Setelah mengetahui siapa yang ingin Anda jangkau, Anda dapat mulai membuat konten dan sumber daya buatan pengguna yang akan menarik bagi mereka.
  • Kunci pemasaran komunitas adalah membangun hubungan dengan pelanggan dan klien potensial. Jangkau calon pelanggan dan bentuk audiens komunitas Anda.
  • Terlibat dalam percakapan media sosial dengan pelanggan saat ini dan calon pelanggan adalah langkah penting lain yang harus Anda ambil.
  • Pergi dari pintu ke pintu untuk membicarakan produk atau layanan Anda dapat membantu. Namun, dalam hal pemasaran digital, itu dapat mendistribusikan konten Anda di platform media sosial dan memperkenalkan produk atau layanan Anda kepada pelanggan potensial.
  • Mensponsori badan amal atau acara lokal untuk meningkatkan visibilitas Anda di komunitas dapat berguna untuk membangun komunitas lokal.
  • Menyelenggarakan acara yang menyatukan anggota audiens Anda dengan minat yang sama. (misalnya, webinar, hadiah, dll.)

Jika Anda siap untuk memulai pemasaran komunitas pada kuartal ini, kiat-kiat ini akan membantu Anda memulai dengan sukses. Selain itu, komunitas online Anda dapat membantu Anda menjangkau audiens target Anda.

Ingatlah untuk bersabar karena Anda memerlukan waktu untuk mencapai upaya pemasaran komunitas Anda. Fokus pada menciptakan hubungan yang tulus dengan komunitas Anda dan meningkatkan pengalaman pelanggan dalam komunitas Anda. Jangan lupa untuk mengatur acara dan bersenang-senang dengan anggota komunitas Anda!

Baca juga: Pengertian dan Langkah-Langkah Menyusun Neraca Percobaan

Kesimpulan

Jika Anda ingin membangun hubungan yang lebih kuat dan pribadi dengan pelanggan Anda, community marketing mungkin merupakan strategi yang tepat untuk Anda.

Mulailah dengan memikirkan bagaimana Anda dapat melibatkan pelanggan Anda dalam komunikasi dua arah dan kemudian menerapkan beberapa taktik yang telah kami sebutkan di atas. Anda akan segera membangun basis pelanggan setia.

Dalam menjalankan bisnis, pembukuan merupakan langkah penting untuk menjamin kesehatan keuangan bisnis. Guna memudahkan proses tersebut, Anda dapat menggunakan software akuntansi dari Kledo yang akan membantu melakukan pembukuan secara otomatis.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan dari mana saja dan kapan saja Anda butuhkan. Software ini dibekali dengan berbagai fitur yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang awam dengan akuntansi.

Mulai dari akuntansi, faktur, hingga manajemen inventory, bisa Anda kelola cukup dengan menggunakan satu aplikasi saja. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera upgrade level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − six =