Tingkatkan Penjualan di Website dengan Teknik SEO Ini, Wajib Coba!

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan. Kawan Kledo dapat menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, ataupun Twitter untuk meningkatkan penjualan ini. Selain media sosial, Kawan Kledo juga bisa menggunakan website untuk meningkatkan penjualan. Kawan Kledo pasti pernah mengunjungi atau mendengar sebuah website untuk bisnis, bukan? Sebenarnya apa sih itu website untuk bisnis? Lalu bagaimana cara kerja website untuk bisnis ini? Buat Kawan Kledo yang penasaran dengan website untuk bisnis ini, Kawan Kledo wajib banget baca artikel ini hingga selesai, karena tidak hanya akan membahas websiter untuk bisnis, di sini Kledo juga akan membahas SEO. Penasaran bukan SEO itu apa? Untuk itu, pastikan Kawan Kledo membaca artikel ini hingga selesai, oke?

Website untuk Bisnis

Buah Kawan Kledo yang berkecimpung di dunia bisnis online pasti sudah tidak asing dengan website bisnis atau bisa jadi Kawan Kledo menjadi salah satu pihak yang memiliki website untuk bisnis Kawan Kledo. Dalam sebuah bisnis, website digunakan sebagai toko online. Dari website ini Kawan Kledo dapat menghimpun berbagai informasi, baik itu produk, harga produk, dan juga cara pembayaran.

Setelah memiliki website bisnis, Kawan Kledo pasti mengharapkan banyak pengunjung website Kawan Kledo, bukan? Nantinya dari pengunjung ini, Kawan Kledo bisa menaikan penjualan bisnis Kawan Kledo. Lalu, bagaimana cara mendapatkan pengunjung di website Kawan Kledo ini? Untuk mendapatkan dan meningkatkan pengunjung, Kawan Kledo bisa menggunakan SEO atau search engine optimalization. Lebih jelasnya, Kawan Kledo bisa membacanya di bawah ini:

Pengertian SEO

SEO service

Bagi yang masih baru di dunia internet, pasti masih asing juga dengan istilah SEO. Karena ketidaktahuan ini, banyak orang yang bingung ketika ada yang tiba-tiba membahas tentang SEO. Sebenarnya apa sih SEO dan seberapa penting SEO ini bagi sebuah website bisnis? SEO atau Search Engine Optimalization merupakan sebuah upaya yang dilakukan untuk mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat teratas ini, trafik website Kawan Kledo akan mengalami kenaikan dan ini akan meningkatkan penjualan bisnis Kawan Kledo.

Agar dapat meningkatkan trafik ini, ada beberapa hal yang harus Kawan Kledo lakukan. Berikut beberapa tips untuk meningkatkan trafik website Kawan Kledo dengan SEO:

Konsep SEO untuk Bisnis

SEO website bisnis

Berikut 3 konsep SEO yang wajib Kawan Kledo pahami agar Kawan Kledo dapat menaikan trafik website bisnis Kawan Kledo:

1. Strategi Kata Kunci

Konsep SEO untuk bisnis pertama yang harus Kawan Kledo perhatikan adalah strategi kata kunci. Kata kunci merupakan kata yang dimasukan oleh calon konsumen ke mesin pencari (Google) saat calon konsumen ingin mencari suatu produk, baik barang atau jasa. Contohnya adalah saat calon konsumen mengetikan “baju gamis murah” maka pastikan Kawan Kledo memasukan unsur “baju gamis murah” di website milik Kawan Kledo.

Dengan memahami kata kunci ini, Kawan Kledo memiliki kesempatan yang baik untuk meningkatkan trafik website Kawan Kledo. Berikut enam zona dasar yang dapat digunakan untuk optimalisasi website:

  • Header Tags: merupakan fitur yang ada di website dengan pengaturan konten H1-H6. H1 dan H2 merupakan sesuatu yang sangat penting yang harus ada dalam website Kawan Kledo dan pastikan juga Kawan Kledo memiliki judul yang baik dengan memanfaatkan H1-H6 ini.
  • Title Tags: Title tags merupakan judul yang keluar di tab halaman website milik Kawan Kledo dan dapat menggambarkan halaman website Kawan Kledo. Agar dapat terbaca oleh mesin pencari, pilihlah judul yang dapat menggambarkan bisnis Kawan Kledo. Contohnya adalah ketika Kawan Kledo menjual kaos distro, pastikan tittle tags mengandung kaos distro.
  • Struktur URL: Kawan Kledo harus memperhatikan tanda baca dalam setiap konten yang ada di website Kawan Kledo. Pastikan Kawan Kledo menggunakan kata-kata yang diisolasikan dengan tanda hubung, ditulis dalam huruf kecil, dan gunakan frasa yang jelas. Dengan begitu mesin pencari akan mudah menemukan website Kawan Kledo.
  • Gambar: Gambar juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan dalam sebuah website bisnis. Pastikan Kawan Kledo memasukan informasi yang lengkap dan masih berlaku di setiap gambar yang Kawan Kledo unggah. Ini menjadi sesuatu yang sangat penting untuk memasukan alt konten dan judul gambar.
  • Deskripsi Meta: Deskripsi meta merupakan dua baris konten yang akan muncul di mesin pencari. Dengan mengisi deskripsi meta ini website Kawan Kledo dapat ditemukan oleh target konsumen yang tepat.

2. Sewa Perusahaan Jasa SEO

Meskipun Kawan Kledo telah memahami konsep SEO, tidak menjamin Kawan Kledo mengetahui semua tips tentang SEO ini. Ada beberapa tips SEO yang biasanya hanya diketahui oleh ahlinya. Untuk mengatasinya, Kawan Kledo dapat menyewa ahli SEO atau SEO spesialist untuk membantu Kawan Kledo meningkatkan trafik website bisnis Kawan Kledo.

Saat ini banyak perusahaan yang menyediakan SEO ini. Layanan yang diberikan antara lain konsultasi untuk memahami konsep SEO terbaik untuk bisnis Kawan Kledo, membantu melakukan penelitian, membuat strategi, dan juga memantau dan melacak hasil yang didapatkan.

3. Buat Konten Terbaik

Terakhir, buatlah konten semenarik mungkin untuk website Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa memasukan kata kunci yang sesuai dan sebanyak mungkin, karena semakin banyak kata kunci yang disertakan maka semakin banyak pula kesempatan untuk menaikan trafik website Kawan Kledo.

Selain itu, Kawan Kledo juga harus memperhatikan panjang konten di website Kawan Kledo. Konten yang dimasukan memiliki memiliki panjang minimal 700 kata dan semakin panjang maka akan semakin mudah ditemukan oleh Google. Pastikan juga konten yang Kawan Kledo buat terjamin orisininalistasnya. Hal ini dikarenakan Google dapat dengan mudah menemukan konten yang tidak original dan membuatnya tidak bisa muncul di mesin pencarian.

Indikator Utama SEO

SEO website bisnis

SEO memiliki indikator utama yang selalu berubah dan tergantung algoritma yang dimiliki oleh Google. Jika Google memperbarui algoritma yang dimiliki, indikator utama SEO juga akan ikut berubah. Meski bisa saja berubah, berikut 8 indikator utama SEO yang selama ini digunakan:

1. Struktur URL

Dalam menentukan struktur URL, Kawan Kledo sebaiknya membuat struktur URL yang sederhana. Dengan struktur URL yang sederhana, mesin pencari akan lebih mudah untuk website milik Kawan Kledo dan topik yang sedang dibahas. Kawan Kledo dapat membuat struktur URL yang sederhana dengan memasukan nama domain dan judul artikel.

2. SSL/TLS

Google mulai mengutamakan website yang menggunakan SSL/TLS sejak tahun 2014. Dengan penggunaan SSL website dapat mengenkripsi semua transfer data yang terjadi di website tersebut. Dengan begitu kemanan website lebih terjamin. Selain itu, Google juga telah menandai website tanpas SSL/TLS sebagai not secure. Cara mengetahui sebuah website telah menggunakan SSL/TLS adalah dengan cara penggunaan HTTPS. Artinya, jika website masih menggunakan HTTP berati belum mengaktifkan SSL/TLS dan biasanya akan mendapatkan peringatan ketidakmanan website tersebut.

3. Topik Konten

Pilihlah topik konten yang saling berhubungan untuk membangun struktur website yang baik. Setelah Kawan Kledo menentukan topik konten, Kawan Kledo bisa mulai membuat konten dengan topik-topik tersebut. Sebagai contoh ketika Kawan Kledo memiliki blog tentang traveling, Kawan Kledo bisa memilih topik utama seperti jalan-jalan, kuliner, ataupun penginapan. Semakin banyak konten yang saling berkaitan, semakin mudah website Kawan Kledo akan ditemukan di pencarian Google.

4. Search Intent

Kawan Kledo dapat menggunakan satu kata kunci untuk dua hal yang berbeda atau lebih. Search intent merupakan apa yang diinginkan oleh sebagian besar pencari terhadap satu kata kunci tertentu.

5. Struktur Konten

Selain Kawan Kledo menyajikan konten berdasarkan search intent, Kawan Kledo juga harus membuat konten-konten yang mudah dipahami. Kawan Kledo dapat memudahkan pembaca untuk menemukan jawaban di konten dengan membuat struktur konten yang rapi dan jelas. Caranya adalah dengan membuat heading dan subheading untuk poin-poin penting dalam konten. Selain itu, Kawan Kledo juga dapat menambahkan foto, gambar ilustrasi, infografik, atau video agar pembaca memahami konten yang Kawan Kledo buat.

6. Meta Tags

Meta tags bagi beberapa orang yang masih awam di dunia website atau blog terasa asing. Meta tags ini merupakan teks yang keluar di hasil pencarian dan terdiri dari title tag dan meta description. Meta tags ini berfungsi membantu Google seluruh konten yang ada halaman website. Pada judul tag, Kawan Kledo sebaiknya menuliskan judul tags dengan panjang yang sesuai, karena jika terlalu panjang Google akan memotongnya. Sedangkan deskripsi meta terletak di bawah judul dan URL dan biasanya terdiri dari 120-130 karakter.

7. Backlink

Backlink menjadi salah satu faktor utama SEO. Semakin banyak backlink yang diberikan ke website Kawan Kledo, Google akan menganggap website Kawan Kledo memiliki kredibilitas yang tinggi. Namun, backlink ini harus berasal dari website atau blog yang berkualitas, bukan dari website atau blog berkualitas rendah.

8. Kecepatan Website

Kecepatan website juga memegang peranan penting dalam SEO. Ini berlaku sejak 2018 dan semakin cepat loading sebuah website, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan taring tinggi dalam hasil pencarian Google.

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang bisa digunakan untuk meningkatkan penjualan sebuah bisnis. Buat Kawan Kledo yang sudah lama berkecimpung di dunia bisnis, pasti sudah tidak asing dengan website untuk bisnis. Sama halnya dengan pemasaran di media sosial, pemasaran di website juga menjadi strategi yang cukup ampuh untuk menarik minat calon pembeli. Salah satu kuncinya adalah adanya SEO atau search engine optimalization. Kawan Kledo bisa menggunakan cara di atas untuk lebih memahami tentang SEO dan jangan ragu untuk langsung mempraktikannya di bisnis Kawan Kledo.

Selain website bisnis, pastikan juga Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis dengan baik. Kawan Kledo bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis Kawan Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang tentunya sangat mudah dan bahkan tetap bisa Kawan Kledo gunakan saat sedang jalan-jalan atau bepergian. Yuk daftar Kledo sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *