Tips Pembukuan Usaha Jasa yang Bisa Anda Gunakan

tips pembukuan usaha jasa

Bukan hanya bisnis jasa, pembukuan sangat penting untuk semua jenis bisnis. Namun 40% pemilik usaha kecil menyebut pembukuan sebagai salah satu aspek yang tidak dilakukan oleh banyak pemilik bisnis. Dan pada artikel ini kita akan membahas tips pembukuan usaha jasa.

Dengan mengetahui tips ini, Anda dapat lebih memahami cara mengelola keuangan bisnis jasa Anda secara efektif dan efisien.

Baca terus artikel ini sampai selesai untuk mengetahui lebih jauh tips pembukuan usaha jasa yang efektif dan bisa Anda gunakan dalam usaha Anda.

Mengapa Pembukuan Penting Bagi Usaha Jasa?

tips pembukuan usaha jasa

Memiliki usaha jasa hadir dengan menangani banyak tanggung jawab, termasuk melayani klien Anda, mengawasi perusahaan Anda, dan mengelola keuangan bisnis Anda. Apakah Anda memiliki bengkel, salon, jasa konsultan, atau klinik kecantikan, sumber pendapatan utama Anda berasal dari layanan Anda.

Anda mungkin juga menerima penghasilan dari produk yang Anda jual, seperti spare part, produk perawatan, atau sejenisnya.

Untuk menjaga semua ini tetap teratur, penting untuk melakukan pembukuan secara baik sehingga Anda dapat menentukan keuntungan Anda.

Dengan mengikuti tips ini, Anda akan dapat mengklarifikasi apakah Anda menghasilkan atau kehilangan uang, serta mempelajari cara meningkatkan bisnis Anda.

Selain itu, berikut adalah beberapa manfaat pembukuan bagi bisnis jasa:

Membantu dalam Pembuatan Anggaran

Setiap bisnis yang sukses biasanya memiliki anggaran yang mengarahkan penanggung jawab akun pada langkah selanjutnya yang harus diambil. Ketika Anda mengetahui pengeluaran dan pendapatan bisnis, Anda dapat membuat keputusan penting yang tidak akan merugikan keuangan Anda.

Baca juga: Pengertian Anggaran Produksi, Cara Hitung, dan Komponennya

Organisasi

Sebagai pemilik bisnis, Anda mungkin menyadari bahwa beberapa pihak mungkin tertarik untuk mengetahui kondisi keuangan Anda. Ini termasuk pemberi pinjaman, investor dan mungkin pelanggan.

Jika Anda tidak memberikan detail ini, Anda bisa kehilangan hubungan yang telah Anda bentuk dengan mereka.

Memiliki catatan keuangan yang terorganisir dengan baik membantu Anda menyajikan angka-angka tersebut kepada pihak yang berkepentingan ketika diperlukan.

Persiapan Pajak

Petugas pajak mengharapkan Anda untuk mengajukan pelaporan pada akhir setiap tahun pajak. Anda tidak perlu mulai mencari catatan keuangan beberapa hari sebelum tenggat waktu.

Melak pembukuan yang terorganisir memastikan Anda selalu siap dengan informasi yang diperlukan.

Analisis Keuangan yang Lebih Baik

Pembukuan membantu Anda menganalisis kinerja bisnis Anda. Ini memungkinkan Anda memahami apa yang berhasil dan apa yang tidak sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan.

Baca juga: Mengenal Berbagai Jenis Arus Kas dalam Laporan Keuangan

9 Tips Melakukan Pembukuan Usaha Jasa

1. Buka rekening bank bisnis terpisah

Membuka rekening bank terpisah dari rekening pribadi Anda membuat semuanya transparan dan mudah. Ini memastikan bahwa Anda tidak menghabiskan uang yang dimaksudkan untuk tujuan bisnis untuk penggunaan pribadi.

Membuka dua akun terpisah berarti Anda akan membayar sendiri sebagian dari uang yang Anda dapatkan dari usaha jasa Anda dan dapat merencanakan keuangan bisnis Anda dengan lebih baik.

3. Lacak pengeluaran Anda dengan cermat

Untuk memahami margin keuntungan Anda dengan benar, Anda perlu memastikan bahwa biaya Anda dialokasikan dengan tepat.

Anda harus dapat mengalokasikan pengeluaran untuk klien dan proyek atau layanan tertentu untuk memahami profitabilitas mereka dan mengidentifikasi area yang memerlukan pengurangan pengeluaran.

Untuk melakukannya, Anda dapat menggunakan software akuntansi online terbaik seperti Kledo.

Kledo akan memungkinkan Anda untuk mencatat semua pengeluaran Anda dengan mudah dan membuat laporan keuangan secara otomatis dalam hitungan detik.

Ini akan menghemat waktu Anda dalam entri data manual dan secara bersamaan membuat Anda bisa memantau setiap transaksi dalam bisnis secara transparan, kapanpun dan dimanapun.

Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

4. Buat faktur segera setelah transaksi terjadi

Semakin cepat Anda menagih klien Anda, semakin cepat Anda akan dibayar. Jika Anda memiliki faktur berulang, sebaiknya kirimkan secara otomatis dang menggunakan Kledo.

Ini akan memudahkan Anda dalam melakukan penagihan ke kliendengan cepat dan memastikan bahwa Anda dibayar tepat waktu yang akan meningkatkan kesehatan arus kas Anda.

Anda juga ingin memastikan bahwa semua informasi pada faktur Anda jelas dan benar. Setiap perbedaan dapat menyebabkan kebingungan dan akan memperlambat proses pembayaran.

Di Kledo Anda bisa mendapatkan lebih dari 50 template faktur yang dinamis dan sesuai dengan karakter perusahaan Anda.

5. Singkirkan dokumen kertas

Dokumen kertas seringkali tidak praktis, berantakan, dan merepotkan. Semakin lama Anda menjalankan bisnis, semakin banyak ruang penyimpanan yang Anda perlukan untuk menampung faktur surat, tagihan, dan dokumen lainnya.

Kertas juga mudah rusak oleh air, api, dan bahaya lainnya. Saat Anda mendigitalkan catatan Anda, Anda dapat menghemat ruang dan menyinkronkan tagihan, faktur, dan tanda terima dengan akun pembukuan digital Anda.

Baca juga: Biaya Kualitas: Pengertian, Jenis, Cara Hitung, dan Tips Mereduksinya

6. Periksa laporan keuangan Anda secara teratur

tips pembukuan usaha jasa

Apakah Anda bekerja dengan sistem pembukuan manual atau otomatis, Anda harus meluangkan waktu untuk meninjau angka-angkanya.

Data pembukuan Anda memberi Anda gambaran penting tentang kesehatan keuangan perusahaan Anda. Bahkan jika Anda memiliki pembukuan yang melacak keuangan Anda, Anda tetap harus tahu apa yang terjadi dengan uang Anda.

Perangkat lunak pembukuan menghasilkan laporan keuangan. Laporan mengatur data keuangan Anda dalam format yang memudahkan untuk menemukan tren positif dan negatif dan mengambil tindakan yang tepat.

7. Tindak lanjut atas tagihan yang belum dibayar

Jika Anda masih memiliki proyek yang sedang berjalan dengan klien, penting untuk segera menindaklanjuti faktur terutang untuk memastikan bahwa bisnis terus beroperasi dengan lancar.

Pertimbangkan untuk menindaklanjuti faktur yang belum dibayar setiap dua minggu sekali sebagai bagian dari rutinitas pembukuan rutin Anda.

Atau, Anda juga dapat mengirim pengingat pembayaran faktur otomatis kepada klien beberapa hari sebelum jatuh tempo pembayaran dan juga sesudahnya.

Baca juga: Net Present Value: Pengertian, Manfaat, Rumus dan Perbedaannya dengan Present ValueBaca juga:

8. Pantau setiap pengeluaran

Beri label dan kategorikan setiap pengeluaran pada usaha jasa Anda , dan lacak arus kas Anda untuk memastikan bahwa Anda dapat memaksimalkan penghapusan dan kredit pajak.

Kas bisnis dapat berkurang dengan cepat dan Anda dapat dengan mudah kehabisan uang. Gunakan kartu kredit bisnis Anda untuk semua pembelian dan Anda tidak akan mendapatkan dompet penuh tanda terima kertas untuk disortir.

Ini juga berarti Anda bisa berkesempatan mendapatkan cashback dan diskon untuk pembelanjaan Anda.

Software akuntansi juga akan menyimpan salinan cek dan faktur yang telah Anda bayarkan. Jika pembayaran kas adalah satu-satunya pilihan Anda, arsipkan salinan digital tanda terima di software akuntansi Anda.

Metode akuntansi yang Anda pilih akan memengaruhi kapan harus mencatat pengeluaran dan pendapatan. Untuk mengetahui beberapa metode akuntansi, Anda bisa membacanya pada artikel ini.

9. Dapatkan bantuan untuk menyiapkan software akuntansi yang akan Anda gunakan

Ketika Anda mengelola pembukuan usaha jasa Anda menggunakan software akuntansi, maka akan lebih mudah untuk melacak arus kas perusahaan Anda.

Software akuntansi melakukan pekerjaan yang baik untuk melacak dan menyinkronkan data keuangan dan bisnis Anda, selama Anda mengaturnya dengan benar.

Perusahaan software akuntansi menyederhanakan perangkat lunak dan aplikasi pembukuan mereka sehingga siapa pun dapat menggunakannya, namun tetap didasarkan pada prinsip dan praktik pembukuan asli.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari penggunaan software akuntansi tersebut, Anda harus bekerja dengan seorang profesional pembukuan untuk memastikan itu diatur dengan benar.

Jika Anda membutuhkan bantuan di masa mendatang, pertahankan kontak. Jelajahi cara baru untuk menggabungkan aliran data bisnis yang penting.

  • Pelacakan waktu Karyawan/Kontraktor
  • Perbankan digital dan sinkronisasi akun
  • Penagihan pelanggan digital
  • Inventaris produk
  • Piutang dan hutang
  • Penghitungan depresiasi

Jika Anda menggunakan software akuntansi Kledo, Anda akan mendapatkan konsultasi penggunaan dan penggunaan secara gratis dengan tim hebat Kledo untuk proses penggunaan software yang lebih baik.

Proses onboarding gratis ini adalah bentuk dedikasi Kledo untuk Anda pemilik bisnis yang sudah mempercayakan kemudahan proses pembukuan Anda dengan menggunakan Kledo.

Jika Anda tertarik, Anda juga bisa menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + twelve =