Download Tanda Terima PDF, Word, dan Excel Gratis

tanda terima

Tanda terima sering digunakan pada sebagian besar transaksi bisnis sebagai bukti penjualan antara penjual dan pembeli. Menerbitkan dokumen tanda terima penjualan atau pengalihan kepemilikan yang signifikan dalam beberapa aspek mengingat apa yang dimaksud dengan dokumen tersebut.

Pada artikel ini, kami akan membahas apa yang dimaksud tanda terima, fungsinya, format, jenis, contoh, dan tempate dalam berbagai format yang bisa unduh secara gratis.

Apa Itu Tanda Terima?

tanda terima

Tanda terima (bisa juga disebut resi atau receipt) adalah dokumen resmi yang dikeluarkan dari satu pihak ke pihak lain dalam transaksi bisnis maupun pasar saham. Dokumen ini berisi informasi berharga sehubungan dengan transaksi yang terjadi dan digunakan untuk keperluan perpajakan sebagai bukti pengeluaran tertentu.

Pembeli wajib meminta resi setelah barang dibeli jika ada kebutuhan untuk menukar atau mengembalikan barang, atau untuk tujuan garansi.

Baca juga: Commercial Invoice: Arti, Jenis, Komponen, dan Download Template Gratis

Fungsi Tanda Terima dalam Bisnis

Menerbitkan resi adalah suatu keharusan terutama ketika transaksi melibatkan pertukaran uang atau barang. Tanpa dokumentasi yang tepat, akan sulit untuk menukar barang yang rusak atau memelihara dan menyeimbangkan catatan akuntansi.

Oleh karena itu, dokumen ini menjadi syarat utama bagi perusahaan, freelancer, dan penyedia jasa profesional dalam menjalankan bisnis.

Memberikan Pengakuan

Tanda terima diberikan kepada pelanggan untuk mengakui pembayaran mereka baik dalam bentuk tunai, cek, atau barang. Sudah menjadi praktik umum bahwa setiap kali transaksi bisnis dan pembayaran terjadi, pihak penerima wajib mengeluarkan resi sebagai konfirmasi.

Jika ada bisnis yang gagal mengeluarkan resi kepada klien mereka dapat dikenakan sanksi sesuai dengan hukum.

Bukti Transaksi

Resi digunakan untuk menghitung, merekonsiliasi, dan mencatat transaksi dalam buku akuntansi. Dokumen ini sebagai bukti transaksi yang juga digunakan untuk mencocokkan inventaris dan membantu pemeriksaan keuangan.

Resi berisi informasi yang memvalidasi pengeluaran yang dilakukan selama periode waktu tertentu.

Baca juga: Nota Kredit: Arti, Komponen, Contoh, dan Bedanya dengan Nota Debit

Dokumen pajak

Resi juga dapat memberikan bukti untuk biaya yang diklaim pada pengembalian pajak penghasilan.

Bisnis dapat mengklaim pengurangan pajak atas pengeluaran, tetapi hanya jika mereka memiliki bukti pembelian yang sah. Dan ini dapat membuktikan bahwa itu adalah pengeluaran bisnis.

Pertukaran dan Pengembalian Dana

Penting untuk menyimpan resi jika ada kebutuhan untuk menukar atau mengembalikan barang. Toko biasanya meminta verifikasi sehingga resi diperlukan untuk melanjutkan.

Resi ini akan berfungsi sebagai bukti bahwa barang tersebut telah dibeli di toko mereka dan jika masih dalam masa garansi.

Pengembalian

Resi penting untuk mengganti biaya. Jika seorang karyawan telah membayar biaya yang berhubungan dengan pekerjaan dan menggunakan rekening pribadi mereka untuk membayarnya, maka perusahaan berkewajiban untuk mengembalikan uang kepada karyawan tersebut.

Untuk itu, diperlukan resi sebagai bukti berapa banyak yang dikeluarkan dan untuk apa.

Baca juga: Pentingnya Invoice Tagihan dan Cara Mudah Membuatnya

Format Tanda Terima

Berikut ini merupakan komponen yang harus ada pada resi:

format tanda terima

Logo dan Nama Bisnis

Logo perusahaan dan nama bisnis biasanya ditemukan di bagian paling atas resi . Selain itu, informasi kontak seperti alamat email dan detail ponsel atau telepon rumah juga disertakan.

Ini berlaku untuk resi yang dipersonalisasi dan disesuaikan. Untuk kuitansi umum, nama bisnis penjual dan informasi kontak ditulis secara manual.

Tanggal Penjualan

Fitur penting lainnya adalah tanggal penjualan yang terdapat di bagian depan resi.

Detail ini tidak boleh salah ditulis atau dilupakan karena ini adalah salah satu dasar penjual memeriksa ketika ada kebutuhan untuk mengembalikan uang atau menukar barang.

Baca juga: Nota Kredit: Arti, Komponen, Contoh, dan Bedanya dengan Nota Debit

Jumlah yang Dibayarkan

Ditulis dalam kata-kata dan dalam format numerik, jumlah yang dibayarkan tercermin di bagian depan resi, termasuk diskon, pajak penjualan, atau biaya.

Penting juga untuk mengidentifikasi apakah pembayarannya tunai, kartu kredit, atau cek. Untuk pembayaran cek, rincian cek ditulis dalam resi, dan untuk pembayaran kartu kredit, slip kartu kredit dilampirkan.

Daftar Barang atau Jasa

Bagian utama dari resi adalah daftar item yang dibeli atau layanan yang diberikan. Dalam kebanyakan kasus, daftar tersebut berisi rincian menyeluruh yang berarti setiap item atau layanan memiliki tarif yang sesuai selain dari jumlah total yang dibayarkan.

Ini penting karena memungkinkan pelanggan dan penjual untuk mereferensikan dengan tepat apa yang dibeli dan dijual dan memperbaiki segala perbedaan.

Detail Pembeli

Nama pembeli dan detail kontak juga tertulis di resi. Ini penting jika ada kebutuhan untuk menukar atau mengembalikan barang yang dibeli.

Baca juga: Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Faktur dengan Kwitansi

Jenis dan Contoh Tanda Terima

Tanda Terima Tagihan

Resi bisa dibuat dalam berbagai ukuran tergantung pada transaksi dan rincian yang perlu ditulis dalam dokumen. Resi tagihan berisikan daftar barang yang dibeli dan layanan yang diberikan kepada klien secara lebih rinci dan lengkap.

Resi ini dirancang untuk meringkas transaksi antara pembeli dan penjual. Dan itu juga berlaku jika Anda berbelanja, membeli, dan memesan secara online.

tanda terima tagihan

Tanda Terima Penerimaan Kas

Resi penerimaan kas banyak digunakan di sebagian besar bisnis. Ini adalah pengakuan tercetak bahwa pelanggan telah membayar tunai atau dalam beberapa kasus dengan cek.

Salinan kemudian diberikan kepada pelanggan dan yang lainnya disimpan oleh perusahaan untuk tujuan akuntansi.

tanda terima kas

Tanda Terima Penitipan Anak

Tempat penitipan anak adalah tempat usaha yang menyediakan perawatan dan dukungan profesional untuk anak kecil, dan orang dewasa yang cacat fisik atau mental selama sehari.

Sebagai entitas bisnis, resi penitipan anak diberikan kepada pelanggan yang membayar setelah layanan diberikan. Rincian layanan, tarif, dan item lainnya ditulis dalam dokumen ini.

tanda terima 3

Tanda Terima Pengiriman

Logistik memainkan peran utama dalam banyak bisnis di seluruh dunia. Biasanya perusahaan pelayaran mengeluarkan resi pengiriman sebagai bukti bahwa paket yang dikirimkan telah terkirim.

Penerima kemudian ditugaskan untuk membubuhkan tanda tangannya pada dokumen sebagai bukti bahwa parsel telah diterima. Ada beberapa cara untuk menggunakan resi pengiriman misalnya melalui pertukaran surat serta pencatatan pesanan yang dikirim oleh perusahaan untuk pengiriman.

tanda terima pengiriman

Kwitansi Pembayaran

Resi pembayaran adalah jenis dokumen yang dikeluarkan untuk klien ketika pembayaran penuh atau sebagian telah dibayar.

Beberapa rincian tertulis dalam dokumen ini termasuk nama bisnis perusahaan, jumlah yang dibayarkan, dan tanggal pembayaran. Untuk pembayaran sebagian, jumlah yang terutang juga dicatat.

tanda terima pembayaran

Tanda Terima Setoran

Ketika langsung menyetorkan uang tunai atau cek ke bank, teller akan mengeluarkan resi setoran atau slip setoran kepada penerima sebagai pengakuan bahwa setoran telah berhasil.

Informasi yang tertulis dalam resi setoran meliputi tanggal transaksi, jumlah, nama deposan, dan nomor rekening. Untuk perbankan online, resi setoran tersedia untuk diunduh atau dikirim melalui email segera setelah transaksi berhasil.

contoh 6

Baca juga: Contoh Surat Tagihan Pembayaran Ini Ampuh Dapatkan Pembayaran Lebih Cepat

Resi Restoran

Saat makan di restoran, tepat setelah Anda selesai makan, Anda meminta tagihan. Tagihan adalah daftar makanan yang dipesan dengan harga yang setara.

Setelah pelanggan seperti Anda mengakui tagihan yang diberikan dan mulai melakukan pembayaran, resi restoran akan dikeluarkan.

contoh 7

Baca juga: Nota Kredit: Arti, Komponen, Contoh, dan Bedanya dengan Nota Debit

Tanda Terima Penjualan

Resi penjualan diberikan oleh vendor atau penjual kepada pelanggan mereka. Ini mencatat produk dan layanan yang disediakan dan jumlah yang telah dibayarkan.

Resi ini juga digunakan untuk manajemen pajak dan inventaris, penggantian biaya, dan tujuan akuntansi lainnya.

contoh 8

Tanda Terima Sekolah

Tanda terima sekolah dikeluarkan setelah uang sekolah dan biaya sekolah lainnya dibayar oleh orang tua atau wali.

Biasanya berisi rincian biaya yang dibebankan dan dibayar. Biaya kuliah biasanya dibayar penuh setiap 6 bulan sekali.

contoh 9

Tanda Terima Layanan

Untuk layanan yang diberikan oleh penyedia layanan profesional atau perusahaan, tanda terima layanan dikeluarkan untuk klien mereka.

Dalam dokumen tersebut, semua layanan yang diberikan, termasuk peralatan yang digunakan dan biayanya diperinci dan dicerminkan. Tujuan dan desainnya adalah untuk menawarkan transparansi dan bukti layanan kepada klien.

contoh 10

Baca juga: Format Invoice yang Sering Digunakan dalam Bisnis

Download Tanda Terima Gratis

Sebagai pelaku bisnis, Anda memerlukan cara yang andal untuk memberikan resi kepada pelanggan atas pembelian mereka. Gunakan templat resi ini dengan teks contoh yang dapat diedit untuk mengisi semua detail khusus resi, sehingga Anda dapat memberikan tanda terima resmi dan terperinci kepada pelanggan.

Dengan ruang yang luas untuk deskripsi item baris, templat resi ini sangat cocok untuk menyimpan catatan tanda terima pembayaran produk atau layanan yang diberikan, dan memberikan resi yang komprehensif kepada pelanggan.

Gunakan salah satu template tanda gratis ini untuk memastikan bahwa Anda memperhitungkan setiap pembelian secara akurat.

Download Tanda Terima Word

Di bawah ini merupakan template resi word yang bisa Anda download secara gratis:

Template Tanda Terima Word

Download Tanda Terima Excel

Di bawah ini merupakan template resi excel yang bisa Anda download secara gratis:

Template Tanda Terima Excel

Download Tanda Terima PDF

Di bawah ini merupakan template resi PDF yang bisa Anda download secara gratis:

Tanda Terima PDF

Perbedaan Tanda Terima dan Faktur

Resi dikeluarkan dan kemudian diberikan kepada pelanggan setelah pembayaran tunai, cek atau kartu kredit telah dilakukan dan diverifikasi.

Sedangkan faktur adalah dokumen tertulis yang dikeluarkan sebelum pembayaran dan mencatat transaksi antara pelanggan dan vendor. Ini juga menguraikan syarat pembayaran seperti tenggat waktu dan metode pembayaran.

Baca juga: Download Nota Kosong Docs, PDF, dan Excel Gratis

Buat Tanda Terima Otomatis dengan Menggunakan Kledo

Banner 2 kledo

Pembuatan resi bisa dilakukan dengan mendowonload template gratis seperti di atas dan Anda bisa juga mendesain sendiri dengan menggunakan microsoft atau tools lainnya.

Namun, membuat resi akan jadi lebih mudah bila Anda menggunakan software invoice dari Kledo. Mengapa? Karena dengan menggunakan Kledo, Anda bisa membuat resi secara otomatis tanpa perlu mendesain secara manual.

Selain itu, Kledo menyediakan 50 template invoice yang bisa Anda pilih sesuai dengan karakteristik bisnis Anda.

Kledo merupakan software akuntansi online yang juga dibekali dengan berbagai fitur mulai dari otomatisasi 30 jenis laporan keuangan, manajemen aset dan gudang, perpajakan, pembelian, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − 1 =