Berbagai Kegiatan Akuntansi yang Perlu Anda Ketahui

kegiatan akuntansi

Apa saja kegiatan akuntansi yang harus dilakukan dalam bisnis? Dan apa manfaat kegiatan tersebut terhadap bisnis?

Sebuah perusahaan atau bisnis yang berkembang semakin besar tidak cukup jika hanya mengandalkan keuangan pemilik saja. Jadi, semacam pendanaan selalu dibutuhkan untuk bisnis dan di situlah pentingnya akuntansi. Orang yang menginvestasikan uangnya atau memberikan dana adalah Investor. 

Singkat cerita, investor memerlukan bukti kinerja perusahaan sebelumnya untuk menentukan apakah bisnis tersebut dapat diinvestasikan. Jadi, tanpa akuntansi, tidak mungkin merepresentasikan statistik dan data perusahaan. 

Peran kegiatan akuntansi sangat penting bagi bisnis.Untuk itu, pada artikel ini, Kledo akan menjabarkan berbagai kegiatan akuntansi dan pentingnya bagi bisnis.

Apa Pentingnya Akuntansi bagi Bisnis?

kegiatan akuntansi

Manajemen Bisnis yang Lebih Baik

Informasi akuntansi memberikan angka dan indikator yang dapat diandalkan tentang situasi keuangan bisnis, yang membentuk dasar otentik untuk pengambilan keputusan.

​Pembukuan bukan hanya tentang mengetahui apa yang ada di debit dan kredit, aset dan kewajiban, tetapi diperlukan untuk menyusun strategi dan membuat keputusan penting untuk bisnis.

Adapun evolusi omset, memungkinkan kita untuk mendapatkan gambaran tentang perubahan yang telah menandai sektor ini. Melalui akuntansi, pengambil keputusan dapat memperoleh gambaran yang akurat tentang keuangan perusahaan dan menemukan area masalah, yang dapat menghambat pengembangan dan perluasan struktur.

Pengambilan Keputusan secara Real Time

Pengambil keputusan sering lebih memilih untuk memiliki visibilitas terhadap dampak pembelian atau perekrutan yang dilakukan. Pembukuan real time mempermudah penganggaran dan melacak arus kas untuk menghindari potensi kesulitan tepat waktu. Ini adalah salah satu keuntungan penting memiliki data akuntansi yang up to date.

Untuk memiliki akun yang diperbarui secara berkala, penting untuk menggunakan software akuntansi online, yang tersedia kapan saja dan di mana saja, untuk mengakses informasi akuntansi saat dibutuhkan.

Baca juga: Pengertian Akuntansi Adalah? Berikut Pembahasan Lengkap dan Mendalam

Perencanaan yang Baik untuk Masa Depan

Menjaga akun secara teratur dan memperbaruinya memungkinkan perencanaan yang lebih baik untuk masa depan. Misalnya, akuntansi memberikan indikator tentang musim bisnis yang membantu mengelola inventaris dan anggaran yang dialokasikan untuk investasi dengan lebih baik guna memastikan daya saing dan kelangsungan bisnis di pasar.

Pembukuan yang terpelihara dengan baik memungkinkan Anda mengetahui sumber daya dan pusat biaya Anda, serta cara terbaik untuk mengelolanya.

Awal yang Baik untuk Bisnis Anda

Dalam sebagian besar kasus, kegagalan diamati selama pengeloaan perusahaan, salah urus keuangan adalah faktor utama dari kegagalan ini.

Hal ini terutama terjadi pada pengusaha yang bertanggung jawab atas akuntansi mereka sendiri dan sayangnya tidak memiliki semua pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memelihara dan mengelolanya.

Oleh karena itu, mereka perlu memanggil akuntan yang memiliki keterampilan, tetapi juga alat dan pengalaman yang dibutuhkan. Pilihan seperti itu memungkinkan manajer untuk mencurahkan lebih banyak waktu untuk aspek manajerial lain dari bisnisnya dan untuk lebih memperhatikan perkembangan dan pertumbuhan bisnisnya.

Dengan meminta akuntan yang dapat diandalkan, yang dapat kita andalkan untuk menjaga kesehatan keuangan. Pembukuan yang baik memungkinkan untuk menjamin efisiensi pengelolaan usaha dengan memiliki data yang andal dan akurat.

Baca juga: Panduan Mempelajari Akuntansi Dasar bagi Pemula

4 Kegiatan Utama Akuntansi

Ada empat jenis utama kegiatan akuntansi yang meliputi kegiatan pencatatan, penggolongan, peringkasan, dan pelaporan. Inilah bagaimana masing-masing kegiatan akuntansi ini sangat penting bagi bisnis:

Pencatatan (Recording)

Pencatatan adalah aktivitas mencatat semua transaksi keuangan bisnis ke dalam dokumen bukti transaksi dan jurnal yang valid dan berurutan. Misalnya, mencatat transaksi penjualan kredit ke dalam bukti transaksi nota kredit.

Penggolongan (Classifying)

Penggolongan adalah aktivitas menggolongkan berbagai transaksi yang terjadi ke dalam akun perkiraan buku besar. Misalnya, transaksi penjualan kredit dimasukkan ke dalam jurnal khusus penjualan.

Peringkasan (Summarizing)

Peringkasan adalah aktivitas memindahkan semua transaksi yang dicatat di buku besar untuk kemudian diringkas pada neraca saldo.

Pelaporan (Reporting)

Pelaporan dalam akuntansi adalah kegiatan menyusun laporan keuangan yang terdiri dari neraca, laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan.

Ketika masing-masing kegiatan akuntansi dilakukan dengan terstruktur, maka akan memberi banyak benefit bagi bisnis.

Manfaatnya tidak hanya menjadikan manajemen keuangan lebih terorganisir, tetapi para pemimpin bisnis merasa lebih percaya diri membuat keputusan. Hal ini berkat gabungan antara pembukuan dan kegiatan akuntansi.

Berikut alasan mengapa pembukuan dan akuntansi tidak bisa dipisahkan:

  • Pembukuan adalah esensi dasar dari akuntansi yang baik. Pembukuan adalah pekerjaan pencatatan transaksi keuangan yang terjadi sehari-hari. Pemegang buku membuat catatan langsung dari semua pembelian yang dilakukan bisnis, dan transaksi penjualan yang diperolehnya.
  • Akuntansi mengambil informasi yang didokumentasikan oleh pemegang buku dan memberinya makna. Setiap hari, pembukuan itu cenderung seimbang dan semuanya tampak hebat. Tapi apa yang bisa lebih baik? Efisiensi apa yang bisa dicapai? Dan investasi atau keputusan pertumbuhan apa yang akan membuat perusahaan tumbuh kuat?

Apa Manfaat Kegiatan Akuntansi untuk Bisnis Anda?

kegiatan akuntansi

Manfaat bagi Pemilik Bisnis

Laporan akuntansi menginformasikan kepada bisnis dan pemegang saham tentang situasi keuangan (semua aset dan hutang) bisnis.

Ini juga memungkinkan untuk mengetahui hasil (laba atau rugi) yang dihasilkan selama periode tertentu oleh bisnisnya. Oleh karena itu solusi pengambilan keputusan yang memungkinkan untuk menentukan aktivitas mana yang menghasilkan keuntungan dan mana yang menghasilkan kerugian.

Keuntungan bagi Mitra Bisnis

Karyawan perusahaan berusaha untuk membenarkan peningkatan pendapatan mereka. Akun-akun tersebut akan memberi tahu mereka ketentuan distribusi pendapatan, lebih tepatnya, nilai tambah yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis.

Membaca dan menganalisis dokumen akuntansi akan membantu pemangku kepentingan perusahaan dan investor memperkirakan kemungkinan meningkatkan atau memperburuk hasil di masa depan dengan menggunakan metode tertentu dan untuk mengetahui nilai masa depan dari sekuritas.

Manfaat bagi Kreditur Perusahaan

Kreditur utama perusahaan (pemasok, bankir) akan dapat memastikan kualitas utang mereka. Akuntansi memberi wewenang kepada Anda untuk mencatat situasi bisnis yang tepat dan kapasitas pembayarannya. Dengan demikian, para bankir akan dapat menentukan tingkat kredit yang dapat diterima berdasarkan kapasitas pembayaran ini.

Bagi para manajer bisnis, ini adalah solusi dan sumber informasi yang penting bagi manajemen yang baik. Semua keputusan manajemen yang penting (keputusan investasi, pembiayaan, distribusi laba) terutama didasarkan pada analisis informasi akuntansi.

Baca juga: 10 Konsep Dasar Akuntansi Ini Wajib Dipahami, Penting!

Jenis-Jenis Akuntansi 

Ada dua kategori utama akuntansi untuk perusahaan:

  • Akuntansi keuangan (ditujukan terutama untuk aktor eksternal)
  • Akuntansi manajerial (terutama ditujukan untuk analisis internal)

1) Akuntansi Keuangan

Seperti namanya, jenis akuntansi ini mencakup transaksi keuangan dan pembuatan laporan keuangan tahunan. Kesimpulan akuntansi kemudian disajikan pada neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.

Ini adalah data yang kompleks dan memerlukan akuntan profesional untuk menangani kasus ini. Akuntan ini memiliki tim auditor yang hebat untuk melakukan tugas dengan lebih efisien.

Seperti yang telah disebutkan, pemangku kepentingan dan investor memiliki hak penuh untuk melacak kemajuan keuangan bisnis, yang merupakan pentingnya akuntansi.

Akuntansi keuangan juga membantu untuk mengambil data mengenai kemajuan. Untuk ini, beberapa prinsip dan standar diikuti; misalnya di Indonesia pencatatan akuntansi wajib mematuhi Peraturan Standar Akuntansi dan Keuangan (PSAK).

2) Akuntansi Manajerial

Setelah semua data diambil dari catatan, ini kemudian disajikan secara sistematis menggunakan Akuntansi Manajerial. Tujuannya untuk mengatur data sehingga informasi yang berguna dapat diperoleh darinya.

Dengan demikian, tujuan utama dalam akuntansi manajerial adalah untuk memberikan laporan, bagan, grafik, dll., kepada tim manajemen. Nantinya, ini bisa digunakan untuk membuat keputusan, menyiapkan strategi, dan perencanaan taktis lainnya untuk periode berikutnya. 

Cabang akuntansi ini sangat penting bagi perusahaan karena dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan efisiensi. Selain itu, mempelajari data dapat membantu mendukung keputusan dan merumuskan proyeksi yang lebih andal.

Salah satu contoh akuntansi manajerial adalah akuntansi biaya, di mana analisis biaya yang mendalam dilakukan untuk mengurangi biaya sambil menjaga kualitas yang sama. 

Baca juga: 16 Peran Akuntansi Ini Sangat Penting dalam Bisnis

Yuk, Kelola Akuntansi Bisnis dengan Menggunakan Kledo

Banner 2 kledo

Nah, itulah pembahasan mengenai berbagai kegiatan akuntansi yang perlu Anda ketahui. Dari pembahasan di atas, Anda tentu sudah memahami bagaimana pentingnya peran akuntansi dalam suatu bisnis.

Output kegiatan akuntansi sangat berguna baik bagi pihak internal perusahaan maupun eksternal perusahaan seperti investor dan kreditur.

Guna memudahkan pengelolaan akuntansi pada bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi dari Kledo yang dibekali dengan berbagai fitur mulai dari otomatisasi 30 jenis laporan keuangan, pajak, buat faktur instan, manajemen stok dan gudang, pembelian, dan masih banyak lagi.

Mulai dari 139 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, cobain free trial Kledo selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 + 3 =