10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

salon kecantikan

Salon kecantikan menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan saat ini, seiring dengan semakin meningkatkan kepedulian seseorang akan penampilan. Terlebih ditambah tayangan-tayangan di media yang semakin membuat orang-orang menganggap kecantikan ini sangat penting.

Buat Kawan Kledo yang memiliki ide untuk membangun bisnis satu ini, jangan ragu untuk memulainya. Ada berbagai jenis bisnis kecantikan yang dapat Kawan Kledo pilih dan kembangkan.

Lalu bagaimana cara memulai bisnis salon kecantikan ini dan apa saja tips-tips yang harus dilakukan agar bisnis ini bisa meraih kesuksesan? Buat Kawan Kledo yang penasaran dan ingin mengetahuinya yuk baca secara lengkap artikel yang ada di bawah ini:

Peluang Bisnis Salon Kecantikan

salon kecantikan

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis satu ini, berikut peluang yang dimilikinya:

  • Salon dapat menjadi bisnis yang stabil dan menguntungkan, tetapi sebelum membukanya, Kawan Kledo harus membuat rencana dan persiapan bisnis yang kuat.
  • Menemukan jenis yang tepat membantu Kawan Kledo dalam menarik pelanggan setia.
  • Hal terpenting yang dibutuhkan sebuah salon untuk berhasil adalah budaya yang baik, karyawan yang berpengetahuan luas, dan pelayanannya.

Dalam hal memiliki bisnis, salon rambut menjadi bisnis yang cukup aman. Sedangkan salon kecantikan juga merupakan bisnis yang stabil, yang tidak terpengaruh selama resesi ekonomi.

Tetapi jika Kawan Kledo memiliki keterampilan menata gaya, meluncurkan bisnis sendiri akan menjadi proses yang menantang yang akan membutuhkan kesabaran dan pengetahuan. Biaya membuka salon Anda sendiri adalah sekitar Rp20.000.000, tetapi bisa mencapai Rp50.000.000 atau bahkan lebih.

Tidak peduli seberapa banyak Kawan Kledo berinvestasi dalam bisnis ini, Kawan Kledo pasti ingin melakukan semua yang Kawan Kledo bisa untuk memastikan kesuksesan salon tersebut.

Biaya Pembukaan Salon

Sebelum memetakan keuangan yang ada dan mengamankan pendanaan, Kawan Kledo harus mempertimbangkan untuk apa, tepatnya, Kawan Kledo membutuhkan dana. Berikut beberapa biaya pembukaan salon secara umum:

  • Izin Usaha: Untuk membuka salon, Kawan Kledo memerlukan izin usaha yang diperlukan di wilayah Kawan Kledo membuka bisnis. Jika Kawan Kledo berencana menjual produk, Kawan Kledo juga memerlukan izin dari penjual.
  • Sewa Tempat: Kawan Kledo harus mencari tempat untuk menyewa atau membeli. Jika Kawan Kledo memilih untuk membayar sewa bulanan, kemungkinan kawan Kledo harus memberikan uang jaminan di muka.
  • Gaji Karyawan: Ini melibatkan gaji atau upah untuk karyawan yang Kawan Kledo pekerjakan, dan semua manfaat terkait yang Kawan Kledo pilih untuk ditawarkan.
  • Peralatan Salon: Salon membutuhkan banyak peralatan, mulai dari perlengkapan kecantikan, wastafel, kursi, pengering rambut, alat pijat, alat untuk masker, dan lainnya. Kawan Kledo mungkin juga memerlukan komputer, telepon bisnis, dan lainnya.
  • Inventaris: jika Kawan Kledo berencana untuk menjual kosmetik atau produk lain, Kawan Kledo harus menyimpan inventaris Kawan Kledo sebelum membukanya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut modal yang dibutuhkan untuk membuka bisnis salon kecantikan:

KebutuhanBiaya
Sewa TempatRp15.000.000
Peralatan SalonRp15.000.000
Gaji Karyawan (2 orang @Rp1.500.000Rp3.000.000
Biaya air dan listrikRp1.000.000
PromosiRp1.000.000
Biaya lainnyaRp500.000
TotalRp35.500.000

Modal Bisnis Salon Kecantikan

salon kecantikan

Salon sering dianggap sebagai bisnis berisiko tinggi, dan banyak bank ragu untuk memberikan pinjaman. Namun, ada beberapa alternatif untuk mendapatkan modal ini.

Apa saja kira-kira cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan modal untuk membuka bisnis salon ini?

1. Pinjaman Kredit Usaha Rakyat

Jenis pinjaman pertama yang bisa Kawan Kledo ajukan untuk membuka bisnis salon adalah pinjaman jenis KUR atau Kredit Usaha Rakyat. KUR ini merupakan program pemerintah untuk membantu usaha kecil dan menengah mendapatkan modal untuk membuka usaha.

Kawan Kledo bisa klik di sini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait KUR ini.

2. Tabungan Pribadi

Bagi Kawan Kledo yang ingin membuka bisnis salon kecantikan juga bisa menggunakan tabungan pribadi. Cara ini merupakan cara paling aman karena Kawan Kledo tidak terikat untuk mengembalikan modal dan bunga layaknya mengajukan pinjaman.

3. Mencari Investor

Jika Kawan Kledo tidak memiliki tabungan pribadi yang cukup, Kawan Kledo bisa mendapatkan modal dengan cara mencari investor untuk bisnis Kawan Kledo. Ada berbagai cara mendapatkan investor ini, mulai dari ke orang-orang terdekat hingga ke investor profesional.

Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa membacanya di sini.

4. Mengikuti Program Pendanaan

Jika Kawan Kledo memiliki kemampuan dalam membuat proposal usaha yang menarik, Kawan Kledo bisa mengikuti program pendanaan untuk mendapatkan modal bagi bisnis salon ini. Ada berbagai jenis program pendanaan, mulai dari program pemerintah hingga swasta dan mulai dari yang tanpa pengembelian hingga dikembalikan plus keuntungan usaha yang didapat.

Jenis-Jenis Salon Kecantikan

Ada beberapa jenis salon kecantikan yang bisa Kawan Kledo kembangkan. Apa saja jenis-jenis salon tersebut?

1. Salon Kecantikan untuk Perawatan Wajah

Jenis salon pertama yang bisa Kawan Kledo pilih adalah salon perawatan wajah. Salon ini saat ini cukup popular seiring dengan meningkatnya kesadaran pentingnya merawat wajah.

Kawan Kledo juga bisa membuka salon perawatan wajah ini, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti adanya dokter kecantikan dan produk yang akan digunakan untuk perawatan wajah ini.

Belum lagi tempat dan peralatan untuk perawatan wajah yang bisa memakan biaya tidak sedikit.

2. Salon Perawatan Rambut

Salon perawatan rambut merupakan salon yang paling sering ditemui dan banyak peminatnya. Ada berbagai layanan yang bisa ditawarkan di salon perawatan rambut ini, mulai dari potong rambut, kriting rambut, rebonding, hingga creambath.

3. Salon Kecantikan Kuku

Perawatan kuku menjadi bagian yang penting bagi perempuan. Karena tidak semua perempuan jago merawat dan menghias kuku, diperlukan salon nail atau salon kuku untuk melakukannya.

Salon kuku ini tentunya lebih simpel dibandingkan jenis-jenis salon lainnya karena hanya bagian kuku yang dirawat namun untuk melakukannya dibutuhkan keahlian khusus. Kawan Kledo bisa mengikuti kursus atau pelatihan untuk bisa ahli merawat dan menghias kuku ini.

4. Salon Kecantikan untuk Pengantin

Salon kecantikan pengantin juga menjadi salah satu jenis salon yang bisa Kawan Kledo kembangkan. Salon jenis ini memiliki konsentrasi khusus pada perawatan dan make-up pengantin.

Dibandingkan dengan salon lainnya, salon pengantin ini biasa memiliki penghasilan lebih besar namun juga harus mengeluarkan modal yang besar pula. Setidaknya Kawan Kledo harus menguasai make-up dan tata rias tradisional, termasuk untuk baju adat tradisionalnya yang wajib disiapkan.

5. Salon Kecantikan Muslimah

Salon kecantikan muslimah sejatinya tidak jauh berbeda dengan jenis salon lainnya. Bedanya salon ini khusus melayani pelanggan perempuan muslimah, seperti mereka yang mengenakan hijab.

10 Tips Membangun Salon Kecantikan Hingga Sukses

salon kecantikan

Setelah mengetahui beberapa informasi di atas, lalu bagaimana caranya agar bisnis salon Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan agar salon meraih kesuksesan

1. Buat Perencanaan Bisnis

Menulis rencana bisnis harus menjadi langkah pertama Kawan Kledo ketika memulai bisnis apa pun. Ini akan menunjukan tujuan bisnis yang jelas dan menjelaskan bagaimana Kawan Kledo akan mencapai tujuan itu, termasuk memberikan ide tentang apa yang perlu Anda lakukan untuk menjadi sukses.

“Rencana bisnis adalah kunci untuk memulai salon,” kata Ali Ryan, pemilik The Dry House. “Rencana tersebut menawarkan peta jalan bagi pemilik salon untuk diikuti dan membantu pengusaha mempertimbangkan semua bidang bisnis. Rencana bisnis memastikan kamu menyiapkan metrik untuk sukses dan mempertimbangkan keuangan sebelum kamu menginvestasikan banyak waktu dan uang dalam bisnis baru.”

Pastikan Kawan Kledo memiliki pemahaman yang baik tentang pasar salon yang ada di daerah Kawan Kledo, termasuk seberapa besar, apa yang sedang berkembang, dan apa saja trennya. Ini akan membantu Kawan Kledo dalam merencanakan dengan tepat bagaimana Kawan Kledo akan bersaing dengan salon lain

2. Ketahui Hukum dan Peraturan Setempat

Hukum dan peraturan di setiap tempat berbeda-beda. Contohnya, salon yang secara ketat menyediakan layanan rambut akan memerlukan izin yang berbeda dari salon yang juga menawarkan perawatan wajah atau pijat.

3. Temukan Cara untuk Membuat Salon Terkenal

“Dengan salon di setiap sudut, bahkan di kota-kota kecil, memasuki pasar dengan ceruk khusus atau layanan dapat secara dramatis meningkatkan buzz dan tekan tentang pembukaannu,” kata Pamela Jeschonek, pemilik Everyday Esthetics Eyebrow Studio.

Pikirkan tentang apa yang membuat salon Kawan Kledo unik. Apakah itu layanan yang Anda tawarkan atau staf salon yang penuh perhatian?

Apa pun itu, cobalah menjadikannya sebagai titik fokus identitas bisnis ini dan kembangkan bisnis dari sana. Dengan kata lain, temukan jenis salon yang akan Kawan Kledo kembangkan.

Menumbuhkan bisnis di jenis pasar jauh lebih mudah daripada mencoba sukses di pasar umum yang besar. Sebuah ceruk pasar akan memberikan lebih banyak keamanan terhadap kegagalan dan kesempatan untuk mencari tahu apa yang bekerja dengan baik (dan apa yang tidak) untuk bisnis Kawan Kledo dengan memungkinkan Kawan Kledo untuk berinteraksi lebih dekat dengan pelanggan.

4. Kerjasama dengan Distributor

Untuk mendapatkan produk untuk salon Kawan Kledo – seperti kursi, cermin, tempat cuci dan pengering, sampo, kondisioner, peniti, dan peralatan lainnya – Kawan Kledo perlu menghubungi distributor. Untuk menemukannya Kawan Kledo dapat menemukan distributor lokal, grosir atau nasional dengan agen lokal.

Untuk barang yang lebih besar, seperti kursi dan pengering, Kawan Kledo perlu bekerja sama dengan distributor grosir yang lebih besar. Kawan Kledo dapat membeli barang yang lebih kecil dari distributor lokal atau langsung dari produsen.

Ketika Kawan Kledo memulai pencarian distributor, ingatlah untuk berbelanja dengan hati-hati dan pertimbangkan setiap prospek. Lihat poin harga dan dukungan pelanggan (seperti saran atau konsultasi) yang ditawarkan oleh distributor yang berbeda, dan tanyakan apakah mereka menawarkan penawaran atau keuntungan.

5. Ciptakan Pelanggan Loyal

Sebagai pemilik salon, Kawan Kledo harus menempatkan pelanggan dan pengalaman mereka di urutan teratas daftar prioritas. Ini akan menciptakan pelanggan yang mau kembali ke salon Kawan Kledo secara sukarela, dari waktu ke waktu, akan membentuk basis pelanggan yang loyal.

“Kiat No. 1 saya untuk calon pengusaha sebelum mereka membuka salon adalah memiliki sejumlah klien profesional kamu sendiri yang akan menutupi biaya overhead,” kata pembicara dan pengusaha Sandra LaMorgese. “Dengan basis kliena sendiri yang solid, kamu akan berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengambil keputusan.”

6. Pilih Lokasi yang Tepat

Baik Kawan Kledomembeli gedung atau menyewa ruang ritel, lokasiadalah salah satu pengeluaran terbesar untuk membuka salon, dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat membuat keputusan ini. Itu harus di daerah yang padat penduduk dan mudah diakses dengan mobil atau transportasi umum.

Pastikan juga Kawan Kledo cukup jauh dari kompetitor yang menawarkan layanan yang sama dengan salon Kawan Kledo. “Amankan lokasi yang kokoh dengan banyak tempat parkir,” kata Jim Salmon, wakil presiden layanan bisnis di Navy Federal Credit Union.

“Jika kamu membuatnya nyaman bagi klien untuk mengunjungi salon, kamu akan memiliki lebih banyak pelanggan, yang pada gilirannya berarti lebih banyak pendapatan untuk melunasi pinjaman awal dan untuk biaya pertumbuhan.”

7. Desain Ruangan dengan Menarik

Jika Kawan Kledo memiliki kemampuan finansial, menyewa seorang desainer untuk membantu mendesain ruangan salon dapat mengurangi stres dan memastikan ruang kerja yang menarik dan fungsional. Seorang desainer dapat membantu dalam menentukan tampilan dan nuansa keseluruhan yang konsisten dengan gambar yang ingin Kawan Kledo proyeksikan.

Memanfaatkan ruang di tengah salon dengan stasiun atau sofa dua sisi untuk tamu yang menunggu. Kawan Kledo juga harus mengetahui dimensi setiap area sebelum berbelanja peralatan atau furnitur.

8. Berikan Pelatihan Karyawan

Salon yang Kawan Kledo bangun bisa berkembang dengan baik karena peran karyawan yang bekerja di salon Kawan Kledo ini. Karena kecantikan adalah industri pribadi, sangat penting untuk mempertahankan karyawan yang terampil, berpengetahuan dan ramah.

Meluangkan waktu untuk melatih karyawan secara menyeluruh akan membantu bisnis Kawan Kledo berjalan lebih lancar dan mempertahankan reputasi profesional.

Berikan pelatihan kepada karyawan ini beberapa periode waktu sekali. Dengan begitu skill atau kemampuan karyawan Kawan Kledo akan bertambah dan pastinya akan berdampak baik kepada bisnis Kawan Kledo/

9. Pelayanan Pelanggan Paling Utama

Uraikan dalam rencana bisnis bagaimana Kawan Kledo ingin memenuhi kebutuhan dan keinginan klien sebanyak mungkin dan tunjukkan kepada pelanggan bahwa Kawan Kledo menghargai dan bertindak atas masukan mereka.

Pelayanan pelanggan termasuk memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk memberikan masukan menjadi hal yang sangat penting dalam bisnis. Pelayanan pelanggan yang baik akan memberikan kenyamanan bagi pelanggan sehingga mereka tidak ragu untuk kembali ke salon Kawan Kledo.

10. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Tips terakhir yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan adalah mengelola keuangan bisnis dengan baik. Dalam bisnis salon kecantikan keuangan bisnis ini juga menjadi sesuatu yang wajib untuk diperhatikan.

Kawan Kledo harus melakukan pencatatan terhadap arus kas bisnis salon ini, baik itu uang masuk ataupun uang keluar. Termasuk aset yang dimiliki dan nilai inventaris bisnis Kawan Kledo ini.

Buat Kawan Kledo yang belum ahli dalam melakukan pengelolaan keuangan, jangan khawatir karena ada cara mudah untuk mengelola keuangan ini yaitu dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, mulai dari pembuatan invoice, pencatatan aset tetap, membuat laporan, purchasing, dan pastinya mencatat inventaris yang dimiliki bisnis.

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips membangun salon kecantikan yang dapat Kawan Kledo ikuti. Jangan lupa untuk gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis salon ini.

Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan dalam pengelolaan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + ten =