6 Tips Memulai Usaha Sembako Agar Untung, Wajib Dicoba!

usaha sembako

Usaha sembako adalah bisnis yang bergerak cepat dan sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Tingginya permintaan produk memungkinkan pemilik untuk membuat keuntungan dalam waktu singkat.

Sangat penting untuk memilih lokasi toko sembako Anda dengan hati-hati karena produknya mudah rusak. Hari ini Anda akan tahu cara memulai toko kelontong di Kenya dengan mudah.

Untuk memiliki keunggulan atas pesaing Anda, Anda harus merencanakan dengan baik. Strategi pemasaran yang digunakan harus membawa calon pelanggan ke toko.

Tingkat retensi pelanggan akan menentukan kesuksesan Anda. Jika Anda berencana untuk menjual persediaan atau mempekerjakan penjaga toko, hubungan pelanggan adalah hal yang mendasar.

Baca terus untuk mengetahui cara memulai usaha sembako dengan mudah. Anda juga akan mengetahui faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai usaha sembako.

Keuntungan Membuka Usaha Sembako

usaha sembako

Ada berbagai alasan mengapa jenis bisnis ini merupakan usaha yang baik, dan kami mencantumkan beberapa di antaranya di bawah ini:

Bahan Makanan adalah Kebutuhan Semua Orang

Masyarakat membutuhkan bahan makanan dalam kehidupan sehari-hari, seperti makanan dan berbagai produk rumah tangga. Bisnis ini tidak musiman, sehingga Anda dapat mengharapkan untuk mendapatkan profit sepanjang tahun, terutama jika Anda memiliki lokasi yang sangat baik.

Pilih lokasi yang ramai untuk mendapatkan lebih banyak perhatian dan pengunjung. Lokasi toko juga harus mudah diakses, dan harus ada tempat parkir yang cukup untuk pelanggan. Jika tidak di depan toko kelontong, setidaknya di dekatnya sehingga mereka dapat dengan mudah berjalan ke toko Anda. 

Anda Dapat Membantu Pemasok Lokal

Bukan hanya bisnis Anda sendiri yang akan berkembang, tetapi pemasok tempat Anda akan mendapatkan produk Anda. Pertimbangkan untuk mendapatkannya dari pemasok lokal untuk menjaga ekonomi lokal tetap kuat.

Misalnya, jika ada petani di sekitar daerah yang menawarkan untuk memasok produk, Anda bisa bermitra dengan mereka, sehingga bisnis mereka akan terus berkembang.

Selain itu, mendapatkan barang Anda pemasok lokal memastikan bahwa mereka segar. Jika Anda membutuhkan lebih banyak produk, Anda dapat dengan cepat menghubungi mereka dan mendapatkan persediaan yang Anda butuhkan segera.

Belanja Sembako adalah Bagian dari Rutinitas Sehari-hari Masyarakat

Seperti disebutkan, sembako adalah kebutuhan, sehingga orang akan berkunjung untuk membeli apa yang mereka butuhkan. Belanja bahan makanan sudah menjadi bagian dari rutinitas mereka.

Bahkan ketika toko menjual berbagai produk secara online, terkadang masih lebih nyaman untuk pergi ke toko sembako untuk mendapatkan barang yang mereka butuhkan segera.

Mungkin perlu waktu untuk barang tiba jika mereka memesannya dari penjual dari lokasi lain. Juga, beberapa produk memerlukan penyimpanan lemari es terus menerus, sehingga pelanggan harus mendapatkannya dari toko sembako.

Fleksibel

Pelanggan mungkin memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan saat Anda mempelajarinya, Anda juga dapat mulai menawarkannya di toko usaha sembako Anda. Misalnya, jika pelanggan mencari produk organik, Anda dapat menambahkannya ke inventaris Anda.

Anda dapat dengan cepat menyesuaikan stok atau produk yang Anda jual berdasarkan seberapa laku mereka. Jika barang tidak laku dengan baik untuk waktu yang lama, Anda dapat menghentikan penjualannya. 

Stabil

Meskipun beberapa toko tutup, sebagian besar toko kelontong tetap beroperasi dan bahkan mengalami peningkatan penjualan selama pandemi. Ini menunjukkan stabilitas jenis bisnis ini. Jadi, selama Anda mengelolanya dengan benar, risiko gagalnya lebih kecil. 

Anda juga dapat mempertimbangkan pilihan pengiriman dan pemesanan serta pengambilan ke rumah untuk bahan makanan Anda agar lebih kompetitif. Banyak pemilik toko sekarang menawarkan opsi ini untuk kenyamanan pelanggan mereka. 

Baca juga: Tarif, Cara Hitung dan Cara Membayar Perpajakan UMKM

Tips Memulai Usaha Sembako

1. Membuat Rencana Bisnis

Langkah pertama untuk memulai usaha sembako adalah menulis rencana bisnis. Rencana ini seperti peta jalan menuju pembukaan toko Anda. Rencana bisnis yang baik perlu mencakup:

Modal awal

Tuliskan perkiraan modal yang Anda perlukan untuk menjalankan bisnis. Merencanakan anggaran akan membantu Anda mengembangkan perkiraan modal yang layak. Saat membayar biaya toko sembako seperti sewa dan izin, disarankan untuk tetap berpegang pada anggaran.

Sumber Modal

Anda dapat memulai bisnis dengan tabungan pribadi Anda. Sangat penting untuk memastikan Anda memeriksa saldo rekening bank Anda. Jika Anda kekurangan modal, Anda dapat mencari dana dari teman dan kerabat atau bisa juga mengajukan pinjaman ke koperasi, bank dan lembaga kredit lainnya.

Inventaris Usaha

Buat daftar persediaan yang Anda perlukan agar bisnis Anda berhasil. Anda dapat memeriksa produk yang dijual toko lain di sekitar Anda. Untuk menentukan persediaan apa saja yang akan Anda jual, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu apa saja barang yang menjadi kebutuhan dan palin banyak dicari oleh calon pelanggan Anda.

Kompetisi

Rencana bisnis harus menunjukkan cara bersaing dengan bisnis lain. Anda dapat memasukkan celah yang ada yang ingin Anda isi. Misalnya, jika sebagian besar toko bahan makanan di sekitar menjual semangka, belilah produk lain seperti pepaya.

Anda juga dapat menggunakan strategi penetapan harga untuk melawan persaingan pasar. Perhatikan bahwa dengan strategi penetapan harga, tidak berarti Anda harus melemahkan pesaing Anda karena ini akan mengakibatkan kerugian.

Anda dapat menggunakan strategi seperti harga penetrasi jika Anda memperkenalkan produk baru di pasar. Strategi ini memerlukan penawaran produk bahan makanan Anda dengan harga lebih rendah di tahap pasar awal mereka.

Strategi pemasaran

Saat menulis rencana bisnis, tunjukkan strategi untuk menjangkau pelanggan potensial. Pelanggan tidak mengetahui bisnis baru Anda dan produk bahan makanan yang Anda jual. Untuk membuat mereka membeli dari toko Anda, mereka perlu mengetahui keberadaan bisnis Anda.

Ada banyak strategi pemasaran di era digital ini. Namun, Anda harus memilih yang sesuai dengan bisnis Anda. Strategi pemasaran yang baik adalah yang:

  • Menargetkan pelanggan potensial Anda: Strategi pemasaran harus menargetkan pelanggan Anda dari tempat mereka berada. Untuk toko sembako Anda, Anda menargetkan sebagian besar remaja dan wanita. Dalam hal ini, targetkan tempat nongkrong perempuan dan remaja seperti di Instagram dan Facebook.
  • Inovatif: Anda memerlukan strategi yang menjelaskan kepada pelanggan Anda manfaat apa yang mereka dapatkan dengan menggunakan produk Anda. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan video, jelaskan seberapa produk Anda.
  • Strategis: Miliki rencana pemasaran bulanan yang menjelaskan apa yang ingin Anda capai dengan menggunakan taktik pemasaran tertentu. Rencana tersebut akan membantu Anda mengetahui di mana harus melakukan lebih banyak upaya pemasaran.

Anda dapat menggunakan strategi pemasaran seperti media sosial, spanduk, dan poster. Namun, ingatlah untuk menganalisis basis pasar Anda untuk mengetahui di mana pelanggan potensial Anda berada.

Baca juga: 10 Komponen Utama yang Harus Ada dalam Perencanaan Bisnis

2. Memberi Nama Bisnis

Membuat nama bisnis yang mudah diingat untuk toko sembako adalah salah satu langkah yang paling menantang dan penting. Usaha sembako bisa menjadi bisnis yang sangat kompetitif. Jika Anda memiliki nama yang mudah diingat dan menarik, calon pelanggan lebih mungkin untuk berkunjung dan kembali.

3. Memilih Lokasi Ideal untuk Toko Sembako Anda

Memilih lokasi bisnis yang ideal adalah langkah menuju kesuksesan. Lokasi harus memiliki arus pelanggan yang baik. Semakin banyak klien yang Anda dapatkan per hari berarti penjualan yang lebih tinggi.

Area dengan lalu lintas manusia yang tinggi lebih disukai. Area tersebut meliputi pasar, jalan raya atau jalan raya yang ramai, dan area dekat area pemukiman.

Saat memilih lokasi, penting untuk mengetahui produk yang dijual pesaing Anda, sewa kios, dan biaya izin usaha di wilayah tersebut.

Biasanya, harga sewa kios bisnis di pasar yang ramai atau di sepanjang jalan yang ramai relatif mahal. Sangat penting untuk memastikan Anda dapat membayar sewa dengan nyaman dan menghasilkan beberapa keuntungan.

Jika pesaing Anda sudah mapan, Anda mungkin memerlukan upaya ekstra dari pelanggan. Struktur penetapan harga pesaing Anda seharusnya memungkinkan Anda menghasilkan keuntungan. Anda tidak dapat menetapkan harga lebih tinggi dari pesaing Anda dan berharap mendapatkan pelanggan baru.

Anda perlu memeriksa persediaan bahan makanan yang banyak diminati. Anda dapat melakukan ini dengan berbicara kepada orang-orang di sekitar dengan mengajukan pertanyaan seperti:

  • Buah apa yang kamu suka?
  • Merk beras apa yang banyak dicari?
  • Berapa banyak buah yang Anda konsumsi setiap hari?

Setelah Anda mengetahui persediaan bahan makanan yang banyak diminati di daerah tersebut, carilah persediaannya. Anda harus tahu di mana Anda akan mendapatkan persediaan tersebut dengan harga yang wajar sehingga Anda bisa mendapat untung.

Baca juga: Pebisnis, Ketahui 9 Penyebab Produk Tidak Laku dan Cara Mencegahnya

4. Mengidentifikasi Pemasok yang Dapat Diandalkan

Biasanya, persediaan bahan makanan mudah rusak. Mendapatkan pemasok yang andal akan memastikan Anda menerima produk segar tepat waktu.

Pemasok yang baik dapat mengirimkan produk dalam waktu singkat. Ingat, cara terbaik untuk mempertahankan pelanggan dan mendapatkan pelanggan baru adalah dengan menjual produk yang mereka butuhkan.

Saat mencari pemasok, pastikan Anda berbicara tentang metode pembayaran. Ketahui apakah pemasok lebih menyukai pembayaran digital, bank, atau tunai. Dengan cara ini, Anda tidak akan menghadapi perselisihan di masa mendatang tentang pembayaran.

Pertimbangkan sarana transportasi persediaan bahan makanan ke toko Anda. Beberapa pemasok dapat menawarkan pengiriman gratis ke toko yang memesan persediaan dalam jumlah besar.

Jika Anda memilih produk sendiri, pikirkan untuk membawanya ke toko dalam kondisi yang baik. Beberapa persediaan seperti tomat memerlukan kemasan khusus untuk menghindari kerusakan.

Anda dapat memiliki beberapa pemasok tergantung pada produk yang Anda jual. Misalnya, Anda dapat memiliki pemasok wortel, pemasok kubis, dan pemasok kentang.

Saat Anda terlibat dengan mereka, ketahui kapasitas produksi mereka. Sangat penting untuk memilih pemasok yang dapat mengirimkan produk di semua musim.

Banyak toko sembako kecil bergantung pada pasar lokal untuk persediaan. Anda dapat memilih persediaan di pasar. Dengan demikian, bisnis bergantung pada banyak pemasok.

Toko sembako yang menjual produk organik tampaknya mulai marak di Indonesia. Sangat penting untuk mengetahui metode pertanian pemasok Anda. Terutama jenis pupuk yang digunakan untuk menanam sayuran dan buah.

Pastikan pemasok Anda adalah petani dan bukan calo untuk menjamin kualitas. Juga, Anda akan mendapatkan harga yang lebih baik untuk persediaan.

Baca juga: Apa itu Vendor dan Bagaimana Cara Memilih Vendor yang Baik?

5. Mengatur Tata Letak Barang Semenarik Mungkin

usaha sembako

Penempatan produk dan pengaturan rak merupakan hal yang penting bagi usaha sembako. Sebagian besar toko grosir memusatkan barang diskon di  rak pajangan, yang berbeda dalam bentuk dan gaya dari rak biasa.

Mereka juga membawa barang-barang khusus atau diskon dan biasanya diletakkan di titik fokus untuk menarik perhatian pelanggan. Titik fokus adalah area yang mudah terlihat dan dapat diakses.

Toko sembako mengubah tata letaknya  dari waktu ke waktu. Inilah sebabnya mengapa toko kelontong favorit Anda terkadang terlihat dan terasa asing.

Tata letak toko sembako Anda dapat menghasilkan peningkatan penjualan jika digunakan secara strategis. Jadi sangat penting untuk menaruh banyak pemikiran ke dalamnya. Tata letak mengontrol pergerakan pelanggan di sekitar toko Anda, sehingga mendorong perilaku pelangga.

Pelanggan yang melihat orang lain membeli barang tertentu mungkin akan terpengaruh untuk melakukan hal yang sama, sehingga meningkatkan penjualan.

Sebelum Anda memilih tata letak toko baru, pertimbangkan faktor-faktor berikut:

  • Gambar atau rancang peta toko Anda untuk mendapatkan ide visual tentang cara mengatur rak Anda.
  • Lakukan pengukuran ruangan untuk membantu Anda menentukan ukuran rak dan berapa banyak lorong yang Anda perlukan.
  • Pantau pergerakan dan perilaku pelanggan menggunakan kamera toko. Ini akan memberi tahu Anda bagian yang paling sering mereka kunjungi dan cara memutar rak.
  • Pertimbangkan letak meja kasir Anda. Untuk toko kelontong kecil, kasir Anda harus duduk di depan. Kasir di toko grosir besar seperti Walmart dapat duduk di bagian belakang toko.

5. Menjaga Kebersihan Toko

Pintu masuk atau rak yang berdebu dapat membuat pelanggan Anda membeli di toko Anda. Ini menunjukkan kepada mereka seberapa banyak upaya yang Anda lakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

Jadi pemeliharaan kebersihan toko sangat penting untuk membuat pelanggan merasa nyaman yang pada akhirnya bisa meningkatkan penjualan Anda.

6. Melakukan Pembukuan

Banner 3 kledo

Langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah melakukan pembukuan. Perlu Anda ketahui bahwa pembukuan sangat penting untuk segala jenis bisnis, termasuk usaha sembako.

Pembukuan ini akan mencatat segala jenis transaksi yang terjadi pada bisnis Anda. Informasi yang tersaji di pembukuan akan menunjukkan apakah bisnis Anda mengalami untung atau justru merugi.

Dan juga, pembukuan ini bisa Anda jadikan sebagai dasar untuk melakukan evaluasi atas kinerja bisnis. Sehingga Anda bisa mengetahui mana yang harus dipertahankan, diperbaiki, dan dihilangkan karena menghambat kemajuan bisnis.

Sayangnya, masih banyak para pelaku usaha sembako yang enggan melakukan pembukuan dan menganggap pembukuan sebagai aktivitas yang sulit dilakukan dan hanya membuang waktu saja.

Ini tentu tidak boleh dilakukan karena tanpa pembukuan, pemilik bisnis tidak akan bisa mengontrol aliran kas perusahaan. Aliran kas yang semrawut hanya akan menghambat kegiatan operasional bisnis. Bahkan, permasalahan aliran kas ini merupakan penyebab utama banyak bisnis terpaksa gulung tikar lebih awal.

Anda tentu tidak menginginkan hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, bukan? Untuk itu, software akuntansi Kledo hadir sebagai solusi untuk memudahkan para pelaku usaha melakukan pembukuan dan aktivitas pengelolaan keuangan lainnya.

Kledo merupakan software berbasis cloud sehingga data bisnis Anda akan tersimpan dengan aman. Dengan Kledo, Anda hanya perlu memasukkan data saja dan berbagai perhitungan akan dilakukan secara otomatisasi.

Selain itu, Kledo merupakan software terlengkap karena memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok, otomatisasi laporan keuangan, dan beragam fitur lainnya yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Baca juga: Tips Pembukuan Biaya bagi Bisnis UMKM, Mudah!

Kesimpulan

Bisnis usaha sembako membutuhkan ketekunan, kerja keras, dan kesabaran untuk berhasil. Ingatlah untuk menjaga kebersihan toko sembako Anda untuk bersaing dengan toko lain di daerah Anda.

Juga, pastikan Anda memiliki produk berkualitas yang diinginkan pelanggan. Ingat, pelanggan akan pindah ke pesaing Anda jika Anda tidak memiliki persediaan pilihan mereka.

Selain itu, jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan dan mengelola keuangan bisnis dengan tepat dan benar. Guna memudahkan pengelola keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi Kledo yang telah dipercaya lebih dari 20 ribu pelaku usaha dari seluruh penjuru Indonesia.

Jadi, tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − sixteen =