Pengertian Analisis Komparatif, Manfaat, dan Tips Melakukannya

analisis komparatif

Ketika perusahaan memutuskan untuk melakukan kampanye pemasaran atau memperluas bisnis mereka, analisis komparatif dapat memberikan informasi yang mempengaruhi keputusan penting.

Untuk membuat keputusan yang menguntungkan bisnis dan pelanggannya, analisis ini mengumpulkan berbagai kumpulan data untuk membuat perbandingan antara beberapa pilihan. Jika Anda atau bisnis Anda ingin memastikan bahwa Anda memiliki proses pengambilan keputusan yang efektif, mungkin bermanfaat untuk mempelajari analisis komparatif.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan analisis komparatif, menjelaskan pentingnya dan menawarkan tips untuk melakukan analisis komparatif yang efektif.

Apa itu Analisis Komparatif?

analisis komparatif

Analisis komparatif adalah proses membandingkan item satu sama lain dan membedakan persamaan dan perbedaannya. Ketika sebuah bisnis ingin menganalisis ide, masalah, teori, atau pertanyaan, melakukan analisis ini memungkinkannya untuk lebih memahami masalah dan membentuk strategi sebagai tanggapan.

Sebuah bisnis mungkin melakukan analisis jenis ini untuk menganalisis hal-hal dengan perbedaan yang jelas atau item dengan perbedaan dan kesamaan.

Bisnis perawatan kesehatan, misalnya, dapat melakukan analisis ini untuk membandingkan dan membedakan dua jenis obat yang berbeda. Bisnis lain mungkin melakukan perbandingan komparatif untuk memeriksa dua proses produksi yang berbeda untuk menentukan mana yang lebih efektif.

Biasanya, bisnis melakukan riset komparatif untuk menentukan:

  • Strategi pesaing tidak langsung dan langsung
  • Kesehatan keuangan bisnis, termasuk investasi dan margin keuntungannya
  • Strategi akuntansi, seperti anggaran
  • Bagaimana tren memengaruhi audiens target
  • Peluang yang muncul dalam teknologi, pemasaran, atau fungsi terkait

Baca juga: Crowdfunding Adalah: Berikut Pembahasan Lengkapnya

Mengapa Analisis Komparatif Penting?

Sangat penting untuk melakukan perbandingan komparatif untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang suatu masalah atau menjawab pertanyaan yang relevan.

Berikut adalah tujuan utama yang ingin dicapai perusahaan melalui perbandingan kumpulan data, dokumen, atau proses:

Menyediakan Kerangka Acuan untuk Data

Riset komparatif merinci bagaimana data atau proses dibandingkan satu sama lain dan menjelaskan bagaimana mereka berhubungan. Ini memberikan konteks untuk analisis sehingga perbedaan dan persamaan dalam hubungan antara kumpulan data menjadi jelas.

Misalnya, produsen mobil dapat membandingkan fitur keselamatan dari dua model atau lebih untuk menentukan pengaruhnya terhadap penjualan atau fitur mana yang perlu ditingkatkan.

Jenis analisis ini dapat memberikan data mendalam tentang setiap fitur dan menyediakan data historis untuk membuat perbandingan tentang kinerja setiap fitur.

Mempersempit Fokus

Analisis yang efektif juga membantu perusahaan mengembangkan alasan yang substansial dan bermakna untuk melakukan perbandingan. Data yang dikumpulkan perusahaan untuk melakukan penelitian komparatif yang mendukung klaim atau argumen tidak acak tetapi merupakan bukti yang diteliti secara menyeluruh.

Alasan untuk melakukan analisis mungkin untuk menyajikan argumen yang bertentangan dan memeriksa kedua belah pihak atau untuk membuktikan atau menyangkal argumen.

Misalnya, analisis produsen mobil mungkin membuktikan bahwa fitur keselamatan tertentu mendorong peningkatan penjualan mobil. Analisis menyediakan dan mengkonfirmasi data yang menyoroti bagaimana airbag samping adalah fitur yang lebih populer daripada kontrol traksi. Hal ini memungkinkan produsen untuk fokus meningkatkan dan mempromosikan fitur yang diinginkan pelanggan saat membeli mobil baru.

2 Cara Melakukan Analisis Komparatif

Ada dua cara untuk melakukan analisis komparatif yaitu komparatif internal dan eksternal yang dijelaskan sebagai berikut:

Perbandingan Internal

Perbandingan internal melibatkan dua unit bisnis atau departemen dalam organisasi yang sama. Misalnya, berapa banyak faktur yang dapat diproses oleh seseorang, yang bekerja di departemen keuangan perusahaan setiap hari (dan rata-rata) dibandingkan dengan orang yang dipekerjakan oleh kantor Inggris perusahaan yang sama.

Perbandingan Eksternal

Sebaliknya, tolok ukur eksternal berfokus pada kinerja luar perusahaan. Misalnya jumlah faktur yang dapat diproses rata-rata oleh satu perusahaan per hari, per orang, dibandingkan dengan standar perusahaan lain.

Baca juga: Inkaso Adalah Jenis Layanan Bank, Berikut Pembahasannya!

Perbedaan antara Analisis Komparatif dan Kompetitif

analisis komparatif

Perbedaan antara analisis komparatif dan kompetitif berkaitan dengan niat perusahaan di balik melakukan kedua studi tersebut. Misalnya, analisis komparatif mungkin memberikan perbandingan persaingan tidak langsung dan langsung untuk membentuk pandangan keseluruhan dari keseluruhan pasar.

Proses ini bergantung pada data kuantitatif untuk memberikan informasi umum dari populasi besar. Contoh riset komparatif meliputi:

  • Analisis pola: Mengidentifikasi pola perilaku atau tren untuk membuat prediksi atau menegakkan probabilitas
  • Pemfilteran data: Menganalisis data grup untuk mengidentifikasi dan mengekstrak subset data
  • Dasar pengambilan keputusan: Menganalisis keuntungan dan kerugian dari suatu keputusan melalui pengaruh dan risikonya

Analisis kompetitif menganalisis pesaing langsung tertentu untuk memberikan perbandingan berdampingan. Anda mungkin menggunakan penelitian kualitatif untuk mempersempit persamaan dan perbedaan antara perusahaan Anda dan pesaing. Analisis kompetitif menganalisis layanan, strategi pemasaran, atau reputasi pesaing langsung.

Misalnya, perusahaan dapat menggunakan analisis kompetitif untuk membandingkan dan mengidentifikasi struktur bisnis yang tepat untuk digunakan, seperti kepemilikan tunggal, perseroan terbatas atau korporasi.

Tips Sukses Melakukan Analisis Komparatif

Untuk melakukan analisis komparatif yang efektif, pertimbangkan tips berikut:

Lakukan Penelitian

Sangat penting untuk melakukan penelitian menyeluruh dalam persiapan untuk analisis komparatif. Melakukan penelitian tidak hanya memberikan bukti untuk mendukung temuan Anda, tetapi juga dapat menyajikan perspektif atau sudut pandang yang tidak dipertimbangkan sebelumnya. Penelitian juga dapat memberikan informasi tentang bagaimana pesaing dapat mendekati suatu masalah.

Membuat Daftar Persamaan dan Perbedaan

Saat membandingkan dua hal dalam analisis komparatif, pertimbangkan untuk membuat daftar persamaan dan perbedaan yang terperinci. Cobalah untuk menentukan bagaimana perubahan pada satu aspek dapat memengaruhi aspek lainnya, seperti bagaimana peningkatan jumlah hari libur karyawan berdampak pada penjualan, produksi, atau biaya.

Analisis komparatif juga dapat membantu Anda mengidentifikasi penyebab eksternal seperti kondisi ekonomi atau tantangan lingkungan.

Melakukan Perbandingan secara Komprehensif

Analisis komparatif mungkin berusaha mendukung satu argumen atau gagasan di atas yang lain, tetapi penting bagi analisis itu sendiri untuk merinci kedua sisi secara setara. Analisis menyajikan poin-poin kunci dari kedua belah pihak dan menguraikan klaim yang terkait dengan masing-masing.

Misalnya, analisis yang membandingkan keuntungan dan kerugian memulai program daur ulang dapat menganalisis manfaatnya, seperti tanggung jawab perusahaan, serta potensi dampak negatifnya, seperti biaya tinggi untuk diterapkan, untuk membuat keputusan yang praktis dan terinformasi, atau mengembangkan solusi alternatif.

Sertakan Variabel

Riset komparatif menyeluruh biasanya berisi lebih dari sekadar daftar keuntungan dan kerugian, karena sering kali mempertimbangkan variabel yang mempengaruhi kedua belah pihak.

Variabel mungkin terkait dengan faktor yang tidak dapat dikontrol, seperti bagaimana cuaca musim panas dapat memengaruhi kecepatan pengiriman, misalnya, serta variabel yang dapat dikontrol, seperti kapan harus bermitra dengan pengirim lokal.

Lakukan Analisis secara Teratur

Seperti halnya praktik bisnis lainnya, penting untuk melakukan analisis komparatif secara teratur. Pertimbangkan berbagai bidang dan faktor yang diperiksa oleh analisis komparatif:

  • Pesaing
  • Penjualan kinerja saham
  • Dividen dan pendapatan
  • Profitabilitas
  • Inventaris
  • Penelitian dan Pengembangan Posisi keuangan

Karena analisis komparatif dapat menguntungkan beberapa departemen dalam perusahaan, melakukan analisis secara berkala dapat memastikan bahwa Anda tetap diperbarui dan relevan dengan perubahan pasar.

Baca juga: Refinancing Adalah: Arti dan Tips untuk Melakukannya

Kelebihan dan Kekurangan Analisis Komparatif

Kelebihan

Analisis komparatif menekankan objektivitas fakta dan pendekatan berbasis data. Ini mendorong pemahaman mendalam tentang peluang yang berlaku untuk proses, departemen, atau unit bisnis tertentu. Melalui jenis analisis ini, kami juga memastikan bahwa Anda mengatasi akar penyebab kesenjangan kinerja yang sebenarnya.

Kelemahan

Di sisi lain, pendekatan komparatif seringkali membutuhkan investasi uang di muka untuk bekerja dengan pihak ketiga yang memberikan tolok ukur yang andal. Selain itu, seperti yang kami sebutkan, variabel harus sebanding.

Untuk alasan ini, Anda perlu memiliki proses tata kelola data yang matang untuk memastikan bahwa penjajaran antara departemen Anda dan perusahaan lain bermakna. Seperti inisiatif lainnya, Anda memerlukan dukungan tingkat senior untuk mengamankan mandat untuk perbandingan di seluruh entitas manajemen.

Meskipun demikian, organisasi yang matang dengan hati-hati menjajaki analisis komparatif sebagai bagian dari latihan yang lebih luas untuk membantu menciptakan kasus bisnis untuk perubahan dan roadmap untuk transformasi agar proses tersebut berdasar pada kebutuhan untuk mendorong tindakan dan membenarkan sumber daya yang diperlukan untuk membuat perubahan.

Analisis komparatif banyak digunakan karena membantu menyelaraskan harapan dan memperjelas tantangan organisasi di masa lalu dan saat ini. Teknik ini memberikan wawasan yang objektif dan berdasarkan fakta tentang kinerja dan peluang peningkatan.

Baca juga: Pengertian Enterprise Value, Manfaat, dan Cara Hitungnya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Itulah pembahasan mengenai analisis komparatif beserta manfaat dan tips sukses melakukannya. Dengan memahami apa itu analisis komparatif, diharapkan dapat membantu Anda sebagai pelaku bisnis untuk mengambil keputusan terbaik yang menguntungkan bisnis Anda.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pencatatan dan pembukuan keuangan bisnis dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis seperti Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi, faktur, dan manajamen inventory yang mudah digunakan bahkan bagi Anda yang masih awam dengan ilmu akuntansi. Software ini berbasis website dan mobile sehingga bisa Anda gunakan baik melalui laptop maupun handphone Anda.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memantau performa bisnis darimana saja dan kapan saja. Mulai dari 140 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo. Anda juga bisa mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen + 10 =