Neraca Komparatif: Definisi, Fungsi, Komponen, dan Contohnya

neraca komparatif

Laporan keuangan merupakan salah satu cara terbaik untuk menilai kesehatan keuangan suatu perusahaan. Namun, bagaimana jika Anda ingin membandingkan kinerja keuangan perusahaan Anda dari waktu ke waktu? Jawabannya adalah dengan menggunakan neraca komparatif.

Dalam artikel ini, kami akan membahas apa itu laporan neraca komparatif dan bagaimana cara menggunakannya untuk mengukur kinerja keuangan perusahaan Anda dari dua atau lebih periode waktu yang berbeda.

Baca terus untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode analisis laporan keuangan komparatif dan bagaimana Anda dapat mengoptimalkannya untuk meningkatkan kinerja keuangan perusahaan Anda.

Apa yang Dimaksud Neraca Komparatif?

gambar 1

Dilansir dari mybillbook, neraca komparatif adalah laporan keuangan yang membandingkan pendapatan bisnis, arus kas, keuntungan, dan metrik keuangan lainnya dari tahun-tahun sebelumnya dengan tahun berjalan.

Laporan neraca komparatif biasanya mencakup dua atau lebih periode keuangan yang berbeda, seperti dua tahun buku atau dua kuartal.

Laporan tersebut menunjukkan perubahan dalam posisi keuangan, kinerja operasional, dan arus kas perusahaan dari satu periode ke periode lainnya.

Secara umum, laporan keuangan yang biasanya dimasukkan dalam laporan keuangan komparatif adalah sebagai berikut :

  • Neraca dari dua atau lebih periode keuangan.
  • Laporan laba rugi dengan data dari beberapa periode akuntansi, dan
  • Laporan arus kas selama lebih dari satu periode akuntansi.

Baca juga: Pengertian Lengkap Laporan Neraca Keuangan dan Cara Membuatnya

Apa itu metode analisis laporan keuangan komparatif?

Metode analisis laporan keuangan komparatif adalah suatu teknik analisis yang digunakan untuk membandingkan kinerja keuangan suatu perusahaan pada dua atau lebih periode waktu yang berbeda.

Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi tren, perubahan, dan pola yang signifikan dalam kinerja keuangan perusahaan dari waktu ke waktu.

Baca juga: Balanced Scorecard: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Apa Saja Fungsi Neraca Komparatif?

Analis keuangan membuat neraca komparatif antara dua periode waktu atau lebih untuk memahami bagaimana bisnis berkembang dari waktu ke waktu.

Perubahan apa yang berhasil untuk bisnis? Ide apa yang tidak berhasil untuk bisnis, dan tindakan apa yang perlu diambil untuk memastikan pertumbuhan dan profitabilitas. 

Terkadang, analis keuangan juga membuat neraca komparatif antara dua perusahaan berbeda di sektor yang sama untuk memahami bagaimana kinerja pesaing, apa yang mereka lakukan secara berbeda, dan bagaimana hal itu memengaruhi keseluruhan neraca serta kinerja perusahaan mereka. 

Lebih lanjut, berikut ini merupakan fungsi pembuatan neraca komparatif:

Memudahkan melihat bagaimana kinerja perusahaan

Laporan keuangan komparatif memudahkan untuk melihat kinerja perusahaan dalam beberapa periode hanya dengan melihat satu dokumen saja.

Tanpa laporan komparatif, seseorang atau perusahaan perlu memeriksa kinerja dalam dua pernyataan yang membosankan dan tidak sistematis.

Memudahkan pengecekan perkembangan keuangan perusahaan

Laporan keuangan komparatif melaporkan pencapaian perusahaan selama dua periode akuntansi.

Sehingga memudahkan untuk mengecek apakah perusahaan mengalami kemajuan dari segi keuangan atau tidak. Pasalnya, sulit untuk membandingkan nilai dalam dua laporan keuangan, penyajian fakta dalam satu pernyataan cukup masuk akal.

Selain itu, karena laporan keuangan komparatif berisi data untuk dua atau lebih periode keuangan, analisis dasar dua perusahaan menjadi lebih mudah dengan melihat satu laporan saja.

Signifikansi keterbatasan data

Kualitas dasar lain dari neraca komparatif adalah bahwa laporan tersebut berisi data hanya dari kinerja dua atau tiga tahun buku berturut-turut.

Memiliki informasi untuk banyak periode akuntansi dapat membingungkan dan sulit untuk mendapatkan ide. Oleh karena itu, laporan keuangan komparatif dibuat dengan data untuk dua tahun lainnya.

Satu hal yang perlu diperhatikan di sini adalah sangat mungkin untuk membentuk laporan keuangan komparatif dengan data lima tahun atau lebih.

Akan tetapi karena tujuan entitas adalah untuk membandingkan data dari dua tahun berturut-turut dengan mudah, penyertaan data selama lebih dari dua tahun tidak dilakukan saat menyiapkan laporan keuangan komparatif.

Laporan keuangan komparatif dapat dianggap sebagai data keuangan dua tahun yang disajikan berdampingan dalam sebuah dokumen.

Meskipun hanya ada item khusus yang diberikan dalam dokumen, beberapa laporan analisis komparatif lanjutan juga dapat berisi nilai rasio keuangan.

Seperti yang sudah dijelaskan, hal ini membuat analisis pernyataan lebih mudah dipahami dan digunakan.

Alat untuk menentukan tren

Laporan keuangan komparatif adalah alat yang hebat untuk menentukan tren. Laporan ini juga dapat menunjukkan lonjakan abnormal pada nilai data yang berarti ada kesalahan pada data yang diberikan.

Dan juga, laporan keuangan komparatif dapat menunjukkan kesalahan dalam melaporkan informasi keuangan yang dapat berguna bagi investor untuk memeriksa apakah perusahaan telah berhati-hati dalam melaporkan data keuangan kepada mereka.

Memberikan perbandingan pengeluaran dengan pendapatan

Laporan keuangan komparatif juga memberikan perbandingan biaya dengan pendapatan yang dapat berguna untuk tujuan manajemen biaya.

Selain itu, karena laporan tersebut menawarkan wawasan tentang tren masa depan, laporan keuangan komparatif dapat membantu perusahaan mengelola biaya mereka dalam domain operasional dan keuangan yang berbeda.

Baca juga: Contoh Laporan Umur Piutang, Manfaat, dan Cara Membuatnya

Perbedaan Antara Neraca dan Neraca Komparatif 

Neraca adalah laporan keuangan yang melaporkan aset, kewajiban, dan ekuitas perusahaan dalam satu tahun keuangan.

Laporan neraca membantu memahami posisi bisnis saat ini, bagaimana bisnis telah dilakukan pada tahun finansial, dan posisi akhir dari aset dan liabilitas pada tahun finansial tersebut.

Di sisi lain, neraca komparatif berisi semua elemen neraca tetapi membandingkan neraca untuk dua periode atau lebih.

Laporan ini juga membandingkan neraca anak perusahaan dari perusahaan yang sama atau perusahaan dari industri yang sama. 

Cara Manggunakan Laporan Neraca Komparatif untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis

template akuntansi excel 2

Analisis laporan keuangan terdiri dari penerapan alat dan teknik analisis terhadap laporan keuangan dan data relevan lainnya untuk memperoleh informasi yang berguna.

Laporan neraca komparatif dapat membantu bisnis untuk mengevaluasi kinerja mereka dari waktu ke waktu, serta mengidentifikasi tren, kekuatan, dan kelemahan dalam bisnis mereka.

Berikut adalah beberapa cara untuk menggunakan laporan neraca komparatif untuk meningkatkan kinerja bisnis:

Identifikasi tren dan perubahan

Dengan membandingkan laporan keuangan dari beberapa periode, Anda dapat melihat tren dan perubahan dalam kinerja bisnis.

Misalnya, jika penjualan terus meningkat dari tahun ke tahun, hal ini dapat menunjukkan bahwa strategi pemasaran dan penjualan sedang efektif.

Di sisi lain, jika laba bersih menurun dari waktu ke waktu, ini dapat menjadi tanda untuk mengevaluasi strategi dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk memperbaiki kinerja.

Menganalisis rasio keuangan

Rasio keuangan dapat membantu Anda memahami kesehatan keuangan bisnis Anda.

Dengan membandingkan rasio keuangan dari beberapa periode, Anda dapat melihat tren dan perubahan dalam kinerja bisnis.

Anggap saja, jika rasio likuiditas menurun dari waktu ke waktu, ini dapat menjadi tanda bahwa bisnis Anda sedang mengalami kesulitan keuangan dan perlu mengambil tindakan untuk meningkatkan kas dan likuiditas.

Mengevaluasi efektivitas strategi

Selanjutnya Anda bisa melihat efektivitas strategi bisnis Anda lewat laporan keuangan komparaitf.

Sebagai contoh, jika Anda melihat bahwa biaya produksi telah meningkat dari waktu ke waktu, Anda mungkin perlu mengevaluasi strategi pengadaan bahan baku atau mencari cara untuk meningkatkan efisiensi produksi.

Memahami keterkaitan antara kinerja operasional dan keuangan

Terakhir, membuat neraca komparatif membantu Anda mengetahui bagaimana kinerja operasional bisnis Anda berdampak pada kinerja keuangan.

Misalnya, penjualan perusahaan telah meningkat tetapi laba bersih tidak meningkat secara proporsional. Anda mungkin perlu mengevaluasi biaya operasional untuk melihat di mana penghematan bisa dilakukan.

Baca juga: Pengertian dan Cara Menghitung Rasio DSCR dalam Bisnis

Komponen Neraca Komparatif 

Neraca komparatif terdiri dari aset, kewajiban, dan ekuitas bisnis, seperti halnya neraca pada umumnya. Pembedanya, neraca ini terdiri dari 2 atau lebih laporan untuk diperbandingkan.

Aktiva Liabilitas dan Ekuitas 
Aset Lancar :  Akun Kas, Piutang, PersediaanKewajiban Lancar : Akun, Beban Akrual Hutang 
Aset Jangka Panjang : Aset Tetap, Investasi Jangka Panjang Kewajiban Jangka Panjang : Hutang jangka panjang, Hutang jangka panjang lainnya 
Ekuitas : Saham Biasa, Laba Ditahan
Banner 3 kledo

Baca juga: 3 Komponen Neraca Beserta Contohnya dalam Akuntansi

Bagaimana Cara Membuat Laporan Neraca Komparatif?

Berikut adalah cara membuat laporan neraca komparatif:

  1. Tentukan periode yang akan dibandingkan, misalnya periode bulan, kuartal atau tahun.
  2. Kumpulkan data keuangan untuk setiap periode yang akan dibandingkan, seperti neraca, laporan laba rugi, dan laporan arus kas.
  3. Analisis data keuangan untuk setiap periode, termasuk menghitung rasio keuangan seperti rasio likuiditas, rasio profitabilitas, dan rasio aktivitas. Hal ini akan membantu Anda memahami perubahan dalam kinerja keuangan perusahaan dari waktu ke waktu.
  4. Buat laporan keuangan komparatif dengan menggunakan tabel atau grafik yang membandingkan data keuangan dari setiap periode. Gunakan format yang mudah dibaca dan dipahami, seperti tabel atau grafik garis.
  5. Jelaskan perubahan dalam kondisi keuangan perusahaan dari waktu ke waktu. Faktor apa yang mempengaruhi perubahan tersebut, seperti perubahan dalam kondisi ekonomi atau kebijakan perusahaan.
  6. Berikan kesimpulan dan rekomendasi berdasarkan analisis laporan keuangan komparatif tersebut.
  7. Jangan lupa untuk menyertakan catatan keuangan yang relevan, seperti catatan atas laporan keuangan dan catatan pengungkapan tambahan.

Contoh Neraca Komparatif

Neraca komparatif memiliki berbagai angka, rasio, dan informasi keuangan lainnya.

Membaca neraca komparatif saja tidak cukup, pengguna laporan perlu memahami dan menganalisis informasi untuk membuat keputusan yang lebih baik. Biasanya ada satu set format neraca komparatif yang diikuti secara umum. 

Contoh neraca komparatif yang umum digunakan terlihat seperti ini:

Tabel Neraca Komparatif

PT. ABC

Pada tahun 2021 dan 2022

Keterangan20222021Perubahan nilai absolutPerubahan dalam persentase
Ekuitas dan kewajiban 
Ekuitas pemegang saham 100.000.000100.000.0000%
Cadangan dan surplus25.000.00020.000.0005.000.00025%
Beban 30.000.00020.000.000-10.000.00050%
Total155.000.000140.000.000-5.000.000
Aset
Aset Tetap 100.000.00090.000.00010.000.00010%
Kas dan Bank55.000.00050.000.0005.000.00010%
Total 155.000.000140.000.000-5.000.000

Dari tabel di atas, dapat dilihat bahwa total aset perusahaan meningkat dari tahun 2021 ke tahun 2022, yaitu dari Rp 140.000.000 menjadi Rp 155.000.000.

Peningkatan ini terutama disebabkan oleh peningkatan aset tetap dari Rp 90.000.000 menjadi Rp 100.000.000 serta kenaikan kas dari Rp. 50.000.000 menjadi Rp. 55.000.000.

Sementara itu, tidak ada perubahan nilai ekuitas pemegang saham, yakni tetap sama sebesar Rp. 100.000.000. Namun, ada kenaikan nilai cadangan dan beban, masing-masing sebesar Rp. 5.000.000 dan Rp. 10.000.000.

Akibatnya,nilai kewajiban dan ekuitas perusahaan meningkat dari tahun 2021 ke tahun 2022, yaitu dari Rp 140.000.000 menjadi Rp 155.000.000.

Peningkatan ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki posisi keuangan yang lebih sehat pada tahun 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Baca juga: Perbedaan Debitur dan Kreditur dalam Akuntansi

Keuntungan dan Kerugian Neraca Komparatif

Keuntungan Kekurangan
Perbandingan: Cara terbaik untuk menganalisis kinerja bisnis adalah dengan melihat seberapa baik kinerjanya dibandingkan periode sebelumnya. Neraca komparatif dapat menunjukkan hal ini. Pemahaman: Untuk memahami neraca komparatif, seseorang perlu memiliki pemahaman yang wajar tentang laporan keuangan dan analisis bisnis. 
Analisis Tren: Analisis ini menunjukkan tren perusahaan selama periode waktu karena mengumpulkan data beberapa tahun.Keseragaman: Tidak setiap perusahaan secara umum menggunakan metode akuntansi yang sama, sehingga tidak mungkin membandingkan perusahaan jika mereka menggunakan prinsip akuntansi yang berbeda. 
Kinerja perusahaan: Laporan ini membantu membandingkan kinerja perusahaan dengan industri dan perusahaan individual lainnya di sektor yang sama. 

Baca juga: Contoh Laporan Pengeluaran dan Pemasukan, Download Di Sini!

Kesimpulan

Neraca komparatif dibuat untuk memahami situasi bisnis, membuat keputusan tentang masa depan, dan memahami bagaimana kinerja bisnis dibandingkan dengan perusahaan lainnya. 

Membuat neraca komparatif akan sangat bermanfaat bagi Anda dan bisnis Anda. Laporan ini membantu bisnis Anda tumbuh dan memastikan Anda selalu mengikuti tren yang terjadi.

Nah, kabar baiknya, kini Anda tak perlu lagi membuat laporan neraca secara manual karena Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi online berbasis cloud yang sudah digunakan lebih dari 50 ribu pengguna. Software ini dirancang sedemikian rupa agar bisa Anda gunakan dari mana saja dan kapan saja Anda butuhkan.

Kledo bisa diakses baik lewat laptop, tablet, maupun smartphone Anda. Berbagai fiturnya mudah digunakan dan sangat lengkap. Jadi, Anda bisa menyelesaikan banyak tugas akuntansi dan keuangan cukup dengan 1 aplikasi saja.

Jadi, tunggu apalagi nih? Yuk, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini. Jika ingin memperoleh informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubung tim CS Kledo yang selalu siap membantu Anda 🙂

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + 14 =