15 Strategi Internet Marketing Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

internet marketing

Internet menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Ada banyak sekali kegiatan yang bisa menjadi mudah menggunakan internet ini salah satunya dalam hal pemasaran atau disebut dengan internet marketing.

Internet marketing ini banyak dipilih karena dapat menjangkau pasar yang lebih luas dibandingkan pemasaran tradisional dan pastinya lebih efektif. Lalu bagaimana caranya melakukan pasaran di internet ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara melakukan pemasaran di internet, yuk simak penjelasan artikel ini hingga selesai. Karena di sini akan dijelaskan secara lengkap semua terkait internet marketing, termasuk strategi internet marketing.

Pengertian Internet Marketing

internet marketing

Internet marketing atau pemasaran internet merupakan salah satu jenis pemasaran yang menggunakan bantuan internet untuk mempromosikan dan menjual produk. Pemasaran internet ini menggunakan berbagai jenis media, mulai dari media sosial, website, marketplace, dan lainnya.

Selain dikenal dengan internet marketing, pemasaran jenis ini juga banyak dikenal sebagai online marketing karena semua kegiatan pemasaran ini dilakukan secara online.

Baca Juga: Ingin Membangun Bisnis Online? Yuk Cek 20 Rekomendasi Ini

Tujuan Internet Marketing

Pemasaran di internet memiliki beberapa tujuan, apa saja? Berikut penjelasannya:

1. Menarik Konsumen

Tujuan pertama dari pemasaran di internet adalah untuk menarik lebih banyak konsumen. Konsumen yang dimaksud di sini adalah konsumen baru yang sebelumnya belum pernah membeli produk Kawan Kledo.

Menarik konsumen baru dapat dilakukan dengan lebih mudah dengan bantuan internet karena saat ini internet menjadi media utama ketika seseorang ingin membeli sesuatu. Bisa dikatakan pemasaran di internet ini menjadi cara paling tepat karena Kawan Kledo dapat membidik langsung target konsumen yang dituju.

2. Menjalin Hubungan dengan Pelanggan

Selain dapat digunakan untuk mendapatkan konsumen baru, pemasaran di internet juga dapat Kawan Kledo lakukan untuk tetap menjadi hubungan dengan pelanggan lama. Ini dapat dilakukan dengan cara melakukan email marketing dimana Kawan Kledo memberikan informasi terkait produk baru.

Selain melalui email marketing, Kawan Kledo juga bisa mengajak pelanggan berinteraksi melalui media sosial yang dimiliki oleh bisnis Kawan Kledo.

15 Strategi Internet Marketing Terbaik

internet marketing

Setelah mengetahui tujuan dari internet marketing, berikut 15 strategi pemasaran di internet yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk meningkatkan penjualan:

1. Membuat Website

Strategi internet marketing pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan membuat website. Buat Kawan Kledo yang biasanya menganggap pemasaran di internet berhubungan dengan media sosial sebenarnya tidak salah, namun hal utama yang wajib ada dalam pemasaran di internet adalah website.

Hal ini dikarena konsumen lebih percaya terhadap bisnis yang memiliki website dibandingkan bisnis yang tidak memiliki webite. Website dalam bisnis online diibaratkan sebagai rumah, dimana Kawan Kledo dapat mempromosikan bisnis sekaligus memberikan tempat untuk berbelanja.

Buatlah website yang berisi informasi selengkap mungkin, mulai dari pengenalan bisnis, produk, fitur-fitur yang dimiliki, harga, kontak, hingga review. Semakin lengkap website yang Kawan Kledo miliki maka konsumen akan semakin percaya dengan bisnis Kawan Kledo.

2. Membuat Blog

Selain website, Kawan Kledo juga perlu menambahkan blog kedalam pemasaran online. Blog fungsinya untuk menaikan trafik website Kawan Kledo.

Buatlah blog yang berisi artikel-artikel yang tidak hanya informatif namun juga edukatif yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen. Di bagian akhir artikel, Kawan Kledo bisa menyisipkan promosi produk atau bisnis Kawan Kledo.

3. Optimasi dengan SEO

SEO atau optimisasi mesin pencari adalah proses menyesuaikan situs web Kawan Kledo untuk meningkatkan peringkat di hasil pencarian. SEO terdiri dari faktor on-page (konten, struktur, dan keramahan pengguna) dan faktor off-page (tautan dari situs lain, pembagian sosial, otoritas).

Strategi SEO melibatkan penyesuaian elemen tertentu di situs web sehingga memenuhi persyaratan atau algoritma Google sehingga dapat menyajikan pengalaman keseluruhan terbaik bagi pengunjung.

Dengan optimasi SEO ini, website atau blog Kawan Kledo semakin mudah ditemukan oleh pengguna internet sehingga promosi produk akan menjadi lebih mudah. Untuk informasi lebih lanjut terkait SEO ini, Kawan Kledo bisa membacanya di artikel yang ada di link ini.

4. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing atau SEM adalah proses menggunakan pencarian berbayar (iklan Pay Per Click) untuk mendapatkan trafik situs web. Di masa lalu, SEM digunakan sebagai istilah umum yang mencakup SEO dan pencarian berbayar.

Namun seiring berjalannya waktu, ketika industri pemasaran digital berkembang, istilah SEM berhenti digunakan untuk kedua jenis strategi pemasaran internet, dan biasanya merujuk secara eksklusif ke aktivitas pencarian berbayar.

5. Buat Content Marketing

Moz mendefinisikan pemasaran konten sebagai pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan berharga untuk berkomunikasi dengan pelanggan dan mencapai tujuan pemasaran. Strategi pemasaran konten berfokus pada komunikasi dengan pelanggan.

Dibandingkan menjual, content marketing lebih fokus untuk menyediakan konten yang edukatif, menghibur, atau memberikan nilai kepada pelanggan secara konsisten untuk menarik dan mempertahankan audiens tertentu yang diinginkan.

Konten mencakup hampir semua format informasi yang disebarluaskan secara online seperti blog, video, podcast, infogram, posting media sosial, dan banyak lagi. Konten berkualitas tinggi berperan dalam semua jenis strategi pemasaran online, termasuk SEO, pemasaran media sosial, pemasaran email, dll.

6. Social Media Marketing

Social media marketing adalah penggunaan platform media sosial dan situs web untuk mempromosikan bisnis dan terhubung dengan pelanggan. Pemasaran media sosial tidak serta merta mendorong penjualan.

Sebaliknya, ini sering digunakan untuk meningkatkan keterlibatan, membangun link dan membawa konten ke perhatian pelanggan, dan menciptakan “citra merek” yang khas atau untuk tujuan branding.

7. Email Marketing

Email marketing adalah salah satu jenis strategi pemasaran digital yang paling hemat biaya. Email sering disebut sebagai “pengganti yang lebih efektif” untuk pemasaran surat langsung, karena Kawan Kledo dapat langsung menjangkau jaringan pelanggan yang luas.

Pemasaran email dapat ditargetkan secara khusus menggunakan demografi dan informasi lainnya untuk mengelompokkan daftar dan mencapai hasil terbaik.

8. Kerjasama dengan Influencer

Pemasaran influencer adalah salah satu jenis strategi pemasaran internet terbaru namun sudah sangat terkenal dan banyak digunakan oleh pelaku bisnis. Influencer (individu dengan pengikut sosial yang kuat) dibayar untuk mempromosikan produk atau layanan perusahaan Kawan Kledo.

Ketika Kawan Kledo menemukan influencer yang sejalan dengan nilai-nilai perusahaan Kawan Kledo dan memiliki kedekatan dengan target pelanggan, strategi pemasaran ini bisa sangat efektif untuk meningkatkan penjualan.

9. Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi atau affiliate marketing adalah proses mendapatkan komisi dengan mempromosikan atau mengiklankan produk atau layanan perusahaan lain. Pemasaran afiliasi sering kali terdiri dari mempromosikan produk melalui blog atau video, atau menampilkan iklan di situs web.

Dari afiliasti ini Kawan Kledo akan menerima pembayaran untuk setiap penjualan yang dilakukan melalui tautan. Pemasaran afiliasi ini bisa menjadi salah satu pilihan buat Kawan Kledo yang ingin meningkatkan penjualan.

Kawan Kledo tidak perlu berpromosi atau membayar iklan, Kawan Kledo cukup membayar mereka yang memasang afiliasi dan pelanggan akan datang atas bantuan mereka.

10. Pemasaran Reputasi

Pemasaran reputasi terdiri dari penggunaan siaran pers, media sosial, dan platform ulasan pelanggan untuk mengembangkan persepsi positif terhadap perusahaan. Referensi dan ulasan online menjadi semakin penting di industri tertentu seperti industri perjalanan.

Pemasaran reputasi melibatkan pengembangan merek yang khas, mendorong pelanggan untuk memposting ulasan, dan merespons dengan cepat ketika terjadi masalah yang dialami pelanggan.

11. Guest Blogging

Guest blogging bisa menjadi salah satu cara bagi Kawan Kledo yang ingin meningkatkan trafik website Kawan Kledo. Guest blogging adalah aktivitas yang dilakukan seseorang untuk menulis di website atau blog milik orang lain.

Guest blogging dapat meningaktkan trafik karena dari sini Kawan Kledo akan mendapatkan backlink dari pemilik website. Perhatikan Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA) yang dimiliki blog tersebut karena akan memengaruhi kenaikan website Kawan Kledo.

Semakin tinggi DA dan PA suatu blog, maka akan semakin meningkatkan angka website Kawan Kledo.

12. Manfaatkan Google Bisnisku

Google Bisnisku menjadi salah satu bagian pemasaran internet yang wajib Kawan Kledo gunakan. Google Bisnisku akan memudahkan bisnis Kawan Kledo ditemukan di mesin pencarian Google.

Di Google Bisnisku ini, dapat menambahkan beberapa informasi terkait perusahaan atau bisnis Kawan Kledo, seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, email, website, jam operasional, foto, hingga ulasan dari pelanggan.

Dengan mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku secara otomatis alamat bisnis Kawan Kledo akan terdaftar di Google Map. Dengan begitu pelanggan yang ingin mencari lokasi bisnis Kawan Kledo dapat dengan mudah menemukannya.

13. Jualan di Marketplace

Marketplace bisa menjadi salah satu pilihan bagi Kawan Kledo yang ingin memasarkan produk Kawan Kledo secara online. Saat ini ada banyak rekomendasi marketplace yang dapat Kawan Kledo pilih, mulai dari Shopee, Lazada, Tokopedia, Blibli, Bukalapak, hingga JDID.

14. WhatsApp Marketing

WhatsApp saat ini banyak digunakan untuk komunikasi sehari-hari. Selain untuk komunikasi, Kawan Kledo juga bisa menggunakan WhatsApp ini sebagai media untuk pemasaran produk.

Kawan Kledo bisa mempromosikan produk Kawan Kledo melalui WhatsApp Story ataupun melalui fitur siaran yang ada di WhatsApp. Mempromosikan produk di WA Story sama seperti halnya promosi di Instagram Story namun bedanya WhatApp hanya orang-orang tertentu yang saling menyimpan nomor telepon.

15. Mobile Marketing

Mobile marketing merupakan salah satu jenis pemasaran dimana disesuaikan dengan target audiens yang menggunakan perangkat mobile seperti smartphone atau tablet untuk mengakses internet. Karena dituju untuk pengguna smartphone, maka tampilan mobile marketing harus disesuaikan dengan smartphone.

Bagi Kawan Kledo yang menggunakan website atau blog, Kawan Kledo dapat mengatur tampilan yang ramah pengguna mobile. Buatlah artikel yang tidak terlalu panjang setiap paragraf agar lebih menarik dan eye catching.

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai strategi internet marketing yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk meningkatkan penjualan bisnis. Jangan lupa juga untuk selalu mengelola keuangan bisnis dengan baik agar bisnis bisa memperolah keuntungan yang maksimal.

Gunakan software akuntansi Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan.

Dengan Kledo Kawan Kledo dapat mengelola keuangan bisnis tanpa ribet dan dengan basis cloud yang dimiliki Kledo, Kawan Kledo bisa mengelola keuangan bisnis dari mana saja dan kapan saja. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahannya.

Banner 2 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen + fifteen =