Buyback Saham Artinya? Berikut Pembahasan Lengkapnya

buyback saham

Sudah tahu belum artinya buyback dalam pasar modal saham? Bagaimana cara kerjanya?

Buyback umumnya merupakan metode untuk memberi penghargaan kepada pemegang saham karena telah berinvestasi di perusahaan dalam waktu yang lama.

Meskipun ada beberapa alasan untuk pembelian kembali saham, keuntungan modal yang cepat (dengan asumsi harga pembelian kembali lebih tinggi dari harga pasar) adalah beberapa keuntungan utama pembelian kembali bagi investor ritel.

Artikel ini berfokus pada apa artinya buyback dan apa alasan utama untuk melakukan buyback saham.

Buyback Saham Artinya

Buyback saham artinya proses pembelian kembali saham ekuitas oleh perusahaan dari pemegang sahamnya. Ini adalah acara aksi korporasi di mana perusahaan membuat pernyataan publik untuk tawaran pembelian kembali untuk mengakuisisi saham pemegang saham yang ada dalam jangka waktu tertentu. Buyback saham disebut juga sebagai pembelian kembali saham.

Transaksi ini melibatkan dua: 1) Perusahaan dan 2) Pemegang Saham. Perusahaan membeli kembali saham dari pemegang saham yang tertarik dengan menawarkan mereka uang tunai.

Baca juga: Kenali Apa Itu Nilai Intrinsik Saham Sebelum Memulai Investasi

Alasan Buyback Saham

buyback saham

Buyback umumnya dilakukan dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar saham. Ada banyak alasan perusahaan dapat memilih untuk membeli kembali saham. Berikut detail alasan pembelian kembali saham tersebut.

Saham Undervalued

Ini adalah salah satu alasan terpenting untuk pembelian kembali saham. Ketika manajemen perusahaan merasa sahamnya undervalued, mereka mengadopsi metode pembelian kembali untuk memperbaiki harga saham.

Pembelian kembali umumnya dilakukan dengan harga yang lebih tinggi dari harga pasar. Jumlah total saham di pasar berkurang setelah pembelian kembali sehingga menyebabkan kenaikan harga.

Kelebihan Kas dan Tidak Banyak Peluang Berhadiah

Jika tidak ada cukup proyek untuk diinvestasikan, atau ada kelebihan kas, perusahaan dapat melakukan pembelian kembali saham. Di satu sisi, perusahaan memberi penghargaan kepada pemegang sahamnya. 

Pajak Efektif

Dividen dikenakan pajak di tingkat perusahaan dan investor. Sedangkan dalam pembelian kembali, hanya perusahaan yang perlu membayar pajak, pajak capital gain bagi investor dari pembelian kembali dibebaskan. Karena alasan ini, pembelian kembali saham dianggap sebagai cara paling efektif untuk memberi penghargaan kepada pemegang saham.

Konsolidasi Perusahann

Lebih banyak pemegang saham mengakibatkan perbedaan pendapat dan konflik voting saham yang menunda pengambilan keputusan dengan suara bulat untuk perusahaan.

Peningkatan kepemilikan promotor akan menghasilkan manajemen yang lebih kuat dan menyelesaikan masalah ini. Selain itu, kepemilikan promotor yang lebih tinggi akan melindungi perusahaan dari kemungkinan pengambilalihan yang tidak bersahabat.

Mengubah Struktur Modal

Struktur modal perusahaan diwakili oleh rasio utang-ekuitasnya. Setiap industri memiliki struktur permodalan yang berbeda, di mana beberapa perusahaan tidak dapat menggunakan lebih banyak hutang untuk menjalankan bisnisnya, sementara beberapa perusahaan harus mengandalkan sebagian besar pada hutang untuk bisnis mereka.

Dengan demikian, sesuai kebutuhan perusahaan, perusahaan dapat memilih untuk membeli kembali untuk mencapai struktur modal yang optimal.

Mengembalikan Kas kepada Pemegang Saham

Secara historis, kita telah melihat banyak perusahaan berkembang ke bidang yang tidak terkait hanya karena mereka kaya dengan uang tunai.

Solusi yang lebih baik adalah mengembalikan uang tunai kepada pemegang saham dan membiarkan mereka memilih apa yang harus dilakukan dengan dana tambahan tersebut.

Sikap Promotor untuk Buyback

Sering kali promotor bisa memaksa untuk melakukan pembelian kembali. Ini bisa karena alasan pertumbuhan atau agenda pribadi juga. Ketika promotor terlibat dalam banyak bisnis, mereka mungkin mencari untuk mendanai pertumbuhan beberapa organisasi lain.

Dalam kasus seperti itu, rute menjual saham mereka dalam pembelian kembali dengan harga lebih tinggi dari harga pasar terkadang juga lebih disukai.

Baca juga: Pengertian Lengkap Pendapatan Bunga dan Cara Menjurnalnya

Efek Buyback terhadap Harga Saham

Buyback saham artinya harga sisa saham yang beredar meningkat. Ini adalah ekonomi penawaran dan permintaan sederhana: ada lebih sedikit saham yang beredar, tetapi nilai perusahaan tidak berubah, oleh karena itu setiap saham bernilai lebih, sehingga harganya naik.

Contoh

Perusahaan XYZ memiliki 1.000.000 lembar saham beredar. Harga perdagangan saham saat ini adalah Rp. 1.000 per saham, memberikan Perusahaan XYZ kapitalisasi pasar sebesar Rp. 10 milyar.

Perusahaan ini dibanjiri kas, sehingga dewan direksi memutuskan untuk membeli kembali 200.000 lembar sahamnya. Sekarang ada 800.000 lembar saham yang beredar, tetapi perusahaan itu masih ‘bernilai’ Rp. 10 M. jadi saham tersebut sekarang harus diperdagangkan pada Rp. 1.250 masing-masing.

Dampak dari pembelian kembali saham ini adalah perusahaan telah mengurangi jumlah saham yang beredar, dan juga meningkatkan nilai saham tersebut. Karena pemegang saham mencari investasi mereka untuk meningkatkan nilai, ini adalah keuntungan bagi pemegang saham.

Tentu saja, harga saham apa pun didorong oleh penawaran dan permintaan pasar. Ketika ada lebih sedikit saham yang tersedia, seharusnya ada lebih banyak permintaan, dan harga akan naik. Jika pembelian kembali dianggap oleh pasar sebagai langkah yang baik dari pihak perusahaan, harga bisa naik lebih dari yang ditunjukkan oleh pengurangan saham yang beredar.

Di sisi lain, jika pembelian kembali tampaknya tidak menjadi kepentingan terbaik perusahaan, saham dapat meningkat lebih kecil dari yang ditunjukkan oleh pengurangan saham, atau bahkan dapat menurun dalam jangka pendek.

Tujuan Pembelian Kembali Saham Sendiri

Pembelian kembali Saham Bersifat Ekuitas dapat dilakukan, dengan tujuan sebagai berikut:

  • Laba per Saham yang Lebih Tinggi untuk pemegang saham yang tersisa
  • Pengurangan Kelebihan Modal Saham
  • Peningkatan Nilai Intrinsik Saham
  • Pemanfaatan Surplus dana menganggur yang ada di perusahaan
  • Meningkatkan kepemilikan saham promotor
  • Restrukturisasi keuangan bisnis
  • Mempertahankan nilai pasar Saham dalam situasi perlambatan ekonomi.
Banner 2 kledo

Ketentuan Buyback Saham

Perusahaan harus mengikuti beberapa kondisi pembelian kembali saham dan kebijakan pembelian kembali sebagaimana dinyatakan oleh undang-undang perusahaan dan Bursa Efek Indonesia (BEI).

Kondisi umum ini juga merupakan fitur yang menonjol dari pembelian kembali. Total 10 syarat pembelian kembali saham yang ditetapkan oleh BEI. Berikut adalah daftar beberapa syarat umum pembelian kembali saham bagi emiten seperti yang dikemukakan oleh BEI.

  1. Untuk perusahaan, tidak ada frekuensi yang ditentukan untuk melakukan pembelian kembali, tetapi jarak minimum satu tahun adalah wajib antara tanggal berakhirnya satu pembelian kembali dan pembelian kembali berikutnya.
  2. Perusahaan tidak boleh membeli kembali sahamnya atau surat berharga tertentu lainnya sehingga sahamnya atau surat berharga tertentu lainnya dihapus dari bursa.
  3. Batas maksimum setiap pembelian kembali adalah dua puluh lima persen atau kurang dari keseluruhan modal disetor dan cadangan bebas perusahaan.
  4. Sebuah perusahaan dapat membeli kembali saham ekuitas dari pasar dengan salah satu dari tiga metode pembelian kembali.

Baca juga: Benefit Cost Ratio (BCR): Pengertian, Cara Hitung, dan Contohnya

Manfaat Buyback Saham

buyback saham

Keuntungan dari pembelian kembali tidak hanya terbatas pada pemegang saham, tetapi juga secara signifikan bermanfaat bagi perusahaan.

  1. Dari sudut pandang perusahaan, pembelian kembali meningkatkan harga saham, meningkatkan rasio keuangan utama seperti EPS, RoE, dan RoA, dan berfungsi sebagai pemeriksa kesehatan bagi perusahaan.
  2. Pembelian kembali memberikan kesempatan bagi pemegang saham untuk keluar dengan harga lebih tinggi dari pasar. Dengan berkurangnya jumlah saham, EPS akan meningkat.
  3. Pajak capital gain yang dihasilkan dari pembelian kembali dibebaskan dari pajak, yang juga merupakan alat motivasi bagi pemegang saham untuk berpartisipasi dalam pembelian kembali. Ini membantu perusahaan memanfaatkan uang tunai yang tidak terpakai dan merupakan cara yang efisien pajak untuk memberi penghargaan kepada pemegang sahamnya.

Kerugian Pembelian Kembali Saham

Kesalahan Penilaian dalam Penilaian

Meskipun manajemen memiliki akses yang lebih baik ke informasi tentang perusahaan, ada kemungkinan mereka juga dapat membuat kesalahan dalam menilai perusahaan.

Jika pembelian kembali dilakukan untuk mendukung undervaluation, tetapi perusahaan melebih-lebihkan prospek masa depan, kesalahan ini akan membuat seluruh proses pembelian kembali menjadi sia-sia.

Gambaran yang Tidak Realistis melalui Rasio

Pembelian kembali saham meningkatkan beberapa rasio seperti EPS, ROA, ROE, dll. Peningkatan rasio ini bukan karena peningkatan profitabilitas tetapi karena penurunan saham beredar.

Ini bukan pertumbuhan organik dalam laba. Dengan demikian, buyback artinya akan menunjukkan gambaran optimistis yang jauh dari realitas ekonomi perusahaan.

Pencatatan Akuntansi Buyback Saham

Untuk Penerbitan Saham Preferensi/Debentures/Efek Tertentu lainnya:

Entri Jurnal

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
Kas Dr
Modal Saham Cr
Debentures Cr

Saham Tertentu

Untuk Jumlah yang Dibayarkan kepada Pemegang Saham Terhadap Pembelian Kembali

Entri Jurnal

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Ekuitas Pemegang Saham (Dr)
Kas (Cr)
Jumlah yang dibayarkanJumlah yang dibayarkan

Untuk Pembatalan Modal Saham

(a) Saat pembelian kembali aset setara:

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Ekuitas Modal Saham Dr.
Pemegang Saham Ekuitas Cr.
Nilai nominal
saham yang dibeli
Nilai nominal
saham yang dibeli

(b) Ketika pembelian kembali pada harga yang lebih tinggi dari nilai nominalnya yaitu dengan harga premium:

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Modal Saham Ekuitas Dr.


Cadangan Umum atau Premi Efek A/c Dr.

Pemegang Saham Ekuitas Cr.
Nilai nominal
saham

Jumlah
Premi





Jumlah
yang harus dibayar

(c) Ketika pembelian kembali pada harga yang lebih rendah dari nilai nominalnya yaitu dengan diskon:

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Ekuitas Pemegang Saham Dr.

Cadangan modal Cr.
Pemegang Saham Ekuitas Cr.
Nilai nominal
saham
Jumlah diskon
Jumlah yang harus dibayar

Untuk Biaya yang Terjadi pada Pembelian Kembali

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Biaya Pembelian Kembali A/c Dr.
Kas Cr.
Jumlah yang
Dibayar
Jumlah yang
Dibayar

Perlakuan Biaya Pembelian Kembali

Biaya pembelian kembali dapat diperlakukan dengan salah satu cara berikut:

(a) Semua biaya didebit ke Akun Laba Rugi tahun dimana pembelian kembali dilakukan.

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Laba Rugi A/c Dr.
Beban Pembelian Kembali
Cr.
Jumlah yang
Dibayar
Jumlah yang
Dibayar

Perlakuan Biaya Pembelian Kembali

(b) Biaya dapat didebit ke ‘Cadangan Gratis’

TanggalDetailLFDebit (Rp.)Kredit (Rp.)
——Cadangan umum A/c Dr.
Biaya Pembelian Kembali A/c
Jumlah yang
Dibayar
Jumlah yang
Dibayar

Baca juga: IPO Adalah: Pengertian, Cara Kerja, Kelebihan dan Kekurangannya

Kesimpulan

Memahami artinya buyback saham sangat penting bagi Anda yang ingin menekuni pasar modal. Pembelian kembali saham adalah metode yang paling umum digunakan oleh perusahaan untuk memberi penghargaan kepada pemegang saham mereka, meningkatkan nilai pasar perusahaan dan mendapatkan promotor atas perusahaan.

Ini adalah cara yang efisien pajak bagi perusahaan untuk memanfaatkan uang tunai yang tidak digunakan daripada membagikan dividen.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan yang mencatat semua transaksi bisnis Anda. Pembukuan semakin mudah dilakukan apabila menggunakan bantuan software akuntansi dari Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memperoleh lebih dari 30 jenis laporan keuangan yang bisa diperoleh secara instan. Selain itu, Kledo dibekali dengan berbagai fitur mulai dari akuntansi, faktur, dan inventory yang sangat mudah digunakan. Bahkan bagi Anda yang masih awam dengan ilmu akuntansi.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, tingkatkan level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga! Anda juga bisa mencoba fitur Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 + 4 =