Key Opinion Leader: Pengertian dan Pentingnya Bagi Proses Pemasaran Bisnis

key opinion leader

Banyak profesional industri dan konsumen menghargai pendapat para ahli yang sangat terhormat di bidangnya. Mempekerjakan key opinion leader atau KOL untuk mempromosikan merek, produk, atau layanan dapat menjadi cara yang efektif untuk menjangkau audiens target yang lebih luas, menjadi lebih dihormati di industri dan meningkatkan penjualan.

Memilih key opinion leader yang tepat untuk niche Anda dan menggunakan upaya promosi yang tepat dapat membantu Anda menonjol di industri Anda.

Dalam artikel ini, kami akan memberitahu Anda apa itu key opinion leader, mengapa itu berperan penting, perbedaaan KOL dengan influencers, dan bagaimana menggunakan KOL dalam strategi pemasaran Anda.

Apa itu Key Opinion Leader?

key opinion leader

Key opinion leader atau KOL adalah seorang profesional yang ahli dalam bidang studi khusus mereka dan mempertahankan status sosial yang dihormati di industri mereka.

Karena mereka adalah pemimpin yang mapan di niche pasar mereka, perusahaan dan individu biasanya mendengarkan pemikiran dan pendapat mereka untuk membantu mereka membuat keputusan dan pembelian tertentu.

Organisasi mempekerjakan key opinion leader untuk berbicara tentang fitur produk atau layanan mereka dan manfaat yang dapat mereka berikan kepada pelanggan. Contoh umum KOL meliputi:

  • Politisi
  • Konsultan
  • Desainer
  • Penasehat
  • Dokter

Baca juga: Cost of Capital Adalah Hal Penting dalam Bisnis, Ini Pengertian Lengkapnya

Apa Perbedaan Key Opinion Leader dengan Influencer?

Influencer bisa menjadi key opinion leader dan sebaliknya. Namun, kedua peran tersebut tidak perlu tumpang tindih.

Selalu ada key opinion leader selama manusia bisa berbicara. Banyak KOL secara aktif menghindari internet karena mereka memiliki sedikit waktu luang untuk dicurahkan.

Beberapa menganggap media sosial membuang-buang waktu mereka. Tidak ada persyaratan bagi KOL untuk mengoperasikan akun sosial apa pun atau memiliki pengikut. Mereka hanya membutuhkan pengakuan karena memiliki keahlian dalam suatu topik.

Mungkin ada banyak kota kecil, di mana penduduk setempat secara tidak resmi memperlakukan dokter mereka sebagai KOL, hanya karena menghormati pekerjaannya.

Jika orang memiliki masalah kesehatan, mereka akan segera pergi ke dokter umum untuk mendapatkan bantuan. Jika koran lokal ingin mengetahui efek dari beberapa masalah medis lokal, mereka juga pasti akan pergi ke dokter untuk meminta nasihat.

Demikian pula, banyak profesor universitas diberikan status KOL berdasarkan gelar mereka.

Jika seseorang ingin nasihat tentang pentingnya artefak sejarah yang baru ditemukan, mereka akan sering pergi ke Profesor Sejarah setempat untuk bantuan dan saran.

Tentu saja, tidak ada yang mengatakan bahwa KOL tidak dapat menghabiskan waktu online, dan mendapatkan pengaruh. Banyak penulis telah mengikuti rute itu.

Stephen King jelas adalah KOL dalam hal penulisan horor. Dia membuat namanya offline, dengan menulis novel yang sangat populer.

Dia juga telah membuat nama untuk dirinya sendiri di antara calon penulis karena buku: On Writing: A Memoir of the Craft

Namun, bukan berarti dia juga bukan seorang influencer. Stephen King memiliki 5,15 juta pengikut di akun Twitter-nya, menge-tweet secara teratur, dan terlibat dengan pengikutnya.

Perbedaan utama lainnya antara sebagian besar KOL dan influencers adalah masalah geografi.

Jika seseorang diterima sebagai KOL (dan mereka tidak merangkap sebagai influencer online), ketenaran dan pengakuan mereka mungkin terbatas pada area tertentu.

Ini mungkin kota kecil, kota, provinsi, atau bahkan bangsa. Namun, internet tidak memiliki batas. Jika orang-orang mengenali Anda sebagai seorang influencer, Anda mungkin memiliki penggemar di seluruh dunia.

Pengecualian untuk diferensiasi global ini, bagaimanapun, adalah dengan key opinion leader yang mendapatkan banyak ketenaran mereka di televisi.

Seperti internet, acara TV diputar di seluruh dunia. Jadi seseorang seperti Gordon Ramsey, yang terkenal dengan acara memasaknya (dan hampir sama dengan bahasanya yang penuh warna) terkenal dari Amerika Serikat, hingga Selandia Baru dan di mana-mana di antara tempat pertunjukannya diputar.

Baca juga: Mengapa Financial Advisor Penting dan Tips Memilihnya

KOL atau Influencers? Mana yang Lebih Baik untuk Proses Pemasaran Bisnis?

Perusahaan biasanya mempekerjakan influencer atau KOL untuk mempromosikan produk mereka kepada penggemar dan pengikut.

Influencer biasanya adalah individu yang mendapatkan pengikut kuat melalui kanal media sosial, memungkinkan mereka untuk membujuk audiens mereka untuk mencoba atau membeli produk tertentu.

Hal ini memungkinkan merek organisasi untuk menjangkau khalayak yang lebih luas dan membangun reputasi mereka di industri mereka.

Contoh di mana Anda akan menggunakan key opinion leader daripada influencer meliputi:

Tingkat keahlian

Kebanyakan key opinion leader menghabiskan beberapa tahun bekerja dan mendapatkan keahlian di bidang tertentu, memungkinkan mereka untuk mendapatkan kredibilitas yang tinggi.

Banyak dari mereka biasanya mempengaruhi profesional industri lain yang memutuskan apakah akan membeli produk berdasarkan fakta dan penelitian.

Key opinion leader biasanya mendapatkan kredibilitas mereka melalui pengikut media sosial yang kuat.

Mereka jarang ahli dalam topik tertentu, tetapi mengetahui bahwa mereka menggunakan dan menikmati suatu produk sering kali dapat menyebabkan pengikut mereka mencoba atau membelinya juga.

Sumber pendapatan

Sumber pendapatan utama influencer biasanya melalui promosi produk yang mereka yakini dan gunakan secara teratur.

Mereka sering dapat memiliki pendapatan yang mengesankan dengan mengedukasi pengikut mereka tentang manfaat dan fitur produk melalui posting media sosial.

Merek biasanya dapat membayar influencer untuk setiap pos yang mereka bagikan atau mereka dapat memperoleh komisi untuk produk yang dijual kepada pengikut mereka menggunakan kode diskon unik yang dibagikan di profil mereka.

Sebagian besar KOL memiliki pekerjaan penuh waktu di industri mereka, di mana mereka mendapatkan sebagian besar upah mereka.

Karena mereka memiliki kredibilitas yang lebih tinggi di niche pasar mereka, daripada di media sosial, Anda dapat membayar lebih sedikit untuk mempekerjakan mereka untuk mempromosikan produk Anda daripada untuk influencer.

Baca juga: Biaya Konversi dalam Akuntansi: Pengertian, Cara Hitung, dan Contoh

Industri

Perusahaan biasanya mempekerjakan influencer untuk mendapatkan akses ke audiens mereka.

Mereka biasanya meninjau pengikut influencer untuk menentukan apakah mereka termasuk dalam target audiens mereka.

Influencer kemudian mempromosikan produk merek tersebut kepada audiens yang kemungkinan akan membeli produk tersebut.

Organisasi lain yang membutuhkan kredibilitas dalam industri profesional dan lebih tradisional sering menggunakan key opinion leeader untuk mendukung klaim dan membangun kredibilitas produk.

Key opinion leader industri umum biasanya mempromosikan merek untuk mencakup:

  • Obat-obatan
  • Kesehatan
  • Ilmu biologi
  • Uji klinis
  • Alat kesehatan

Industri dengan produk yang sering dipromosikan oleh influencer meliputi:

  • Gaya hidup
  • Mode
  • Kebugaran
  • Kecantikan
  • Traveling
Banner 3 kledo

Baca juga: Buku Besar Pembantu: Pengertian, Fungsi, dan Contoh Penjurnalannya

Mengapa Key Opinion Leader untuk Bisnis Anda?

Key opinion leader penting karena mereka telah mendapatkan rasa hormat yang signifikan di bidangnya, menyebabkan beberapa profesional industri menghargai pendapat mereka.

Jika KOL utama mempromosikan produk, layanan, atau merek, ini dapat meningkatkan brand awareness kepada audiens mereka dan mengarahkan lebih banyak orang untuk membeli atau mempelajari lebih lanjut tentangnya.

Beberapa KOL mungkin sudah menggunakan merek dan memilih untuk memberi tahu orang lain tentang produk ini melalui media sosial, televisi, video, atau bentuk pemasaran digital atau tradisional lainnya.

Melihat bahwa KOL menggunakan dan lebih memilih produk yang Anda jual daripada yang lain dapat membuat Anda menonjol dari persaingan.

Cara Menggunakan Key Opinion Leader untuk Proses Pemasaran Anda

key opinion leader

Cobalah untuk menemukan KOL yang akan menggunakan dan menikmati produk Anda.

Anda juga harus mempekerjakan orang yang memiliki kredibilitas kuat di bidangnya dengan pendapat yang sangat dihormati oleh orang-orang yang kemungkinan besar akan membeli produk yang Anda jual.

Ikuti langkah-langkah ini untuk menggunakan key opinion leader dalam upaya pemasaran Anda

1. Tentukan tujuan organisasi Anda

Sebelum Anda dapat mempekerjakan key opinion leader yang tepat untuk mempromosikan produk, tentukan tujuan yang ingin Anda capai dengan upaya promosi mereka.

Putuskan apa yang ingin Anda capai oleh KOL, yang dapat membangun kesadaran merek, menetapkan diri Anda sebagai pemimpin dalam industri, atau membuktikan keefektifan produk Anda.

Pikirkan tentang audiens target yang Anda ingin key opinion leader ini membantu Anda jangkau juga.

2. Menentukan nilai, karakteristik, dan pengetahuan tentang KOL yang ideal

Setelah mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang tujuan yang Anda inginkan agar KOL ideal Anda membantu Anda mencapai sasaran, Anda dapat menetapkan karakteristik KOL potensial Anda.

Karena Anda tahu siapa audiens Anda, Anda dapat memutuskan audiens serupa untuk dimiliki oleh KOL yang Anda pilih.

Pertimbangkan untuk menemukan KOL dengan nilai-nilai yang selaras dengan nilai-nilai perusahaan.

Hal ini dapat membuat mereka lebih termotivasi dan bersemangat untuk mempromosikan perusahaan. Audiens mereka mungkin juga lebih memercayai pendapat mereka tentang produk karena mereka tahu bahwa key opinion leader benar-benar mempercayainya.

Tentukan profesi yang Anda inginkan untuk dimiliki oleh KOL yang terkait dengan merek dan produk Anda. Misalnya, jika Anda menjual pasta gigi, dokter gigi bisa menjadi key opinion leader yang ideal untuk mempromosikan produk Anda.

Baca juga: Funneling Adalah Strategi Penting dalam Marketing, Berikut Penjelasannya

3. Cari KOL secara online

Karena Anda memiliki karakteristik dan preferensi key opinion leader Anda, Anda dapat mencari yang tepat untuk Anda.

Lakukan riset online tentang industri Anda dan temukan materi yang relevan seperti buletin industri, artikel, acara, seminar, atau webinar.

]Anda dapat menemukan pakar industri terkenal yang memberikan kontribusi reguler untuk memantapkan diri sebagai pakar, seperti menjadi pembicara tamu di acara, menulis opini atau artikel, atau menyelenggarakan seminar pendidikan atau instruksional.

Anda juga dapat mencari profesional industri secara teratur di media untuk pencapaian dan penghargaan tertentu.

Setelah Anda menemukan key opinion leader yang sesuai, Anda dapat mulai menjangkau beberapa orang dengan konten dan materi yang terkait erat dengan produk atau merek Anda.

Temukan alamat email mereka melalui media sosial atau di situs web perusahaan mereka dan kirimkan pesan profesional yang memberi tahu mereka tentang produk Anda dan mengapa Anda yakin mereka akan menjadi KOL terbaik untuk mempromosikannya.

Dari sana, Anda dapat mengirimkan produk Anda kepada mereka dan menjalin kemitraan.

4. Buat strategi pemasaran

Kembangkan strategi untuk diikuti oleh KOL yang Anda piilh. Anda dapat memilih kanal mana untuk mempromosikan key opinion leader berdasarkan penelitian yang dilakukan pada audiens target Anda.

Misalnya, jika Anda mengetahui bahwa audiens Anda secara teratur menonton berita, Anda dapat memesan key opinion leader Anda di segmen berita yang membahas produk Anda dan manfaatnya.

Ide pemasaran potensial lainnya untuk digunakan saat menampilkan KOL Anda meliputi:

  • Tampil sebagai tamu di podcast industri
  • Berkontribusi ke blog atau artikel di situs web Anda
  • Berbicara tentang produk Anda di acara industri
  • Menyebutkan produk Anda selama webinar

Baca juga: Kualitas Produk: Pengertian, Indikator, dan Cara Meningkatkannya

5. Bangun anggaran yang sesuai

Strategi yang dapat Anda terapkan biasanya bergantung pada anggaran yang Anda miliki.

Temui key opinion leader untuk menentukan berapa biaya yang biasanya mereka kenakan untuk berbicara tentang produk Anda. Mereka yang memiliki kredibilitas industri yang lebih kuat dan mapan di bidangnya mungkin mengenakan biaya lebih dari yang lain.

Bekerja samalah dengan key opinion leader untuk menegosiasikan harga yang memberikan kompensasi yang tepat untuk nilai dan pengetahuan mereka, sambil tetap mempertahankan anggaran yang adil untuk mempromosikan produk di saluran yang diperlukan.

Untuk memudahkan Anda dalam membuat anggaran tersebut dalam bisnis, Anda memerlukan sistem pencatatan keuangan yang memiliki fitur terintegrasi ke seluruh data keuangan dalam bisnis.

Salah satu solusi yang bisa Anda pilih adalah dengan menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap yang akan memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan pembukuan dan proses penganggaran bisnis Anda.

Dengan Kledo, Anda bisa dengan mudah melakukan pencatatan dan pemantauan dari seluruh transaksi yang terjadi pada bisnis, melakukan manajemen persediaan, membuat laporan keuangan dalam hitungan detik, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen + 12 =