Cara Menawarkan dan Mempromosikan Produk dengan Efektif

cara menawarkan produk

Menawarkan dan mempromosikan produk melibatkan strategi pemasaran kreatif untuk meningkatkan penjualan dengan menjangkau audiens tertentu. Menemukan cara menawarkan dan mempromosikan produk sangat penting bagi keberlangsungan bisnis.

Meluncurkan dan menawarkan produk keduanya merupakan bagian dari proses bisnis yang saling melengkapi untuk meningkatkan pendapatan dan membangun loyalitas merek.

Memahami cara penawaran dan promosi produk dapat membantu Anda mempelajari strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan dan menumbuhkan kesadaran merek.

Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa yang dimaksud dengan penawaran dan promosi produk, juga memberi Anda tips agar Anda menemukan cara terbaik dalam menawarkan produk.

Strategi Menawarkan Produk Anda Secara Optimal

cara menawarkan prodk

Mempromosikan dan menawarkan suatu produk melibatkan banyak pertimbangan sebelum Anda memasarkan barang tersebut kepada konsumen.

Berikut cara-cara yang bisa Anda persiapkan untuk mempromosikan suatu produk:

1. Ketahui empat poin utama dari proses promosi dan penawaran

Untuk menawarkan suatu barang secara efektif, Anda perlu mempertimbangkan produk, harga jual barang tersebut, bagaimana barang tersebut akan ditempatkan di toko (baik toko konvensional dan mortir atau online) dan teknik apa yang terbaik untuk mempromosikan barang tersebut.

Berikut adalah empat hal yang harus Anda perhatikan dalam menawarkan produk Anda:

Produk

Ketika sebuah perusahaan mengembangkan produk baru atau bahkan menyegarkan sesuatu yang lebih lama, profesional pemasaran perlu mengenal dan mempertimbangkan item dari perspektif konsumen.

Menentukan fitur utama, mengidentifikasi audiens target untuk produk dan membuat deskripsi produk adalah bagian dari langkah pertama untuk menjual barang atau jasa.

Price (Harga)

Bagian penting lainnya dalam menjual produk adalah menentukan berapa harga barang tersebut bagi konsumen.

Harga suatu barang ditentukan oleh banyak faktor termasuk biaya produksi, nilai pasar dan membuat barang tersebut bersaing dengan merek lain.

Baca juga: Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian Lengkap dan Cara Mengukurnya

Place (Penempatan)

Para profesional pemasaran harus mempertimbangkan di mana produk terbaik dapat ditempatkan atau dijual untuk mencapai jumlah konsumen maksimum.

Promotion (Promosi)

Akhirnya, profesional pemasaran perlu menyusun strategi bagaimana dan di mana mempromosikan suatu produk.

Mengiklankan item atau layanan mungkin memerlukan beberapa kampanye di berbagai format media. Peluncuran produk kreatif dapat menarik konsumen baru dan membantu mendapatkan kembali minat pelanggan tetap.

2. Pastikan penawaran produk Anda menarik

Bekerja dengan staf desain untuk membuat kemasan dan label produk yang sesuai dengan strategi pemasaran Anda.

Misalnya, jika Anda berencana untuk menjangkau audiens dengan mempromosikan produk ramah lingkungan, pertimbangkan bagaimana elemen desain grafis dapat melengkapi pendekatan ini.

Membuat iklan digital dan cetak yang siap publish segera setelah produk dirilis.

Baca juga: Tips Membuat Iklan Promosi yang Berhasil untuk Bisnis Anda

3. Luncurkan atau relaunch produk

Setelah Anda membuat atau menyegarkan produk, memberi harga pada item tersebut dan menempatkannya untuk dijual, inilah saatnya untuk merilis produk tersebut kepada konsumen menggunakan strategi promosi Anda.

Libatkan pelanggan setia dan pers dengan menghasilkan informasi sebelum peluncuran melalui pemasaran langsung.

4. Dapatkan perhatian pelanggan Anda

Saat Anda meluncurkan produk Anda ke pasar konsumen, dapatkan minat dan perhatian dengan memasarkan ke basis pelanggan Anda yang sudah ada.

Dorong pelanggan setia untuk mencoba produk Anda melalui berbagai teknik promosi. Hadiahi mereka dengan menawarkan harga eksklusif dan insentif lainnya.

Banner 3 kledo

11 Ide yang Dapat Anda Gunakan untuk Menawarkan Produk Secara Efektif

cara menawarkan produk

Pertimbangkan cara-cara berikut untuk menawarkan dan menarik perhatian produk Anda di pasar konsumen:

1. Tawarkan diskon

Pilihan konsumen seringkali dipengaruhi oleh harga. Menawarkan diskon untuk suatu produk dapat mendorong pelanggan untuk mencoba produk ketika mereka tahu mereka mendapatkan diskon.

Yang terbaik adalah membuat harga penawaran dengan waktu terbatas juga menciptakan rasa urgensi untuk membeli produk sebelum diskon berakhir.

Baca juga: Apa Itu Beban Penyusutan? Berikut Pengertian Lengkap dan Metode Penghitungannya

2. Sponsori kontes

Mempromosikan produk Anda melalui kontes menghasilkan lebih banyak audiens mengenal produk Anda. Anda dapat memberikan produk atau menawarkan hadiah lain yang melekat pada merek Anda.

Apa pun caranya, buat kontes terhubung dengan jelas ke produk melalui media sosial, pemasaran email, atau surat langsung.

Banyak bisnis yang memilih untuk memanfaatkan media sosial untuk kontes mengharuskan peserta untuk mengikuti halaman produk, memposting ulang, dan menandai pengguna lain untuk langsung menjangkau konsumen baru.

Saat sosial media semakin berkembang seperti sekarang, ini adalah cara menawarkan produk yang wajib Anda coba.

3. Gunakan email marketing

Email marketing adalah cara yang efektif untuk mendorong konsumen mendaftar ke program hadiah atau newsletter email.

Anda juga dapat menggunakan email untuk mengundang pelanggan mengunjungi situs web produk untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Dalam email marketing harus mencakup penawaran promosi produk singkat dan berbagi nilai produk untuk pelanggan Anda.

Sertakan ajakan bertindak atau CTA sebagai penutup untuk meningkatkan kesegeraan kebutuhan barang Anda.

4. Lakukan Bloging

Blog memungkinkan Anda membuat promosi yang informatif namun penuh penjelasan dan penawaran untuk produk Anda.

Konten bentuk panjang melalui posting blog dapat membantu membangun sumber informasi tentang suatu produk. Anda juga dapat memanfaatkan suara dari luar perusahaan Anda untuk menciptakan kepercayaan dengan audiens Anda.

Guest blogging dari orang yang berpengaruh industri atau influencer yang mengulas atau mendiskusikan produk Anda dapat menjangkau basis pelanggan yang lebih luas karena Anda menggabungkan merek Anda dengan merek mereka.

Baca juga: Analisis Pemasaran: Pengertian dan 7 Proses yang Harus Anda Ketahui

5. Gunakan ulasan

Ulasan memungkinkan pelanggan Anda berbicara mewakili merek Anda sebagai duta bagi konsumen lain. Banyak pelanggan menggunakan ulasan untuk mengevaluasi dan meneliti produk sebelum melakukan pembelian.

Ulasan positif dapat bertindak sebagai dukungan pribadi atau rekomendasi dari sumber tepercaya. Ulasan positif dapat bekerja untuk mempromosikan produk Anda secara efektif melalui pemasaran konsumen-ke-konsumen.

Anda dapat mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan dengan menawarkan diskon atau penawaran khusus produk lainnya.

Beberapa pelanggan terbaik Anda bahkan mungkin ingin melakukan ini tanpa insentif apa pun karena mereka sangat menyukai merek Anda.

6. Berkolaborasi dengan influencer

Endorsement atau review positif dari online influencer bisa berdampak besar dalam mempromosikan brand Anda ke konsumen.

Ini sangat membantu untuk perusahaan kecil yang tidak memiliki banyak pengikut online. Menggunakan influencer sebagai juru bicara merek secara otomatis memperluas audiens Anda.

Identifikasi influencer di pasar Anda dan dapatkan ulasan atau dukungan produk. Anda harus menawarkan beberapa bentuk pembayaran baik dalam produk gratis atau pembayaran moneter.

7. Kirim siaran pers

Membuat siaran pers yang menarik perhatian dapat menjadi alat yang cerdas untuk menjangkau jurnalis dan influencer.

Siaran pers yang mengumumkan peluncuran produk baru atau promosi khusus untuk item yang sudah ada dapat membantu menghasilkan berita tentang merek Anda.

Dengan banyaknya produk yang bersaing untuk mendapatkan ruang pasar, mungkin akan lebih membantu jika Anda secara pribadi menjangkau outlet media tertentu untuk meningkatkan peluang Anda agar produk Anda disebutkan.

8. Promosikan pra-pemesanan

Mengizinkan konsumen untuk memesan di muka suatu produk dapat membangkitkan minat dari pelanggan lama dan baru.

Menggunakan saluran media sosial untuk mempromosikan kampanye pra-pemesanan bahkan dapat menarik lebih banyak perhatian jika Anda menautkan penawaran khusus ke pra-penjualan.

Pertimbangkan untuk menambahkan barang dagangan tambahan, diskon produk, dan bonus lainnya kepada pelanggan yang memilih untuk membeli sebelum peluncuran produk.

9. Hadiahi pelanggan setia

Salah satu cara untuk membuat konsumen bersemangat untuk merilis produk adalah dengan menawarkan insentif kepada pelanggan setia.

Anda dapat menggunakan daftar kontak email Anda untuk berbagi pembaruan eksklusif tentang penawaran baru dan menawarkan diskon kepada pelanggan yang menyukai merek Anda.

Gunakan hadiah yang sudah ada untuk merek Anda seperti poin tambahan dalam program hadiah atau peringatan awal untuk pelanggan email.

Baca juga: Ingin Melakukan Brand Building Sukses di Tahun 2022? Berikut Tipsnya

10. Berikan sampel gratis

Cara lain untuk mempromosikan produk adalah dengan memberikan produk secara gratis. Anda dapat melakukan ini di pameran dagang, melalui kontes online atau dengan menjangkau audiens tertentu.

Bergantung pada jenis produk, Anda harus memutuskan berapa banyak barang yang akan Anda berikan. Jika barang Anda terlalu besar atau mahal untuk diberikan begitu saja kepada konsumen, pertimbangkan untuk menggunakan produk promosi dengan logo barang tersebut.

11. Menjadi tuan rumah acara

Anda dapat menonjolkan produk atau bisnis Anda dengan mengadakan acara virtual atau langsung dan mengundang konsumen untuk ambil bagian.

Acara virtual dapat mencakup:

  • Wawancara dengan desainer produk, profesional industri, atau pemimpin perusahaan
  • Sesi tanya jawab mengenai produk
  • Demo produk langsung melalui media sosial
  • Tur dibalik layar fasilitas produk melalui postingan video langsung

Acara tatap muka dapat mencakup:

  • Open house untuk bisnis tertentu
  • Demonstrasi produk langsung di pameran dagang atau acara lainnya
  • Festival yang disponsori
  • Pasar dan penjualan trotoar

Tips dalam cara menawarkan produk yang efektif

Berikut adalah beberapa ide untuk membantu Anda mempromosikan produk Anda secara efektif:

Tepat waktu

Menawarkan produk di dekat waktu peluncurannya sangat penting. Memasarkan produk sebelum dan sesudah dirilis membuat item menjadi relevan bagi konsumen.

Gunakan beberapa teknik

Untuk berhasil menawarkan atau mempromosikan suatu produk, bisnis sering menggunakan beberapa metode.

Mengakses sumber daya yang berbeda saat Anda memasarkan suatu barang dapat membantu Anda menjangkau kelompok konsumen yang berbeda dan mendapatkan audiens penjualan yang lebih luas.

Kenali audiens Anda

Sebelum Anda membuat kampanye pemasaran, penting untuk melakukan riset untuk menentukan demografi utama pelanggan Anda.

Ini dapat membantu Anda memutuskan bagaimana mempromosikan produk Anda.

Misalnya, jika produk Anda lebih menarik bagi audiens yang lebih muda, Anda dapat memilih untuk mempromosikannya melalui saluran sosial dan pemberi pengaruh daripada surat langsung.

Manfaatkan media sosial

Mempromosikan produk melalui platform media sosial dapat menarik banyak perhatian melalui tindakan pengguna.

Berbagi dan suka di pos sosial berfungsi untuk mempromosikan item secara organik (tanpa menggunakan iklan berbayar).

Anda mungkin perlu menyesuaikan dan mengubah rencana promosi Anda untuk setiap platform media sosial yang unik.

Baca juga: Mengetahui Apa itu Market Size, Cara Hitung, dan Meningkatkannya

Pertimbangkan promosi global

Jika Anda berencana untuk menawarkan produk Anda di pasar luar negeri, penting untuk meneliti audiens global Anda.

Strategi pemasaran mungkin berbeda di wilayah di luar pasar domestik Anda. Pertimbangkan bagaimana nada, gambar, dan pilihan bahasa dalam materi promosi Anda akan diterima oleh warga dari budaya lain.

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap tentang cara menawarkan produk yang optimal bagi sebuah bisnis. Mengethui beberapa langkah diatas akan membuat Anda menjadi lebih mudah dalam menawarkan produk kepada audiens yang tepat.

Pada kebanyakan bisnis, menawarkan produk memang bukanlah pekerjaan mudah dan gratis. oleh sebab itu Anda harus membuat perencanaan yang matang agar biaya yang Anda keluarkan sesuai dengan hasil yang Anda harapkan.

Pastikan juga Anda mencatat seluruh pengeluaran dan biaya yang Anda keluarkan dalam proses pemasaran bisnis, hal ini penting untuk menghitung keuntungan yang Anda dapatkan dari proses pemasaran yang Anda lakukan.

Kesulitan dengan proses pencatatan manual? Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo untuk proses pencatatan pembukuan dan pembuatan yang lebih mudah dan praktis.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang mudha digunakan dan sesuai dengan kebutuhan banyak bisnis di Indonesia.

Anda juga bisa mencoa mengunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 1 =