Gunakan Tips Ini untuk Usaha Rental Mobil Sukses, Mudah!

usaha rental mobil

Usaha rental mobil memiliki peluang yang cukup menjanjikan, khususnya bagi Kawan Kledo yang tinggal di kawasan wisata. Selain buat Kawan Kledo yang tinggal di kawasan wisata, usaha satu ini juga memiliki pulang di momen-momen tertentu seperti ketika liburan tiba.

Bagi orang-orang yang tidak memiliki mobil, rental mobil menjadi pilihan terbaik dibandingkan harus menggunakan angkutan umum. Selain bisa membawa semua anggota keluarga atau kerabat, rental mobil juga memungkin untuk langsung menuju lokasi yang dituju.

Lalu bagaimana caranya agar usaha satu ini bisa meraih kesuksesan? Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahuinya, yuk simak penjelasan di bawah ini:

Peluang Usaha Rental Mobil

usaha rental mobil

Usaha rental mobil merupakan usaha yang dilakukan dengan cara menyewakan mobil kepada seseorang atau kelompok dengan tarif harga per jam atau per hari. Selain menyewakan mobil, bisnis rental mobil ini juga dapat dilakukan dengan mempekerjakan supir atau driver bersamaan dengan rental mobil.

Ini dikhususkan bagi pelanggan yang tidak memiliki supir atau orang yang dapat mengendarai mobil. Jadi, pelanggan tidak perlu repot mencari supir jika memang tidak bisa mengendari mobil sendiri.

Usaha ini memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Dibandingkan harus membeli mobil dengan harga ratusan juta, menyewa mobil lebih praktis. Pelanggan tidak perlu melakukan perawatan ataupun membayar pajak, cukup menyewanya saat dibutuhkan.

Baca Juga: 10 Tips Membangun Salon Kecantikan yang Sukses dan Menguntungkan

Keuntungan Usaha Rental Mobil

usaha rental mobil

Ada beberapa keuntungan yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan membuka usaha rental mobil. Berikut penjelasannya:

1. Bisa Mendapatkan Keuntungan Maksimal

Keuntungan pertama yang akan Kawan Kledo dapatkan dengan membangun bisnis rental mobil adalah Kawan Kledo bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal. Jika Kawan Kledo mengelola bisnis ini dengan baik Kawan Kledo bisa mendapatkan omzet hingga belasan juta dan keuntungan hingga lima juta per bulan.

2. Bisa Dimulai Tanpa Modal

Kawan Kledo ingin membuka bisnis rental mobil tapi bingung dengan modal yang harus disiapkan? Tenang, usaha satu ini bisa lho dimulai tanpa modal.

Memulai bisnis ini tanpa modal dapat dilakukan dengan cara Kawan Kledo menjadi perantara antara pemilik mobil dengan pelanggan yang membutuhkan sewa mobi.

Selain cara tersebut, Kawan Kledo juga bisa memulai usaha ini dengan modal kecil yaitu dengan membeli mobil secara angsuran dan menggunakan keuntungan bisnis untuk membayar angsuran tiap bulan.

3. Memiliki Pasar yang Luas

Bisnis rental mobil ini juga memiliki pasar yang luas. Meskipun bisnis ini memiliki persaingan yang ketat, namun Kawan Kledo dapat menyiasatinya dengan cara menjadikan pesaing sebagai partner.

Kawan Kledo bisa mengajukan kerjasama dengan perusahaan taksi online untuk mengembangkan bisnis ini. Selain itu, Kawan Kledo juga bisa mengajukan proposal kepada perusahaan untuk mendapatkan sewa mobil operasional.

4. Mudah untuk Dikelola

Keuntungan selanjutnya yang Kawan Kledo dapatkan dari bisnis satu ini adalah bisnis ini mudah untuk dikelola. Kawan Kledo hanya memerlukan ruangan kecil sebagai kantor untuk melakukan transaksi dengan pelanggan.

Sedangkan untuk mobil, Kawan Kledo bisa menitipkan mobil ke jasa rental yang sudah ada. Kawan Kledo akan mendapatkan komisi jika mobil Kawan Kledo berhasil disewakan.

Buat Kawan Kledo yang menjadi perantara antara pemilik mobil dengan penyewa ini lebih mudah lagi. Kawan Kledo hanya perlu mempromosikan bisnis ini dan untuk tempat dan perawatan mobil ditanggung oleh pemilik mobil.

Tips Usaha Rental Mobil

Berikut beberapa tips yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk membangun bisnis:

1. Pilih Jenis Mobil Terbaik

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk memiliki usaha rental mobil yang sukses adalah dengan memilih jenis mobil terbaik. Pilihlah jenis mobil yang banyak diminati target pelanggan Kawan Kledo.

Kawan Kledo bisa memilih jenis mobil yang bisa muat banyak penumpang ataupun mobil yang irit terhadap bahan bakar. Mobil-mobil yang banyak diminati oleh pelanggan antara lain jenis-jenis mobil seperti Xenia, Innova, Avanza, Gran Max, dan lainnya.

Kawan Kledo juga bisa memilih jenis-jenis mobil ini ketika ingin membuka bisnis travel. Memilih jenis mobil minibus ini akan memberikan tempat yang lebih luas sehingga Kawan Kledo bisa mendapatkan lebih banyak penumpang dan omzet pun akan lebih besar.

2. Hindari Membeli Mobil Bekas

Selain harus memilih jenis mobil terbaik, Kawan Kledo juga sebaiknya menghindari membeli mobil bekas. Ini dilakukan untuk menghindari biaya perawatan yang lebih tinggi ketika memilih mobil bekas.

Selain biaya perawatan, dengan membeli mobil baru pelanggan juga akan lebih merasa aman dan nyaman. Dengan begitu pelanggan tidak ragu untuk menyewa mobil di tempat Kawan Kledo.

3. Beli secara Kredit

Mobil memiliki harga yang cukup mahal. Buat Kawan Kledo yang ingin memulai usaha rental mobil dan terkendala biaya, Kawan Kledo bisa memilih untuk membeli mobil secara kredit.

Kawan Kledo hanya perlu menyiapkan modal untuk DP kredit mobil. Sedangkan untuk angsuran atau cicilannya, Kawan Kledo bisa menggunakan pendapatan yang didapatkan dari usaha rental mobil ini.

Dengan cara kredit ini, Kawan Kledo tidak perlu merasa terbebani dengan angsuran setiap bulannya. Namun jika Kawan Kledo memang memiliki modal yang cukup untuk membeli mobil baru, membeli mobil baru bisa Kawan Kledo lakukan untuk memulai bisnis ini.

4. Buat SOP Usaha Rental Mobil

Bagi bisnis rental mobil, memiliki SOP atau Standar Operasional Prosedur menjadi bagian yang wajib ada. SOP ini dibuat untuk mengurangi risiko kurangnya tanggung jawab dari penyewa mobil.

Berikut beberapa SOP yang dapat Kawan Kledo jadikan acuan ketika membangun bisnis sewa mobil ini:

  • Mewajibkan surat perjanjian yang ditandatangani di atas materai sebelum menyewakan mobil;
  • Pelanggan wajib menyerahkan KTP saat menyewa mobil;
  • Berikan formulir kepada penyewa yang di dalamnya berisi data diri penyewa;
  • Pasang pelacak GPS di mobil.

5. Daftar Asuransi Usaha Rental Mobil

Risiko bisnis selalu ada ketika Kawan Kledo memulai suatu bisnis. Pada bisnis rental mobil, salah satu risiko bisnis yang wajib Kawan Kledo siasati adalah risiko kerusakan mobil dan kecelakaan yang dapat menimpa supir saat membawa mobil.

Jadi, pastikan Kawan Kledo mendaftar asuransi untuk mobil-mobil yang dimiliki oleh bisnis Kawan Kledo. Asuransi juga juga sangat penting bagi karyawan atau driver Kawan Kledo. Pastikan mereka mendapatkan perlindungan sehingga dapat bekerja lebih tenang.

6. Buat Strategi Marketing Usaha Rental Mobil Terbaik

Strategi marketing sangat penting dalam usaha rental mobil ini. Jika Kawan Kledo tidak melakukan strategi marketing, siapa yang akan mengenal bisnis Kawan Kledo?

Ada berbagai strategi marketing yang dapat Kawan Kledo lakukan, mulai dari strategi marketing melalui website, marketing di internet, marketing melalui iklan advetorial, hingga marketing di media sosial.

Dengan melakukan strategi marketing yang baik akan membuat bisnis Kawan Kledo lebih dikenal oleh target konsumen dan Kawan Kledo juga dapat meningkatkan brand awareness bisnis Kawan Kledo. Dengan begitu omzet dapat bertambah dan laba juga akan ikut naik.

7. Atur Keuangan Usaha Rental Mobil dengan Baik

Setelah melakukan tips-tips yang ada di atas, rasanya masih kurang jika Kawan Kledo belum mengatur keuangan bisnis rental mobil ini dengan baik. Hal ini dikarenakan keuangan bisnis menjadi bagian paling penting dalam pengelolaan suatu bisnis.

Keuangan bisnis menjadi tolak ukur Kawan Kledo dalam mendapatkan keuntungan. Semakin baik keuangan ini dikelola maka semakin besar kesempatan Kawan Kledo untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

Buat Kawan Kledo yang masih baru di bidang pengelolaan keuangan, jangan khawatir karena saat ini sudah banyak teknologi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini. Salah satunya adalah dengan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Kawan Kledo bisa menggunakan Kledo untuk berbagai aktivitas keuangan bisnis, mulai dari membuat invoice, mencatat purchasing order, membuat laporan keuangan, mencatat aset tetap, hingga mencatat inventaris.

Kawan Kledo bisa langsung klik di sini untuk daftar Kledo dan menikmati semua kemudahan dalam pengelolaan keuangan.

Banner 3 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai tips usaha rental mobil yang sukses. Pastikan Kawan Kledo menggunakan tips-tips yang ada di atas untuk membangun bisnis rental mobil hingga sukses.

Jangan lupa untuk gunakan software akuntansi dari Kledo untuk memudahkan pengelolaan keuangan Kawan Kledo. Yuk daftar Kledo sekarang juga dan nikmati berbagai kemudahan pengelolaan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 16 =