Apa yang Dimaksud Competitive Advantage? Ini Ulasan Lengkapnya!

competitive advantage

Competitive advantage merupakan hal yang penting bagi sebuah perusahaan. Hal ini dikarenakan berkaitan dengan kelangsungan bisnis sebuah perusahaan. Terutama perihal teknik bersaing agar lebih unggul dibandingkan dengan para kompetitor mereka.

Istilah lain dari competitive advantage yaitu keunggulan kompetitif. Keunggulan ini biasanya dikaitkan dengan berbagai faktor termasuk struktur biaya, merek, kualitas penawaran produk, jaringan distribusi, kekayaan intelektual dan layanan pelanggan.

Nah, secara lebih lengkapnya, simak baik-baik artikel di bawah ini, ya!

Apa yang Dimaksud Competitive Advantage?

competitive advantage

Keunggulan kompetitif merupakan keunggulan yang dimiliki sebuah perusahaan yang mengacu pasa faktor-aktor yang memungkinkan suatu perusahaan menghasilkan barang dan jasa yang lebih baik atau lebih murah daripada para pesaingnya. Keunggulan ini merujuk pada apa yang membuat produk atau jasa yang dimiliki sebuah perusahaan lebih menarik perhatian pelanggan dibandingkan dengan pesaing lainnya.

Dikarenakan perusahaan mampu membuat barang dengan harga yang lebih murah dengan kualitas yang tetap sama, memungkinkan mereka untuk menjual lebih banyak produk kepada para pelanggan. Sehingga keuntungan yang dapat diraup perusahaan juga semakin besar.

Sebuah bisnis dapat dikatakan memiliki keunggulan kompetitif apabila perusahaan tersebut dapat meningkatkan pangsa pasarnya melalui peningkatan efisiensi atau produktivitas dibandingkan para pesaingnya.

Misalnya jika sebuah perusahaan mengiklankan produk dengan harga yang lebih rendah dari produk serupa dari perusahaan lain. Hal yang sama juga berlaku saat perusahaan menawarkan produk yang jauh lebih mahal dari pesaingnya, namun menawarkan fitur unik yang menarik konsumen untuk membelinya.

Baca Juga: Pengertian Keunggulan Kompetitif dan Cara Menghadirkannya dalam Bisnis

Memahami Jenis Keunggulan Selain Competitive Advantage

Keunggulan kompetitif dapat menghasilkan nilai yang lebih besar bagi perusahaan dan pemegang sahamnya karena kekuatan atau kondisi tertentu. Jika sebuah perusahaan terus konsisten menjaga keunggulan kompetetif, maka semakin sulit bagi para pesaing untuk menandingi perusahaan tersebut.

Nah, ada dua jenis keunggulan lainnya yang perlu Kawan Kledo ketahui. Apa saja, ya? Berikut penjelasan lengkapnya!

Keunggulan Komparatif

Keunggulan ini terjadi ketika perusahaan mampu menghasilkan barang atau jasa dengan biaya produksi yang lebih efisien daripada para pesaingnya. Dengan biaya produksi yang rendah, maka perusahaan dapat memeroleh margin keunntungan yang lebih besar. Keadaan tersebut merupakan keunggulan komparatif.

Jika ada dua produk merk dengan fungsi yang sama, maka pembeli yang rasional tentu akan membeli produk yang harganya lebih murah. Misalnya, ada dua sampo merk A dan merk B. Merk A harganya Rp. 20.000, sedangkan merk B harganya Rp. 25.000. Dari segi kualitas dan kuantitas ternyata merk A dan merk B sama saja. Tentu pembeli akan lebih tertarik membeli sampo merk A dibandingkan merk B.

Tak hanya perihal biaya produksi, keunggulan komparatif juga dapat dipengaruhi oleh skala ekonomi, sistem internal yang efisien, dan lokasi geografis. Keunggulan komparatif tidak hanya merujuk pada kemampuan perusahaan untuk menghasilkan produk yang berkualitas.

Akan tetapi juga mengacu pada kemampuan perusahaan untuk dapat menawarkan produk atau jasa dengan kualitas yang sama namun dengan harga yang lebih rendah.

Dalam konteks perdagangan internasional, keunggulan komparatif juga dapat menentukan biaya peluang, lo. Misalnya perusahaan yang memproduksi handphone di China mungkin memiliki biaya tenaga kerja yang lebih rendah dibandingkan perusahaan handphone di Amerika Serikat.

Oleh sebab itu, perusahaan China mampu menjual handphone dengan harga yang lebih murah dan lebih banyak menjaring konsumen daripada perusahaan Amerika Serikat.

Poin utama yang membedakan antara keunggulan kompetitif dengan keunggualan komparatif yaitu jangkauan wilayah geografisnya. Keunggulan komparatif lebih mengacu pada perdagangan internasional.

Keunggulan Diferensial

Keunggulan ini terjadi ketika produk atau layanan sebuah perusahaan berbeda dari penawaran pesaingnya dan dipandang lebih unggul. Biasanya keunggulan ini dapat terjadi pada perusahaan yang bergerak dalam bidang teknologi.

Inovasi yang terus mereka lakukan akan menghasilkan produk baru yang unggul dan mempunyai identitas kuat. Faktor tersebut mendukung margin yang luas dan pangsa pasar yang lebih besar.

Salah satu perusahaan yang mempunyai keunggulan diferensial yaitu Apple yang mampu menciptakan produk inovatif seperti iPhone dengan pemasaran yang cerdas dan branding yang kuat. Selain itu, perusahaan obat juga mempunyai keunggulan diferensial karena mereka mempunyai hak paten.

Mengenal Jenis-jenis Competitive Advantage

Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentu yang menjadi salah satu tujuan utama adalah mampu mampu unggul dibandingkan dengan pesaingnya sehingga margin keuntungan yang diperoleh semakin besar. Nah, ada tiga jenis keunggulan komparatuf yang dapat digunakan oleh perusahaan. Berikut penjelasannya!

  1. Cost Leadership yaitu suatu keunggulan ketika perusahaan mampu mendayagunakan secara maksimal sumber daya yang tersedia meliputi tenaga kerja terampil, bahan baku yang terjagkau, serta sistem operasi perusahaan yang efisien.
  2. Diferensiasi yang dapat dilakukan dengan cara memberikan produk hasil inovasi terbaru atau layanan berkualitas tinggi kepada para pembeli dimana produuk tersebut belum pernaha diluncurkan oleh perusahaan lain.
  3. Fokus yang dilakukan perusahaan dengan cara berfokus pada segmen pelanggan yang lebih detail dan mampu menciptakan sebuah produk yang sangat dibutuhkan dalam segmen pasar tersebut. Nah, dalam kasus ini, perusahaan harus melakukan pendekatan dan analisis secara mendalam apa yang sebenarya dibutuhkan pelanggan dan membuat penawaran yang lebih baik daripada perusahaan lainnya.

Apa Saja Manfaat Competitive Advantage?

competitive advantage

Di bawah ini merupakan beberapa poin manfaat dari keunggulan kompetitif. Apa saja, ya?

  • Membantu perusahaan dalam memantau penggunaan anggaran agar lebih efisien.
  • Brand image perusahaan menjadi unik dan kokoh serta menjadikan produk yang dijualnya mempunyai kesan yang spesial dan beda dari lainnya.
  • Mendorong terus terjadinya inovasi yang berkelanjutan.

Alasan Perusahaan Besar Cenderung Memilik Keunggulan Kompetitif

Perusahaan besar cenderung mempunyai keunggulan kompetitif karena biasanya mereka unggul pada sisi penawaran seperti daya beli restoran besar atau jaringan ritel.

Selain itu, efek jaringan juga menyebabkan permintaan barang atau jasa ke perusahaan tersebut semakin tinggi. Ini terjadi ketika suatu barang atau jasa nilainya semakin berharga karena banyak sekali peminatnya.

Kesimpulan

Nah, demikian penjelasan mengenai competitive advantage. Semog artikel ini dapat memberi manfaat dan menambah wawasan pengetahuan Kawan Kledo, ya!

Keunggulan kompetitif merupakan sebuah keunggulan yang harusnya dimiliki oleh suatu bisnis. Tujuannya agar bisnis tersebut dapat menawarkan produk yang mampu bersaing dengan pesaingnya. Dengan demikian, penjualan produk tersebuut bernilai tinggi dan meningatkan nilai margin keuntungan perusahaan.

Dalam menjalankan bisnis, Kawan Kledo pasti membutuhkan software akuntansi untuk membantu proses akuntansi bisnis tersebut. Nah, Kledo dapat menjadi solusi alternatif yang akan membantu Kawan Kledo dalam menjalankan bisnis.

Kledo merupakan software akuntansi berbasis cloud yang digunakan lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala usaha di Indonesia. Kawan Kledo bisa lho menggunakan kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini. Yuk, sukses bersama Kledo!

Banner 1 kledo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *