6 Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi yang Baik

kualitas informasi akuntansi

Informasi akuntansi penting untuk membuat keputusan ekonomi dan memberikan informasi tentang perusahaan untuk pelaporan keuangan. Karakteristik kualitas informasi akuntansi membantu manajemen, investor, dan akuntan dalam membuat keputusan penting dan memprediksi hasil keuangan.

Mempelajari karakteristik yang berbeda dapat membantu Anda memahami bagaimana menghasilkan dokumen keuangan yang akurat dan andal yang dapat meningkatkan kesejahteraan keuangan perusahaan.

Dalam artikel ini, kami membahas apa arti istilah kualitas informasi akuntansi, karakteristiknya, menjelaskan bagaimana menggunakan karakteristik ini, dan daftar manfaatnya.

Apa itu Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi?

kualitas informasi akuntansi

Karakteristik kualitas informasi akuntansi adalah sifat-sifat yang memungkinkan para profesional keuangan untuk lebih mudah memahami dan membuat keputusan tentang laporan akuntansi.

Penting bahwa informasi akuntansi memiliki kualitas ini sehingga bisnis dapat berjalan lancar dan investor dapat membuat keputusan yang terinformasi dengan baik.

Karakteristik ini juga membantu perusahaan mengikuti perubahan hukum dan peraturan. Penting untuk dicatat bahwa tidak ada informasi akuntansi yang sepenuhnya akurat, tetapi tujuannya adalah bagaimana agar keputusan yang dibuat mendekati akurat.

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Laba Rugi Perusahaan Jasa dan Bedanya dengan Perusahaan Dagang

Apa Saja Jenis Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi?

Ada enam karakteristik kualitatif informasi akuntansi yang terdiri dari:

Relevansi (relevance)

Relevansi adalah karakteristik yang dapat membantu individu dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan keuangan suatu bisnis.

Agar informasi akuntansi memiliki relevansi, pertama-tama laporan akuntansi harus memiliki nilai konfirmatori (confirmatory value), yang memberikan informasi tentang peristiwa keuangan masa lalu.

Selain itu, laporan akuntansi juga harus mempunyai nilai prediktif (predictive value), yang dapat memberikan prediksi tentang peristiwa keuangan di masa depan.

Suatu bisnis dapat memiliki nilai konfirmatori dan prediktif untuk mengembangkan informasi akuntansi yang akurat.

Para profesional menganggap informasi akuntansi relevan jika mencakup informasi tentang peristiwa masa lalu yang dapat membantu membuat prediksi tentang peristiwa di masa depan.

Sehingga berpotensi menghasilkan lebih banyak keuntungan atau menyelesaikan masalah keuangan yang akan datang.

Misalnya, jika pemilik perusahaan tertarik untuk berinvestasi dalam aset baru, mereka dapat berkonsultasi dengan riwayat investasi mereka sebelumnya karena informasi tersebut berlaku untuk investasi masa depan.

Keandalan (representational faithfulness)

Keandalan, juga dikenal sebagai teruji, adalah informasi yang dengan benar menunjukkan transaksi, sumber daya, dan aset keuangan perusahaan secara keseluruhan.

Tiga faktor yang mengukur keandalan infromasi akuntansi perusahaan, termasuk:

Kelengkapan

Kelengkapan artinya setiap transaksi yang diselesaikan atau yang tercantum di laporan akuntansi harus dapat menggambarkan keuangannya secara akurat.

Penting bagi bisnis untuk memastikan kelengkapan informasi akuntansi karena setiap kelalaian dapat salah menggambarkan status keuangan perusahaan.

Netralitas

Perusahaan yang netral tidak melibatkan memihak pihak mana pun ketika mengevaluasi keuangannya, apakah informasinya positif atau negatif, untuk memberikan laporan yang akurat tentang kesejahteraan keuangan.

Hal ini membantu memastikan bahwa manajemen mendasarkan keputusan pada semua informasi yang tersedia, bukan hanya informasi yang bermanfaat bagi mereka.

Bebas dari kesalahan

Bebas dari kesalahan berkaitan dengan tim akuntansi perusahaan yang tidak melakukan kesalahan dalam perhitungan mereka, sehingga laporan keuangan yang dihasilkan lebih akurat.

Akurasi memastikan bahwa semua stakeholder dapat mempercayai informasi perusahaan dan menggunakannya untuk mengambil tindakan yang masuk akal.

Verifiabilitas (Verifiability)

Untuk membuat prediksi keuangan yang akurat, perusahaan memastikan informasi keuangan mereka dapat diverifikasi.

Verifiabilitas dilakukan dengan mengecek kemabali informasi keuangan dan perhitungan yang melibatkan pihak independen sehingga informasi yang tersaji layak disebarkan atau tidak.

Pihak independen terdiri dari auditor eksternal dan profesional yang mengevaluasi laporan keuangan perusahaan dan menghasilkan hasil yang sama dengan akuntan perusahaan.

Jika ini dilakukan, maka informasi perusahaan akurat dan dapat diverifikasi. Menekankan verifiability membantu mencegah kesalahan dalam informasi akuntansi perusahaan dan dapat meningkatkan kualitas informasi.

Dapat dipahami (understandability)

Karena pengambilan keputusan untuk sebuah perusahaan mungkin melibatkan para profesional di luar departemen akuntansi, seperti profesional manajerial, penting bahwa laporan keuangan mudah dipahami.

Understandability mengukur seberapa mudah seseorang dapat memahami laporan keuangan atau informasi akuntansi perusahaan. Laporan keuangan sering kali bisa mencapai puluhan halaman dan berisi kosakata dan perhitungan keuangan yang kompleks.

Tim akuntansi perusahaan dapat membuat karakteristik mudah dipahami lebih mudah dengan memberikan penjelasan dan ringkasan informasi yang ditemukan dalam laporan keuangan.

Baca juga: Tabel Persamaan Dasar Akuntansi: Pengertian dan Contohnya

Dapat dibandingkan (comparability)

Dapat dibandingkan sangat penting untuk informasi akuntansi karena membantu para profesional membedakan dan menganalisis laporan keuangan, memungkinkan mereka untuk mengambil tindakan strategis.

Komparabilitas dilakukan dengan mengevaluasi satu periode keuangan dengan periode keuangan lainnya untuk memahami tren perusahaan dan kinerja keuangan secara keseluruhan.

Suatu perusahaan dapat membandingkan laporan keuangan dengan menggunakan metode akuntansi, seperti neraca, laporan arus kas, atau laporan laba rugi.

Komparabilitas juga dapat merujuk pada kemampuan perusahaan untuk membandingkan laporan keuangannya dengan para pesaingnya.

Hal ini dapat memberikan wawasan tentang bagaimana kinerja perusahaan dan memungkinkan tim pengambil keputusan untuk memahami perubahan yang harus dilakukan sebagai tanggapan atas perbandingan tersebut.

Ketepatan waktu (timeliness)

Ketepatan waktu adalah seberapa cepat informasi akuntansi tersedia bagi para profesional. Karakteristik ini penting karena membantu individu membuat keputusan tepat waktu.

Suatu perusahaan dapat merilis laporan keuangan interim di samping laporan tahunannya untuk memastikan bahwa informasi tersebut tepat waktu.

Laporan interim dapat menawarkan informasi tentang kinerja perusahaan untuk periode tertentu, seperti triwulanan atau bulanan. Tepat waktu dengan informasi akuntansi membantu memastikan semua pengambil keputusan memiliki informasi terbaru.

Cara Menggunakan Karakteristik Kualitas Informasi Akuntansi

Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan karakteristik kualitatif informasi:

Ekstrak informasi yang relevan

Sangat penting untuk mengidentifikasi informasi yang relevan dari laporan keuangan sebelumnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat prediksi.

ini dapat membantu Anda membuat keputusan strategis untuk perusahaan dan menentukan arah yang dituju perusahaan.

Misalnya, jika Anda tertarik untuk memahami posisi kas perusahaan, Anda dapat menganalisis laporan arus kas dan membaca kas dari aktivitas operasi, investasi, dan pendanaan.

Periksa keandalan informasi

Penting untuk memeriksa apakah informasi tersebut dapat diandalkan dan lengkap untuk memastikan Anda dapat mempercayai informasi tersebut.

Informasi yang lengkap juga membantu meningkatkan pengambilan keputusan dan menghindari masalah di masa depan.

Misalnya, jika Anda menganalisis inventaris perusahaan, Anda dapat memeriksa apakah perusahaan melaporkan semua inventarisnya atau hanya barang jadi.

Verifikasi informasi

Anda dapat memverifikasi informasi dengan menggunakan berbagai metode seperti audit eksternal, verifikasi independen, atau memeriksa sumber informasi.

Cara terbaik untuk memverifikasi informasi adalah dengan menyewa auditor untuk memberikan opini yang tidak bias. Verifikasi penting untuk memastikan informasi tersebut akurat dan tidak ada salah saji material.

Baca juga: Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Akuntansi dan Kualifikasinya

Menganalisis informasi

Menganalisis informasi melibatkan pemahaman tentang arti informasi dan bagaimana Anda dapat menggunakannya.

Misalnya, pahami pendorong pendapatan dan pengeluaran jika Anda menganalisis laporan laba rugi perusahaan. Analisis ini dapat membantu Anda memprediksi kinerja keuangan perusahaan di masa depan dan mengambil tindakan yang sesuai.

Bandingkan informasi

Untuk menyelesaikan prosesnya, bandingkan informasi tersebut dengan informasi serupa dari periode keuangan yang berbeda.

Saat melakukan ini, cobalah untuk mengenali tren dan mengevaluasi kinerja keuangan secara keseluruhan sehingga Anda dapat memprediksi periode keuangan masa depan secara akurat.

Misalnya, Anda dapat membandingkan posisi kas perusahaan saat ini dengan posisi kas dari tahun sebelumnya. Jika Anda mengamati bahwa posisi kas perusahaan menurun, Anda dapat mengambil langkah untuk memperbaikinya.

Baca juga: Contoh Laporan Keuangan UMKM Berdasarkan SAK EMKM

Apa Manfaat dari Informasi Akuntansi?

Ada banyak manfaat dari informasi akuntansi , yang meliputi:

Membuat keputusan yang tepat

Informasi akuntansi ini dapat membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik tentang perusahaan dengan memberikan wawasan tentang kesehatan dan kinerja keuangan perusahaan.

Misalnya, manajemen dapat memutuskan ke mana harus mengalokasikan sumber daya dan strategi apa yang harus dikejar.

Meningkatkan komunikasi

Menyampaikan informasi akuntansi ini juga dapat membantu meningkatkan komunikasi antara manajer dan pemangku kepentingan lainnya.

Misalnya, Anda dapat menjelaskan kinerja keuangan perusahaan kepada pemegang saham atau kreditor.

Meningkatkan efisiensi bisnis

Anda dapat menggunakan informasi akuntansi untuk mengambil langkah-langkah yang meningkatkan efisiensi perusahaan di berbagai bidang.

Misalnya, Anda dapat menggunakan informasi ini untuk merampingkan operasi dan mengurangi biaya.

Baca juga: 13 Rekomendasi Software Laporan Keuangan yang Wajib Anda Coba

Menghasilkan ide-ide baru

Informasi akuntansi ini juga dapat membantu menghasilkan ide-ide baru bagi perusahaan. Misalnya, tim pemasaran dapat mengidentifikasi peluang bisnis baru atau mengembangkan strategi pemasaran baru.

Mengembangkan prediksi

Menggunakan karakteristik kualitatif dapat membantu perusahaan memprediksi bagaimana perusahaan dapat berkinerja lebih baik secara finansial.

Misalnya, perusahaan dapat menggunakan pengetahuannya tentang bagaimana konsumen berperilaku untuk mengembangkan produk yang lebih mungkin berhasil di pasar.

Memberi wawasan

Jika sebuah perusahaan mengalami kesulitan ekonomi, penelitian kualitatif dapat menawarkan wawasan tentang penyebab masalah. Hal ini dapat membantu perusahaan membuat keputusan yang lebih baik ke depannya.

Baca juga: Cara Membuat Laporan Keuangan Excel dan Contohnya

Kesimpulan

Banner 2 kledo

Demikian pembahasan mengenai karakteristik kualitas informasi akuntansi serta cara penggunaannya. Laporan akuntansi merupakan elemen penting yang digunakan banyak pihak untuk mengamankan kepentingan masing-masing.

Itulah mengapa, laporan akuntansi harus memiliki 6 kualitas yang telah kami sebutkan agar kredibel dan tidak merugikan para penggunanya.

Guna memastikan laporan akuntansi kredibel, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang menawarkan fitur otomatisasi laporan keuangan sehingga informasi yang disajikan akurat dan terbebas dari salah saji material.

Kledo juga dilengkapi dengan fitur lainnya seperti software inventory, aplikasi invoice, hitung berbagai jenis pajak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbagai fitur tersebut dirancang agar mudah digunakan bagi siapa saja dan bisa Anda akses dengan harga yang terjangkau dibandingkan software sejenis lainnya.

Tertarik mencoba? Yuk, jangan lewatkan kesempatan free trial Kledo selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + two =