Usaha Kecil Ini Punya Peluang Paling Menguntungkan, Berani Coba?

Usaha Kecil Paling Menguntungkan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan tapi banyak juga yang bingung bagaimana cara menambah penghasilan. Buat Kawan Kledo yang bekerja sebagai pegawai atau karyawan pasti sering kepikiran gimana caranya bisa menambah penghasilan karena kebutuhan yang semakin bertambah sedangkan penghasilan tidak bertambah. Mau nggak mau Kawan Kledo harus memutar otak agar bisa memenuhi kebutuhan yang semakin bertambah. Dari banyaknya pilihan yang bisa diambil, ada satu cara yang paling sering dipilih yaitu dengan membuka usaha. Lho, bukannya usaha harus mengeluarkan modal besar ya? Emang bisa ya usaha modal kecil tapi mendapatkan keuntungan yang besar?

Bisa, dong. Saat ini banyak cara yang dilakukan untuk memulai sebuah usaha. Banyak usaha yang bisa dimulai dengan modal kecil, bahkan ada lho yang bisa dimulai tanpa modal. Ingin tahu bagaimana caranya? Gampang, kok! Cukup baca artikel ini sampai selesai.

Usaha Kecil Paling Mengantungkan

Ada berbagai jenis pilihan usaha yang bisa Kawan Kledo pilih, namun tentu kita nggak bisa asal dalam membangun sebuah usaha. Ada berbagai pertimbangan yang menjadi dasar Kawan Kledo memilih sebuah usaha, salah satunya adalah keuntungan. Usaha yang memiliki keuntungan besar tentu lebih menarik untuk dikembangkan dibandingkan dengan usaha yang memiliki keuntungan kecil. Semakin besar keuntungan yang diberikan, semakin menarik pula untuk dikembangkan. Nah, berikut usaha kecil paling menguntungkan yang bisa dimulai oleh siapa saja, termasuk Kawan Kledo.

1. Kursus Online

usaha menguntungkan

Usaha pertama dengan modal yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah kursus online. Kursus online ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang memiliki kemampuan dalam bidang tertentu, seperti matematika, bahasa Inggris, atau pelajaran lainnya di sekolah. Jika membangun kursus regular membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena harus menyiapkan tempat, peralatan, dan sarana dan pra sarana yang mendukung. Berbeda dengan kursus online yang tidak membutuhkannya.

Kawan Kledo bisa membuka kursus online dari rumah dengan modal komputer atau laptop, smartphone, dan koneksi internet. Pelajaran yang bisa diajarkan juga beragam. Semakin banyak pelajaran yang Kawan Kledo bisa, semakin besar pula peluang Kawan Kledo untuk mengajar kursus online.

2. Wedding Organizer

wedding

Usaha modal kecil selanjutnya yang bisa Kawan Kledo mulai adalah wedding organizer. Wedding organizer merupakan bisnis yang berhubungan dengan pernikahan. Banyak calon pengantin yang rela mengeluarkan biaya tidak sedikit demi hari bahagia tersebut dan tentunya ini menjadi peluang usaha yang sangat menjanjikan.

Wedding orgznizer bertugas untuk mengatur acara pernikahan pasangan pengantin berjalan dengan sempurna. Meskipun ini terdengar cukup sederhana, namun jangan meremehkan keuntungan yang diberikan bisnis ini. Nyatanya bisnis ini memiliki prospek yang sangat besar. Bahkan nilai dari bisnis ini mencapai triliunan rupiah.

3. Dropshiper

dropship

Bisnis selanjutnya yang sangat cocok buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Tidak hanya bisa dimulai dengan modal kecil, bisnis satu ini juga bisa dilakukan dari rumah dan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan. Dropshiper sendiri merupakan bisnis yang dilakukan dengan menjualkan produk milik orang lain tanpa menyediakan stok. Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa baca di sini.

4. Bisnis Makanan Ringan

usaha menguntungkan

Bisnis makanan ringan menjadi bisnis yang bisa Kawan Kledo mulai dengan modal kecil. Meskipun bisnis ini tampak sederhana, namun jika Kawan Kledo melakukannya dengan sungguh-sungguh, bisnis ini akan memberikan keuntungan yang besar. Kawan Kledo bisa menjual berbagai makanan ringan, seperti keripik pisang, keripik singkong, atau keripik kentang. Selain keripik, Kawan Kledo juga bisa menjual makanan ringan lainnya hasil olahan sendiri.

Ada banyak cara untuk menjual produk makanan ringan, mulai dari menitipkannya di warung atau supermarket, jual per kilo atau bisa juga jual secara online. Untuk membuat produk makanan ringan Kawan Kledo menarik, Kawan Kledo bisa melakukan inovasi di setiap produk. Ada banyak inovasi yang bisa dilakukan, mulai dari memberi varian rasa baru atau bisa juga dari cara pengemasan.

5. Franchise

usaha kecil menguntungkan

Buat Kawan Kledo yang ingin membuka usaha tanpa harus repot-repot memikirkan ide dan manajemen usaha, bisa banget mencoba usaha franchise atau waralaba. Franchise merupakan bisnis yang menawarkan paket bisnis kepada pembeli. Ketika Kawan Kledo melakukan pembelian sebuah franchise, Kawan Kledo akan mendapatkan satu paket mulai dari merek, bahan baku, manajemen bisnis, sampai karyawan. Kawan Kledo hanya perlu mengeluarkan biaya untuk modal dan Kawan Kledo langsung bisa menjalankannya tanpa memikirkan ide atau manajemennya. Ingin membuka franchise makanan atau franchinse minuman? Semuanya bisa dilakukan!

6. Toko Online

usaha menguntungkan

Di tengah zaman yang serba online, banyak orang lebih suka membeli online daripada membeli secara langsung di toko atau pasar. Oleh karena ini peluang memiliki toko online saat ini cukup menjanjikan. Modal yang dibutuhkan juga tidak banyak. Kawan Kledo tidak harus menyewa toko dan membeli peralatan toko seperti etalase atau gantungan baju untuk berjualan. Kawan Kledo hanya perlu membuat toko online berupa website atau di media sosial seperti Instagram dan Kawan Kledo bisa langsung menjual produk Kawan Kledo.

7. Katering

usaha katering menguntungkan

Bisnis selanjutnya yang bisa Kawan Kledo mulai dengan modal kecil yaitu bisnis katering. Bisnis ini sangat cocok bagi Kawan Kledo yang tinggal di perkotaan, Kawan Kledo bisa membuat katering untuk makan siang atau makan malam. Bahkan Kawan Kledo juga bisa membuat inovasi-inovasi baru seperti katering khusus diet atau katering khusus makanan sehat.

8. Tour Travel

usaha menguntungkan

Saat ini traveling atau jalan-jalan tidak hanya jadi kebutuhan tersier, tapi juga sudah berubah ke kebutuhan sekunder. Tidak jarang orang yang rela merogoh kocek cukup dalam untuk menghilangkan penat dari pekerjaan. Makanya bisnis tour travel menjadi bisnis yang sangat menjanjikan di saat seperti ini. Kawan Kledo tidak perlu mengeluarkan modal untuk membeli kendaraan atau armada karena Kawan Kledo bisa melakukan kerja sama dengan pemilik armada atau kendaraan.

9. Sewa Pakaian

bisnis baju

Kawan Kledo pasti pernah mendengar bisnis sewa mobil, tapi pernahkan mendengar bisnis sewa pakaian? Meskipun bisnis ini terdengar cukup sederhana, namun keuntungan yang dijanjikan sangat lumayan, lho. Sewa pakaian sering dipilih karena kebutuhan seseorang akan pakaian cukup besar. Daripada harus membeli untuk satu acara, lebih baik menyewa. Dengan menyewa juga bisa lebih berhemat. Kawan Kledo tertarik dengan bisnis ini? Jangan lupa memasarkannya secara online ya!

10. Mainan Anak

bisnis mainan

Bisnis terakhir yang bisa Kawan Kledo mulai dengan modal kecil yaitu bisnis mainan anak. Bisnis mainan anak merupakan bisnis yang tidak pernah luntur oleh zaman. Dari zaman Kawan Kledo kecil sampai Kawan Kledo dewasa anak-anak tetap menyukai mainan, maka dari itu bisnis satu ini memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Kawan Kledo bisa memulai bisnis ini sebagai reseller atau bisa juga dengan sistem dropship.

Bagaimana Menghitung Keuntungan

Setelah mengetahui usaha kecil yang paling menguntungan yang bisa Kawan Kledo kembangkan, selanjutnya adalah menghitung keuntungan dari bisnis. Sebagai pemilik usaha, Kawan Kledo pasti menginginkan bisnisnya akan memberikan keuntungan dan langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui cara menghitung keuntungan. Sebenarnya bagaimana sih caranya menghitung keuntungan usaha?

Cara Menghitung Keuntungan

Untuk menghitung keuntungan suatu usaha, Kawan Kledo harus menghitung harga pokok penjualan terlebih dahulu. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menghitung keuntungan usaha:

Tentukan Total Pendapatan

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk menghitung keuntungan usaha adalah menentukan total pendapatan usaha yang didapatkan. Kawan Kledo bisa menambahkan perolehan berdasarkan periode tertentu, seperti per bulan, per tiga bulan, atau per tahun). Pendapatan usaha sendiri merupakan seluruh total pendapatan yang didapatkan dari hasil usaha, baik dari barang yang dijual atau dari jasa yang diberikan. Kawan Kledo juga harus mengurangi pendapatan jika ada retur barang yang dipesan. Ini dilakukan agar tidak terjadi salah hitung ke depannya.

Hitung Beban

Langkah kedua yang harus dilakukan untuk menghitung keuntungan usaha adalah menghitung beban yang dikeluarkan selama periode usaha. Beban yang dimaksudkan di sini adalah keseluruhan beban yang digunakan di periode tersebut, seperti beban sewa, beban listrik, beban gaji, dan beban lainnya yang dikeluarkan. Kawan Kledo harus mencatat seluruh beban yang dikeluarkan, baik beban kecil atau besar karena meskipun beban yang dikeluarkan kecil tetap berpengaruh ke keuntungan yang didapat.

Kurangi Pendapatan dengan Beban

Setelah mengetahui jumlah pendapatan dan beban yang dikeluarkan, langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mengurangi pendapatan dengan beban yang dikeluarkan. Jika Kawan Kledo mendapatkan hasil plus itu artinya Kawan Kledo mendapatkan keuntungan usaha, sedangkan jika hasil yang didapatkan minus berarti Kawan Kledo mengalami kerugian.

Bagaimana Membuat Bisnis Untung Berlimpah

Setiap usaha atau bisnis pasti ingin mendapatkan keuntungan yang berlimpah, tapi banyak bisnis yang tidak tahu bagaimana caranya. Berikut tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar bisnis yang Kawan Kledo miliki mendapatkan keuntungan yang berlimpah:

1. Promosi Adalah Kunci

Banyak yang menyangka hal paling penting dalam berbisnis adalah membuat produk yang berkualitas. Memang, produk yang berkualitas menjadi poin penting yang akan menentukan keuntungan namun ternyata ada yang lebih penting dalam meningkatkan penjualan dan mendapatkan untung berlimpah yaitu promosi. Promosi adalah cara yang dilakukan untuk memperkenalkan produk Kawan Kledo ke masyarakat luas. Cara ini sangat penting karena sebagus apapun produk Kawan Kledo jika tidak dilakukan promosi, tidak akan ada yang tahu produk Kawan Kledo. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk promosi produk, baik secara online atau offline. Kawan Kledo bisa juga lho menggunakan Instagram sebagai tempat promosi usaha Kawan Kledo.

2. Berikan Pelayanan Terbaik

Tips kedua yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Ini penting banget karena sebaik apapun produk yang dijual, jika pelayanannya buruk maka pelanggan enggan untuk kembali lagi. Kawan Kledo bisa memberikan pelayanan terbaik dengan cara bersikap ramah kepada setiap pelanggan, berikan senyuman saat melayani pelanggan, dan membuat pelanggan merasa nyaman saat membeli produk Kawan Kledo.

3. Lakukan Inovasi Produk

Cara ketiga yang bisa Kawan Kledo lakukan adalah dengan melakukan inovasi produk. Inovasi dilakukan agar produk Kawan Kledo selalu mengalami pembaruan dan membuat pelanggan penasaran. Inovasi bisa dilakukan setiap beberapa bulan sekali dengan cara membuat produk baru atau membuat tampilan dan varian rasa atau jenis baru.

Mengatur Keuangan Bisnis agar Untung Berlimpah

Keuangan menjadi kunci utama jika Kawan Kledo ingin mengembangkan suatu usaha. Sebaik apapun atau sebagus apapun produk Kawan Kledo, jika keuangan tidak dikelola dengan baik maka bisa menyebabkan kerugian pada usaha. Seperti yang telah dijelaskan di atas, setiap pengeluaran atau beban baik yang besar atau kecil harus dilakukan pencatatan. Ini dilakukan agar penghitungan keuntungan dapat dilakukan secara tepat. Namun di luaran sana banyak pengusaha yang tidak melakukan pencatatan secara tepat karena menganggap sepela pengeluaran atau beban kecil. Padahal meskipun kecil, pengeluaran atau beban tersebut tetap akan mempengaruhi keuntungan yang didapat.

Salah satu alasan yang menyebabkan pengusaha menyepelekan pencatatan keuangan adalah karena ribetnya pencatatan keuangan. Terlebih pengusaha yang melakukan pencatatan keuangan secara manual. Padahal sebenarnya ada lho cara yang lebih praktis dan mudah, yaitu dengan menggunakan software akuntansi. Software akuntansi yang bis jadi pilihan adalah software akuntansi dari Kledo. Kledo merupakan akuntansi berbasis cloud yang dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan mempermudah pengelolaan keuangan. Tidak hanya dilengkapi berbagai fitur akuntansi, Kledo juga bisa digunakan gratis selama 14 hari. Dengan Kledo, pencatatan keuangan yang awalnya ribet jadi mudah dan praktis. Menghitung keuntungan juga jauh lebih mudah.

Kesimpulan

Mendapatkan keuntungan yang berlimpah merupakan tujuan dari bisnis, baik bisnis yang bergerak di bidang dagang atau bisnis di bidang jasa. Kawan Kledo bisa mencoba bisnis-bisnis kecil yang bisa memberikan keuntungan berlimpah, namun lebih dari itu yang terpenting adalah mengelola keuangan dengan baik. Karena sebesar apapun keuntungan yang didapat, jika keuangan tidak dikelola secara baik maka akan sulit untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *