Bisnis Suistanable: Pengertian, Konsep, dan Manfaatnya

bisnis suistanable

Bisnis suistanable adalah model bisnis terbaru yang menaruh perhatian kepada kelestarian lingkungan. Model bisnis ini timbul dari kekhawatiran masyarakat tentang perubahan iklim, polusi, kemiskinan dan hilangnya keanekaragaman hayati. Karena itu, banyak orang telah mengadopsi gaya hidup berkelanjutan dan umumnya mendukung bisnis suistanable yang memiliki rencana keberlanjutan perusahaan.

Jika Anda memiliki minat dalam bisnis suistanable, penting untuk memahami pembangunan berkelanjutan sehingga Anda dapat menciptakan efisiensi operasional yang menguntungkan dan mempertimbangkan generasi mendatang.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu bisnis suistanable, mengeksplorasi tiga pilar utamanya, mengapa hal itu penting, merinci strategi keberlanjutan, meninjau manfaatnya, dan membuat daftar beberapa pekerjaan dalam keberlanjutan.

Apa Itu Bisnis Suistanable?

Bisnis suistanable adalah ketika bisnis merangkul praktik dan kebijakan berkelanjutan dalam model bisnisnya. Teori keberlanjutan mengakui sumber daya planet memiliki keterbatasan dan bertujuan untuk mengatasi penipisan sumber daya ini.

Memiliki strategi yang berkelanjutan dapat memungkinkan bisnis untuk memberikan produk atau layanannya dengan cara yang berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dengan dampak negatif minimum terhadap lingkungan dan komunitasnya.

Baca juga: Customer Development: Pengertian, Tahapan, Contoh, dan Manfaatnya

Konsep 3 Pilar Bisnis Suistanable

Inisiatif keberlanjutan perusahaan biasanya berfokus pada tiga bidang utama, yaitu:

Ketahanan Lingkungan

Banyak bisnis membutuhkan sumber daya alam untuk beroperasi. Sumber daya ini dapat mencakup tanah, air, batu bara, dan gas, yang banyak di antaranya membutuhkan waktu lama untuk pulih kembali.

Kelestarian lingkungan biasanya berfokus pada pengurangan jejak karbon bisnis untuk membantu mengurangi perubahan iklim, dan menghormati siklus regenerasi dan kelangkaan sumber daya alam. Strategi kelestarian lingkungan yang paling efektif biasanya adalah strategi yang berlaku di seluruh rantai pasokan bisnis.

Kelestarian lingkungan umumnya melibatkan pengurangan limbah dan energi serta penggunaan bahan dan produk yang berkelanjutan.

Keberlanjutan sosial

Bisnis tidak hanya berdampak pada lingkungan, tetapi juga dapat mempengaruhi orang, komunitas, dan masyarakat pada umumnya. Karena itu, elemen penting dari bisnis yang berkelanjutan biasanya mencakup tingkat kesadaran dan tanggung jawab sosial yang tinggi.

Keberlanjutan sosial dalam bisnis berfokus pada hak asasi manusia dan keragaman. Ini dapat melibatkan memastikan bisnis memberikan kesempatan yang sama dan remunerasi yang adil, dan mengambil inisiatif untuk mendukung kesejahteraan dan keselamatan karyawan, pelanggan, pemangku kepentingan dan masyarakat luas.

Baca juga: Pemasaran Transaksional: Arti, Strategi, Pro Kontra, dan Contohnya

Keberlanjutan Ekonomi

Biasanya ada tekanan signifikan pada bisnis untuk menghasilkan keuntungan dengan cepat, tetapi menjadi berkelanjutan membutuhkan fokus jangka panjang.

Keberlanjutan ekonomi berfokus pada peningkatan pertumbuhan ekonomi, tetapi dengan cara yang tidak merugikan lingkungan atau masyarakat. Ini dapat melibatkan pengurangan penggunaan sumber daya alam, seperti mengadopsi penggunaan energi terbarukan. Para pemimpin bisnis biasanya menerapkan strategi keberlanjutan ekonomi secara bertahap dari waktu ke waktu.

Mengapa Bisnis yang Suistanable Itu Penting?

Beberapa bisnis, terutama perusahaan global besar, bisa sangat berpengaruh. Pilihan yang dibuat oleh para eksekutif dalam jenis bisnis ini dapat secara signifikan mempengaruhi masyarakat. Masyarakat memberikan tekanan yang semakin besar pada bisnis untuk menerapkan praktik berkelanjutan.

Pemerintah, pembayar pajak, dan pemegang saham biasanya ingin melihat bisnis menunjukkan pertimbangan bagi manusia dan planet ini. Bisnis yang gagal menerapkan praktik keberlanjutan dapat menghadapi risiko besar kehilangan kepercayaan masyarakat.

Pendekatan berkelanjutan untuk bisnis penting untuk lebih dari sekedar efek lingkungan yang positif. Mengintegrasikan keberlanjutan dapat berkontribusi pada kesuksesan finansial keseluruhan bisnis dalam jangka panjang.

Meskipun berinvestasi dalam praktik berkelanjutan mungkin memerlukan biaya pada awalnya, praktik ini dapat membantu mengurangi biaya seiring waktu. Menurut banyak penelitian, beberapa bisnis yang paling berkelanjutan biasanya juga merupakan bisnis yang paling menguntungkan.

Banner 1 kledo

Strategi Keberlanjutan untuk Bisnis

Dalam peran kepemimpinan, ini bisa menjadi bagian dari tugas Anda untuk membuat, menerapkan, dan memantau strategi keberlanjutan. Banyak strategi berhubungan dengan sifat spesifik bisnis, sumber daya yang digunakannya, dan produk yang dihasilkannya.

Di bawah ini, Anda dapat menemukan beberapa strategi keberlanjutan umum yang dapat diterapkan oleh sebagian besar pemimpin dan manajer bisnis:

Batasi Produksi Berlebih

Overproduksi umumnya merupakan hasil dari ketidakseimbangan penawaran dan permintaan. Ini merupakan kontributor yang signifikan untuk limbah berlebih. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan terjadinya overproduksi, antara lain pengadaan yang berlebihan dan penimbunan yang tidak perlu.

Untungnya, perangkat lunak intelijen bisnis modern yang menawarkan analisis, perkiraan, dan pemantauan yang efisien memudahkan untuk membatasi produksi berlebih secara efektif.

Baca juga: Apa Itu Bisnis FMCG? Jenis dan Contoh Perusahaannya

Pengadaan Secara Etis

Keberlanjutan melampaui bisnis itu sendiri dan meluas ke pemasok dan praktik mereka. Untuk membantu bisnis menjadi lebih berkelanjutan, sangat penting untuk mendapatkan pemahaman tentang kebijakan tenaga kerja pemasok mereka dan metode ekstraksi dan produksi mereka untuk bahan baku.

Membangun hubungan dengan pemasok yang etis dapat mendorong keberlanjutan di seluruh rantai pasokan bisnis.

Baca juga: Ansoff Matrix: Pengertian, 4 Jenis Strategi, dan Pentingnya bagi Bisnis

Paperless

Berubah ke bisnis tanpa kertas bisa menjadi cara yang fantastis untuk mengurangi jejak karbon bisnis. Karena munculnya teknologi dan internet, ini adalah strategi yang jauh lebih mudah untuk diterapkan daripada sebelumnya.

Ada banyak solusi teknologi untuk mengganti kertas. Ini mungkin termasuk perangkat lunak manajemen hubungan pelanggan sebagai pengganti lemari arsip kertas dan software akuntansi untuk penagihan tanpa kertas.

Kurangi Plastik Sekali Pakai

Tempat kerja dapat mengaduk-aduk sejumlah besar plastik sekali pakai seperti kantong sampah, pod kopi, air sekali pakai dan cangkir kopi, botol air, dan peralatan dapur sekali pakai. Mengurangi penggunaan plastik di ruang kantor dapat membantu meminimalkan jumlah plastik yang berakhir di tempat pembuangan sampah.

Ketika dunia menjadi lebih berpikiran keberlanjutan, jumlah alternatif plastik tumbuh. Mengurangi plastik sekali pakai dalam bisnis bisa sesederhana menyediakan air yang disaring dan gelas kertas kepada karyawan, bukan botol air.

Daur Ulang Sedapat Mungkin

Ada banyak hal yang digunakan bisnis setiap hari yang dapat didaur ulang, dari kertas hingga plastik hingga logam dan bahkan seluruh komputer. Mengembangkan budaya daur ulang dalam bisnis memerlukan staf yang mendorong dan menyediakan hal-hal seperti tempat sampah daur ulang yang ditempatkan secara strategis dengan pemberitahuan nasihat.

Manajer bisnis juga dapat mempertimbangkan untuk memperkenalkan kartrid tinta isi ulang dan baterai isi ulang, misalnya. Bisnis juga dapat memilih untuk bekerja dengan pemasok mereka untuk memastikan bahwa persediaan dan kemasan terbuat dari bahan yang dapat didaur ulang.

Optimalkan Utilitas

Penggunaan utilitas, seperti air dan listrik, biasanya tinggi di ruang kantor. Salah satu cara menerapkan praktik berkelanjutan ke tempat kerja adalah dengan berinvestasi dalam utilitas ramah lingkungan. Meskipun ini dapat memerlukan beberapa biaya di muka, ini dapat mengurangi biaya tagihan listrik di masa depan dan mengurangi kerusakan lingkungan.

Anda dapat mempertimbangkan bola lampu hemat energi, tenaga surya atau pemanas air dan pendingin udara yang efisien. Organisasi yang sedang membangun tempat baru atau memperbarui yang lama dapat membangun keberlanjutan ke dalam banyak elemen desain, seperti kontrol iklim pasif dan daur ulang air limbah.

Manfaat Bisnis Suistanable

bisnis suistanable

Ada banyak manfaat keberlanjutan perusahaan untuk bisnis dan karyawannya. Di bawah ini, Anda dapat menemukan daftar beberapa manfaat paling umum:

  • Kontribusi positif: Manfaat utama keberlanjutan perusahaan adalah kesempatan untuk berbuat baik dan berkontribusi positif kepada masyarakat. Dengan menerapkan strategi berkelanjutan, sebuah bisnis dapat mengambil bagian dalam menjaga planet ini untuk generasi yang akan datang.
  • Keunggulan kompetitif: Banyak konsumen lebih memilih untuk mendukung bisnis yang mempertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan dan menggunakan metode yang berkelanjutan. Model bisnis yang berkelanjutan juga dapat mempromosikan loyalitas merek.
  • Peningkatan produktivitas: Produk sampingan dari praktik perusahaan yang berkelanjutan seringkali dapat berupa proses yang mulus dan efisiensi operasional. Ini dapat berarti output yang lebih tinggi dan produktivitas bisnis secara keseluruhan.
  • Pengurangan biaya: Sementara meningkatkan keberlanjutan bisnis dapat datang dengan biaya dimuka, biasanya mengurangi biaya bisnis dari waktu ke waktu. Peningkatan produktivitas yang dapat dialami bisnis ketika memperkenalkan langkah-langkah berkelanjutan juga dapat secara signifikan mengurangi biaya operasional.
  • Kepentingan investor dan karyawan: Masyarakat, khususnya Generasi Y dan Z, biasanya suka bergaul dengan bisnis yang menghargai lingkungan dan orang-orangnya. Menampilkan upaya keberlanjutan bisnis dapat menarik karyawan dan investor yang berpikiran sama yang diperlukan untuk ekspansi.

Baca juga: Ekonomi Digital: Arti Pentingnya, Jenis, dan Contohnya

Pekerjaan yang Berhubungan dengan Bisnis Suistanable

Ada beberapa pekerjaan yang dapat Anda pertimbangkan yang berfokus pada menciptakan operasi bisnis yang berkelanjutan. Di bawah ini, Anda dapat menemukan beberapa pekerjaan populer yang berfokus pada keberlanjutan bisnis dengan gaji rata-rata dan tugas utama mereka:

1. Konsultan Keberlanjutan

Tugas utama: Konsultan keberlanjutan biasanya bekerja sementara untuk sebuah bisnis untuk menciptakan solusi berkelanjutan yang dapat meningkatkan keberlanjutannya tanpa menghambat pertumbuhannya.

Mereka melakukan penelitian terhadap jejak karbon bisnis dan operasi bisnis umum untuk mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan. Konsultan ini mengembangkan dan menyajikan rencana keberlanjutan strategis kepada para pemimpin bisnis dan pemangku kepentingan utama.

Mereka juga dapat mendidik dan melatih karyawan tentang topik utama yang berhubungan dengan keberlanjutan lingkungan, sosial dan ekonomi.

2. Petugas Keberlanjutan

Tugas utama: Petugas keberlanjutan terus mengevaluasi faktor-faktor yang memengaruhi kinerja bisnis, seperti laba, tenaga kerja, dan pandangannya tentang keberlanjutan. Biasanya bagian dari peran mereka untuk bekerja dengan semua karyawan di seluruh organisasi untuk memperjuangkan inisiatif keberlanjutan.

Sementara petugas keberlanjutan membantu bisnis mengurangi jejak karbonnya, peran mereka juga memiliki fokus besar untuk menciptakan kondisi kerja yang lebih baik dan mengembangkan serta menerapkan protokol keselamatan yang ditingkatkan.

3. Manajer Lingkungan

Tugas utama: Manajer lingkungan mengawasi kinerja lingkungan bisnis. Mereka menciptakan, menerapkan dan mengendalikan strategi lingkungan yang mempromosikan operasi bisnis yang berkelanjutan.

Manajer lingkungan biasanya mengembangkan rencana pengurangan limbah, energi terbarukan, dan pengelolaan polusi. Mereka memastikan bisnis mematuhi peraturan lingkungan nasional dan negara bagian dan dapat menilai, menganalisis, menyusun, dan melaporkan data ke badan pengatur, karyawan bisnis, dan pelanggannya.

Baca juga: Going Concern dalam Akuntansi dan Auditing Keuangan

Kesimpulan

Itulah pemaparan mengenai bisnis suistanable hingga profesi yang terkait dengannya. Intinya, bisnis suistanable merupakan model bisnis terbaru yang tidak hanya bertujuan mendapatkan profit karena bisnis turut berkontribusi terhadap kelestarian lingkungan.

Dalam menjalankan bisnis, pembukuan merupakan bagian integral yang tidak bisa dipisahkan. Untuk memudahkan proses tersebut, Anda bisa menggunakan bantuan software akuntansi online dari Kledo.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang dibekali dengan berbagai fitur untuk mendukung jalannya bisnis Anda. Mulai dari pembukuan otomatis, membuat faktur instan, pajak, pembelian, manajemen aset dan inventory, hingga otomatisasi laporan keuangan bisa diselesaikan cukup dengan satu aplikasi saja.

Software ini sudah digunakan lebih dari 35 ribu pelaku usaha dari seluruh penjuru Indonesia. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera tingkatkan level bisnis Anda dengan menggunakan Kledo sekarang juga. Anda juga bisa menggunakan Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 18 =