Pahami 10 Cabang Akuntansi Ini untuk Tentukan Pilihan Karirmu

cabang akuntansi

Jika kamu tertarik dengan bidang keuangan dan ingin mencari karir yang menjanjikan, cabang akuntansi bisa menjadi pilihan yang tepat.

Sebagai seorang akuntan, kamu akan bertanggung jawab untuk memantau dan mengelola keuangan suatu perusahaan, organisasi, atau individu.

Dalam era digital seperti sekarang, kemampuan akuntansi digital seperti analisis data dan laporan keuangan yang canggih semakin penting.

Dalam artikel ini, Kledo akan membahas 10 cabang akuntansi yang bisa menjadi pilihan karir menarik dan apa saja keuntungan yang dapat kamu peroleh di bidang ini. Yuk, simak artikel ini selengkapnya ya!

Cabang Akuntansi Mana yang Jadi Pilihan Karirmu?

gambar 1

Keputusan akhir tentang cabang akuntansi mana yang layak untuk karir tergantung pada minat, keahlian, dan preferensi pribadi yang kamu miliki.

Namun, beberapa cabang akuntansi yang umumnya dianggap “worth it” untuk karir di Indonesia adalah:

Akuntansi publik

Akuntansi publik adalah cabang akuntansi yang terkait dengan pemeriksaan dan verifikasi laporan keuangan perusahaan, termasuk audit dan jasa konsultasi keuangan.

Seorang akuntan publik bekerja dengan perusahaan dan organisasi untuk memastikan bahwa laporan keuangan mereka memenuhi standar akuntansi yang berlaku.

Peran seorang akuntan publik meliputi:

Audit laporan keuangan

Ini adalah proses pemeriksaan laporan keuangan sebuah perusahaan untuk memastikan bahwa mereka akurat, lengkap, dan sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Baca juga: Mengenal 3 Standar Audit yang Berlaku di Indonesia

Konsultasi keuangan

Seorang akuntan publik juga dapat memberikan saran keuangan dan konsultasi kepada klien dalam hal perencanaan keuangan, analisis biaya, maupun strategi keuangan.

Perencanaan pajak

Seorang akuntan publik dapat membantu klien dalam perencanaan pajak, termasuk pengaturan pajak dan strategi perpajakan yang tepat.

Perusahaan-perusahaan besar sering membutuhkan jasa akuntan publik untuk memeriksa laporan keuangan mereka agar sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku.

Karena itu, karir di bidang akuntansi publik dapat menawarkan peluang yang menjanjikan bagi seseorang yang berminat dalam bidang akuntansi.

Beberapa perusahaan besar di Indonesia yang terkenal dengan jasa akuntansi publiknya antara lain Deloitte, Ernst & Young, PricewaterhouseCoopers, dan KPMG.

Baca juga: Cara Menghitung Total Aset dalam Bisnis

Akuntansi manajemen

Akuntansi manajemen adalah cabang akuntansi yang berkaitan dengan penggunaan informasi keuangan untuk membantu manajemen membuat keputusan bisnis strategis.

Seorang akuntan manajemen bekerja sama dengan manajemen perusahaan atau organisasi untuk membantu mereka merencanakan anggaran, mengelola biaya, dan membuat keputusan investasi.

Adapun jobdesk utama seorang akuntan manajemen meliputi:

Perencanaan anggaran

Seorang akuntan manajemen bertugas membantu pihak manajemen dalam menyusun anggaran, mengatur sumber daya keuangan, dan mengontrol pengeluaran agar tetap sesuai dengan anggaran.

Analisis biaya

Seorang akuntan manajemen juga dapat melakukan analisis biaya untuk membantu manajemen memahami dan mengelola biaya-biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan atau organisasi.

Pengambilan keputusan investasi

Seorang akuntan manajemen dapat membantu manajemen dalam mengambil keputusan investasi yang tepat, misalnya dengan melakukan analisis keuangan dan risiko.

Dalam karir di bidang akuntansi manajemen, seorang profesional harus memiliki pemahaman yang baik tentang sistem akuntansi dan keuangan, serta kemampuan analitis dan komunikasi yang baik.

Beberapa posisi yang umum dalam bidang akuntansi manajemen antara lain analis keuangan, manajer keuangan, dan akuntan biaya.

Baca juga: Berapa Sih Gaji Akuntan di Indonesia? Yuk, Intip Selengkapnya Di Sini!

Akuntansi pajak

Akuntansi pajak adalah cabang akuntansi yang terkait dengan pemenuhan kewajiban pajak perusahaan atau individu.

Seorang akuntan pajak bertugas membantu klien dalam menyusun laporan pajak, memahami peraturan perpajakan yang berlaku, serta meminimalkan beban pajak yang harus dibayar.

Selain itu, akuntan pajak juga bertugas untuk:

Persiapan dan pelaporan pajak

Akuntan pajak bertugas membantu klien dalam mempersiapkan laporan pajak, menghitung kewajiban pajak, serta melaporkan pajak sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.

Perencanaan pajak

Akuntan pajak juga bisa membantu klien dalam merencanakan pajak agar dapat meminimalkan beban pajak yang harus dibayar.

Konsultasi perpajakan

Selain 2 tugas sebelumnya, akuntan pajak juga dapat memberikan saran dan konsultasi kepada klien dalam hal perpajakan, seperti dalam hal struktur perusahaan, pengaturan pajak, dan perubahan peraturan perpajakan.

Bidang karir yang umum dalam bidang akuntansi pajak antara lain analis pajak, konsultan pajak, dan pengacara pajak.

Baca juga: Tertarik Jadi Akuntan? Yuk, Kenali Jobdesk Akuntan Berikut Ini

Akuntansi keuangan

Akuntansi keuangan adalah cabang akuntansi yang berkaitan dengan pencatatan dan pelaporan informasi keuangan sebuah perusahaan atau organisasi.

Tujuannya adalah untuk memberikan informasi yang akurat dan terpercaya mengenai kinerja keuangan perusahaan atau organisasi kepada para pemangku kepentingan, seperti pemilik, investor, kreditor, dan pihak berwenang.

Seorang akuntan keuangan, memiliki jobdesk sebagai berikut:

Pencatatan transaksi keuangan

Akuntan keuangan bertanggung jawab untuk mencatat setiap transaksi keuangan perusahaan atau organisasi ke dalam sistem akuntansi.

Pelaporan keuangan

Akuntan keuangan juga bertanggung jawab untuk mempersiapkan laporan keuangan seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Audit keuangan

Terakhir, akuntan keuangan dapat melakukan audit keuangan untuk memverifikasi keakuratan informasi keuangan yang dilaporkan oleh perusahaan atau organisasi.

Jika kamu tertarik berkarir di bidang akuntansi keuangan, kamu wajib memiliki pemahaman yang baik tentang konsep akuntansi, prinsip akuntansi, dan standar pelaporan keuangan yang berlaku.

Untuk pilihan karir dalam bidang akuntansi keuangan di antaranya adalah akuntan publik, akuntan internal, dan manajer keuangan.

Baca juga: Cara Menjadi Accounting Manager dan Kenali Berbagi Tugasnya

Akuntansi forensik

Akuntansi forensik adalah cabang akuntansi yang menggabungkan keterampilan investigasi dan audit keuangan untuk menemukan bukti-bukti dalam kasus-kasus hukum yang terkait dengan keuangan.

Akuntansi forensik biasanya digunakan dalam investigasi kasus-kasus seperti penipuan, pencucian uang, dan pelanggaran lainnya.

Adapun akuntan forensik mempunyai tugas umum sebagai berikut:

Investigasi dan analisis keuangan

Seorang akuntan forensik harus mampu melakukan investigasi dan analisis keuangan untuk menemukan bukti-bukti dalam kasus-kasus hukum yang terkait dengan keuangan.

Pemulihan aset

Akuntan forensik dapat membantu dalam pemulihan aset yang hilang atau dicuri, seperti dalam kasus pencurian identitas atau pencucian uang.

Testimoni ahli

Akuntan forensik juga dapat memberikan testimoni ahli dalam kasus-kasus hukum yang terkait dengan keuangan.

Baca juga: Mau Kerja Part Time Akuntan? Pahami dulu Aturan dan Jenis Kerjanya

Akuntansi biaya

Akuntansi biaya adalah cabang akuntansi yang fokus pada perhitungan dan analisis biaya yang terkait dengan produksi dan distribusi barang atau jasa.

Cabang akuntansi ini bertujuan untuk membantu manajemen dalam pengambilan keputusan bisnis dengan cara menyediakan informasi tentang biaya produksi, biaya distribusi, serta analisis margin laba produk.

Pilihan profesi yang berkaitan dengan bidang akuntansi biaya antara lain menjadi seorang analis biaya, analis keuangan, dan manajer biaya.

Apabila kamu menaruh minat pada bidang ini, pastikan bahwa kamu pemahaman yang kuat tentang prinsip-prinsip akuntansi, perhitungan biaya, dan analisis keuangan.

Baca juga: Mengenal Big 4 KAP, Cara Berkarir Disana, Kelebihan dan Kekurangannya

Akuntansi syariah

Akuntansi syariah adalah cabang akuntansi yang mengikuti prinsip-prinsip syariah atau Islam dalam pengelolaan keuangan dan bisnis.

Prinsip-prinsip ini meliputi konsep keadilan, transparansi, tanggung jawab sosial, serta penghindaran dari riba, maysir (perjudian), dan gharar (ketidakpastian).

Beberapa aspek yang dianalisis dalam akuntansi syariah antara lain:

Zakat

Pembayaran zakat adalah salah satu kewajiban bagi umat Muslim. Akuntansi syariah melibatkan perhitungan dan pengelolaan zakat yang tepat, seperti pembayaran zakat pada waktu yang tepat dan penentuan penerima zakat.

Mudharabah

Mudharabah mengatur konsep kerja sama bisnis antara investor dan pengelola usaha. Akuntansi syariah bertujuan untuk memastikan bahwa pembagian keuntungan dilakukan secara adil sesuai dengan persentase kerja sama yang disepakati.

Murabahah

Muravahah merupakan konsep jual beli dengan sistem pembayaran yang diatur. Akuntansi syariah memastikan transaksi jual beli dilakukan dengan cara yang adil dan transparan.

Wakaf

Wakaf merupakan konsep sumbangan untuk amal yang dilakukan secara sukarela. Akuntansi syariah melibatkan pengelolaan dana wakaf dengan cara yang transparan dan adil.

Karir di bidang akuntansi syariah dapat menjanjikan, terutama dengan meningkatnya minat masyarakat terhadap produk keuangan yang berbasis syariah.

Selain itu, pemerintah Indonesia juga telah mengeluarkan regulasi yang mendukung pengembangan industri keuangan syariah, sehingga terdapat banyak peluang karir di bidang ini.

Baca juga: 20 Perusahaan Terbesar di Indonesia Berdasarkan Pendapatannya

Akuntansi asuransi

Akuntansi asuransi adalah cabang akuntansi yang berkaitan dengan industri asuransi. Industri asuransi adalah bisnis yang melibatkan pengambilan risiko dari klien dengan memberikan imbalan dalam bentuk premi.

Tujuan akuntansi asuransi adalah untuk mencatat dan melacak transaksi asuransi yang dilakukan oleh perusahaan asuransi serta memastikan keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran perusahaan.

Ada beberapa alasan mengapa karir di bidang akuntansi asuransi dapat dianggap sebagai pilihan yang bagus, di antaranya:

Industri asuransi yang berkembang pesat

Industri asuransi adalah bisnis yang terus berkembang di Indonesia. Perkembangan ini memberikan peluang karir yang besar di bidang akuntansi asuransi, baik di perusahaan asuransi besar maupun kecil.

Gaji yang kompetitif

Karir di bidang akuntansi asuransi menawarkan gaji yang kompetitif. Karena industri ini bersifat berisiko tinggi, maka perusahaan asuransi memerlukan profesional yang berkualitas untuk mengelola risiko dengan baik.

Oleh karena itu, perusahaan asuransi umumnya bersedia memberikan gaji yang tinggi kepada karyawannya.

Peluang untuk berkembang

Karir di bidang akuntansi asuransi juga menawarkan banyak peluang untuk berkembang.

Sebagai contoh, akuntan asuransi dapat berkembang menjadi manajer akuntansi asuransi atau analis risiko asuransi.

Baca juga: Etika Profesi Auditor dan Pentingnya dalam Proses Audit

Akuntansi audit

Audit adalah proses memeriksa dan mengevaluasi keuangan dan sistem bisnis suatu perusahaan.

Sebagai seorang auditor, tugas utama Anda adalah memastikan kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi dan peraturan pemerintah, serta mengidentifikasi masalah atau potensi risiko yang bisa mengganggu kinerja keuangan perusahaan.

Karir di bidang akuntansi audit juga menawarkan gaji yang baik. Auditor biasanya menerima gaji yang kompetitif dan biasanya diberikan bonus dan insentif tambahan untuk kinerja yang baik.

Baca juga: Finance Controller: Pengertian, Tugas, dan Skill yang Dibutuhkan

Akuntansi pendidikan

Karir di bidang akuntansi pendidikan dapat menjadi pilihan yang baik jika kamu memiliki minat dan bakat untuk mengajar.

Sebagai seorang pengajar di bidang akuntansi, kamu memiliki kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan siswa, serta membantu mereka memahami prinsip-prinsip dasar akuntansi.

Berkarir sebagai seorang pendidik juga memberimu kesempatan untuk membantu siswa mengembangkan keterampilan dan pengetahuan, sehingga mereka dapat membangun karir yang sukses di masa depan.

Namun, berkarir sebagai guru mungkin tidak menjanjikan penghasilan yang berlimpah dibandingkan profesi akuntansi lainnya.

Meskipun begitu, dengan mengajar dan mendidik siswa bisa memberimu kepuasan batin yang lebih berharga daripada sekedar materi.

Baca juga: Analis Keuangan: Tugas, Gaji, dan Cara Berkarir di Bidang Ini

Tips Menentukan Konsentrasi Jurusan Akuntansi

cabang akuntansi

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu menentukan konsentrasi jurusan akuntansi:

Pelajari setiap cabang akuntansi

Pelajari dan cari tahu lebih lanjut tentang setiap cabang akuntansi yang tersedia. Cobalah untuk memahami tugas dan tanggung jawab yang ada di setiap cabang, serta bagaimana cabang tersebut berkontribusi dalam suatu entitas.

Pertimbangkan minat dan keahlian

Pertimbangkan minat dan keahlianmu. Apakah kamu lebih tertarik pada analisis keuangan, pelaporan keuangan, atau manajemen risiko keuangan? Pilihlah konsentrasi yang sesuai dengan keahlian dan minatmu.

Perhatikan prospek karir

Perhatikan juga prospek karir di setiap cabang akuntansi. Cobalah untuk mencari tahu lebih lanjut tentang peluang karir yang tersedia di bidang tersebut, termasuk gaji dan tingkat persaingan di lapangan kerja.

Baca juga: Balanced Scorecard: Pengertian Lengkap dan Cara Membuatnya

Berbicara dengan profesional

Cobalah untuk berbicara dengan profesional yang bekerja di setiap cabang akuntansi.

Tanyakan tentang pengalaman mereka bekerja, tugas dan tanggung jawab yang mereka hadapi, serta tantangan dan peluang karir di bidang tersebut.

Pertimbangkan faktor lain

Selain itu, pertimbangkan juga faktor lain seperti jenjang pendidikan, biaya, dan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan studi di setiap konsentrasi jurusan.

Baca juga: Profesi Akuntan: Jenis dan Cara Menjadi Akuntan Profesional

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Itulah beberapa cabang akuntansi serta tips untuk menentukan konsentrasi jurusan akuntansi untuk bersiap memasuksi dunia karir. Dalam menjalankan tugasnya, akuntan dapat memanfaatkan software akuntansi seperti Kledo, untuk mempermudah pekerjaannya.

Kledo merupakan software akuntansi online berbasis cloud yang memiliki fitur terlengkap dan tentunya user friendly banget. Semua tugas akuntansi dan keuangan jadi lebih mudah dikerjakan dengan menggunakan Kledo!

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera upgrade level bisnismu dengan mencoba Kledo gratis selama 14 atau selamanya melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 11 =