Cashback Adalah: Manfaat, Contoh, Cara Hitung, Bedanya dengan Diskon

cashback adalah

Cashback adalah salah satu startegi marketing yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan. Promosi cashback adalah promosi yang paling efektif untuk mendorong penjualan, loyalitas pelanggan, dan untuk memperluas mendapatkan kembali pangsa pasar.

Faktanya, 82% konsumen mengatakan mereka akan memprioritaskan promosi, diskon, atau cashback saat memilih tempat mereka berbelanja, dan survei yang dilakukan oleh RetailMeNot menemukan bahwa 48% orang akan menghindari merek yang tidak menawarkan promo.

Nah, pada artikel ini, kami akan membahas semua hal yang berkaitan dengan cashback. Jadi, baca artikel ini sampai selesai ya!

Cashback Adalah?

cashback adalah

Jika Anda sering berbelanja, pasti Anda tidak asing dengan istilah cashback. Namun sebenarnya apa itu cashback?

Cashback adalah penawaran yang dilakukan dengan cara presentase pengembalian uang, baik scara tunai maupun non tunai, dan bisa berbentuk reward produk tertentu dengan syarat dan ketentuan pembelian yang telah ditentukan oleh penyelenggaran cashback.

Dewasa ini, banyak pelaku bisnis yang tidak memberikan pengembalian uang secara langsung. Melainkan, mereka lebih memilih memberikan cashback dalam bentuk deposit. Hal ini dilakukan supaya pelanggan melakukan pembelian ulan dengan menggunakan deposit tersebut.

Ada beberapa jenis cashback yang sering kita jumpai, di antaranya:

  • Cashback kartu kredit
  • Cashback properti
  • Cashback kartu debit
  • Cashback reward
  • Cashback e-wallet
  • Cashback e-commerce
  • Cashback kendaraan bermotor

Baca juga: BOPO Adalah: Cek Pengertian dan Cara Hitungnya Disini

Alasan Perlu Menggunakan Strategi Cashback

Model cashback berkembang pesat dan meluas ke semua jenis bisnis. Sekarang kita akan melihat alasan utama mengapa model cashback penting.

  1. Model cashback memiliki nilai $84 miliar di industri saat ini.
  2. Model cashback rata-rata menghasilkan pendapatan tahunan sebesar $4,5 juta.
  3. Mengintegrasikan model cashback membantu bisnis Anda dalam mendorong pesanan bernilai tinggi.
  4. Model Cashback membantu Anda dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan menciptakan pelanggan berulang.
  5. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengatur diskon cashback untuk berbagai perusahaan secara bersamaan.

Manfaat Cashback bagi Bisnis

Apakah menurut Anda Integrasi Cashback akan membantu Anda dalam pertumbuhan bisnis Anda? Oke mari kita kulik beberapa manfaat dari Cashback.

Meningkatkan Penjualan

Model cashback memungkinkan kampanye pemasaran untuk mempromosikan produk baru secara efektif dengan ROI yang lebih tinggi. Ini juga memungkinkan keterlibatan dan pemahaman pelanggan langsung terhadap audiens yang Anda targetkan.

Dengan model Cashback Anda dapat dengan mudah menentukan dan mengelola kampanye cashback.

Menarik Perhatian Pelanggan

Sektor Cashback adalah salah satu yang unik di pasar. Ini adalah strategi untuk menarik pelanggan secara instan dengan imbalan finansial. Pelanggan suka mengambil diskon dan penawaran ke keranjang belanja mereka. Jadi dengan bantuan kupon cashback membuat pelanggan sangat termotivasi untuk berbelanja.

Menjaga Goodwill

Faktor kunci untuk pertumbuhan bisnis apa pun adalah goodwill atau reputasi merek. Anda dapat mengembangkan bisnis hanya jika Anda mempertahankan posisi di pasar.

Untuk melakukan ini, Anda harus selangkah lebih maju dari pesaing Anda dan perusahaan lain di luar sana, dengan menawarkan penawaran, diskon, penawaran, kupon, dan cashback.

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Siapkan program hadiah Digital dan offline untuk bisnis Anda agar pelanggan yang sudah ada tetap datang kembali dan untuk menarik pelanggan baru.

Anda juga dapat memberikan referensi untuk menghasilkan ketika mereka mempromosikannya kepada keluarga dan teman-teman mereka. Ini membantu dalam meningkatkan bisnis dalam waktu singkat. Ini memungkinkan peluang pemasaran bersama untuk meningkatkan merek Anda.

Terhubung dengan Pelanggan dan Meningkatkan Mobilitas

Mengintegrasikan model Cashback dengan bisnis Anda memungkinkan Anda mengumpulkan umpan balik pelanggan yang membantu Anda lebih memahami preferensi mereka.

Keinginan untuk melakukan pembelian menjadi tindakan akhir menguntungkan kedua belah pihak dan memungkinkan Anda mengembangkan bisnis tepat di tempat Anda berdiri.

Baca juga: Biaya Administrasi: Pengertian, Contoh, Cara Hitungnya

Cara Kerja Cashback

Promosi cashback membantu merek Anda naik di atas persaingan, memenangkan pelanggan baru, dan mendapatkan penjualan langsung dari nilai tambah yang dapat Anda berikan.

Penawaran Anda dapat menjadi faktor penentu bagi pelanggan untuk memilih antara merek Anda dan merek lain, bahkan jika mereka cenderung loyal kepada merek lain tersebut. Yang terpenting, jika konsumen memiliki pengalaman positif dengan merek Anda, ini adalah peluang besar bagi Anda untuk membangun hubungan itu dan mendorong bisnis yang berulang.

Cashback terbukti populer di kalangan konsumen karena berbagai alasan. Mereka menghargai pelanggan setia dan sekaligus menarik bisnis baru. Pelanggan saat ini dapat terus membeli merek pilihan mereka dan menerima bonus untuk melakukannya.

Mereka menambah nilai nyata pada sebuah transaksi. Dan faktanya, penelitian yang dilakukan oleh The Center for Generational Kinetics menemukan bahwa merek yang menawarkan kepada konsumen milenial dan Gen Z setidaknya 5% cash back instan akan melihat dampak penjualan yang lebih besar sekarang di bulan-bulan mendatang.

Kenyataannya, lebih banyak perusahaan yang melihat peningkatan pendapatan melalui penghargaan seperti ini (36%) dibandingkan dengan diskon (28%).

Bukan hanya konsumen yang diuntungkan. Merek promosi cashback memperoleh keunggulan kompetitif dengan menawarkan insentif finansial tanpa risiko mendevaluasi citranya.

Mereka memberikan peluang besar untuk meningkatkan pendapatan dan mengarahkan lalu lintas ke situs web merek, sambil memberi penghargaan kepada pelanggan. Mereka juga akan memberikan laba atas investasi yang kuat dalam kampanye promosi di atas diskon point of sale.

Kampanye cashback juga membantu mengumpulkan data pelanggan yang berharga dan membuka jalan untuk pemasaran di masa mendatang kepada pelanggan yang sudah terlibat dengan merek tersebut.

Pelanggan memberikan informasi spesifik saat menukarkan cashback mereka dan pertanyaan lebih lanjut dapat diajukan untuk menyelidiki lebih dalam yang dapat sangat berguna untuk mengarahkan upaya promosi dan manajemen hubungan pelanggan di masa mendatang.

Contoh Simulasi Menghitung Cashback

Bagaimana sih cara menghitung cashback? Untuk memahami cara menghitungnya, simak dan pahami contoh cashback di bawah ini.

Sebuah toko online mengadakan promosi cashback sebesar 5% untuk setiap pembelian satu set skincare. Karena promo tersebut, Nita tertarik melakukan pembelian paket skincare seharga Rp. 500.000.

Setelah melakukan proses pembayaran, Nita memperoleh hadiah cashback sebesar Rp. 25.000 yang diperoleh melalui perhitungan: 5% x Rp. 500.000 = Rp. 25.000. Cashback ini bisa dimanfaatkan Nita untuk mengurangi harga pembelian produk pada pembelian selanjutnya.

Tentunya, setiap perusahaan memiliki skema cashback yang berbeda-beda. Namun, umumnya pelaku bisnis akan menetapkan batas minimal pembelian dan syarat lainnya untuk mendapatkan promo cashback tersebut. Oleh karenanya, Anda harus membaca dengan seksama semua persyaratan dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan pembelian dan menggunakan promo yang ditawarkan.

Baca juga: Laporan Audit: Arti, Fungsi, Karakteristik, dan Jenis Opini Audit

Apa Saja Perbedaan Cashback dan Diskon?

cashback adalah

Cashback adalah metode pengembalian uang kepada pelanggan dengan syarat dan ketentuan tertentu. Sekilas, metode cashback ini hampir mirip dengan strategi diskon. Maka tak mengherankan, banyak orang yang menganggap bahwa cashback sama dengan diskon.

Padahal, jika dilihat lebih mendalam, baik diskon maupun cashback memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Nah, berikut ini merupakan perbedaan antara cashback dan diskon yang perlu Anda ketahui.

AspekCashbackDiskon
Mekanisme atau metode pembayaranPelanggan diharuskan tetap membayar harga beli barang secara penuh. Kemudian, hadiah cashback akan dikreditkan dan dijadikan deposit yang bisa digunakan untuk repeat order selanjutnya.
Pelanggan hanya perlu membayar harga beli barang yang telah dikurangi jumlah diskon
WaktuBiasanya, promo cashback mempunyai durasi waktu yang cukup lama supaya hadiah cashback tersebut dapat cair ke akun pelanggan. Adapun durasi pencairan cashbac dapat dilakukan selama beberapa hari hingga bulan

Promo diskon memiliki periode yang lebih pendek dibandingkan cashback. Periode diskon ini biasanya berlangsung selama beberapa menit atau beberapa hari saja
BentukCashback dapat diberikan dalam bentuk pengembalian uang secara langsung, voucher, deposti, atau barang. Pelanggan tidak bisa leluasa memiliha hadiah cashback yang akan didapatkan sebab jenis hadiah sudah ditentukan oleh pihak penyelenggara cashbackBentuk diskon sangat jelasa yakni berupa potongan harga dimana pelangga hanya akan membayar harga barang yang telah dikurangi diskon

Baca juga: Jaminan Fidusia: Pengertian, Jenis dan Contohnya

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Berdasarkan penjelasan yang telah kami sampaika, dapat disimpulkan bahwa cashback adalah salah strategi marketing yang bisa didapatkan oleh pelanggan yang melakukan pembelian barang dengan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan pihak penyelenggara promo cashback.

Telah banyak dibuktikan, bawa strategi pemasaran cashback ini dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan atau bisnis online yang menyelenggarakan promo cashback. Keuntungan tersebut diantaranya adalah para pembeli akan melakukan pembelian ulang dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Jika Anda mempunyai bisnis, Anda harus menyusun laporan laba rugi yang tepat, akurat, dan real time untuk memaksimalkan profitabilitas bisnis Anda. Untuk memudahkan proses pembuatan laporan laba rugi dan laporan keuangan lainnya, Anda dapat menggunakan software akuntansi terbaik dari Kledo yang mempunyai fitur otomatisasi laporan keuangan.

Software Kledo juga mempunyai banyak fitur yang akan membantu mengelola beragam operasional bisnis Anda. Fitur tersebut diantaranya yaitu fitur invoce, purchasing, manajemen inventaris, pajak, dan lain sebagainya.

Kledo juga mempunyai layanag lengkap supaya bisnis Anda dapat terus bertumbuh dan berkembang. Anda bisa memaksimalkan laba dengan dukungan layanan yang telah disediakan, kapan saja dan dimana saja Anda membutuhkannya.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk segera upgrade level bisnis Anda sekarang juga dengan beralih menggunakan Kledo. Anda juga berkesempatan mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + nine =