Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui

Laporan keuangan merupakan laporan yang mewakili keadaan suatu perusahaan pada periode tertentu. Laporan keuangan digunakan untuk mempertanggung jawabkan jalannya suatu bisnis. Selain itu, ada manfaat lainnya yang didapatkan dari laporan keuangan yang bisa dibaca di sini.

Ada 4 jenis laporan keuangan dalam akuntansi, yaitu laporan laba rugi, laporan perubahan modal, laporan arus kas dan laporan neraca. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat memperlajari perbedaan dan juga format laporannya berikut ini:

Laporan Laba Rugi

jenis laporan keuangan

a. Pengertian

Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang memiliki fungsi membantu mengetahui bisnis yang sedang dijalankan berada di posisi laba ataupun rugi. Bisnis mendapatkan laba jika pendapatan perusahaan lebih besar daripada pengeluaran perusahaan tersebut. Sebaliknya, perusahaan mendapatkan kerugian jika biaya atau pengeluaran lebih besar daripada pendapatan perusahaan tersebut.

Ada dua cara yang biasanya digunakan untuk menyusun laporan laba rugi yaitu dengan cara single step (cara langsung) dan multiple step (cara bertahap). Biasanya single step lebih mudah dari multiple step. Kamu cukup menjumlahkan seluruh pendapatan lalu dikelompokan menjadi satu. Sedangkan multiple step, pendapatan dibedakan menjadi dua kategori yaitu pendapatan operasional dan pendapatan non operasional.

b. Unsur Utama Laporan Laba Rugi

Ada beberapa unsur utama yang dimiliki oleh laporan laba rugi, yaitu sebagai berikut:

Pendapatan

Pendapatan terjaid ketika aktiva atau arus masuk perusahaan yang berasal dari kegiatan operasional mengalami peningkatan. Berikut rumus yang bisa digunakan untuk menghitung pendapatan:

Pendapatan = Total Pendapatan Kotor – Potongan Harga, Diskon, Retur, dan Tunjangan Lain.

Beban

Beban merupakan penggunaan aktiva atau arus keluar atau kemunculan liablitas (kewajiban) dalam satu periode karena adanya produksi barang atau pengiriman.

Keuntungan (Profit)

Keuntungan merupakan peningkatan ekuitas karena adanya transaksi atau investasi pemilik atau pendapatan.

Kerugian (Loss)

Kerugian adalah terjadinya penurunan ekuitas karena adanya transaksi atau beban serta karena adanya pendistribusian terhadap pemiliknya.

Laporan Perubahan Modal

laporan keuangan

Laporan perubahan modal merupakan jenis laporan yang memberi informasi mengenai perubahan modal atau ekuitas perusahaan dalam periode tertentu. Dalam menjalankan bisnis perubahan modal selalu terjadi. Hal ini terjadi karena modal harus digunakan untuk menjalan bisnis dan juga karena adanya penambahan modal yang didapat dari laba atau modal digunakan untuk kepentingan perusahaan.

Laporan perubahan modal biasa disebut Capital Statement dalam dunia akuntansi ini merupakan jenis laporan yang memberikan informasi mengenai perubahan modal dalam periode tertentu. Laporan ini memiliki fungsi untuk menunjukan berapa besar perubahan modal yang terjadi dan menyebab terjadinya perubahan modal tersebut.

Laporan Arus Kas

jenis laporan keuangan

Laporan arus kas merupakan jenis laporan yang sangat penting untuk mengetahui perputaran arus dana yang ada di perusahaan, kemana dana pergi, dan dari mana dana masuk atau datang. Laporan arus kas ini berfungsi agar perusahaan dapat melakukan kontrol dana perusahaan yang dimiliki selama ini. Selain itu, dengan adanya laporan arus kas ini, perusahaan mendapatkan informasi mengenai arus kas masuk dan arus kas keluar.

Perusahaan dapat melihat laporan arus kas masuk dari berbagai sumber yaitu dari hasil kegiatan operasional dan kas yang diperoleh dari pendanaan atau pinjaman. Sedangkan pada laporan arus kas keluar, perusahaan dapat mengetahuinya dari berapa banyak beban biaya yang dikeluarkan perusahaan, baik digunakan untuk kegiatan opersional atau invetasi pada bisnis lain.

4. Laporan Neraca

Jenis laporan keuangan terakhir adalah laporan neraca. Laporan neraca merupakan jenis laporan keuangan yang menyajikan akun-akun aktiva, kewajiban, dan juga modal dalam satu periode. Biasanya, laporan neraca disajikan dalam dua bentuk, yaitu bentuk skontrol atau horizontal (account form) dan bentuk vertikal atau stafel (report form). Nilai modal yang biasanya ada pada laporan neraca merupakan nilai yang tercatat pada laporan perubahan modal. Keseimbangan yang terdapat pada neraca dapat tercapai karena pada laporan perubahan modal sudah terdiri dari pendapatan dan biaya yang tercatat laporan laba rugi.

Berikut beberapa komponen yang terdapat dalam laporan neraca:

a. Aktiva

Aktiva merupakan harta yang dimiliki oleh perusahaan dengan nilai manfaat di masa depan. Contoh dari aktiva ini antara lain truk, mobil kargo, dan mobil pengangkut barang bagi perusahaan ekspedisi. Aktiva ini terdiri dari aktiva lancar (current Assets) dan aktiva tetap berwujud (tangiable fixed assets).

b. Kewajiban

Kewajiban ini terdiri dari utang lancar (current liabilities) dan utang jangka panjang (long term liabilities).

c. Modal

Modal merupakan harta kekayaan perusahaan yang dimiliki oleh pemilik perusahaan. Modal tersebut dapat bertambah jika pemilik perusahaan menambahkan investasinya ke dalam perusahaan dan ketika perusahaan mendapatkan keuntungan. Sebaliknya, modal tersebut akan berkurang jika pemilik perusahaan mengambil dana yang diinvestasikan atau perusahaan mengalami kerugian.

Buat Laporan Keuangan Lebih Mudah dengan Kledo

jenis laporan keuangan

Laporan keuangan menjadi kebutuhan dasar sebuah bisnis. Laporan keuangan ini menjadi bentuk tanggung jawab atas jalannya sebuah bisnis.

Banyak yang mengalami kebingungan ketika diberi tugas membuat laporan keuangan bisnis, padahal sebenarnya ada cara mudah yaitu dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dirancang khusus untuk memudahkan pengelolaan keuangan. Berikut beberapa fitur terbaik Kledo yang akan memudahkan pengelolaan keuangan penggunanya:

Fitur-Fitur Terbaik Kledo

1. Invoice

Invoice adalah daftar barang kiriman yang di dalamnya terdapat keterangan nama, jumlah, dan harga yang harus dibayar. Software akuntansi harus memiliki fitur invoice agar dapat digunakan untuk mengelola keuangan UMKM dan mencatat pembelan yang belum dibayar oleh konsumen. Kledo dilengkapi fitur invoice yang akan membantu penggunanya melakukan pencatatan pembelian konsumen.

2. Purchasing

Fitur kedua yang dimiliki Kledo adalah purchasing. Purchasing merupaka kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk membeli atau menyewa barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan operasional perusahaan. Kledo memiliki kemampuan yang akan membantu pengguna membuat purchasing order dengan cepat dan dapat melakukan konversi purchasing order menjadi invoice hanya dalam satu klik.

3. Biaya

Biaya merupakan uang yang dikeluarkan untuk membuat suatu produk atau jasa, baik yang sudah ada maupun yang masih dalam tahap perencanaan. Pastikan biaya yang dikeluarkan tidak melebihi anggaran yang telah ditetapkan. Ini dilakukan agar bisnis yang dibangun dapat berjalan dengan lancar. 

Oleh karena itu Kledo memiliki fitur yang digunakan untuk mengategorikan dan melacak jumlah biaya yang dikeluarkan untuk suatu barang atau jasa. Jadi, menghitung biasa di Kledo akan lebih mudah dan anti ribet.

4. Laporan

Fitur selanjutnya yang harus ada dalam software akuntansi adalah laporan. Salah satu tujuan dari pengelolaan keuangan adalah agar dapat membuat laporan keuangan bisnis dengan baik. Laporan keuangan ini menjadi kewajiban bisnis ketika berada di akhir periode dan sebagai bentuk tanggung jawab terhadap bisnis yang dijalankan.

5. Aset Tetap

Software Akuntansi Kledo memiliki kemampuan untuk melacak aset tetap dengan mudah. Tidak hanya itu, Kledo juga mampu mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara realtime.

Kesimpulan

Laporan keuangan merupakan sesuatu yang sangat penting dalam pengelolaan bisnis. Ada beberapa jenis laporan keuangan yang biasa digunakan dalam bisnis yang bisa dipelajari dari penjelasan yang ada di atas dan jangan lupa gunakan software akuntansi dari Kledo untuk membuat laporan keuangan dengan lebih mudah. Klik di sini untuk langsung daftar Kledo.

2 thoughts on “Jenis-Jenis Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twelve − two =