Service Marketing (Pemasaran Jasa): Karakteristik dan Jenisnya

Service Marketing (Pemasaran Jasa)

Meningkatkan penjualan jasa merupakan salah satu tugas paling penting bagi pemilik usaha. Seiring dengan perkembangan teknologi, banyak strategi service marketing (pemasaran jasa) yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pendapatan Anda.

Mulai dari memanfaatkan media sosial hingga menciptakan branding bisnis yang tepat, pemasaran jasa dapat memberikan dampak besar pada bisnis Anda.

Namun, membuat strategi yang efektif dan menghemat waktu dan biaya bukanlah pekerjaan yang mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai macam strategi service marketing yang dapat Anda coba untuk meningkatkan penjualan jasa Anda.

Apa itu Service Marketing (Pemasaran Jasa)?

Service marketing (pemasaran jasa) adalah teknik periklanan yang digunakan ketika bisnis ingin menawarkan jasa atau layanan kepada pelanggan.

Teknik pemasaran ini unik karena tujuannya adalah membujuk pelanggan untuk membeli sesuatu yang tidak dapat mereka miliki secara fisik tetapi memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka. Daripada melihat produk, pelanggan potensial hanya dapat melihat manfaat yang dapat diberikan oleh layanan tersebut.

Misalnya, bisnis yang memilih berbagai mobil perusahaan mungkin memiliki kesempatan untuk menguji coba kendaraan tersebut sebelum menandatangani kontrak.

Tetapi berbeda dengan produk asuransi yang tidak berwujud atau tidak terlihat, namun merupakan produk yang mempunyai nilai manfaat besar bagi pelanggan.

Baca juga: 17 Tips Network Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Mengapa Service Marketing Penting untuk Bisnis?

Pemasaran produk bisa relatif mudah ketika pelanggan sudah memiliki gagasan tentang apa yang mereka inginkan. Pelanggan mungkin sudah memiliki pemahaman yang jelas tentang fitur apa yang mereka cari di mobil baru.

Namun ketika pelanggan menginginkan layanan, seperti asuransi, mereka mungkin kurang jelas tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan.

Agar berhasil memasarkan layanan, bisnis dapat mengantisipasi berbagai kebutuhan pelanggan dan menggunakan strategi pemasaran mereka untuk mengajari pelanggan mengenali pilihan yang tepat bagi mereka.

Seseorang yang ingin membeli polis asuransi untuk mobilnya mungkin kesulitan untuk memahami beragam pilihan pertanggungan yang ditawarkan.

Penyedia dapat mengajukan pertanyaan kepada pelanggan tentang apa yang mereka inginkan dalam rencana pertanggungan mereka dan membantu mereka mengidentifikasi kebijakan yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contoh Service Marketing (Pemasaran Jasa)

Industri kesehatan

Dokter, perawat, ahli bedah, dan orang lain yang bekerja di rumah sakit adalah contoh bagus yang menjual layanan kesehatan dengan memeriksa dan merawat pasien mereka.

Industri perhotelan

Industri perhotelan terdiri dari tempat-tempat seperti hotel dan restoran yang menyajikan makanan, menyewakan kamar, memberikan hiburan, dan melakukan hal-hal lain untuk pelanggan mereka.

Layanan profesional

Akuntan, pengacara, guru, penulis, tukang batu, tukang kayu, koki, tukang listrik, dan tukang ledeng adalah contoh pekerjaan berbasis layanan. Bergantung pada pekerjaannya, mereka mungkin menawarkan lebih dari satu layanan kepada klien mereka.

Baca juga: Tips Membangun Usaha Jilbab dan Strategi Marketingnya

Apakah Pemasaran Produk dan Jasa Bisa Dilakukan Bersama?

Service Marketing (Pemasaran Jasa)

Pengalaman layanan pelanggan juga dapat menjadi bagian dari pengalaman pelanggan terhadap suatu produk. Sementara beberapa perusahaan berfokus pada penjualan produk fisik, kualitas pengalaman mendapatkan produk menentukan bagaimana pengalaman pelanggan.

Bisnis yang menjual makanan cepat saji bergantung pada kualitas layanan yang mengantarkan makanan ke pelanggan untuk menjual lebih banyak dan meningkatkan pendapatan dan keuntungan.

Oleh karena itu, perusahaan pada akhirnya akan melihat standar, kecepatan dan kualitas layanan mereka dan seberapa baik mereka memperlakukan pelanggan mereka.

Dan hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap seberapa besar jumlah penjualan produk perusahaan.

Baca juga: Push Marketing dan Pull Marketing: Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Baik?

Ciri-ciri Service Marketing

Pemasaran jasa memiliki karakteristik khusus, termasuk yang berikut:

Layanan tidak berwujud (intagible)

Meskipun pelanggan dapat menguji, menyimpan, dan menggunakan produk fisik, namun produk layanan hanya bisa dirasakan bagaimana manfaatnya.

Pembelian layanan tergantung pada pengetahuan dan pemahaman pelanggan tentang apa yang ditawarkan perusahaan.

Calon pelanggan dapat meluangkan waktu untuk menilai berbagai opsi layanan sebelum memilih salah satu produk karena keputusan tidak dibuat berdasarkan estetika atau faktor fisik lainnya.

Layanan berhubungan dengan kinerja (performance)

Semakin baik layanan, semakin besar kemungkinan bisnis untuk berhasil. Industri perhotelan adalah contoh sempurna dari layanan terkait kinerja.

Pengalaman yang baik di restoran cenderung melihat pembelian berulang, sedangkan pengalaman yang buruk dapat membuat pelanggan tidak mau melakukan pembelian berulang.

Tidak ada bukti kepemilikan secara fisik

Pelanggan dapat menyimpan dokumen fisik sebagai bukti menerima layanan, seperti polis asuransi, pelanggan tidak memiliki layanan itu sendiri.

Perbaikan mobil sering disertai dengan daftar periksa, tetapi pengalaman perbaikan terletak pada peningkatan performa kendaraan. Layanan menguntungkan pelanggan, tetapi hal itu bukan sesuatu yang dapat mereka tunjukkan secara fisik.

Jasa tidak dapat dipisahkan dari penyedia

Seorang pengguna tidak mengambil alih layanan dari penyedia tetapi menjadi pihak yang memanfaatkan layanan tersebut. Sederhananya, penyedia menjadi pihak yang mengelola layanan tersebut dan layanan itu akan diberikan kepada pelanggan lain.

Oleh karena itu, penyedia merupakan bagian integral dari penyampaian layanan.

Tidak bertahan lama

Layanan hanya bertahan selama pelanggan mengalaminya. Sebuah band musik memberikan layanan kepada penggemarnya di sebuah arena dan layanan tersebut berlangsung selama konser berlangsung.

Setelah band meninggalkan panggung dan para penggemar keluar dari gedung, kebaktian selesai.

Harga yang bervariasi

Produk fisik biasanya harganya sama untuk setiap pelanggan, tetapi biaya layanan mungkin berbeda.

Biaya service untuk perbaikan mobil dapat berbeda tergantung pada kerumitan pekerjaan, jumlah waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, dan bahan yang digunakan. Semakin kompleks pekerjaannya, semakin bervariasi harga tersebut.

Baca juga: 10 Tips Marketing Bisnis Paling Jitu di Tahun Ini, Apa Saja?

3 Jenis Service Marketing

Sebelum mempertimbangkan strategi pemasaran, penting untuk memahami tiga elemen penting dari bentuk pemasaran ini:

Pemasaran eksternal

Jenis pemasaran ini terjadi langsung dari perusahaan ke pelanggan. Ini mencakup berbagai metode yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada pelanggan potensial dan mengundang mereka untuk memilih layanannya.

Setelah mengidentifikasi target pasar, perusahaan dapat menjangkau mereka melalui media sosial, situs web dan iklan cetak, konten situs web, dan platform lain yang relevan dan sesuai yang menguntungkan bisnis.

Pemasaran internal

Pemasaran internal berfokus pada mempromosikan tujuan dan sasaran perusahaan di antara karyawannya.

Perusahaan dapat memberikan pelatihan yang memungkinkan karyawan untuk memahami dan mengintegrasikan layanan yang ditawarkan untuk memungkinkan staf mempromosikan layanan tersebut kepada pelanggan.

Informasi ini kemudian dapat membantu pelanggan yang tidak yakin dengan keinginan dan kebutuhan mereka untuk membuat keputusan.

Pemasaran interaktif

Tujuan jangka panjang dari pemasaran interaktif adalah kepuasan dan retensi pelanggan. Karyawan mencapai ini melalui interaksi pelanggan.

Ini adalah langkah penting bagi bisnis untuk terus berkembang dan berkembang, tetapi bergantung pada pemasaran internal dan eksternal yang efektif.

Karyawan yang menyadari, memahami, dan percaya pada tujuan dan aspirasi perusahaan cenderung menawarkan kualitas layanan yang lebih tinggi.

Baca juga: Jenis Teknik Marketing Berdasarkan Jenis Bisnis dan Tips Melakukannya

Prinsip Service Marketing

Service marketing memiliki 7 prinsip pemasaran yang menentukan cara menyajikan layanan. Prinsip-prinsip ini meliputi:

Produk (product)

Ini adalah produk atau layanan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pelanggan. Produk adalah aspek kunci dari apa yang dijual perusahaan.

Saat menjual produk fisik, layanan membantu melakukan penjualan dan meningkatkan minat pelanggan terhadap produk tersebut.

Harga (price)

Harga seringkali menjadi salah satu faktor kunci dalam keputusan akhir pelanggan untuk memilih layanan atau pergi ke pesaing. Harga dapat menunjukkan kualitas suatu produk, tetapi pelanggan menjadi lebih sadar akan biaya dalam hal layanan tidak berwujud.

Pelanggan cenderung mendapatkan opsi beberapa harga sebelum melakukan pembelian layanan untuk memastikan mereka mendapatkan nilai terbaik untuk uang mereka.

Tempat (place)

Penting bagi pelanggan untuk mendapatkan layanan yang mereka inginkan, baik secara online atau dari lingkungan fisik.

Saat memilih restoran untuk makan, misalnya, pelanggan mungkin mempertimbangkan parkir dan aksesibilitas. Jika pelanggan mencari layanan online, mengakses dan memahami informasi dengan mudah sangat penting bagi mereka untuk mengambil keputusan.

Promosi (promotion)

Untuk mendapatkan perhatian, perusahaan mempromosikan layanan mereka ke dunia luar menggunakan alat dan platform yang sesuai yang tersedia untuk berkomunikasi dengan audiens yang dituju.

Ini biasanya hanya mencakup promosi fisik, seperti selebaran dan iklan cetak. Dengan kemajuan teknologi, situs web, iklan online, dan aplikasi kini menjadi bagian penting dari perangkat pemasar.

Staf (people)

Penyedia layanan mengandalkan staf untuk berinteraksi dengan pelanggan, baik melalui telepon, secara langsung, atau melalui obrolan langsung di internet.

Misalnya, sebuah restoran tidak dapat berfungsi tanpa dapur dan staf yang menunggu. Interaksi ini merupakan elemen penting dari penyampaian layanan dan menentukan apakah pelanggan memiliki pengalaman yang baik atau buruk.

Proses (process)

Sebuah organisasi yang menyediakan layanan prima memiliki proses yang benar. Ini adalah daftar tindakan yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan, dalam hal layanan, adalah kepuasan pelanggan.

Misalnya, seorang pelanggan mungkin menganggap masa inap hotel mereka menyenangkan jika mereka datang dan mendapati kamar mereka bersih dan siap untuk masa inap mereka.

Bukti fisik (physical evidence)

Pelanggan mengembangkan pendapat tentang perusahaan berdasarkan apa yang mereka lihat. Bangunan, perabot interior, peralatan, fasilitas, dan situs web dapat menjadi faktor penyebab pelanggan kembali.

Kamar yang kotor di hotel, alat makan yang tidak bersih di restoran, atau bahkan situs web yang menawarkan informasi yang tidak memadai dapat membuat pelanggan enggan menggunakan layanan.

Baca juga: Gimmick Marketing: Pengertian, Contoh, dan Cara Membuatnya

Tips Melakukan Service Marketing

Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukan pemasaran jasa yang sukses:

1. Buatlah perjanjian pelayanan yang dapat dipercaya

Salah satu cara yang terbaik untuk mempromosikan jasa Anda adalah dengan membuat perjanjian pelayanan yang dapat dipercaya. Ini akan membantu meningkatkan kepercayaan pelanggan Anda terhadap jasa Anda dan menciptakan pengalaman yang positif bagi mereka.

2. Gunakan media sosial untuk mempromosikan jasa Anda

Media sosial dapat menjadi cara yang hebat untuk mempromosikan jasa Anda. Anda dapat menggunakan media sosial untuk mengiklankan produk dan jasa Anda, membagikan informasi bermanfaat tentang jasa Anda, dan melibatkan audiens dengan cara yang interaktif.

3. Hargailah pelanggan Anda

Salah satu cara terbaik untuk mempromosikan jasa Anda adalah dengan menghargai pelanggan Anda. Anda dapat melakukannya dengan memberikan diskon, hadiah, atau layanan tambahan kepada pelanggan yang berulang.

Hal ini akan membuat mereka merasa dihargai dan lebih mungkin untuk kembali menggunakan jasa Anda.

4. Berikan garansi pelayanan

Berikan garansi pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan Anda. Dengan menyediakan garansi pelayanan, Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan bahwa Anda menghargai layanan yang Anda berikan dan Anda benar-benar mengharapkan mereka untuk kembali menggunakan jasa Anda.

5. Berikan penawaran khusus

Berikan penawaran khusus kepada pelanggan Anda seperti diskon atau potongan harga untuk layanan tertentu.

Ini akan membuat mereka lebih tertarik untuk menggunakan jasa Anda dan akan membantu Anda membuat mereka menjadi pelanggan yang setia.

Baca juga: Rencana Pemasaran (Marketing Plan): Manfaat, Tujuan, Jenis, Contoh, dll

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Service marketing (pemasaran jasa) adalah cara yang efektif untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Strategi ini melibatkan menciptakan hubungan yang kuat dengan pelanggan melalui komunikasi yang efektif, menawarkan produk dan layanan yang berharga, dan menciptakan pengalaman pelanggan yang positif.

Dengan menggunakan strategi yang tepat, pemasaran jasa dapat membantu perusahaan meningkatkan pengalaman pelanggan dan pendapatan untuk mencapai keberhasilan jangka panjang.

Jangan lupa untuk selalu melakukan pembukuan untuk memantau kinerja bisnis Anda. Guna mempermudah proses pembukuan, Anda bisa memanfaatkan software akuntansi seperti Kledo.

Kledo adalah solusi terbaik untuk proses pembukuan dan keuangan yang mudah digunakan serta membuat proses pembukuan dan keuangan Anda menjadi lebih mudah.

Software Kledo memudahkan Anda menyimpan, mengelola, dan menganalisa data keuangan dengan cepat dan mudah. Dengan Kledo, Anda dapat membuat laporan keuangan yang akurat, melacak data keuangan dengan mudah, dan menyimpan data keuangan di cloud.

Jadi, apa yang Anda tunggu? Jika Anda masih ragu, Anda bisa membuktikan sendiri dengan mencoba Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 2 =