Pemasaran Global: Ini Manfaat, Hambatan, dan Contohnya

pemasaran global

Bagi sebagian besar pelaku bisnis, strategi pemasaran global menjadi impian utama.

Sebelum memasuki pasar global dan menjadi terkenal di dunia, setiap nama merek top seperti McDonald’s, Apple, atau Samsung memiliki perjalanan panjang dan berat yang dimulai dengan sesuatu yang kecil di satu negara atau kota.

Saat ini, menjadi bagian dari pasar di seluruh dunia dengan merek orisinal menjadi tidak terlalu rumit berkat Google, iklan digital, media sosial, dan platform video.

Terlepas dari melimpahnya saluran pemasaran dan peluang luar biasa dari teknologi canggih, menjangkau pasar global masih merupakan tantangan yang membutuhkan pertimbangan dan sumber daya.

Dalam artikel ini, kami akan mengulas segala sesuatu yang menyangkut pemasaran global. Anda akan menemukan jenis strategi utama, keuntungan utama menaklukkan pasar internasional, dan poin penting pembahsan lainnya.

Apa Itu Pemasaran Global?

pemasaran global

Pemasaran global adalah tindakan mempromosikan produk, merek, atau layanan bisnis ke pasar dunia.

Prosesnya melibatkan perencanaan, promosi, dan memfokuskan produk atau layanan pada kebutuhan pembeli potensial di negara lain. Jika dilakukan secara efektif, pemasaran global dapat: 

  • Menciptakan aliran pendapatan baru
  • Meningkatkan kesadaran merek
  • Meningkatkan reputasi perusahaan
  • Berikan wawasan pemasaran baru

Baca juga: Pemasaran Online: Manfaat, Jenis, Tantangan, dan Contohnya

Mengapa Pemasaran Global Penting?

Menurut Business Wire, pasar global akan tumbuh dari $3,2 miliar menjadi $6,4 miliar dari tahun 2021 hingga 2026. Statistik luar biasa ini menggambarkan tren dunia bagi perusahaan untuk memasuki pasar internasional.

Saat ini pengaruh globalisasi sangat terasa. Semakin banyak merek mencoba menjual produk mereka ke seluruh dunia karena beberapa alasan.

Pertama, menjangkau pasar global memberi perusahaan akses ke basis pelanggan yang besar.

Kedua, memungkinkan pemilik bisnis untuk mengurangi pengeluaran dengan mencapai skala ekonomi.

Ketiga, perusahaan yang menjual barang di seluruh dunia mendiversifikasi risikonya dan tidak terlalu terpengaruh oleh krisis di negara tertentu.

Menjangkau pasar global membantu meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap produk secara signifikan. Anda dapat membangun reputasi yang kuat sebagai merek yang dikenal di seluruh dunia dengan menjual di berbagai negara, yang memberi Anda keunggulan kompetitif yang luar biasa.

Selain itu, memperluas perusahaan membawa peluang bisnis yang besar dan, sebagai hasilnya, cara baru untuk mendapatkan penghasilan.

Memahami semua manfaat ini membuat banyak pemilik bisnis mulai menjual secara internasional. Namun, ada banyak perbedaan budaya, legislatif, demografis, dan politik yang harus Anda pertimbangkan dalam promosi produk Anda.

Tidaklah cukup mengembangkan satu strategi pemasaran untuk semua negara. Perusahaan Anda harus fleksibel untuk memuaskan konsumen di seluruh dunia, sehingga diperlukan pemasaran global.

Baca juga: Total Revenue: Pengertian, Rumus, dan Contoh Penghitungannya

Manfaat Pemasaran Global

Pemasaran global adalah kerangka kerja yang memungkinkan perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan mereka kepada orang-orang di seluruh dunia.

Karena strategi ini, perusahaan dapat memperoleh manfaat yang signifikan dari proses pemasaran globalisasi yang efisien. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari pasar global:

Memperluas pangsa pasar

Manfaat pemasaran global yang pertama adalah meningkatkan jumlah konsumen Anda. Dengan menarik pasar di seluruh dunia, Anda dapat membawa audiens baru sehingga akan lebih banyak orang yang mengetahui produk Anda.

Hanya dengan membuat sedikit perubahan pada kampanye pemasaran, bisa menarik demografis baru yang memiliki kekuatan untuk meningkatkan reputasi dan profit perusahaan.

Keunggulan kompetitif

Manfaat lain dari penggunaan teknik globalisasi dalam pemasaran adalah kemampuan untuk bersaing dengan perusahaan di seluruh dunia.

Memasuki pasar global menghadapkan bisnis Anda ke audiens baru, dan menggunakan teknik globalisasi untuk menarik audiens tersebut dapat memberi Anda keunggulan kompetitif dibandingkan perusahaan lain yang tidak mempertimbangkan perbedaan budaya dan bahasa.

Anda dapat melakukan riset pasar secara menyeluruh tentang demografi, keinginan dan kebutuhan audiens global Anda untuk menentukan metode terbaik untuk memasarkan produk Anda.

Menghemat waktu dan uang

Pemasaran global juga dapat menghemat sejumlah besar uang perusahaan. Daripada harus membuat promosi pemasaran khusus untuk setiap negara atau kelompok budaya tertentu, Anda dapat membuat kampanye luas yang menarik bagi individu dari latar belakang yang berbeda.

Hal ini dapat menghemat uang dan waktu yang seharusnya digunakan untuk membuat kampanye pemasaran dan produk yang dilokalkan untuk setiap negara atau kelompok, bukan kampanye umum yang memiliki daya tarik massal.

Menarik konsumen global

Salah satu manfaat utama globalisasi pemasaran adalah kemampuan untuk menarik konsumen global dengan menciptakan kampanye yang relevan secara budaya di berbagai wilayah di dunia.

Misalnya, perusahaan yang memproduksi soda mungkin memiliki kampanye pemasaran tunggal untuk minuman baru, tetapi dapat menjaga konten tetap berlaku untuk semua jenis orang dan memberi konsumen kemampuan untuk menerjemahkan kampanye ke dalam bahasa asli mereka.

Globalisasi dalam pemasaran dapat menghasilkan perasaan dihargai dan diakui oleh konsumen, karena perusahaan besar telah mempertimbangkan keadaan budaya dan bahasa mereka dalam iklan mereka.

Baca juga: Komunikasi Pemasaran: Tujuan, Fungsi, dan Strategi yang Efektif

Hambatan Pemasaran Global

Sekarang Anda sudah memahami manfaat menjual ke konsumen internasional. Mari kita lihat apa saja hambatan dari pemasaran global.

Mengatasi hambatan budaya

Mengadopsi strategi promosi Anda ke pasar global berarti memuaskan audiens dengan latar belakang budaya yang berbeda.

Misalnya, McDonald’s harus mengubah resep standarnya dan menyesuaikan dengan cita rasanya dengan lidah masyarakat Indonesia.

Jika Anda ingin sukses di pasar luar negeri, penting untuk memahami secara mendalam budaya masyarakat dan jenis perilaku konsumen yang diistimewakan. Beberapa perusahaan mungkin tidak begitu fleksibel, dan ini akan menjadi penghalang bagi promosi produk mereka di pasar global.

Perusahaan harus beradaptasi dengan undang-undang negara asing

Sangat berisiko untuk mulai bekerja tanpa memahami undang-undang dan perpajakan pasar baru.

Terkadang bisnis membutuhkan bantuan pengacara untuk memulai bisnis mereka di luar negeri dengan lancar dan menghindari denda. Proses ini mungkin memakan waktu, tetapi diperlukan sebelum meluncurkan kampanye promosi.

Biaya awal yang mahal

Jika Anda mulai bekerja dengan pasar luar negeri tanpa penelitian yang tepat, biaya inventaris dapat meningkat secara signifikan.

Pertama, menemukan keseimbangan antara penawaran dan permintaan mungkin sulit karena hasil kampanye promosi Anda tidak akan sama dengan di negara Anda.

Kedua, jika Anda mulai bekerja dengan pemasok lokal, menemukan sumber daya termurah di area tersebut memerlukan waktu untuk menghemat biaya Anda.

Banner 2 kledo

Pendekatan Pemasaran Global

Saat mulai bekerja dengan pasar global, pemilik bisnis menghadapi banyak kesulitan dalam pengembangan dan promosi produk.

Pada bagian ini, kami menjelaskan perbedaan antara dua pendekatan pemasaran global dan memberikan tiga strategi luas untuk mencapai kesuksesan di pasar internasional.

Pertama, mari kita lihat pendekatan pemasaran global. Kedua jenis ini bergantung pada seberapa terpusat pengembangan produk.

Pendekatan internasional

Pendekata n ini melibatkan impor dan ekspor produk. Biasanya, kantor dan pabrik perusahaan berlokasi di negara asal sementara produknya dijual ke seluruh dunia.

Ini memungkinkan bisnis untuk memiliki manajemen terpusat dan membuat perubahan pada produk mereka lebih cepat.

Pendekatan multinasional

Pendekatan multinasional berarti bahwa kantor dan pabrik perusahaan berlokasi di beberapa negara tempat Anda bekerja.

Dengan demikian, bisnis bisa mendiversifikasi risiko dan menyesuaikan produk mereka ke pasar yang berbeda. Strategi pemasaran, kebijakan penetapan harga, dan lini produk juga dapat bervariasi.

Baca juga: Continuous Advertising: Hal Penting yang Harus Ada dalam Strategi Pemasaran Anda

3 Strategi dan Contoh Pemasaran Global

pemasaran global

Sekarang lihat tiga strategi utama pemasaran global. Mereka lebih fokus pada variasi produk di berbagai negara, bukan pada lokasi kapasitas perusahaan.

Standarisasi

Strategi ini berarti lini produk, pemasaran, penetapan harga, dan elemen lainnya distandarisasi di berbagai negara. Manajer puncak membuat keputusan paling penting di kantor utama dan ada sedikit kemandirian di pasar lokal.

Strategi ini memungkinkan perusahaan menghemat biaya bahan baku dengan melakukan standarisasi proses produksi. Selain itu, investasi yang diperlukan untuk mengembangkan strategi pemasaran produk lebih sedikit karena sama di semua pasar.

Contoh perusahaan paling terkenal dengan strategi ini adalah Coca-Cola, McDonald’s, dan Apple.

Diversifikasi

Strategi ini memberikan lebih banyak kebebasan kepada kantor lokal dan seringkali didasarkan pada pendekatan multinasional.

Ini berarti bahwa perusahaan mungkin memiliki produk yang sama sekali berbeda di seluruh dunia yang dapat disatukan di bawah nama dan logo satu merek.

Strategi semacam itu memungkinkan bisnis untuk mendiversifikasi risiko dan mengembangkan bisnis di area yang benar-benar baru. Perusahaan menggunakannya ketika ada perbedaan yang signifikan antara pasar tempat mereka bekerja.

Contoh yang paling terkenal adalah Nokia yang memproduksi peralatan rumah tangga, ponsel, produk kertas, dan banyak hal lainnya pada saat-saat tertentu keberadaannya.

Segmentasi

Strategi ini berarti bahwa perusahaan memilih segmen audiens tertentu untuk bekerja sama dan hanya memproduksi produk untuk segmen ini di semua negara.

Pemasaran, kebijakan penetapan harga, dan lini produk dapat berbeda-beda, tetapi seringkali ada bagian dari standarisasi.

Ini adalah strategi paling fleksibel yang memberikan kemandirian pada kantor internasional tetapi memungkinkan untuk menggabungkan keputusan organisasi perusahaan terbaik.

Baca juga:12 Strategi Penjualan Online agar Bisnis Semakin Berkembang

Kesimpulan

Pemasaran global adalah cara dan strategi yang tepat untuk meningkatkan kredibilitas dan nilai perusahaan. Strategi ini terus berkembang seiring dengan globalisasi yang menghasilkan banyak kemajuan teknologi dan informasi.

Salah satu bentuk kemajuan teknologi ditandai dengan kehadiran software akuntansi seperti Kledo yang akan mempermudah proses pembukuan dan pengelolaan keuangan bisnis Anda.

Kledo dilengkapi dengan berbagai fitur berbasis cloud yang bisa Anda gunakan darimana saja dan kapan saja. Mulai dari 139 ribu saja, Anda sudah bisa menikmati layanan dengan fitur terlengkap dari Kledo.

Tertarik mencoba? Yuk, cobain Kledo gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Annisa Herawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 + twenty =