Biaya Relevan: Pengertian Lengkap, Jenis, dan Contohnya

biaya relevan

Biaya relevan adalah istilah yang digunakan terutama dalam akuntansi manajerial yang menggambarkan perubahan biaya dari keputusan tertentu.

Bisnis menggunakan biaya relevan untuk menentukan apakah satu keputusan lebih hemat biaya daripada yang lain.

Biaya relevan adalah alat yang efektif bagi perusahaan mana pun yang berusaha membuat keputusan yang lebih cerdas secara finansial.

Dalam artikel ini, kami membahas apa itu biaya relevan, menjelaskan mengapa biaya relevan itu penting, dan mengulas beberapa contoh untuk membantu Anda menilai dengan lebih baik biaya relevan bisnis Anda sendiri.

Apa itu Biaya Relevan?

biaya relevan

Biaya relevan, kadang-kadang disebut biaya diferensial, mengacu pada biaya keuangan yang dihasilkan dari suatu keputusan bisnis.

Biaya ini bukan metrik yang stagnan dan bervariasi berdasarkan keputusan tertentu.

Biaya relevan adalah metrik keuangan yang berguna karena membantu perusahaan untuk meminimalkan biaya yang tidak penting atau tidak relevan yang jika tidak, akan mempersulit proses pengambilan keputusan.

Sesuatu adalah biaya yang tidak relevan jika tidak dapat mempengaruhi keputusan Anda secara ekonomis.

Jika suatu keputusan dapat mempengaruhi arus kas, maka hal tersebut relevan, dan biaya dari keputusan itu layak dipertimbangkan.

Bisnis mendasarkan keputusan mereka di sekitar biaya diferensial yang diproyeksikan untuk meminimalkan pengeluaran yang tidak perlu dan untuk menentukan investasi yang menguntungkan.

Prinsip-prinsip dasar biaya diferensial cukup sederhana, dan bisnis menggunakannya setiap hari untuk membuat keputusan penting yang memengaruhi modal mereka.

Karena biaya relevan adalah metrik yang berubah-ubah, yang berarti bahwa biaya tersebut berubah tergantung pada berbagai faktor luar yang memengaruhi arus kas, Anda mungkin melihat faktor-faktor seperti ini memengaruhi arus kas:

  • Jumlah pembayaran tambahan
  • Pengurangan pembayaran yang jatuh tempo
  • Pendapatan tambahan yang diperoleh
  • Pengurangan dalam pendapatan pendapatan

Baca juga: Anggaran Berimbang: Definisi, Manfaat, Komponen, dan Jenisnya

Mengapa Biaya Relevan Penting untuk Bisnis?

Biaya diferensial penting karena biaya ini mendorong praktik keputusan yang sehat yang mempengaruhi posisi ekonomi Anda saat ini dan pertumbuhan keuangan di masa depan.

Kadang-kadang keputusan memerlukan analisis menyeluruh sebelum ditindaklanjuti, dan biaya relevan membantu menjawab beberapa variabel yang tidak pasti tersebut, seperti:

Waktu untuk mengembangkan

Ini adalah keputusan biaya diferensial yang mengacu pada waktu yang diperlukan untuk mengembangkan setiap opsi, karena biaya dapat meningkat seiring dengan berlanjutnya tahap pengembangan.

Misalnya, sebuah bisnis kecil milik keluarga memiliki produk yang membutuhkan tambahan jam kerja sebelum produk akhir siap dijual.

Jika biaya yang timbul dari peningkatan waktu produksi lebih dari potensi keuntungan, maka produk tersebut mungkin tidak layak menginvestasikan waktu dan sumber daya untuk membuatnya.

Dalam skenario ini, biaya relevan mengacu pada harga yang harus dibayar untuk lebih banyak tenaga kerja karena waktu produksi yang diperpanjang.

Baca juga: Biaya Modal: Definisi, Fungsi, Rumus, dan Cara Hitungnya

Sumber daya pengembangan

Ini adalah keputusan biaya relevan yang memperhitungkan semua sumber daya yang dibutuhkan sebelum mengambil keputusan akhir.

Variabel-variabel seperti jumlah orang, harga upah mereka dan bahan yang dibutuhkan mempengaruhi nilai biaya diferensial dalam sebuah proses produksi.

Waktu ke pasar

Waktu ke pasar adalah keputusan biaya relevan tentang waktu pengiriman. Ini mengacu pada lamanya waktu pengiriman antara pengembangan dan ketersediaannya di pasar.

Hal ini berupaya menentukan bagaimana waktu tersebut mempengaruhi penjualan dan biaya.

Persepsi kinerja

Hal ini mengacu pada seberapa baik kinerja keputusan dan berusaha menjawab jika satu keputusan menawarkan pengembalian yang lebih baik daripada keputusan lainnya.

Biaya yang relevan dapat berubah secara drastis tergantung pada persepsi seberapa baik kinerja suatu keputusan.

Hal ini karena pelanggan dan investor cenderung tidak akan mendukung secara finansial bisnis yang berkinerja buruk atau membuat keputusan bisnis yang memengaruhi kualitas produk dan layanan yang mereka sediakan.

Baca juga: Barang Modal: Arti, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Jenis-jenis Biaya Relevan

biaya relevan

Berikut ini empat biaya relevan yang perlu dipertimbangkan ketika membuat keputusan bisnis dan manajemen:

Perbandingan membuat versus membeli

Perbandingan biaya membuat versus membeli mengacu pada kebutuhan komponen dan potongan untuk menyelesaikan suatu produk.

Biaya diferensial ini mempertimbangkan pilihan antara membuat produk secara internal atau mengalihdayakan pengembangannya dari vendor lain.

Biaya relevan aktual dari keputusan ini adalah faktor biaya yang dikeluarkan dengan membayar vendor eksternal untuk melakukan pekerjaan.

Jika vendor eksternal dapat memproduksi dan menghasilkan produk pada titik harga yang lebih rendah daripada biaya untuk menyelesaikan produk secara internal, maka outsourcing adalah keputusan yang paling efisien secara finansial.

Biaya pesanan khusus

Pesanan khusus mengacu pada saat-saat ketika pelanggan ingin melakukan pemesanan mendekati atau di akhir bulan setelah perusahaan sudah menghitung penjualan mereka dan menggunakan keuntungan tersebut untuk menutupi biaya produksi untuk periode waktu itu.

Bagi pelanggan yang ingin menerima penawaran harga pesanan khusus, satu-satunya perhatian tim manajemen adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi produk.

Biaya-biaya diferensial ini termasuk biaya untuk bahan tambahan dan tenaga kerja produksi.

Baca juga: Going Concern dalam Akuntansi dan Auditing Keuangan

Perbandingan biaya melanjutkan versus biaya penutupan

Perbandingan biaya melanjutkan vs menutup mengacu pada biaya relevan untuk memutuskan apakah akan menutup unit bisnis tertentu atau terus mengoperasikannya.

Biaya diferensial dalam jenis ini berusaha menentukan penghematan biaya dan kehilangan pendapatan ketika unit bisnis ditutup.

Jika biaya yang dihemat dari penutupan unit lebih besar daripada hilangnya pendapatan yang konsisten, maka mungkin yang terbaik adalah memilih opsi yang paling hemat biaya.

Baca juga: Rasio Loan To Value Adalah: Rumus, Cara Hitung, dan Contohnya

Biaya peluang

Biaya peluang mengacu pada potensi keuntungan yang mungkin diterima oleh bisnis atau orang tergantung pada opsi mana yang mereka pilih daripada yang lain.

Biaya peluang berusaha mengidentifikasi apakah suatu peluang sepadan dengan investasinya.

Ketika membuat keputusan mengenai peluang tertentu, sangat penting untuk menimbang pro dan kontra sebelum memilih untuk mengejarnya atau melupakannya.

Biaya yang dapat dihindari

Istilah ini juga disebut biaya variabel. Jika perusahaan memutuskan untuk tidak melakukan suatu kegiatan, perusahaan dapat menghindari beberapa biaya.

Ini terjadi ketika perusahaan memilih untuk tidak melakukan aktivitas lain yang dapat menyelamatkannya dari pengeluaran. Biaya variabel bervariasi dengan tingkat produksi yang berbeda. Ini berarti bahwa jika produksi nol, tidak ada pengeluaran.

Biaya variabel = Kuantitas output x Biaya variabel per unit output

Baca juga: Deferal dan Akrual: Pengertian Lengkap dan Perbedaannya

Biaya tambahan

Sepanjang lini bisnis, ada produksi beberapa unit. Unit-unit tambahan ini memiliki label harga.

Dengan demikian, biaya-biaya ini meningkat seiring dengan meningkatnya produksi atau turun dengan produksi yang rendah. Mereka disebut biaya inkremental.

Sepanjang lini bisnis, ada produksi beberapa unit. Unit-unit tambahan ini memiliki label harga.

Dengan demikian, biaya-biaya tambahan atau biaya incremental meningkat seiring dengan meningkatnya produksi atau turun dengan produksi rendah. Mereka disebut biaya inkremental.

Future cash flows

Pengeluaran masa depan yang mungkin terjadi karena keputusan yang dibuat di masa sekarang disebut arus kas masa depan atau future cash flows.

Nilai saat ini digunakan untuk memproyeksikan pendapatan masa depan untuk melihat apakah suatu keputusan akan menimbulkan biaya di masa depan.

Di sini, kita dapat memberi harga pada pendapatan proyek yang sedang berjalan yang diharapkan dengan nilai saat ini. Kemudian, tingkat diskonto diformulasikan untuk sampai pada arus kas yang didiskontokan.

Banner 2 kledo

Baca juga: Biaya Administrasi: Pengertian, Contoh, Cara Menghitungnya

Contoh-contoh Biaya Relevan dalam Keputusan Bisnis

Berikut adalah empat contoh yang mewakili empat jenis biaya relevan yang disebutkan sebelumnya:

Contoh perbandingan membuat versus membeli

Sebuah produsen tempat tidur mewah telah memulai kampanye pembuatan rangka tempat tidur dari bahan baru dan inovatif.

Namun, bahan baru ini mahal dan jauh lebih padat karya bagi para tukang kayu untuk membuatnya daripada rangka tempat tidur yang diproduksi sebelumnya.

Manajemen sedang mempertimbangkan biaya pembuatan rangka tempat tidur dibandingkan dengan outsourcing bahan dan tenaga kerja ke perusahaan asing.

Setelah mengevaluasi biaya-biaya yang relevan, memproduksi tempat tidur sendiri akan menghabiskan lebih banyak uang. Untuk menghemat uang, mereka mengalihdayakan produksi rangka tempat tidur.

Baca juga: Cara Menghemat Biaya Operasional Agar Bisnis Untung

Contoh pesanan khusus

Musim liburan lebaran sudah dekat dan sebuah perusahaan yang membuat kue kering baru saja selesai memproduksi kue liburan musiman mereka.

Bahan-bahan untuk kue lebaran ini jauh lebih mahal daripada apa pun yang mereka jual sebelumnya.

Saat perusahaan akan beralih ke operasi bisnis normal dan menghitung pendapatan akhir lebaran mereka, pesanan khusus dalam jumlah besar untuk kue lebaran musiman mereka datang.

Ketika memutuskan apakah akan membuat pesanan tersebut, mereka menentukan bahwa biaya yang relevan untuk memproduksi lebih banyak tidak akan menutupi biaya pesanan yang ditempatkan, sehingga mereka menolak permintaan pelanggan.

Contoh perbandingan biaya melanjutkan versus biaya penutupan

Sebuah toko pakaian besar sedang mempertimbangkan untuk mengubah citra dirinya menjadi toko butik mewah yang lebih kecil.

Mereka saat ini memiliki 50 toko di seluruh negeri dan ingin mengkonsolidasikan diri menjadi 10 toko.

Mereka mempertimbangkan biaya relevan yang timbul dari penutupan toko dan kehilangan pendapatan yang berharga atau mempertahankan toko tetap buka dan terus menghasilkan lebih banyak uang.

Pada akhirnya, manajemen memutuskan bahwa menutup toko-toko tersebut tidak sebanding dengan kehilangan biaya yang relevan, sehingga toko-toko tersebut tetap buka.

Baca juga: Biaya Penyimpanan: Pengertian, Rumus, dan Tips Mengelolanya

Contoh biaya peluang

Seorang selebriti mendekati merek es krim kecil yang ingin berkolaborasi dengan mereka untuk menciptakan rasa es krim edisi terbatas menggunakan buah langka dari luar negeri.

Merek es krim kecil harus menentukan apakah biaya mengejar peluang akan lebih menguntungkan daripada biaya untuk memproduksi es krim ini dengan buah langka dan mahal.

Mereka menyimpulkan bahwa keuntungan pendapatan dari peluang ini lebih besar daripada biaya untuk memperoleh buah langka ini, sehingga mereka melanjutkan kolaborasi.

Baca juga: Apa itu Klasifikasi Biaya? Berikut Pembahasan Lengkapnya

Kesimpulan

Itulah pembahasan lengkap mengenai biaya relevan, jenis, dan beberapa contohnya dalam sebuah bisnis.

Setiap biaya yang Anda keluarkan akan berdampak pada proses pengembangan bisnis Anda. Jadi pastikan Anda memiliki pertimbangan yang matang sebelum mengeluarkan biaya pada bisnis Anda.

Juga, pastikan seluruh biaya tersebut tercatat dengan baik dalam proses pembukuan Anda untuk memastikan seluruh data keuangan Anda tersaji secara faktual dan tidak ada fraud dalam pengelolaan keuangan bisnis.

Kesulitan untuk mencatat biaya secara manual? Anda bisa mencoba menggunakan sistem akuntansi yang modern seperti software akutansi Kledo.

Dengan menggunakan Kledo, Anda tidak hanya akan mendapatkan kemudahan dalam pencatatan keuangan, namun juga Anda akan mendapatkan solusi menyeluruh untuk proses operasional dalam bisnis seperti manajemen persediaan, multi gudang, multi pengguna, manajemen aset, sampai terintegrasi dengan sistem HR melalui software payroll dan HR dari Gajihub.

Jadi apalagi yang Anda tunggu? Catat setiap biaya relevan dan buat laporan keuangan dalam hitungan detik menggunakan software akuntansi Kledo secara gratis melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − fifteen =