Bingung Membuat Marketing Plan? Yuk Gunakan Template Ini

Marketing atau pemasaran menjadi salah satu penentu perkembangan sebuah bisnis. Marketing ini nantinya yang akan membuat berapa banyak produk dapat dijual dan juga menentukan besaran laba yang didapatkan. Karena saking pentingnya, pemilik bisnis tidak boleh asal dalam bidang marketing ini. Salah satu yang harus dilakukan agar marketing dapat lebih maksimal adalah dengan membuat marketing plan atau rencana pemasaran.

Meskipun bukan sesuatu yang mudah, namun cara membuat marketing plan dapat dipelajari oleh semua kalangan, baik yang memang memiliki basic di dunia bisnis ataupun bukan. Selain mempelajarinya dengan cara-cara yang telah ada, Kawan Kledo juga bisa membuat marketing plan dari template yang telah ada. Tentu ini jauh lebih mudah dibandingkan harus membuat secara manual. Jika Kawan Kledo membutuhkan template marketing plan, di sini menjadi jawaban paling tepat. Penasaran? Yuk baca artikel ini hingga akhir.

Marketing

marketing

Seperti yang telah dijelaskan di atas, marketing menjadi hal yang sangat penting bagi suatu bisnis. Untuk itu setiap pemilik bisnis harus merencanakan marketing ini dengan sebaik-baiknya dan membuatnya dalam bentuk marketing plan. Sebenarnya marketing itu apa sih?

Marketing merupakan kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, dan mendistribusikan barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai target pasar yang diinginkan oleh perusahaan. Kegiatan marketing ini harus disesuaikan dengan anggaran dan perkiraan penjualan agar perusahaan mendapatkan keuntungan. Untuk memaksimalkan marketing ini ada empat tahap yang harus Kawan Kledo lakukan yaitu manajemen analisis situasi marketing, perencanaan strategi marketing, pengembangan program marketing, dan pembuatan strategi pelaksanaan dan pengelolaan.

Sedangkan marketing plan adalah strategi yang dilakukan untuk kegiatan marketing. Salah satu cangkupan yang terdapat dalam marketing plan adalah strategi marketing, dimana di dalam strategi marketing ini terdapat langkah-langkah yang dilakukan untuk mencapai tujuan (keuntungan). Untuk lebih jelasnya, Kawan Kledo dapat mempelajari unsur marketing plan yang ada di bawah ini:

Unsur Marketing Plan

template

Ada beberapa unsur yang terdapat dalam marketing plan, apa saja? Berikut penjelasannya:

Ringkasan dan Tujuan dari Perusahaan

Hal pertama yang harus ada dalam marketing plan adalah ringkasan dan tujuan perusahaan. Kawan Kledo mengenali dengan baik profil perusahaan Kawan Kledo dan juga tujuan perusahaan. Hal ini dikarenakan Kawan Kledo bisa mengetahui situasi perusahaan dan tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Target dan Standar yang Ingin Dicapai

Selain harus membuat ringkasan dan tujuan dari perusahaan, Kawan Kledo juga harus memiliki target dan standar yang ingin dicapai. Dengan mengetahui standar yang diinginkan, Kawan Kledo akan lebih mudah mengukur progres target yang diinginkan.

Target Pasar

Menentukan target pasar menjadi sesuatu yang sangat penting bagi bisnis. Dengan adanya target pasar ini menentukan gaya promosi dan pemasaran akan jauh lebih mudah. Tidak hanya itu, pemasaran produk juga akan lebih efektif.

Jenis Konten Promosi

Di tengah perkembangan teknologi, ada banyak jenis konten promosi yang bisa Kawan Kledo gunakan untuk mempromosikan produk Kawan Kledo. Karena banyaknya jenis konten ini, Kawan Kledo harus memilih konten mana yang akan digunakan. Pilihkan konten yang sesuai dengan target pasar dan buatlah dengan baik agar pemasaran dapat berjalan secara maksimal.

Kompetitor

Kompetitor merupakan bagian dari bisnis yang harus Kawan Kledo hadapi. Tidak hanya dihadapi, Kawan Kledo juga harus mengenali siapa saja yang menjadi kompetitor bisnis Kawan Kledo. Dengan mengenali kompetitor Kawan Kledo akan lebih mudah menyusun marketing plan yang lengkap dan jelas.

Fokus dan Prioritas

Seorang pebisnis, Kawan Kledo harus bisa fokus dan menetapkan prioritas. Fokus dan prioritas ini sangat penting agar Kawan Kledo tidak kewalahan karena memiliki banyak hal yang harus dilakukan. Dengan fokus, Kawan Kledo dapat menjalankan bisnis lebih maksimal dan tentu dengan usaha yang maksimal, hasilnya juga akan maksimal, bukan?

Budget

Budget menjadi kunci jalannya sebuah marketing. Apa yang dilakukan dalam marketing akan disesuaikan dengan budget yang ada. Kawan Kledo tidak boleh asal dalam budgeting untuk marketing ini. Pastikan budget yang dikeluarkan untuk promosi dan pemasaran akan memberikan dampak yang baik bagi bisnis ke depannya.

Contoh Marketing Plan

template marketing plan

Setelah unsur-unsur dalam marketing plan telah Kawan Kledo ketahui, kini saatnya mengetahui contoh marketing plan yang sering digunakan oleh pebisnis.

Buffer

Contoh marketing plan pertama yang sering digunakan dalam dunia pemasaran adalah Buffer. Buffer akan membantu Kawan Kledo dalam pembuatan template marketing plan yang akan dilengkapi dengan instruksi dan juga contohnya. Marketing plan Buffer ini cocok buat Kawan Kledo yang belum pernah mendokumentasikan marketing plan sebelumnya. Kawan Kledo dapat belajar dari template Buffer yaitu mulai dari menjawab pertanyaan tentang tujuan perusahaan, menganalisis target pasar secara akurat, melakukan evaluasi marketing strategy dengan paham apa saja kekuatan dan kelemahan perusahaan, dan juga membuat konten promosi yang baik.

Contently

Selain Buffer, Kawan Kledo juga dapat mempelajari template marketing plan dari Contently. Hal-hal yang bisa Kawan Kledo pelajari dari template marketing plan ini adalah menyesuaikan konten dengan target, menentukan channel yang paling tepat untuk digunakan, dan mengetahui konten apa saja yang disukai oleh pelanggan dan calon pelanggan.

Forbes

Majalah bisnis dan finansial Amerika Serikat, Forbes pada tahun 2013 membuat template marketing plan yang kini digunakan oleh banyak orang. Dalam template marketing plan dari Forbes, Kawan Kledo akan diajari 15 poin penting, yaitu:

  1. Ringkasan perencanaan bisnis
  2. Target konsumen
  3. USO atau Unique Selling Proposition
  4. Strategi dalam penentuan harga
  5. Rencana pendistribusian produk
  6. Penawaran dalam bisnis
  7. Materi dalam marketing
  8. Strategi dalam promosi
  9. Strategi marketing online
  10. Strategi dalam bentuk konversi
  11. Kemitraan atau kerja sama
  12. Strategi rujukan bisnis
  13. Strategi yang digunakan untuk menaikan jumlah dan harga transaksi
  14. Strategi retensi bisnis
  15. Proyeksi finansial bisnis.

Template marketing plan dari Forbes merupakan template marketing plan yang lengkap dan detail. Template ini sangat cocok buat Kawan Kledo yang masih membuat rencana pemasaran dari nol.

Template Marketing Plan

marketing plan

Selain menggunakan template marketing plan di atas, Kawan Kledo juga bisa menggunakan template marketing plan di bawah ini untuk memudahkan pembuatan rencana pemasaran bisnis Kawan Kledo.

Konsep Dasar Pemasaran

Visi dan Misi usaha
Nama Perusahaan : ……………………………………………………………………………
Visi Usaha : ………………………………………………………………………………………
Misi Usaha : ……………………………………………………………………………………..
Tujuan Usaha : …………………………………………………………………………………
Motto Usaha :……………………………………………………………………………………
SOP (Cara Kerja) :………………………………………………………………………………
Visi dan Misi Usaha

Penulis visi dan misi perusahaan masuk dalam tahap awal pembuatan rencana bisnis. Dalam visi dan misi, Kawan Kledo dapat menuliskan nama perusahaan, alamat perusahaan, visi, dan misi perusahaan. Selanjutnya, Kawan Kledo menuliskan tujuan usaha dalam jangka pendek dan jangka panjang, motto perusahaan, dan SOP atau standar operasional (cara kerja) perusahaan. Demi kelancaran bisnis, rencana bisnis ini juga harus dilengkapi dengan marketing plan. Kawan Kledo dapat membuat marketing plan pada saat launching bisnis daam bentuk barang atau jasa.

Strategi Marketing

Strategi Pemasaran
Segmentasi
1. Demogrfi :
…………………………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
2. Geografi :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
Startegi Pemasaran
Taktik Pemasaran
Bauran Pemasaran :
1. Produk
2. Harga
3. Promosi
4. Dostribusi
Taktik Pemasaran

Segmentasi dimulai dari segmentasi demografi dari bisnis yang dibuat, lalu ke segmentasi geografi, psikografi, penggunaan, dan segmen lainnya. Segmentasi ini dibuat agar bisnis dapat mencapai target yang diinginkan. Dengan adanya segmentasi ini, pemilik bisnis akan mengetahui siapa saja segmen yang ingin dituju, kemana arah tujuannya, dimana dan juga siapa saja. Segmentasi akan memudahkan tim bisnis untuk mencapai target, jika ternyata mempersulit, itu berarti segmantasi tersebut salah dan harus diubah.

Marketing Mix

Strategi dan Taktik Pemasaran

Strategi Pemasaran
Targeting
1. Konsumen :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
2. Nilai/Uang :
…………………………………………………………………………………………/tahun
3. Jumlah/Volume :
…………………………………………………………………………………………/tahun
3. Media/Komunikasi :
…………………………………………………………………………………………/tahun
Strategi Pemasaran
Taktik Pemasaran
Produk :
1. Brand/Merek :
…………………………………………………………………………………………………………
2. Kategori :
…………………………………………………………………………………………………………
3. USP :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
4. Variasi Moduk/Bentuk :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
5. Label : ..…………………………………………………………………………………………
6. Komposisi : ……………………………………………………………………………………
Taktik Pemasaran
Strategi Marketing
Positioning
1. Brand/Merek
2. Kategori/produk
3. Manfaat/melawan produk lain
4. Target konsumen
Posisikan produk Kawan Kledo dengan produk lain sesuai dengan target konsumen.
Strategi Pemasaran
Taktik Pricing
Price/Harga :
1. Modal kerja : ……………………………………………………………………………………
2. Operasional : ……………………………………………………………………………………
3. Penyusutan : ……………………………………………………………………………………
4. COGM : ……………………………………………………………………………………………
5. Cost Pemasaran : ……………………………………………………………………………..
6. COGS : ……………………………………………………………………………………………
7. Margin? % : ..……………………………………………………………………………………
8. RBP? % : …………………………………………………………………………………………
9. CBP Tergantung Penjualan
Taktik Pricing

Promosi dalam dunia bisnis merupakan kegiatan yang unik dan terus-menerus dilakukan. Promosi terus mengalami perubahan seiring dengan perkembangan kebutuhan dan kemauan konsumen atau pelangan. Sebagi pemain pasar, pemilik bisnis sangat tergantung pada perkembagan gaya hidup pasar dan juga kebutuhan serta keinganan dari pasar. Maka dari itu pembuatan program promosi harus disesuaikan dengan kebutuhan dari bisnis yang dijalani. Semua bisnis membutuhkan promosi, karena promosi dilakukan agar bisnis diketahui oleh target konsumen. Ada beberapa program bisnis yang bisa dilakukan yaitu melalui networking, relasi, perkumpulan-perkumpulan, dan juga berbagai pameran. Namun secara garis besar, program promosi dibagi menjadi dua yaitu above the line dan below the line.

Above the Line
1. Media Komunikasi
TV Komersil : ………………………………………………………………………………………
Print Ad : ……………………………………………………………………………………………
Radio : ………………………………………………………………………………………………
2. POS :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
3. Marketing Service :
…………………………………………………………………………………………………………
Above the Line
Below the Line
1. Konsumen :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
2. Trade :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
3. Pameran :
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
Below the Line

Above the line memiliki tujuan membangun reputasi bisnis yang baik dan sehat dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan below the line memiliki tujuan untuk membuat bisnis berjalan cepat dan dapat menghasilkan omzet langsung (promosi jangka pendek).

Taktik Penjualan

Distribusi dan Saluran Penjualan

Target Outlet
1. Berapa banyak outlet?
2. Di mana saja?
3. Kategori outlet :
Target Volume
1. Berapa banyak yang akan dijual?
2. Berapa jenis yang dijual?
Konsumen
1. Siapa konsumennya?
2. Tinggal di mana?
Distribusi dan Saluran penjualan
Target Outlet
1. Modern Outlet
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
2. Tradisional Outlet
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
3. Pameran
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………
…………………………………………………………………………………………………………

Dalam melaksanakan taktik penjualan, Kawan Kledo perlu membuat daftar outlet, area, dan kategori outlet. Pembuatan daftar konsumen juga harus disesuaikan dengan area, saleman, dan supervisor. Termasuk jumlah target yang akan dijual di setiap outlet dan jenis produk yang akan dijual, semuanya harus dibuat sales bulanan dan tahunan.

Strategi Pemasaran

DeskripsiProduk AProduk CProduk D
Segmentasi1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Targeting1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Positioning1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
USP Produk1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Harga1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Promosi1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.
Penjualan1.
2.
3.
1.
2.
3.
1.
2.
3.

Strategi pemasaram dibuat dalam lembaran khusus yang di dalamnya berisi jenis-jenis produk yang akan dilakukan. Deskripsi yang memuat tentang segmentasi, targeting, dan positioning, lanjut ke Unique Selling Product (USP), harga produk, promosi, dan penjualan.

Budget dan Rencana Penjualan

Program dan budget pemasaran harus disiapkan sesuai kebutuhan bisnis. Program pemasaran yang dibuat harus disesuaikan budget yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Hal ini dilakukan agar pencapaian target bisnis bisa lebih mudah. Kawan Kledo dapat menggunakan rangkuman sederhana ini untuk membuat budget dan rencana penjualan.

DeskripsiPer YearPer MonthPer AreaPer Coord
Above
Media
POS
Mark serv
Below the
Konsumen
Trade
1. Diskon
2. Gimmick
3. Promo
4. Brosur
Institusi
1. Pameran
2. Gimmick
3. Brosur
Total

Selain budget dan rencana penjualan, Kawan Kledo juga bisa membuat rencana penjualan produk yang dibuat per periode atau per tahun. Taktik penjualan dituangkan dalam bentuk Rencana Perjualan, yang di dalamnya berisi sales per tahun, per bulan, dan per saleman. Taktik penjualan ini juga harus meliputi target outlet, target volume, dan target value atau nilai uang.

Rencana Penjualan Produk : ………………………………………………………………………………

ItemJanFebMarAprMeiJunJulAgtSepOktNopDes
A
B
C
D
Rencana Penjualan
Rencana penjualan mempunya tujuan untuk mencapai target jualan
1. Target penjualan per tahun
2. Target penjulan per bulan
3. Target penjualan per hari
1. Target outlet
2. target volume
3. Target nilai/uang
1. Tim sales
2. Tim promosi
3. Tim supporting

Kesimpulan

Marketing plan dibutuhkan bisnis agar pemasaran dapat berjalan dengan lebih maksimal. Marketing plan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan bagi bisnis, namun sayangnya banyak yang merasa bingung cara membuat marketing plan. Buat Kawan Kledo yang merasa bingung dalam membuat marketing plan, Kawan Kledo dapat menggunakan template yang ada di atas. Selain marketing plan, Kawan Kledo juga harus memperhatikan pengelolaan keuangan bisnis. Keuangan menjadi kunci utama perkembangan suatu bisnis. Jika ingin bisnis berkembang secara maksimal, maka Kawan Kledo harus mengelola keuangan dengan sebaik-baiknya.

Banyak yang mengangap pengelolaan keuangan sesuatu yang sulit namun di tengah perkembangan teknologi, ada cara paling mudah dalam mengelola keuangan yaitu dengan menggunakan software akuntansi di Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur keuangan yang akan memudahkan penggunanya. Selain itu untuk mengakses Kledo, Kawan Kledo tidak perlu mengunduh dan mengintal karena Kledo memiliki penyimpanan berbasis cloud dimana penggunanya dapat mengaksesnya dari mana saja asalkan ada koneksi internet. Kawan Kledo cukup akses Kledo di https://kledo.com dan daftar Kledo sekarang juga!

One thought on “Bingung Membuat Marketing Plan? Yuk Gunakan Template Ini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *