Riset Pemasaran: Pengertian Lengkap dan Perbedaannya dengan Riset Pasar

riset pemasaran

Orang-orang di berbagai industri melakukan riset pemasaran untuk meningkatkan produk dan kampanye iklan mereka. Ada berbagai cara untuk menjangkau pelanggan dan mengetahui preferensi mereka.

Jika Anda adalah bagian dari tim pemasaran atau ingin membawa produk atau layanan ke pasar, Anda dapat memperoleh manfaat dari mempelajari proses ini.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa yang dimaksud dengan strategi ini dan menjelaskan empat jenis utama riset pemasaran dan perbedaanya dengan riset pasar yang sering tertukar.

Apa itu Riset Pemasaran?

riset pemasaran

Riset pemasaran adalah proses yang dilakukan oleh perusahaan yang menyediakan produk dan layanan ke pasar massal.

Mereka menggunakan penelitian ini untuk mengumpulkan informasi mengenai basis pelanggan mereka saat ini, dan calon pelanggan, idealnya ingin melihat tentang penawaran, layanan, atau produk perusahaan.

Temuan mereka pada akhirnya digunakan untuk menginformasikan strategi penjualan dan pemasaran organisasi.

Riset ini adalah komponen penting dalam membawa produk baru ke pasar. Riset pasar dapat dilakukan secara langsung oleh departemen pemasaran perusahaan sendiri, atau dapat dilakukan oleh perusahaan pemasaran eksternal yang mengkhususkan diri dalam riset pasar.

Baca juga: Merger dan Akuisisi: Pengertian, Jenis, Cara Kerja, dan Perbedaannya

Pentingnya melakukan riset pemasaran

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan solusi yang tepat untuk situasi pemasaran yang dihadapi perusahaan. Penelitian memainkan peran utama dalam mengidentifikasi permintaan konsumen dan harapan mereka dari produk atau layanan tertentu bersama dengan cara yang efisien untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Ini melibatkan serangkaian kegiatan yang disediakan sebagai berikut:

  • Riset Pasar dan Pelanggan
  • Riset Produk
  • Riset Harga
  • Penelitian Saluran Distribusi
  • Riset Promosi
  • Riset Penjualan
  • Riset Periklanan

Riset Pemasaran ditujukan untuk memberikan fakta dan arahan kepada para manajer yang membutuhkan informasi yang akurat dan otentik untuk membuat keputusan pemasaran yang penting.

Proses riset pemasaran dijelaskan dalam langkah-langkah berikut:

  • Identifikasi masalah, alternatif keputusan dan tujuan penelitian.
  • Mengembangkan rencana untuk penelitian
  • Mengumpulkan informasi
  • Organisasi dan analisis informasi
  • Presentasi
  • Pengambilan keputusan

Komponen dalam Riset Pemasaran

Kami sekarang akan memberitahukan Anda masing-masing dari enam komponen riset pemasaran ini lebih dekat.

Riset Pelanggan

Riset pelanggan berkaitan dengan motivasi dan perilaku pelanggan, penyebaran geografis dan demografis mereka,

jumlah dan daya beli mereka, serta kelayakan kredit mereka. Ini terutama digunakan untuk tujuan segmentasi dan penargetan, tetapi juga berguna untuk memprediksi tren dan mengembangkan produk baru atau new product development (NPD).

Riset Periklanan

Riset periklanan digunakan untuk mengukur keberhasilan kampanye periklanan.

Tujuannya adalah untuk mendapatkan informasi tentang media mana yang paling efektif, iklan mana yang paling efektif, dan pesan mana yang paling baik menjangkau pelanggan.

Riset periklanan melibatkan persepsi pelanggan. Akibatnya, tumpang tindih jauh dengan penelitian pelanggan.

Baca juga: Apa itu Konsep Produksi dalam Pemasaran? Berikut Pembahasannya

Riset Produk

Produk baru dan ide produk baru perlu diuji pada pelanggan, terkadang pada tahap konsep dan terkadang sebagai prototipe.

Riset produk memberikan informasi tentang fitur dan manfaat mana yang paling menarik bagi pelanggan, dan juga dapat memberikan informasi tentang produk pesaing.

Pengemasan adalah aspek lebih lanjut dari penelitian produk, karena pengemasan memberikan beberapa manfaat dari produk itu sendiri.

Isu di sini meliputi sejauh mana produk terlindungi dari lingkungan dan sebaliknya, serta sejauh mana desain kemasan menarik bagi distributor seperti gudang dan pengecer serta konsumen.

Riset produk merupakan bagian integral dari Pengembangan Produk Baru.

Penelitian Distribusi

Penelitian distribusi berkaitan dengan menemukan saluran distribusi yang paling efektif.

Biasanya, perusahaan (atau peneliti) akan mencari pengecer yang sudah aktif di pasar sasaran perusahaan, dan pedagang grosir yang berurusan dengan pengecer yang sesuai.

Riset Penjualan

Riset penjualan bertujuan untuk menilai efektivitas tenaga penjualan individu, teknik penjualan yang berbeda, dan metode manajemen penjualan yang berbeda.

Ini juga dapat digunakan untuk merancang wilayah penjualan untuk memastikan bahwa mereka memiliki potensi yang sama.

Ini melampaui ukuran geografis, karena juga mencakup faktor-faktor seperti jumlah pelanggan potensial, jarak untuk melakukan perjalanan di dalam wilayah dan kekayaan wilayah secara keseluruhan.

Baca juga: 15 Tips Untuk Meningkatkan Branding Produk di Tahun 2022

Penelitian Lingkungan

Penelitian lingkungan berkaitan dengan pemindaian lingkungan perusahaan untuk potensi ancaman dan peluang.

Ini harus dan biasanya merupakan proses yang berkelanjutan untuk sebagian besar perusahaan.

Penelitian lingkungan melihat faktor-faktor sosial, politik, ekonomi dan teknologi yang mungkin mempengaruhi perusahaan dan mereknya di masa depan.

Banner 1 kledo

Jenis Riset Pemasaran

Karena ada begitu banyak faktor yang terlibat dalam riset pemasaran, ada berbagai cara untuk mendekatinya. Berikut beberapa contohnya:

Menganalisis catatan internal

Anda mungkin sudah memiliki data yang tersedia yang dapat digunakan oleh profesional penjualan untuk riset pemasaran.

Menganalisis catatan penjualan, biaya pemasaran, dan biaya produk dapat menjelaskan banyak hal tentang bagaimana kinerja suatu produk dan apa yang dapat Anda tingkatkan.

Membeli akses ke database

Meskipun memiliki sistem informasi pemasaran Anda sendiri sangat membantu, Anda juga dapat mempertimbangkan sumber luar untuk memperluas data. Anda dapat membeli akses ke database yang dibuat oleh pemerintah atau perusahaan lain.

Melakukan survei dan wawancara

Salah satu kesamaan antara riset pasar dan riset pemasaran adalah selalu berharga untuk berbicara dengan calon pelanggan.

Seperti riset pasar, ini dapat mencakup melakukan survei, mengirimkan kuesioner, membentuk kelompok fokus atau bahkan melakukan wawancara satu lawan satu.

Baca juga: Pasar Persaingan Sempurna: Pengertian, Karakteristik, Kelebihan, Kekurangan dan Contohnya

Meneliti pesaing

Anda dapat menganalisis strategi pemasaran pesaing untuk memahami kekuatan dan kelemahan mereka.

Informasi tersebut dapat memungkinkan Anda untuk mengisi celah di pasar yang mungkin diabaikan oleh pesaing Anda atau menemukan cara untuk meningkatkan apa yang telah dilakukan dengan baik oleh pesaing Anda.

Mengidentifikasi sumber daya industri

Itu selalu merupakan ide yang baik untuk mengetahui apa yang terjadi di industri Anda, dan itu juga dapat menjadi sumber untuk riset pemasaran. Anda dapat mengumpulkan data dari artikel, jurnal perdagangan, dan laporan industri.

Apa itu Riset Pasar?

Selain riset pemasaran, ada juga riset pasar yang sering dianggap sama oleh para pemasar atau pemilik bisnis, padahalnya kedua hal ini berbeda.

Riset pasar sendiri adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data tentang target pasar.

Ini biasanya berfokus pada produk atau layanan dan pelanggan yang dituju untuk produk atau layanan tersebut.

Peneliti pasar melihat area seperti kebiasaan dan karakteristik belanja untuk mengungkapkan apa yang mungkin diinginkan atau dibutuhkan oleh pelanggan di pasar sasaran.

Ini juga membantu bisnis mengumpulkan data geografis dan demografis. Riset pasar dapat membantu perusahaan mengidentifikasi faktor-faktor penting, seperti:

  • Kelangsungan produk atau layanan baru di pasar tertentu
  • Potensi pasar sasaran baru
  • Jenis iklan yang mungkin paling efektif
  • Tren pasar saat ini

Baca juga: Ingin Membuat Iklan Produk yang Berhasil? Ikuti Tips Berikut Ini

Jenis Riset Pasar

Ada banyak cara Anda dapat mendekati riset pasar. Berikut adalah beberapa contoh metrik yang dapat Anda gunakan:

Survei

Perwakilan perusahaan atau kontraktor dapat memperoleh masukan langsung dari pasar sasaran dengan melakukan survei. Mereka mungkin menelepon, mengirim kuesioner email, atau berbicara dengan orang-orang di daerah dengan lalu lintas tinggi.

Grup fokus

Untuk mendapatkan umpan balik yang lebih spesifik, Anda dapat mengumpulkan sekelompok orang yang mewakili pasar yang ingin Anda targetkan. Memberikan pengalaman langsung kepada calon pelanggan dengan produk atau penjelasan yang lebih panjang tentang fitur-fiturnya dapat memungkinkan mereka untuk memberikan komentar yang lebih detail dan terinformasi.

Media sosial

Jika Anda ingin melakukan riset pasar pada produk atau layanan yang sudah digunakan pelanggan, media sosial bisa menjadi aset yang bagus. Dengan memeriksa tagar atau balasan atau pencarian istilah produk atau nama perusahaan, Anda dapat sering menemukan pendapat tanpa filter dari konsumen nyata.

Riset pasar yang sudah ada sebelumnya

Anda mungkin ingin memeriksa apakah perusahaan lain atau pemerintah telah melakukan riset yang ingin Anda lakukan. Anda dapat membeli data dari perusahaan riset pasar, dan Anda dapat menemukan data publik di database pemerintah, perpustakaan, dan online.

Perbedaan Utama Antara Riset Pasar dan Riset Pemasaran

riset pemasaran

Salah satu cara termudah untuk memahami perbedaan antara riset pasar dan pemasaran adalah dengan mengetahui 4P pemasaran, yaitu:

  • Produk: Apa yang Anda jual
  • Harga: Berapa biaya produk
  • Tempat: Di mana Anda memasarkan produk
  • Promosi: Bagaimana Anda memasarkan produk

Riset pasar berfokus terutama pada tempat. Ini dapat memberi tahu Anda tentang area geografis, data demografis pelanggan di area itu, dan kemungkinan tingkat minat mereka terhadap produk.

Namun, riset pemasaran memperhitungkan keempat P tersebut. Ini menggabungkan data pelanggan dengan bidang minat lainnya, seperti pengembangan produk, periklanan, distribusi, dan penjualan. Profesional menggunakan riset pasar untuk membantu riset pemasaran mereka.

Untuk lebih jauh mengenal perbedaannya, berikut adalah tabel perbandingannya:

DASAR UNTUK PERBANDINGANRISET PASARRISET PEMASARAN
ArtiSebuah studi yang dilakukan untuk mengumpulkan informasi tentang statistik pasar, dikenal sebagai riset pasar.Riset pemasaran adalah studi sistematis dan obyektif, analisis dan interpretasi masalah yang berkaitan dengan kegiatan pemasaran.
Cabang dariRiset PemasaranSistem Informasi Pemasaran
Ruang lingkupTerbatasLuas
PeruntukanTertentuGenerik
MelibatkanPenelitian pasar dan perilaku pembeli dalam pasar itu.Penelitian dari semua aspek pemasaran.
KetergantunganTergantungIndependen
TujuanUntuk memeriksa kelayakan produk di target pasar.Untuk membuat keputusan yang efektif mengenai kegiatan pemasaran dan untuk tetap mengendalikan pemasaran output ekonomi.

Baca juga: 15 Strategi Internet Marketing Terbaik untuk Meningkatkan Penjualan

Pentingnya Riset Pasar dan Riset Pemasaran

Saat Anda ingin mempromosikan produk atau layanan, penting untuk mengidentifikasi audiens target ideal Anda dengan cermat dan mengarahkan promosi Anda ke arah itu.

Misalnya, dengan mempromosikan dana pensiun ke kelompok usia yang sesuai, Anda dapat memastikan bahwa Anda memanfaatkan waktu dan sumber daya Anda secara efisien.

Berikut adalah beberapa cara tambahan yang dapat Anda manfaatkan dari riset pasar:

  • Memahami pasar apa yang paling diuntungkan dari produk atau layanan Anda
  • Mengidentifikasi apa yang diinginkan dan dibutuhkan pelanggan
  • Mengidentifikasi target pasar yang berbeda atau tambahan
  • Mendapatkan umpan balik yang berharga untuk menyesuaikan dan meningkatkan produk atau layanan Anda

Dengan riset pemasaran, Anda dapat mengambil semua pelanggan dan data geografis yang telah Anda kumpulkan melalui riset pasar dan menggabungkannya dengan area riset lainnya.

Faktor riset pemasaran dalam pengembangan produk atau layanan, dalam memutuskan apakah produk atau layanan tersebut siap dipasarkan dan cara terbaik untuk mempromosikannya.

Itu dapat menginformasikan apa saja mulai dari kampanye iklan hingga teknik penjualan hingga titik harga dan pengemasan.

Baca juga: Visual Merchandising: Pengertian, Jenis dan Cara Menggunakannya

Kesimpulan

Itula pembahasan lengkap mengenai riset pemasaran dan perbedaannya dengan riset pasar dalam sebuah bisnis.

Dapat dikatakan bahwa riset pemasaran merupakan istilah yang lebih luas daripada riset pasar. Namun disisi lain, riset pasar itu sendiri merupakan bagian dari riset pemasaran.

Kedua penelitian tersebut melibatkan teknik kuantitatif dan kualitatif untuk mengumpulkan informasi seperti kelompok fokus, survei (percakapan telepon atau komunikasi tatap muka), wawancara, kuesioner.

Selain itu, penelitian ini sangat membantu bagi para pemula bisnis dan bisnis yang ada untuk mengambil keputusan yang efektif mengenai bisnis seperti produk atau layanan yang Anda layani kepada pelanggan Anda, tempat melakukan bisnis, saluran distribusi yang akan digunakan oleh bisnis, saluran promosi dan sebagainya.

Untuk proses pemasaran bisnis yang lebih baik, tentu Anda membutuhkan angaran dalam merencanakan kampanye pemasaran yang optimal. Pastikan Anda melakukan pencatatan untuk setiap biaya dan keuntungan yang Anda dapatkan selama kampanye pemasaran Anda.

Untuk kemudahan pencatatan biaya pemasaran dan penganggaran bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan seperti Kledo.

Kledo adalah software akuntansi online buatan Indonesia yang sudah digunakan oleh lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis bisnis di Indonenesia.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *