15 Teknik Pemasaran Paling Jitu untuk Menarik Banyak Pelanggan

teknik pemasaran

Di berbagai jenis bisnis apa pun, memiliki teknik pemasaran yang terdefinisi dengan baik sangat penting bagi bisnis Anda untuk tumbuh dan mendapatkan daya tarik seluas mungkin.

Jika Anda perlu menarik lebih banyak pelanggan, hal pertama yang perlu Anda lakukan, tentu saja adalah menjangkau mereka. Jadi, menggunakan teknik pemasaran untuk keuntungan Anda adalah kuncinya. 

Perencanaan strategis harus terus-menerus dan dilacak dengan cermat, untuk memastikan hasil yang diharapkan positif, dan terutama, untuk memastikan bahwa penyesuaian yang diperlukan dibuat, karena bisnis yang berbeda memerlukan pendekatan yang berbeda. 

Sebagian besar pengusaha tahu bahwa sangat penting untuk memiliki rencana tindakan yang menyeluruh untuk mempromosikan bisnis.

Namun, banyak dari mereka memiliki pertanyaan ketika tiba saatnya untuk memutuskan teknik pemasaran terbaik.

Mengingat tidak ada satu teknik pemasaran yang ideal untuk setiap bisnis, keberhasilan setiap teknik tergantung pada bagaimana implementasi dan pelaksanaannya, target audiens, dan, tentu saja, jenis bisnis. 

Untuk lebih memahami teknik pemasaran mana yang dapat diterapkan pada bisnis Anda, lihat 15 cara yang akan membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan.

Teknik Pemasaran: Temukan 15 yang Paling Kuat!

teknik pemasaran

Tentu saja, setiap bisnis memiliki audiens berbeda yang ingin dijangkau. Oleh karena itu, itu tidak berarti bahwa semua tindakan akan tepat untuk Anda.

Yang penting di sini adalah menyadari jumlah elemen yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan promosi Anda dan gunakan yang paling memadai untuk persona Anda.

Selain itu, Anda juga harus tahu bahwa Anda tidak harus memilih satu teknik pemasaran saja untuk bisnis Anda.

Dengan perencanaan, Anda dapat menjalankan beberapa strategi dan, seiring waktu, Anda akan menyadari apa yang berhasil dan dapat membatalkan atau menyesuaikan apa yang tidak relevan untuk bisnis Anda.

Berikut ini merupakan 15 teknik pemasaran terbaik untuk memperoleh lebih banyak pelanggan:

1. Blog

Teknik pemasaran yang pertama yakni dengan memanfaatkan keberadaan blog.

Sebuah blog adalah salah satu strategi yang paling terkenal dan digunakan oleh mereka yang ingin menarik pelanggan secara online dan untuk memberikan konten pendidikan dan kualitas.

Karena, ketika Anda memiliki blog, Anda dapat menulis posting yang menjawab berbagai pertanyaan (dari yang paling mendasar hingga yang paling teknis) dan yang menunjukkan solusi spesifik untuk audiens Anda.

Baca juga: 15 Kesalahan Pemasaran Online yang Perlu Dihindari

2. SEO

Tidak ada gunanya memiliki blog dengan banyak konten menarik untuk audiens Anda jika posting Anda tidak dapat menjangkau mereka.

Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menerapkan teknik SEO (Search Engine Optimization) dalam posting Anda, agar halaman Anda muncul di tempat teratas mesin pencari seperti Google.

Kerjakan kata kunci Anda dengan baik dalam teks Anda, uji judul yang menarik perhatian pengguna, tulis konten lengkap dan benar-benar mendidik audiens Anda.

Yang penting adalah mengoptimalkan semua posting Anda sehingga orang dapat menjangkau konten Anda setiap kali mereka mencari istilah yang terkait dengan niche Anda.

Baca juga: Pengertian dan Perbedaan SEO dan SEM dalam Marketing

3. Pemasaran Email

Banyak orang masih beranggapan bahwa email bukan lagi strategi pemasaran yang baik; lagi pula, banyak pengguna bahkan tidak mau repot membaca pesan yang diteruskan kepada mereka.

Tapi bukan itu yang terjadi, terutama jika email Anda memiliki konten yang menarik bagi orang-orang, bukan hanya untuk mengiklankan produk atau layanan Anda.

Buat buletin, misalnya, dan kirim informasi penting melalui email untuk mendorong orang membagikan alamat email mereka kepada Anda.

Pilihan lain adalah mengirimkan sumber daya gratis yang berharga, seperti ebook.

Ini adalah cara untuk menjaga komunikasi dengan pelanggan potensial Anda melalui email dan juga untuk membuat mereka tetap terlibat dengan merek Anda.

Baca juga: Apa Itu Email Marketing? Ini Penjelasan dan Tips Sukses Menggunakannya

4. Media Sosial

Media sosial, secara umum, adalah saluran yang bagus untuk berkomunikasi dengan publik, terutama karena hampir semua orang menggunakannya. 

Sebagai strategi pemasaran, yang perlu Anda lakukan adalah memahami di mana persona Anda: Facebook, Instagram, LinkedIn, Twitter, atau Snapchat?

Anda mungkin harus melakukan tindakan pemasaran di lebih dari satu jejaring sosial, tetapi berhati-hatilah untuk tidak memaksakan diri terlalu keras di tempat-tempat di mana audiens Anda tidak. Itu mungkin benar-benar membuang-buang waktu Anda.

Dan ingat bahwa jejaring sosial Anda juga perlu menyediakan konten yang menambah nilai bagi pengguna. Jadi jangan hanya mengiklankan merek Anda sepanjang waktu.

Baca juga: 10 Tips Melakukan Social Media Marketing untuk Bisnis

5. Saluran Video

Tahukah Anda bahwa lebih dari 40% orang mengatakan bahwa mereka lebih suka mengonsumsi konten dalam format video ?

Itulah mengapa platform seperti YouTube telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dan digunakan oleh banyak industri, baik online maupun tidak.

Yang benar adalah ketika Anda membuat video, Anda dapat mengirimkan informasi berharga kepada audiens Anda dan mereka dapat dengan mudah mengaksesnya.

Jadi mengapa tidak menggunakan video untuk mengiklankan produk dan layanan Anda dan menarik lebih banyak klien potensial?

Selain YouTube, ada bentuk lain dari monetisasi dengan video, dan Anda dapat memahaminya lebih baik dengan membaca teks ini tentang menghasilkan uang dari video online – selain YouTube.

6. Tautan Sponsor

Tautan sponsor adalah iklan yang ditautkan ke halaman lain, biasanya yang terkait dengan bisnis Anda, yang Anda bayar untuk dipromosikan.

Tujuan dari tautan ini adalah agar orang lain yang mencari topik yang serupa dengan Anda tetapi masih tidak mengetahui produk atau layanan Anda, dapat menemukan Anda di blog, jejaring sosial, dan situs web lain secara umum yang mereka ikuti.

Strategi pemasaran yang sangat menyenangkan pengguna adalah iklan asli. Ini karena bentuk iklan berbayar ini tidak mengganggu pengalaman menjelajah pengguna di halaman yang mereka buka.

7. Survei, Dengarkan, dan Pelajari

Riset pemasaran memainkan peran penting dalam keberhasilan strategi pemasaran bisnis kecil Anda.

Lagi pula, jika Anda tidak mengenal audiens yang Anda targetkan, akan sulit untuk berkomunikasi dengan mereka secara efektif.

Salah satu cara terbaik untuk melakukan riset pasar adalah melalui penggunaan survei. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari strategi ini, Survey Monkey  menyarankan Anda:

  • Tentukan tujuan Anda untuk penelitian
  • Tetapkan garis waktu
  • Segmentasikan audiens Anda untuk menentukan siapa yang menerima survei mana
  • Gunakan alat yang terbukti yang memungkinkan Anda mengumpulkan dan menganalisis data

Baca juga: Funneling Adalah Strategi Penting dalam Marketing, Berikut Penjelasannya

8. Radio, TV, majalah, dan Surat Kabar

Beriklan di media massa dan media cetak sangat bergantung pada jenis bisnis Anda dan saluran komunikasi yang paling banyak digunakan audiens Anda.

Selain itu, Anda juga perlu merencanakan pengeluaran yang akan Anda miliki.

Lagi pula, jenis strategi pemasaran ini biasanya membutuhkan investasi yang lebih besar.

9. Acara

Terlepas dari apakah bisnis Anda fisik atau online, membuat acara untuk berinteraksi dengan pasar Anda juga merupakan cara yang bagus untuk mengiklankan merek Anda.

Acara ini bisa kecil untuk perusahaan tempat Anda ingin menjalin kemitraan, atau bahkan lebih besar, acara terbuka untuk umum, untuk menarik pelanggan baru dan mendidik audiens Anda secara langsung.

Bahkan bagi mereka yang bekerja online, segala sesuatu yang melibatkan orang membutuhkan empati.

Jadi menarik jika Anda membuat acara agar orang mengenal dan bahkan melihat Anda.

Ini akan membuat mereka menyadari kemungkinan yang, jika hanya ditampilkan secara online, bisa luput dari perhatian.

Jika Anda tidak dapat membuat acara sendiri, cobalah untuk setidaknya berpartisipasi dalam acara utama di daerah Anda.

Dengan begitu, Anda dapat melatih keterampilan jaringan Anda dan bertemu tidak hanya calon pelanggan online, tetapi juga calon mitra bisnis (yang merupakan topik kita selanjutnya).

10. Kemitraan

Memulai kemitraan, terutama di pasar digital, adalah cara yang efisien untuk meningkatkan jangkauan bisnis Anda. Namun, menemukan mitra yang baik yang selaras dengan model kerja Anda tidak selalu merupakan tugas yang mudah.

Ada beberapa jenis kemitraan yang bisa Anda lakukan, misalnya:

  • Bertukar posting tamu dengan blog lain;
  • Kolaborasi di saluran YouTube (ketika satu YouTuber merekam dengan yang lain di kedua saluran);
  • Produksi bersama eBook atau buletin;
  • Promosi di jejaring sosial influencer digital.

Hal penting tentang jenis strategi pemasaran ini adalah Anda dapat mengidentifikasi mitra yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan dan untuk siapa Anda dapat melakukan hal yang sama.

Dengan demikian, akan terjadi peningkatan pada kedua penonton tersebut.

Baca juga: Kolaborasi Bisnis: Pengertian dan 10 Tips Melakukannya, Mudah!

11. Kontes

Buat kontes atau hadiah yang mendorong pengguna untuk membeli lebih banyak atau mendatangkan pelanggan baru ke halaman Anda.

Anda pernah melihat profil Instagram membuat undian hadiah dan peraturannya adalah Anda berkomentar dengan ‘@’ orang lain yang masih belum tahu mereknya?

Ini adalah strategi pemasaran yang digunakan profil tertentu untuk menjadi lebih dikenal serta mendapatkan lebih banyak pengikut.

Jenis promosi lain yang dapat Anda lakukan adalah up-sell , down-sell, atau cross-sell segera setelah seseorang selesai membeli beberapa produk Anda.

Dengan ini, pengguna mungkin tertarik untuk melakukan pembelian lagi di situs web Anda.

12. Webinar

Webinar adalah cara yang bagus untuk membangun hubungan dan mengatasi kemungkinan keberatan yang mungkin dimiliki pelanggan Anda.

Bahkan, jika dilakukan dengan sukses, itu dapat menarik prospek berkualitas tinggi. 

Jika Anda baru memulai topik ini, tip yang baik adalah fokus pada tema yang lebih luas. Lebih sulit untuk menarik audiens dan membuat mereka tetap terlibat jika Anda berbicara tentang sesuatu yang sangat spesifik. 

Tip penting lainnya adalah: buat rencana menyeluruh untuk webinar Anda. Ini bukan waktunya untuk menjadi spontan, dan kata mereka, kesan pertama bertahan lama. Menulis naskah adalah salah satu cara untuk menghindari hasil negatif.

13. Big Data

teknik pemasaran

Menggunakan Big Data sebagai strategi pemasaran dapat bermanfaat tidak hanya untuk menarik pelanggan baru tetapi juga untuk membangun loyalitas pelanggan.

Ini memungkinkan Anda menganalisis dan memantau media sosial untuk memahami apa yang dikatakan orang tentang merek Anda. 

Dengan demikian, Anda dapat mengetahui apakah komentar sebagian besar positif atau negatif, misalnya, dan membuat penyesuaian yang diperlukan jika perlu. 

Selain itu, Anda dapat memantau tren, pola perilaku, dan banyak lagi.

Contoh yang baik untuk memanfaatkan jenis informasi ini adalah dengan menambahkan produk yang diminta audiens Anda, atau bahkan mengubah produk yang sudah ada agar lebih menarik bagi pelanggan Anda. 

Baca juga: Apa itu Customer Insight? Berikut Pembahasan Lengkapnya

14. Podcasting

Membuat konten visual untuk bisnis bukanlah satu-satunya pilihan dengan potensi besar. Statistik menunjukkan bahwa Podcast telah menarik lebih banyak pelanggan di seluruh dunia.

Salah satu alasan pertumbuhan podcasting cukup sederhana: orang mengonsumsi konten dengan cara yang berbeda dan konten audio memungkinkan mereka melakukan aktivitas lain sambil mendengarkan podcast. 

Sekali lagi, penting untuk memahami apakah jenis konten ini dihargai oleh audiens target Anda sebelum benar-benar berinvestasi dalam strategi ini.

15. Gunakan Konten untuk Menarik Backlink

Membuat konten berkualitas dalam berbagai format adalah cara yang bagus untuk menarik tautan. Namun, ingatlah bahwa itu harus benar-benar unik, konten yang berharga. 

Konten seperti apa yang harus Anda fokuskan? Itu benar-benar bermuara pada apa yang akan berguna bagi audiens target Anda.

Anda memiliki banyak pilihan, video, panduan, infografis, spreadsheet, dll. Anda bahkan dapat memanfaatkan alat gratis untuk membantu Anda. 

Mendapatkan tautan ke konten Anda tidak hanya akan menghasilkan lalu lintas rujukan, tetapi juga dapat membantu meningkatkan peringkat Anda di mesin telusur.

Lalu lintas organik sangat penting untuk menarik pelanggan potensial, terutama jika Anda berpikir untuk jangka panjang.  

Baca juga: Strategi Whatsapp Marketing Untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Kesimpulan

Banner 3 kledo

Sekarang setelah Anda melihat 15 cara untuk menarik lebih banyak pelanggan, penting untuk mengetahui apa yang perlu Anda lakukan untuk memilih dengan tepat strategi pemasaran terbaik untuk bisnis Anda.

Lagi pula, itu tidak berarti bahwa hanya dengan menerapkan salah satu tips ini, jumlah audiens Anda akan meningkat secara otomatis.

Pastikan juga untuk mencari informasi mendalam seputar target pelanggan Anda.

Dengan informasi mendalam ini, Anda akan dapat menyadari strategi mana yang berhasil untuk bisnis Anda dan Anda dapat lebih fokus pada strategi yang benar-benar memberikan keuntungan.

Ingat, sangat penting untuk mengukur semua yang Anda lakukan untuk memastikan bahwa pekerjaan Anda tidak sia-sia dan Anda menghasilkan keuntungan.

Selain teknik pemasaran, pengelolaan keuangan yang tepat juga menjadi hal yang sangat krusial dalam menjalankan bisnis.

Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat aliran arus kas bisnis tetap terjaga sehingga bisnis Anda tidak akan kesulitan melakukan berbagai kegiatan operasional untuk pengembangan bisnis.

Untuk itu, Anda memerlukan software akuntansi Kledo yang akan membantu Anda memanjemen keuangan bisnis.

Kledo memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik yang sangat bermanfaat bagi bisnis Anda.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa memantau aset bisnis, mengelola stok persediaan, mengirim tagihan faktur kepada pelanggan tepat waktu, memudahkan perhitungan pajak, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × three =