12 Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif yang Wajib Dicoba

strategi bisnis kuliner

Bisnis kuliner saat ini menjadi salah satu bisnis yang banyak digeluti seseorang. Nah, agar bisnis kuliner ini sukses dipasaran diperlukan strategi bisnis kuliner yang tepat.

Strategi ini digunakan agar Kawan Kledo mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar bisnis kuliner Kawan Kledo bisa mendapatkan banyak pelanggan. Seperti yang diketahui saat ini, bisnis kuliner tidak hanya tentang ‘makanan’ tetapi juga menjadi tempat nongkrong atau berkumpul bersama teman atau keluarga.

Jangan sampai bisnis Kawan Kledo harus tutup mendadak karena tidak mendapatkan pelanggan. Nah, kira-kira apa saja strategi yang harus dilakukan agar bisnis kuliner yang Kawan Kledo jalankan bisa meraih kesuksesan?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengatui strategi tersebut, yuk simak artikel ini hingga selesai. Karena di sini akan dijelaskan secara lengkap strategi bisnis kuliner untuk Kawan Kledo semua.

Peluang Bisnis Kuliner

strategi bisnis kuliner

Bicara soal peluang, hingga saat ini bisnis kuliner memiliki peluang yang sangat menjanjikan. Siapa sih yang nggak butuh makanan atau minuman?

Terlebih saat ini ada berbagai cara untuk menjual kuliner, mulai dari membuka kedai atau restoran, membuka stand, hingga melayani pesan antar. Untuk lebih jelasnya berikut beberapa peluang bisnis kuliner yang wajib Kawan Kledo ketahui:

1. Bisa Dimulai dengan Modal Kecil

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis kuliner, jangan khawatir karena Kawan Kledo bisa memulai bisnis ini dengan modal kecil. Kawan Kledo bisa memilih membuka bisnis kuliner dalam bentuk stand atau bisa juga membeli model bisnis franchise dimana Kawan Kledo tidak perlu memikirkan konsep bisnis yang akan dijalankan.

2. Memiliki Pasar yang Besar

Selain dapat dimulai dengan modal kecil, bisnis kuliner juga memiliki pangsa pasar yang besar. Siapa sih yang tidak membutuhkan makanan atau minuman sehari-hari?

Pangsa pasar yang besar ini juga dipengaruhi oleh lokasi dan strategi pemasaran bisnis. Semakin strategi lokasi usaha dan semakin baik strategi yang digunakan, maka peluang mendapatkan keuntungan juga akan semakin besar.

3. Peluang Buka Cabang yang Besar

Dibandingkan bisnis lainnya, bisnis kuliner memiliki peluang buka cabang di tempat lain yang lebih besar. Hal ini dikarenakan modal yang dibutuhkan untuk bisnis kuliner tidak sebesar bisnis lainnya.

Selain itu, ketika satu brand kuliner telah sukses dan mendapatkan brand awareness yang baik, maka orang-orang cenderung percaya dengan cabang-cabang di tempat lain. Dengan begitu peluang membesarkan bisnis semakin besar.

4. Memiliki Strategi Pemasaran yang Mudah

Selain beberapa alasan besarnya peluang bisnis kuliner di atas, bisnis kuliner juga memiliki strategi yang terbilang mudah jika dibandingan bisnis lainnya. Ini kembali lagi kepada poin kuliner dibutuhkan orang setiap harinya, baik itu ketika lapar atau haus, maupun ketika membutuhkan cemilan.

Strategi Bisnis Kuliner Paling Efektif

strategi bisnis kuliner

Setelah membahas tentang peluang bisnis kuliner, berikut strategi bisnis kuliner yang dapat Kawan Kledo lakukan agar bisnis kuliner yang Kawan Kledo jalankan dapat memperoleh kesuksesan:

1. Tentukan Jenis dan Produk Kuliner

Strategi pertama yang harus Kawan Kledo lakukan agar bisnis kuliner Kawan Kledo dapat memperoleh kesuksesan adalah dengan menentukan jenis dan produk kuliner. Menentukan jenis dan produk apa yang akan dijual ini sangat penting dan menjadi landasan dasar dalam memulai bisnis kuliner.

Bagaimana Kawan Kledo bisa memulai suatu bisnis jika jenis produk yang akan dipasarkan saja nggak tahu? Jadi, pilihlah jenis dan produk sebelum memutuskan untuk memulai bisnis.

Ada banyak jenis dan produk kuliner yang dapat dipilih, mulai dari bisnis kuliner franchise, membuka stand, restoran, kafe atau kedai kopi, dan lainnya. Kawan Kledo bisa melakukan survei pasar agar lebih mudah melihat peluang jenis dan produk yang akan laris di pasaran.

2. Buat Desain Produk

Desain produk baik itu tampilan makanan atau minuman maupun packaging kemasan produk menjadi bagian penting dalam bisnis kuliner. Jadi, strategi kedua yang harus Kawan Kledo lakukan adalah dengan membuat desain produk.

Pembuatan desain produk ini meliputi logo, packaging, dan bagaimana produk tersebut akan disajikan. Khususnya logo, pastikan Kawan Kledo memiliki makna dari logo yang akan digunakan.

Kawan Kledo dapat menggunakan jasa desainer grafis untuk pembuatan logo ini dan mendaftarkan hak paten atas logo tersebut agar tidak digunakan oleh merek lain.

Sedangkan untuk packaging dan tampilan menu atau produk, Kawan Kledo dapat melakukan survei baik secara daring atau langsung. Semakin menarik packaging dan tampilan menu pastinya akan membuat calon konsumen tertarik, namun pastikan juga sesuaikan dengan budget dan perhitungan harga jual produk.

3. Tentukan Target Pasar

Setelah melakukan dua strategi yang ada di atas, langkah selanjutnya yang harus Kawan Kledo lakukan adalah menentukan target pasar. Penentuan target pasar ini nantinya juga akan membantu Kawan Kledo dalam memilih lokasi terbaik untuk bisnis Kawan Kledo.

Sebagai contoh, bisnis Kawan Kledo memiliki target pasar mahasiswa, itu artinya Kawan Kledo harus memilih lokasi usaha yang terletak di dekat kampus. Begitu pula jika target pasar Kawan Kledo pegawai kantoran, maka bisnis Kawan Kledo harus berlokasi di kawasan perkantoran.

Ketahui juga secara detail pasar yang ingin dituju mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, tempat tinggal, hingga tingkat ekonomi. Untuk lebih mudah menentukan target pasar ini, Kawan Kledo dapat melakukannya dengan cara analisis pasar.

4. Buat Business Plan

Membuat business plan atau perencanaan bisnis juga bagian penting yang tidak boleh Kawan Kledo lewatkan. Business plan ini merupakan dokumen penting yang berisi rencana bisnis, mulai dari tujuan hingga anggaran bisnis.

Selain digunakan gambaran jalannya bisnis, business plan juga dibutuhkan ketika Kawan Kledo mengajukan pendanaan atau investasi. Selain business plan, Kawan Kledo juga bisa membuat business model canvas untuk memudahkan perencanaan bisnis dalam bentuk yang lebih ringkas.

5. Buat Anggaran Dana

Anggaran dana juga menjadi bagian penting dalam bisnis, jadi pastikan Kawan Kledo membuat anggaran ini dengan sebaik-baiknya. Mulai dari dana untuk lokasi usaha, bahan baku, hingga untuk promosi.

Membuat anggaran dana ini juga penting untuk menentukan berapa modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis dan dibutuhkan juga untuk mengajukan pendanaan atau investasi bisnis.

6. Buat Tampilan Menu Semenarik Mungkin

Menu menjadi bagian pertama yang akan menarik konsumen ketika memesan makanan. Agar konsumen tertarik mencoba berbagai makanan yang dijual, Kawan Kledo harus membuat tampilan menu semenarik mungkin.

Tapi pastikan menu ini hasil foto produk asli, bukan diambil dari internet. Kawan Kledo juga bisa membuat paket menu dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan membeli satuan.

7. Rekrut Tenaga Kerja Terbaik

Membuka bisnis kuliner membutuhkan tenaga kerja yang semakin besar maka kebutuhan tenaga kerja ini akan semakin besar pula. Tenaga kerja ini meliputi bagian koki, kasir, pelayan, dan lainnya.

Agar memudahkan Kawan Kledo dalam mengoperasikan bisnis ini, pastikan rekrut tenaga kerja terbaik yang memiliki keterampilan di bidangnya. Jangan lupa juga untuk memberikan gaji dan tunjangan yang layak kepada karyawan untuk memotivasi mereka bekerja lebih giat.

8. Lakukan Promosi

Setelah beberapa strategi bisnis kuliner di atas telah Kawan Kledo lakukan, ini saatnya melakukan promosi. Promosi dilakukan untuk memperkenalkan bisnis Kawan Kledo ke masyarakat.

Ada berbagai cara untuk melakukan promosi ini, baik secara offline atau online. Promosi secara offline dapat dilakukan dengan cara memberikan diskon atau paket khusus, sedangkan untuk online dapat dilakukan dengan cara social media marketing ataupun internet marketing.

9. Mengurus Izin Usaha

Mengurus izin usaha juga menjadi bagian penting yang harus Kawan Kledo lakukan. Untuk bisnis kuliner, izin usaha ini terdiri dari SIUP dan Sertifikat Halal dari MUI.

Izin usaha ini dibutuhkan untuk berbagai keperluan administrasi bisnis, salah satunya untuk mendapatkan pinjaman modal usaha atau mendapatkan investor.

10. Jalin Kerjasama dengan Mitra

Untuk mengembangkan bisnis kuliner Kawan Kledo menjadi lebih besar, Kawan Kledo perlu menjalin kerjasama dengan mitra. Kerjasama ini dapat dilakukan dalam berbagai aspek, mulai dari distributor bahan baku hingga promosi.

11. Gunakan Aplikasi Pesan Antar

Saat ini telah tersedia berbagai aplikasi pesan antar yang dapat memudahkan Kawan Kledo mengembangkan bisnis. Kawan Kledo bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini sebagai salah satu strategi bisnis kuliner Kawan Kledo.

12. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Strategi bisnis terakhir yang dapat Kawan Kledo lakukan adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik. Ada berbagai cara mudah untuk melakukan pengelolaan bisnis ini, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo merupakan software akuntansi yang dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan, mulai dari fitur invoice, purchasing, aset, inventori, hingga membuat laporan semuanya ada di Kledo. Tidak hanya itu, dengan basis cloud yang dimiliki Kledo, Kawan Kledo bisa mengelola keuangan bisnis dari mana saja dan kapan saja.

Banner 2 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai strategi bisnis kuliner yang dapat Kawan Kledo terapkan ke bisnis Kawan Kledo. Pastikan juga Kawan Kledo mengelola keuangan bisnis Kawan Kledo dengan baik agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Yuk daftar software akuntansi Kledo sekarang juga dan nikmati semua kemudahan pengelolaan keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × four =