Tips Sukses Bisnis Ini Sangat Cocok untuk Pebisnis Pemula

tips-sukses-bisnis-pemula

Setiap orang pasti ingin sukses, namun untuk mencapai kesuksesan antara satu orang dengan orang lainnya memiliki cara yang berbeda. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meraih kesuksesan adalah dengan membangun sebuah bisnis. Saat ini banyak orang ingin memulai bisnis, bahkan banyak dari mereka yang menyadari pentingnya memulai bisnis sejak masih muda. Tentu ini sesuatu yang baik karena bisnis memang seharusnya dimulai sejak masih muda. Namun biasanya kendalanya adalah banyak pebisnis pemula yang bingung bagaimana cara agar bisnis yang dijalankan dapat sukses. Banyak juga dari mereka yang bertanya apa saja tips yang harus dilakukan agar sukses membangun bisnis bagi pemula?

Berikut tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar sukses bisnis bagi pemula:

Tips Sukses Bisnis bagi Pemula

bisnis pemula

Untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses, Kawan Kledo harus melakukan cara-cara agar keinginan tersebut terwujud. Berikut tips-tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar sukses berbisnis sebagai pemula:

1. Fokus di Satu Peluang Bisnis

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk sukses bisnis bagi pemula adalah Kawan Kledo harus fokus di satu peluang bisnis. Hal ini dikarenakan di tengah perkembangan teknologi yang semakin canggih, Kawan Kledo akan menemukan banyak peluang bisnis yang ingin dikembangkan. Sehingga Kawan Kledo akan tergiur untuk mengembangkan bisnis yang berbeda secara bersamaan. Meskipun tidak ada yang salah dengan mengembangkan beberapa bisnis secara bersamaan, namun hal ini akan membuat Kawan Kledo tidak bisa fokus.

2. Lakukan Bisnis yang Disukai

Kawan Kledo pernah mendengar orang yang beruntung adalah orang yang bisa menjadikan hobinya sebagai pekerjaan. Memiliki pekerjaan dari hobi yang disukai memang jadi impian banyak orang. Dengan menyukai seseuatu yang kita kerjaan maka hasilnya akan maksimal karena dikerjakan dengan sepenuh hati. Termasuk bagi Kawan Kledo yang ingin memulai membangun usaha. Jangan lakukan usaha yang memang tidak Kawan Kledo sukai.

Lakukanlah usaha yang Kawan Kledo sukai karena hasilnya nanti akan jauh lebih maksimal daripada pekerjaan dari sesuatu yang tidak disukai. Jangan langsung tergiur hanya karena melihat untung yang besar, terlihat keren, atau karena disuruh orang lain. Mungkin bisnis yang dijalankan terlihat keren namun belum tentu Kawan Kledo akan merasakan hal yang sama ketika menjalankannya. Terlebih jika bisnis tersebut sesuatu yang tidak Kawan Kledo sukai, saat menjalankannya akan jauh lebih berat dibandingkan sesuatu yang disukai.

3. Kuasai Semua tentang Bisnis

Selanjutnya, Kawan Kledo harus menguasai semua tentang bisnis, khususnya bisnis yang sedang Kawan Kledo kembangkan. Mungkin pada awalnya bisnis Kawan Kledo belum memiliki investor yang tertarik untuk investasi di bisnis Kawan Kledo. Namun kesempatan mendapatkan investasi bisa datang kapan saja, untuk itu Kawan Kledo harus menyiapkan diri dengan menguasai semua tentang bisnis yang Kawan Kledo miliki dan siap menjelaskan dengan sejelas-jelasnya. Hal ini dilakuakn agar investor yakin menginvestasikan uangnya di bisnis Kawan Kledo karena dari penjelasan Kawan Kledo sudah sangat meyakinkan.

4. Selalu Belajar dari Orang Lain

Sebagai seorang pebisnis, Kawan Kledo harus memiliki sikap terbuka terhadap pandangan atau pemikiran orang lain. Kawan Kledo harus selalu belajar dari orang lain. Dengan melakukan konsuktasi atau berbagi pengalaman dengan orang lain, Kawan Kledo dapat belajar sesuatu dari mereka tentang bisnis yang Kawan Kledo kembangkan. Kawan Kledo dapat memilih mentor, teman, atau orang yang berpengalaman di bisnis sebagai penasihat dan tempat Kawan Kledo berdiskuasi agar bisnis yang Kawan Kledo jalankan dapat meraih kesuksesan.

5. Hidup dengan Sederhana

Sebagai seorang pengusaha pemula, jangan berpikiran bahwa penguasaha adalah seseorang yang memiliki rumah mewah, mobil mewah, dan juga makanan yang serba enak. Lupakan semua pemikiran tersebut dan hiduplah dnegan pandangan bahwa Kawan Kledo adalah seseorang yang ingin meraih kesuksesan. Dengan begitu Kawan Kledo dapat menikmati apa yang sedang Kawan Kledo jalani saat ini meskipun harus hidup sederhana dan apa yang Kawan Kledo impian akan terwujud suatu saat nanti.

6. Belajarlah dari Kegagalan

Tidak semua hal yang kita inginkan dapat terwujud dengan mudahnya. Ada saat-saat dimana kita harus mengalami kegagalan. Saat gagal memiliki perasaan ingin menyerah adalah sesuatu yang wajar, namun ada dua hal yang bisa dilakukan setelah itu, tetap diam dan menyerah atau maju terus. Jika Kawan Kledo ingin maju maka Kawan Kledo harus siap menghadapi kegagalan dan terus berusaha tanpa lelah. Justru dengan kegagalan yang Kawan Kledo alami Kawan Kledo dapat belajar untuk lebih baik lagi. Selain itu kegagalan juga akan membuat Kawan Kledo jauh lebih kuat dari sebelumnya.

7. Buat Konsep Bisnis Terbaik

Buat konsep bisnis terbaik pada bisnis yang sedang Kawan Kledo geluti. Hal ini dikarenakan investor yang akan berinvestasi di bisnis Kawan Kledo biasanya belum tahu bagaimana standar bisnis yang sedang Kawan Kledo jalani. Untuk itu Kawan Kledo harus membuat konsep bisnis terbaik agar investor tertarik dengan bisnis yang Kawan Kledo miliki. Dengan membuat konsep bisnis yang baik Kawan Kledo juga akan memilih arah yang jelas saat menjalankan bisnis tersebut.

8. Buktikan dengan Tindakan

Sebagai seorang pembisnis pemula, jangan terlalu banyak bicara tapi tidak melakukan apa-apa. Sebagai seorang profesional, membuktikan dengan tindakan jauh lebih baik dibandingkan hanya dengan omongan. Kawan Kledo harus membutikan bahwa Kawan Kledo bisa dalam bentuk tindakan. Jangan hanya dengan kata-kata, karena dalam bentuk tindakan orang akan jauh lebih menghargai nilai dari diri Kawan Kledo.

Ide Bisnis bagi Pemula

bisnis pemula

Sebagai seorang pebisnis pemula, Kawan Kledo pasti ingin memulai sebuah bisnis yang cocok bagi pemula. Cocok yang dimaksud di sini adalah bisnis yang tidak terlalu ribet atau sulit untuk dijalankan dan juga bisa dijalankan dengan modal kecil. Berikut ide-ide bisnis yang bisa Kawan Kledo jalankan buat Kawan Kledo yang masih pemula:

Bisnis Makanan Ringan

Ide bisnis pertama yang bisa Kawan Kledo kembangkan sebagai seorang pebisnis pemula adalah bisnis makanan ringan. Hal ini karena bisnis makanan ringan dianggap sebagai bisnis yang sangat mudah dan untuk membuka bisnis ini tidak diperlukan modal yang besar. Semua orang bisa memulai bisnis ini meskipun tidak bisnis memasak. Selain memproduksi sendiri bisnis makanan ringan ini, Kawan Kledo juga bisa mengambil dari produsen lainnya dan melakukan pengemasan sendiri.

Bisnis Fotokopi

Buat Kawan Kledo yang tinggal di sekitar sekolah, kantor, atau kampus, bisnis fotokopi menjadi bisnis yang sangat menjanjikan. Kawan Kledo juga bisa mencari tempat yang dekat dengan tempat-tempat tersebut jika ingin membuka bisnis fotokopi. Memang, harga mesin fotokopi tidak murah namun untuk menyiasatinya Kawan Kledo bisa membeli mesin fotokopi bekas yang lebih murah dan Kawan Kledo bisa mempelajari sendiri bagaimana mengoperasikan mesin fotokopi.

Bisnis Pakaian

Pakaian merupakan barang yang dibutuhkan oleh semua orang dan tidak hanya dijadikan sebagai kebutuhan, pakaian juga bagian dari gaya atau style seseorang. Pakaian selalu mengalami perubahan setiap waktu. Buat Kawan Kledo yang memiliki keterampilan mendesain pakaian dan memiliki kemampuan dalam tata busana, dapat menjadi bisnis ini untuk dikembangkan. Kawan Kledo bisa memanfaatkan momen-momen tertentu untuk mempromosikan bisnis pakaian, seperti hari raya keagamaan atau memperingati hari-hari tertentu. Kawan Kledo juga harus selalu membuat model-model baru agar konsumen selalu tertarik dengan pakaian yang Kawan Kledo jual.

Bisnis Perlengkapan Bayi

Perlengkapan yang dibutuhkan bayi jauh lebih banyak dibandingkan dengan orang dewasa. Mulai dari pakaian, perawatan tubuh, makanan, sampai mainan. Tentu ini menjadi peluang bisnis yang cukup besar bagi Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis. Selain menjual perlengkapan bayi, Kawan Kledo juga bisa memulai bisnis perlengkapan bisnis dengan sistem sewa. Jika memang modal yang dikeluarkan besar karena harus menyewa toko, Kawan Kledo bisa menjualnya secara online.

Bisnis Reseller atau Dropship

Bisnis reseller dan dropship merupakan bisnis yang bisa dilakukan secara online. Bahkan bisnis dropship ini bisa dijalankan tanpa modal. Untuk menjalankan bisnis ini Kawan Kledo bisa menjalankannya di rumah dan tanpa harus menyewa toko atau tempat untuk berjualan. Kawan Kledo bisa memperlajari cara bisnis reseller di sini, sedangkan untuk bisnis dropship bisa dibaca di sini.

Bisnis Franchise

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis tanpa harus memikirkan ide dan operasionalnya, Kawan Kledo bisa memilih bisnis franchise untuk dikembangkan. Ada dua jenis bisnis franchise yaitu bisnis franchise makanan dan bisnis franchise minuman. Ada beberapa pilihan untuk memulai bisnis ini, dari yang bermodal kecil sampai modal besar.

Bisnis Pulsa dan Kuota

Bisnis terakhir yang bisa Kawan Kledo pilih sebagai seorang pebisnis pemula adalah bisnis pulsa dan kuota. Di tengah teknologi yang serba online seperti saat ini, pulsa dan kuota menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan dan tidak bisa terlepas dari kehidupan sehari-hari. Bisnis pulsa dan kuota ini juga menjadi bisnis yang minim kerugian dan sangat mudah untuk dijalankan.

Pentingnya Pengelolaan Keuangan Bagi Bisnis

bisnis pemula

Dalam menjalankan sebuah bisnis ide cemerlang tidak cukup untuk membuat bisnis Kawan Kledo menjadi bisnis yang maju. Ada hal-hal lain yang harus diperhatikan, salah satunya adalah pengelolaan keuangan. Pengelolaan keuangan yang baik akan membuat bisnis yang Kawan Kledo jalankan mengalami kemajuan dan begitu juga sebaliknya, jika Kawan Kledo tidak mengelola keuangan dengan baik, sulit untuk mengembangkan sebuah bisnis. Ada banyak cara yang bisa Kawan Kledo lakukan untuk mengelola keuangan, mulai dari cara yang paling mudah sampai cara yang ribet. Kawan Kledo bisa memilih cara yang paling mudah dengan cara menggunakan software akuntansi, seperti Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan pengelolaan keuangan. Yuk daftar Kledo sekarang dan dapatkan akses gratis selama 14 hari.

Kesimpulan

Memiliki bisnis merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk meraih kesuksesan. Sebagai seorang pebisnis yang baru akan memulai sebuah bisnis, Kawan Kledo pasti ingin menjalankan bisnis dengan baik. Untuk itu diperlukan tips-tips yang bisa dilakukan sebagai seorang pebisnis pemula. Dari semua tips-tips yang ditulis di atas, siapkan Kawan Kledo menjalankan semuanya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *