Kenali Apa Itu Field Marketing dan Tips Melakukannya

field marketing

Jika ada satu hal yang dapat diambil dari COVID-19 untuk pemasar, kelincahan adalah kunci untuk berkembang di dunia yang tidak pasti. Poros dari field marketing (pemasaran lapangan) langsung ke pengalaman virtual berlangsung cepat.

Tetapi pemasaran lapangan tetap menjadi salah satu format acara paling efektif untuk bisnis yang ingin meningkatkan permintaan.

Pemasaran lapangan menggabungkan yang terbaik dari penjualan dan pemasaran untuk menawarkan bisnis dengan pendekatan unik guna membangun hubungan otentik dengan pelanggan dan prospek mereka.

Dalam artikel ini, kami akan mengeksplorasi bagaimana Anda dapat menyesuaikan strategi field marketing Anda untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan dan memenangkan pelanggan.

Pengertian Field Marketing

field marketing

Field marketing atau pemasaran lapangan persis seperti yang terdengar. Ini adalah bentuk pengalaman pemasaran yang mencakup aktivitas pemasaran di tempat seperti promosi jalanan, merchandising, pengambilan sampel, demonstrasi produk, dan penjualan langsung.

Jika Anda melihat lebih dekat, Anda akan menyadari bahwa pemasaran lapangan pada dasarnya adalah prinsip AIDA (Perhatian, Minat, Keinginan, dan Tindakan) dalam tindakan.

Kegiatan pemasaran lapangan dirancang untuk mendapatkan perhatian audiens target, menciptakan minat dan keinginan untuk penawaran Anda, dan pada akhirnya mendorong tindakan, yaitu penjualan.

Field marketing biasanya melibatkan beberapa titik kontak seperti konferensi, pameran dagang, dan rapat. Dengan semakin banyak organisasi yang melakukan perjalanan jauh selama satu setengah tahun terakhir, pemasaran lapangan sekarang mencakup titik kontak digital interaktif seperti acara virtual.

Anda dapat menganggap field marketing sebagai kombinasi dari pemasaran dorong-tarik. Anda terhubung dengan pembeli Anda melalui pertemuan, yaitu, mendorong pemasaran, dan mengadopsi pendekatan yang lebih personal untuk menarik mereka masuk saat mereka maju melalui berbagai tahap perjalanan pembelian.

Baca juga: Stok Barang Persediaan: Pengertian, Jenis, dan Teknik Mengelolanya

Kelebihan Field Marketing

Spesialis field marketing berkolaborasi dengan tim pemasaran dan penjualan untuk mencapai tujuan bisnis. Pemasaran lapangan berkontribusi pada kerangka pemasaran dan penjualan organisasi karena memungkinkan Anda untuk:

  • Dapatkan pemahaman yang tak tertandingi tentang profil pelanggan ideal Anda
  • Ciptakan keselarasan penjualan-pemasaran yang sebenarnya dengan pendekatan kolaboratif untuk pencarian calon pelanggan dan pembangkitan permintaan
  • Sejajarkan pesan merek Anda dengan tujuan bisnis.
  • Bantu tim penjualan Anda mendorong prospek baru, membangun jalur penjualan, dan mencapai sasaran pendapatan.
  • Lengkapi strategi digital Anda dengan aktivitas tatap muka.
  • Kumpulkan wawasan produk yang relevan.

Baca juga: Target Penjualan: Pengertian, Manfaat, Cara Membuat dan Melampauinya

5 Manfaat Field Marketing

Field marketing adalah cara bagi perusahaan untuk berinteraksi satu lawan satu dengan pelanggan. Ini memungkinkan Anda untuk mempelajari apa yang pelanggan pikirkan tentang penawaran merek Anda dan memahami jika mereka memiliki keluhan tentang produk Anda.

Berikut adalah lima alasan Anda harus mempertimbangkan field marketing untuk bisnis Anda:

1. Persepsi Merek yang Lebih Baik

Rata-rata orang melihat lebih dari 1.700 iklan spanduk per bulan, di mana mereka hanya melihat setengahnya. Sangat sulit untuk membuat merek Anda mudah diingat secara eksklusif melalui iklan.

Pemasaran lapangan menciptakan peluang itu untuk berinteraksi dengan pelanggan Anda secara langsung, dan memiliki interaksi yang berkesan membantu Anda memperkuat ingatan dan persepsi merek Anda.

2. Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Pengalaman pelanggan mencakup interaksi di setiap titik kontak pemasaran. Pemasaran lapangan berfungsi sebagai titik sentuh utama karena memungkinkan pelanggan berinteraksi secara langsung dengan bisnis.

Pelanggan dapat mempelajari cara menggunakan produk dengan lebih baik dan berbagi cerita dan masalah mereka, yang semuanya dapat membantu Anda memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

3. Mendukung Tim Penjualan

Pemasaran lapangan dapat mendukung departemen penjualan dengan mengoptimalkan proses pengasuhan.

Jadi, apakah itu berbicara dengan prospek hangat di pameran dagang atau membantu pelanggan menggunakan penawaran Anda dengan lebih baik saat makan siang dan belajar, pemasaran lapangan dapat membantu tim penjualan Anda.

4. Kumpulkan Data Pasar yang Akurat

Pemasaran lapangan adalah aktivitas yang dihadapi konsumen. Anda mendapatkan informasi kualitatif ketika Anda berbicara dengan orang-orang nyata.

Anda dapat mempelajari mengapa fitur produk laris manis atau mengapa sangat sulit digunakan. Ketika dikombinasikan dengan data kuantitatif, Anda lebih siap untuk membuat keputusan yang tepat.

5. Lacak ROI Secara Akurat

Sebagian besar kegiatan pemasaran lapangan, seperti demonstrasi produk, acara, dan webinar, memberikan daftar peserta beserta detailnya. Daftar ini dapat dikaitkan kembali dengan data yang masuk ke data penjualan Anda.

Jadi, ketika penjualan terjadi, Anda dapat secara akurat memetakannya ke aktivitas pemasaran bidang mana yang mendorong penjualan tersebut. Ini memungkinkan Anda untuk melacak ROI Anda secara akurat.

Baca juga: Fraud Laporan Keuangan: Pengertian, Deteksi, dan Pencegahan

3 Contoh Field Marketing

Pemasaran lapangan sangat luas. Ini dapat mencakup acara, merchandising, pengambilan sampel, demonstrasi, roadshow, dan banyak lagi.

Daftarnya tidak ada habisnya. Namun, elemen kunci dari pemasaran lapangan dapat dimasukkan ke dalam ketiga kegiatan field marketing yang klasik ini.

1. Demonstrasi Produk

Demo produk adalah favorit pemasaran lapangan! Selain menyediakan lingkungan yang ideal untuk demonstrasi yang dipersonalisasi, pemasaran lapangan juga memungkinkan pelanggan untuk mencicipi produk dan layanan Anda.

Perusahaan B2C menggunakan ini di pusat perbelanjaan dan area lalu lintas pejalan kaki tinggi lainnya di mana mereka dapat meminta pelanggan untuk mencoba produk mereka. Misalnya, merek kopi dapat memberikan sachet kopi instan yang baru diluncurkan.

Perusahaan B2B menggunakan demonstrasi produk di konferensi dan pameran dagang di mana mereka cenderung bertemu dengan audiens yang paling relevan.

Perusahaan B2C biasanya menggunakan demonstrasi produk selama tahap kesadaran, sedangkan perusahaan B2B menggunakannya pada tahap pertimbangan.

2. Acara Tatap Muka

Acara tatap muka mungkin merupakan cara pemasaran lapangan yang paling kuat. Mereka efektif karena pemasar memiliki kesempatan untuk membantu peserta mengenal perusahaan dan penawarannya sepanjang siklus hidup acara.

Acara ini dapat berupa pameran dagang, konferensi, lokakarya, rapat, dan baru-baru ini, acara virtual seperti webinar.

Memiliki cukup waktu untuk membangun hubungan yang dipersonalisasi adalah apa yang memaksa manajer pemasaran lapangan untuk berinvestasi besar-besaran ke dalam acara virtual dan tatap muka.

Untuk menjangkau audiens yang lebih luas, merek B2C juga berinvestasi dalam format acara lain seperti roadshow.

3. Pemasaran Gerilya

Pemasaran gerilya adalah sisi peretasan pertumbuhan pemasaran lapangan. Taktik ini menyebarkan aksi cerdik untuk menarik perhatian penonton dalam waktu singkat.

Kampanye pemasaran gerilya yang kreatif memiliki potensi untuk menciptakan buzz dan mendorong dari mulut ke mulut di antara pembeli ideal Anda.

Meskipun pemasaran gerilya sering disebut-sebut sebagai taktik pemasaran berbiaya rendah, sangat sulit untuk membuat kampanye karena tidak ada struktur atau kerangka kerja tetap.

Tetapi jika berhasil, kampanye Anda akan menjadi viral. Bagaimanapun, adalah bijaksana untuk mencoba dan menguji strategi pemasaran lapangan sebelum mempertimbangkan kampanye pemasaran gerilya.

Baca juga: Mengenal Persamaan dan Perbedaan Hutang Piutang dalam Akuntansi

7 Strategi Field Marketing

field marketing

Field marketing sebagian besar tentang membangun hubungan melalui interaksi langsung. Namun, dengan sebagian besar acara menjadi virtual selama satu setengah tahun terakhir ini, sangat penting bagi merek untuk mengadaptasi pendekatan virtual ke strategi pemasaran lapangan.

Di bagian ini, kita akan melihat tujuh strategi pemasaran lapangan yang dapat Anda terapkan dalam rencana pemasaran Anda.

1. Selenggarakan Acara Virtual untuk Audiens Anda

Meskipun acara tatap muka secara bertahap telah kembali, Anda dapat terhubung dengan audiens yang lebih luas melalui acara virtual.

Dengan bantuan platform acara virtual yang kuat, Anda dapat mengatur acara sekecil pertemuan virtual dan sebesar pameran dagang. Pertimbangkan berbagai opsi seperti webinar, makan siang dan pembelajaran, lokakarya, program pelatihan, dan konferensi lengkap.

Sebagai bagian dari program pembinaan pemimpin, Anda juga dapat menggunakan acara skala kecil seperti webinar dan lokakarya sebagai persiapan untuk acara skala besar Anda.

Perhatikan acara virtual yang relevan di niche Anda yang dapat Anda ikuti baik dengan berbicara atau mensponsori, karena Anda akan terhubung dengan audiens Anda dengan biaya dan upaya yang relatif lebih rendah.

Baca juga: Personalized Marketing, Strategi Jitu Meningkatkan Penjualan

2. Pengalaman Pemasaran

Pengalaman pemasaran lapangan secara langsung adalah yang membuatnya begitu menarik dan mudah diingat. Untuk acara virtual, perusahaan mungkin merasa sulit untuk menciptakan efek yang sama karena orang pada dasarnya menghabiskan hari-hari mereka di depan komputer mereka.

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memecah kemonotonan ini adalah dengan memperkenalkan elemen-elemen pemasaran berdasarkan pengalaman.

3. Buat Pengalaman Konten yang Relevan

Kumpulkan konten yang disesuaikan untuk berbagai segmen audiens target Anda dan tahapan perjalanan pembelian mereka untuk membantu mereka membuat keputusan yang lebih baik.

Anda dapat membuat granular dan memecahnya untuk saluran pemasaran yang berbeda. Misalnya, alih-alih membagikan tautan ke posting blog di Twitter, Anda dapat memposting utas tweet yang merangkum poin-poin penting sehingga Anda menjangkau setiap anggota audiens Anda di mana mereka menghabiskan waktu paling banyak.

4. Membangun dan Memelihara Tim Lapangan

Pemasaran komunitas menjadi jalan pemasaran yang kuat. Buat grup dan komunitas di saluran pemasaran yang relevan, seperti media sosial, Discord, atau Slack. Berinteraksi dengan anggota grup dan tawarkan manfaat unik untuk membuat mereka tetap terlibat .

Manfaatkan tim jalanan Anda untuk mempromosikan penawaran, acara, konten, dan aset promosi lainnya. Komunitas juga dapat membantu Anda dengan konten buatan pengguna, seperti testimonial dan ulasan produk.

Singkatnya, dari mulut ke mulut adalah saluran pemasaran yang kuat. Biarkan pelanggan Anda yang berbicara untuk merek Anda.

5. Tingkatkan Jangkauan Anda melalui Pemasaran Mitra

Pemasaran mitra atau pemasaran bersama adalah strategi tepercaya untuk meningkatkan upaya pemasaran dan menjangkau audiens yang lebih luas. Dalam pemasaran bersama, dua atau lebih organisasi bekerja sama untuk memberikan nilai kepada audiens mereka.

Sebagai manajer pemasaran lapangan, Anda dapat mengidentifikasi organisasi di ceruk pasar Anda yang melengkapi penawaran Anda dan mengusulkan program pemasaran mitra.

Dengan mengingat tujuan pemasaran, Anda dapat meluncurkan acara virtual yang memungkinkan Anda terhubung dengan pelanggan, prospek, dan jaringan satu sama lain.

Sebagai persiapan untuk acara tersebut, cobalah menyelenggarakan acara mikro seperti makan siang virtual dan pembelajaran serta menyelenggarakan webinar bersama, lalu publikasikan rekaman sebagai konten yang terjaga keamanannya.

Juga, karena Anda membagi pengeluaran dalam kampanye pemasaran mitra, Anda bisa mendapatkan hasil yang cukup solid dengan biaya lebih rendah.

Baca juga: Cara Memilih Partner Bisnis yang Menguntungkan

6. Ambil Sampel Secara Online

Anda dapat mengambil aktivitas pengambilan sampel Anda secara online bersama dengan strategi pemasaran lapangan Anda yang lain. Promosikan kode kupon, diskon, dan uji coba gratis melalui email, media sosial, dan iklan untuk mendapatkan pelanggan baru.

Misalnya, dengan menargetkan daftar peserta acara, Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran email di mana Anda menawarkan mereka uji coba gratis dari penawaran Anda.

Tidak semua orang akan menjadi pelanggan di akhir masa percobaan. Anda dapat menggunakan iklan penargetan ulang dan menawarkan kupon waktu terbatas dan diskon eksklusif sebagai insentif untuk memaksa audiens Anda bertindak.

7. Gabungkan Pemasaran Berbasis Akun dengan Pemasaran Berbasis Niat

Pemasaran berbasis akun (ABM) mengambil pendekatan yang berfokus pada laser untuk memperoleh akun target bernilai tinggi dengan mendedikasikan sekelompok sumber daya.

Dalam pemasaran berbasis niat, Anda membuat konten dengan mengidentifikasi pengguna yang menunjukkan niat membeli.

Anda sudah dapat melihat bahwa Anda dapat menggabungkan ABM dan pemasaran berbasis niat untuk meningkatkan upaya pemasaran Anda. Misalnya, data niat dapat memberi Anda pertanyaan yang sedang diteliti oleh prospek. Anda dapat membuat kampanye pemasaran berdasarkan pertanyaan-pertanyaan ini.

Sebagai bagian dari kampanye ini, tim pemasaran lapangan Anda dapat mengatur lokakarya atau makan siang dan belajar untuk akun bernilai tinggi. Begitu mereka memasuki saluran pemasaran Anda, Anda dapat terus memelihara mereka agar mereka siap menjual.

Baca juga: Pentingnya Laporan Stok Barang bagi Bisnis dan Cara Menyusunnya

Kesimpulan

Banner 1 kledo

Inti dari field marketing adalah membangun hubungan baik dengan prospek dan pelanggan Anda. Anda dapat mencapai ini melalui webinar, acara, demonstrasi produk, atau konferensi. Benang merah di antara kegiatan ini adalah bahwa semuanya memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan audiens Anda.

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari upaya pemasaran lapangan Anda, selaraskan strategi tim penjualan, pemasaran, dan pemasaran produk Anda. Jangan pernah melewatkan peluang pemasaran lapangan virtual lagi.

Dalam berbisnis, keuangan merupakan jantung bisnis yang sangat menentukan keberlangsungan usaha Anda. Oleh karenanya, para pelaku bisnis harus bijak dan tepat dalam mengelola keuangan bisnis mereka.

Guna mempermudah pengelolaan keuangan bisnis, Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti Kledo yang memiliki lebih dari 30 fitur akuntansi terbaik seperti invoice, purchase, manajemen stok, dan beragam fitur lainnya.

Kledo merupakan software berbasis cloud yang bisa Anda gunakan dengan harga mulai dari 140 ribu saja. Ingin mencoba secara gratis? Bisa, kok. Jika Anda ingin mencoba Kledo secara gratis selama 14 hari Anda bisa mengunjungi link ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 − seven =