7 Tips Sukses Bisnis Travel Ini Wajib Dilakukan, Mudah!

bisnis travel

Bisnis travel menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang menjanjikan, khususnya bagi Kawan Kledo yang memiliki hobi traveling. Meskipun saat ini banyak platform atau aplikasi yang memudahkan traveling, namun bisnis travel tetap banyak dibutuhkan khususnya oleh mereka yang ingin mendapatkan kepraktisan saat jalan-jalan.

Dengan menggunakan jasa travel, seseorang tidak perlu repot melakukan pemesanan tiket perjalanan hingga booking hotel karena semuanya akan dilakukan oleh pihak pemilik agen travel. Lalu bagaimana sih cara memulai bisnis travel ini?

Buat Kawan Kledo yang ingin mengetahui cara memulai usaha satu ini, yuk simak tips memulai usaha travel di artikel ini:

Peluang Bisnis Travel

bisnis travel

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bisnis travel memiliki peluang yang cukup menjanjikan. Apa saja kira-kira peluang menjanjikan yang dimiliki oleh usaha satu ini?

  1. Jalan-jalan atau traveling saat ini bukan hanya menjadi kebutuhan tersier atau kebutuhan mewah, namun sudah masuk ke dalam kebutuhan sekunder seseorang. Terlebih bagi mereka yang tinggal di perkotaan, jalan-jalan menjadi salah satu cara menghilangkan penatnya aktivitas di perkotaan.
  2. Kemudahan dan kecepatan dalam bidang transportasi membuat traveling menjadi lebih banyak peminatnya
  3. Banyaknya traveler baru yang ingin mencoba jalan-jalan tapi butuh pendampilang dari agen. Tentu ini peluang yang menjanjikan bagi agen travel karena dapat memenuhi kebutuhan traveler newbie ini.
  4. Dibukanya bandara-bandara baru di Indonesia, bahkan hingga ke pelosok-pelosok.
  5. Adanya pandemi covid-19 yang membuat banyak orang merasa penat karena harus di rumah aja. Ketika pandemi usai, banyak dari orang-orang yang akan membutuhkan jalan-jalan.

Cara Memulai Bisnis Travel

bisnis travel

Setelah mengetahui peluangnya, lalu bagaimana cara memulai bisnis satu ini? Buat Kawan Kledo yang tertarik memulai usaha agen travel, berikut cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk memulainya:

1. Tentukan Jenis Bisnis Travel

Cara memulai usaha travel yang pertama adalah dengan menentukan jenis bisnis yang ingin Kawan Kledo bangun. Ada berbagai jenis untuk bisnis satu ini yang bisa Kawan Kledo pilih, mulai dari menyediaan tiket perjalanan, tour guide, penyewaan kendaraan, pengurusan visa atau paspor, pemesanan hotel, dan lainnya.

Pastikan Kawan Kledo memilih jenis ini sesuai dengan bidang yang Kawan Kledo kuasai dan ketika telah memilih, Kawan Kledo harus fokus dengan jenis yang telah Kawan Kledo pilih tersebut.

2. Pilih Nama Bisnis Travel

Setelah menentukan jenisnya, selanjutnya adalah memilih nama bisnis yang akan digunakan. Pemilihan nama bisnis ini cukup penting karena dari nama ini nantinya yang akan dikenal oleh konsumen dan dari nama ini juga Kawan Kledo bisa melakukan branding.

Kawan Kledo bisa memilih nama yang mampu menggambarkan bisnis Kawan Kledo keseluruhan. Klik di sini untuk informasi lebih lanjut terkait pembuatan brand bisnis unik.

3. Tentukan Struktur Bisnis Travel

Selanjutnya yang merti Kawan Kledo lakukan untuk memulai usaha travel adalah dengan menentukan struktur bisnis yang akan digunakan dalam bisnis satu ini. Sebenarnya bisa saja Kawan Kledo memulai bisnis ini secara individu namun pada akhirnya usaha travel ini membutuhkan partner, khususnya untuk jenis tour guide ataupun penyewaan kendaraan plus supir.

Makanya struktur bisnis ini sangat penting untuk dimiliki. Kawan Kledo bisa membuatnya untuk menerangkan tugas yang dimiliki oleh masing-masing partner. Dengan adanya struktur ini pastinya bisnis akan lebih mudah untuk dikelola dan Kawan Kledo tidak perlu khawatir bisnis menjadi berantakan karena tidak ada pembagian tugas atau jobdesk.

4. Buat Business Plan

Setelah membuat struktur bisnis, selanjutnya yang perlu Kawan Kledo lakukan untuk memulai usaha travel adalah dengan membuat business plan atau rencana bisnis. Business plan ini sangat penting karena bisa dijadikan acun ketika Kawan Kledo mulai mengoperasikan bisnis tersebut.

Selain business plan, Kawan Kledo juga bisa membuat business model canvas sebagai gambaran pelaksanaan bisnis Kawan Kledo nantinya. Klik di sini untuk cara pembuatan business model canvas ini.

5. Buat Marketing Plan dan Analisis Pasar

Selain membuat business plan, Kawan Kledo juga perlu membuat marketing plan dan analisis pasar untuk memudahkan pemasaran bisnis Kawan Kledo. Pembuatan marketing plan dan analisis pasar ini dilakukan untuk melihat kondisi pasar bisnis Kawan Kledo dan untuk mengenali kompetitor.

Lalu bagaimana cara membuat marketing plan dan analisis pasar ini? Kawan Kledo bisa membuat marketing plan dengan cara di sini dan untuk melakukan analisis pasar, Kawan Kledo membacanya di sini.

6. Lakukan Promosi untuk Pembukaan Bisnis Travel

Setelah membuat marketing plan dan melakukan analisis pasar, kini saatnya Kawan Kledo mulai memasarkan bisnis Kawan Kledo. Kawan Kledo bisa mulai memasarkannya dengan cara melakukan promosi atau memberikan diskon khusus dalam rangka pembukaan bisnis Kawan Kledo.

Tips Sukses Bisnis Travel

bisnis travel

Buat Kawan Kledo yang ingin memulai bisnis travel ini pasti ingin bisnis yang Kawan Kledo miliki ini bisa meraih kesuksesan. Berikut beberapa tips yang bisa Kawan Kledo lakukan agar bisnis Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan:

1. Perluas Relasi

Tips pertama yang dapat Kawan Kledo lakukan agar usaha travel Kawan Kledo bisa meraih kesuksesan adalah dengan memperluas relasi. Dalam bisnis, khususnya travel relasi ini sangat penting.

Semakin banyak relasi yang dimiliki, maka semakin banyak informasi yang bisa didapatkan, misalnya informasi diskon, promo hotel, ataupun lainnya. Kawan Kledo bisa memperluas relasi ini dengan cara mengikuti komunitas-komunitas yang berhubungan dengan traveling ataupun jalin pertemanan dengan orang-orang yang menyukai traveling.

2. Siapkan Peralatan yang Memadai

Peralatan dan perlengkapan dalam usaha traveling sangat penting karena peralatan dan perlengkapan ini yang akan menunjang bisnis Kawan Kledo. Lalu apa saja peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan?

Peralatan yang wajib banget dimiliki adalah komputer/laptop dan smartphone. Komputer dan smartphone ini nantinya akan Kawan Kledo gunakan untuk pemesanan tiket.

Jangan lupa perlengkapan dan peralatan ini didukung oleh koneksi internet yang lancar, agar pemesanan tiket dan komunikasi dengan pelanggan juga lebih mudah.

3. Lakukan Kerjasama Tim yang Baik

Seperti yang telah dijelaskan di atas, kerjasama tim dalam usaha travel ini sangat penting, terlebih bagi usaha yang bergerak di bagian tour travel. Sebagai pemilik bisnis Kawan Kledo harus bisa menjadi leader bagi tim lainnya, mulai dari memberikan pembagian tugas hingga yang paling krusial dalam hal pembagian gaji.

4. Lakukan Branding dengan Baik

Agar bisnis Kawan Kledo bisa dikenal secara luas oleh konsumen Kawan Kledo perlu memperkenalkan bisnis Kawan Kledo dengan cara branding. Branding dilakukan agar suatu merek dapat melekat di ingatan para konsumen atau target konsumen.

Ada beberapa cara yang dapat Kawan Kledo lakukan untuk branding produk, mulai dari membuat motto produk, menjaga konsistensi brand, hingga melakukan branding melalui website ataupun media sosial. Untuk lebih lengkapnya Kawan Kledo bisa mempelajari branding di link ini.

5. Berikan Promo yang Menarik

Tips ketiga yang bisa Kawan Kledo lakukan agar sukses membangun usaha travel adalah dengan memberikan promo-promo menarik bagi pelanggan. Ini cara yang paling sering dilakukan oleh travel agent, baik itu promo harga spesial ataupun paket khusus.

6. Pelayanan Nomor Satu

Pelanggan adalah raja berlaku bagi semua bisnis, tidak terkecuali bisnis travel ini. Agar pelanggan nyaman dengan bisnis Kawan Kledo, Kawan Kledo wajib memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan ini.

Pelayanan yang baik dapat dilakukan dengan cara fast respon ketika ada pelanggan yang bertanya dan selalu bersikap ramah, baik saat melayani pelanggan yang ingin memesan ataupun saat ada komplain dari pelanggan.

Pelayanan yang baik ini juga nantinya bisa berdampak kepada loyalitas loyalitas pelanggan. Pelajari di sini untuk mengetahui cara meningkatkan loyalitas pelanggan ini.

7. Kelola Keuangan Bisnis dengan Baik

Tips ketujuh dan menjadi tips terakhir agar bisnis Kawan Kledo bisa sukses adalah dengan mengelola keuangan bisnis dengan baik. Keuangan bisnis ini menjadi bagian yang sangat penting dalam suatu bisnis, karena berhubungan langsung dengan omzet dan laba.

Ada banyak cara mudah dalam mengelola keuangan bisnis ini, salah satunya adalah dengan menggunakan software akuntansi dari Kledo. Kledo dilengkapi berbagai fitur akuntansi yang akan memudahkan pengelolaan keuangan bisnis ini.

Selain itu, dengan basis cloud yang dimiliki oleh Kledo, Kawan Kledo bisa melakukan pengelolaan bisnis dimana saja dan kapan saja. Klik di sini untuk daftar Kledo sekarang juga!

Banner 1 kledo

Kesimpulan

Itulah tadi penjelasan mengenai 7 tips sukses bisnis travel yang dapat Kawan Kledo lakukan. Di era teknologi seperti sekarang ini, memulai suatu bisnis bukan lagi hal yang sulit.

Kawan Kledo juga bisa memulainya dan jangan lupa untuk melakukan pengelolaan keuangan bisnis ini dengan baik agar bisnis Kawan Kledo bisa mendapatkan laba yang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 − 7 =