Cara Menghitung dan Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

pendapatan perusahaan

Jumlah uang yang dihasilkan perusahaan Anda, atau pendapatan, merupakan indikator yang bagus untuk menilai kesehatan keuangannya.

Semakin Anda memahami pendapatan perusahaan, semakin baik Anda dapat melihat bagaimana pendapatan memainkan peran dalam keuangan bisnis Anda dan pertumbuhan secara keseluruhan.

Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan kepada Anda cara menghitung pendapatan dalam perusahaan dan tips meningkatkan pendapatan untuk bisnis Anda.

Apa itu Pendapatan?

pendapatan perusahaan

Pendapatan adalah jumlah uang yang diperoleh dari semua penjualan dan layanan dalam periode tertentu.

Pendapatan juga dikenal sebagai penjualan, pendapatan bersih atau penjualan bersih, dan biasanya ditemukan di bagian atas laporan laba rugi perusahaan. Ini dianggap sebagai “top line” dalam laporan keuangan.

Ada juga berbagai jenis pendapatan, tergantung pada apakah Anda melihat keuangan perusahaan Anda atau sektor lain.

Misalnya, Sebagai orang pribadi, Anda mendapatkan pendapatan atau pemasukan melalui gaji, bonus, bunga dan lainnya. Di dunia usaha, Anda akan mendapatkan pendapatan dari penjualan barang atau jasa Anda, bunga dan banyak lagi.

Untuk apa menghitung pendapatan pada perusahaan?

Menghitung pendapatan membantu Anda menentukan posisi perusahaan Anda. Karena ada berbagai jenis pendapatan dan pelaporan pendapatan, Anda memiliki kesempatan untuk melihat tidak hanya pendapatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga pendapatan tunggal untuk jenis aliran pendapatan tertentu.

Baca juga: Evaluasi Kinerja Akhir Tahun: Apa saja Yang Perlu Diperhatikan?

Mengapa Pendapatan Penting?

Pendapatan penting karena ketika perusahaan Anda memperoleh pendapatan, itu berarti menghasilkan keuntungan.

Menjadi menguntungkan berarti perusahaan Anda memiliki cukup uang untuk mempertahankan operasi. Ini termasuk menutupi berbagai pengeluaran untuk inventaris, penelitian, ekspansi, membayar karyawan dan banyak lagi.

Berkenaan dengan karyawan, khususnya, pendapatan tetap perusahaan Anda akan membantu retensi karyawan juga. Profesional yang bekerja ingin tahu bahwa mereka bekerja untuk perusahaan yang tidak hanya mampu membayar mereka, tetapi juga memiliki potensi pertumbuhan.

Secara keseluruhan, semakin banyak pendapatan yang Anda hasilkan sebagai perusahaan, semakin berkelanjutan perusahaan Anda di masa depan. Tanpa pendapatan, perusahaan Anda akan dipaksa untuk mencari pinjaman atau bentuk pembiayaan lain agar operasi tetap berjalan.

Bagaimana Cara Menghitung Pendapatan Perusahaan?

Gunakan langkah-langkah berikut saat menghitung pendapatan perusahaan Anda:

1. Tentukan dari mana pendapatan Anda berasal

Lihatlah laporan keuangan perusahaan Anda dan buat perhitungan yang tepat untuk menentukan dari mana pendapatan Anda berasal, khususnya. Berapa banyak pendapatan yang berasal dari layanan atau barang Anda? Berapa banyak yang berasal dari sumber lain?

2. Tentukan jumlah unit atau pelanggan yang Anda miliki

Jika Anda menjalankan bisnis penjualan produk, Anda perlu mengetahui berapa unit produk atau produk tertentu yang Anda jual dalam periode tertentu.

Demikian juga, jika Anda menjual layanan, Anda harus mengetahui berapa banyak pelanggan yang membeli layanan perusahaan Anda. Angka ini akan menjadi salah satu nilai yang akan Anda gunakan dalam perhitungan Anda.

Baca juga: Customer Retention: Pengertian, Cara Hitung dan Strategi Efektifnya

3. Tentukan harga rata-rata barang atau jasa

Anda juga harus mengetahui harga rata-rata produk atau layanan yang pendapatannya akan Anda tentukan.

Misalnya, jika Anda ingin mengetahui pendapatan yang diperoleh dari sepasang sepatu tertentu yang dijual perusahaan, Anda memerlukan harga rata-rata sepatu tersebut.

Jika Anda ingin mengetahui pendapatan yang Anda peroleh dari layanan semir sepatu, Anda memerlukan harga rata-rata yang Anda tetapkan untuk layanan tersebut.

4. Hitung pendapatan

Setelah Anda memiliki nilai di atas, Anda akan dapat menghitung pendapatan. Gunakan persamaan berikut:

Penjualan Produk

Untuk menghitung pendapatan dari barang yang dijual bisnis Anda, kalikan jumlah unit yang terjual dengan harga rata-rata satu unit.

Berikut adalah rumus yang digunakan jika Anda memiliki bisnis yang menjual barang:

Pendapatan = (jumlah unit yang terjual) x (harga rata-rata unit)

Penjualan layanan

Untuk menghitung pendapatan dari layanan yang dijual bisnis Anda, kalikan jumlah pelanggan yang membeli layanan dengan harga rata-rata layanan atau layanan. Berikut adalah rumus yang digunakan jika Anda memiliki bisnis yang menjual jasa:

Pendapatan = (jumlah pelanggan) x (harga rata-rata layanan)

Nilai yang Anda capai dari salah satu perhitungan akan menghasilkan pendapatan perusahaan Anda.

Anda kemudian dapat menggunakan nilai ini untuk menentukan bagaimana perbandingannya dengan pengeluaran perusahaan Anda dan apakah Anda akan melihat keuntungan yang baik.

Baca juga: Bagaimana Cara Menghitung Harga Jual Pada Sebuah Produk?

Banner 2 kledo

Contoh Perhitungan Pendapatan Perusahaan

Saat menentukan pendapatan Anda, penting untuk berhati-hati dalam perhitungan Anda.

Ini termasuk memperhatikan setiap perubahan variabel. Perhatikan contoh berikut saat menghitung pendapatan:

Katakanlah Anda memiliki perusahaan pakaian dan Anda menentukan inventaris Anda untuk tahun mendatang.

Tahun ini, Anda memperkenalkan gaya kaus baru dan Anda ingin menghitung pendapatan yang Anda peroleh dari gaya ini untuk menentukan apakah Anda akan menyimpannya di stok tahun depan atau tidak.

Anda menentukan bahwa Anda menjual 1.000 unit kaus ini dengan harga rata-rata 60.000 per unit. Dengan menggunakan rumus berbasis produk, Anda dapat mengalikan jumlah unit yang terjual dengan harga rata-rata kaus. Oleh karena itu, Anda akan mengalikan 1.000 dengan 60.000 untuk mendapatkan pendapatan sebesar 60.000.000.

Bergantung pada bagaimana ini dibandingkan dengan pendapatan dan pengeluaran produk Anda yang lain, Anda dapat menentukan apakah item ini adalah sesuatu yang ingin Anda simpan untuk tahun mendatang.

Strategi Meningkatkan Pendapatan Perusahaan

pendapatan perusahaan
Stack of coins through which a young tree sprouts. Mоney growth, passive income and business investment concept

Berikut adalah 10 cara berbeda untuk meningkatkan pendapatan dan penjualan sebagai profesional pemasaran atau penjualan:

1. Tetapkan tujuan yang dapat diukur

Buat tujuan yang dapat diukur untuk seberapa besar Anda ingin meningkatkan penjualan dan pendapatan Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat memutuskan bagaimana mendekati tujuan Anda dan metode mana yang ingin Anda gunakan.

Anda juga dapat menggunakan sasaran ini untuk memotivasi Anda dan tim penjualan Anda dengan melacak kemajuan dan pencapaian Anda.

2. Targetkan pelanggan tetap

Kembangkan hubungan yang Anda miliki dengan pelanggan yang berdedikasi.

Meningkatkan komunikasi dapat mengingatkan kepercayaan pelanggan Anda tentang toko Anda dan mengontrol pesan yang mereka terima.

Pertimbangkan untuk menghubungi melalui email atau telepon untuk mempromosikan penjualan atau memberi tahu mereka tentang produk baru.

Banyak sistem email juga memungkinkan Anda untuk meninjau metrik, seperti jumlah penerima yang membuka email Anda atau mengklik tautan, yang dapat membantu Anda menentukan seberapa efektif pilihan komunikasi Anda.

Baca juga: Mencari Software Akuntansi yang Cocok untuk Bengkel Anda? Perhatikan Hal Ini

3. Targetkan mantan pelanggan

Membawa kembali pelanggan lama terkadang membutuhkan lebih sedikit usaha daripada mendatangkan pelanggan baru.

Pertahankan rencana pemasaran untuk pelanggan lama sehingga Anda dapat menargetkan mereka secara berbeda dari pelanggan Anda saat ini.

Anda dapat memberikan diskon kepada mereka dengan cara yang unik, seperti diskon bagi mereka yang membawa produk lama yang dibeli dari bisnis Anda saat mereka membeli barang pengganti dari bisnis Anda.

Mantan pelanggan juga dapat memberi Anda referensi atau ulasan yang mendatangkan pelanggan baru.

4. Kembangkan jangkauan geografis Anda

Anda dapat memperluas pemasaran secara fisik dengan membuka lokasi baru. Anda juga dapat memperluas jangkauan geografis pelanggan Anda dengan meningkatkan jarak yang dapat Anda berikan atau berikan layanan atau menambahkan inisiatif iklan di daerah sekitar bisnis Anda.

5. Sempurnakan paket harga Anda

Untuk meningkatkan pendapatan sambil mempertahankan jumlah penjualan yang sama, evaluasi kembali rencana penetapan harga Anda.

Anda dapat menjual lebih banyak barang dengan menurunkan harga dan mengambil pangsa pasar dari pesaing Anda, atau Anda dapat menaikkan harga jika merek Anda kuat dan pelanggan percaya pada nilai yang Anda tawarkan.

Jika Anda menawarkan layanan berlangganan, Anda mungkin menawarkan struktur harga hanya dengan beberapa tingkatan untuk menarik pelanggan melalui pengalaman belanja yang lebih sederhana.

Baca juga: Lean Manufacturing: Pengertian, Prinsip dan Tips Membangunnya

6. Tambahkan produk atau layanan

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah penjualan per pelanggan saat ini adalah dengan menawarkan lebih banyak produk yang dibutuhkan pelanggan Anda.

Anda dapat mempertimbangkan produk yang berdekatan yang akan dibeli pelanggan untuk digunakan dengan produk Anda atau layanan yang mungkin dibutuhkan pelanggan Anda.

Misalnya, jika Anda memiliki perusahaan pena khusus, Anda mungkin menawarkan buku catatan dan alat tulis juga.

7. Lakukan bundel produk atau layanan

Produk bundling dapat mendorong pelanggan Anda untuk membeli lebih banyak karena mereka dapat menghemat uang dengan membeli lebih dari satu item sekaligus.

Anda dapat menggabungkan secara internal dengan mengemas item bersama-sama dan memasarkannya sebagai satu set, atau Anda dapat menawarkan diskon saat pelanggan membeli beberapa item sekaligus.

8. Upsell produk dan layanan

Menambahkan strategi khusus untuk menjual produk dengan harga lebih tinggi dapat membantu Anda mengubah satu penjualan menjadi transaksi yang lebih berharga.

Tampilan dan materi informasi dapat membantu dalam hal ini dengan menunjukkan opsi yang harga lebih mahal untuk pembelian tunggal dan menekankan manfaat harga yang lebih murah untuk pembelian paket atau upselling.

9. Tambahkan cara pembayaran baru

Anda mungkin dapat meningkatkan penjualan dengan menawarkan metode pembayaran baru yang menurut pelanggan lebih nyaman.

Periksa bentuk pembayaran mana yang digunakan para kompetitor di industri Anda, lalu siapkan infrastruktur apa pun untuk menerima apa pun yang tidak Anda terima saat ini, baik itu kartu kredit, aplikasi pertukaran uang, dompet digital, atau opsi pembayaran cepat yang aman.

10. Tawarkan pembayaran dibelakang

Anda dapat melihat peningkatan penjualan dengan menawarkan paket pembayaran dibelakang, seperti program paylater atau paket cicilan.

Paket pembayaran angsuran menarik bagi pelanggan dengan menunjukkan pembayaran bulanan yang lebih rendah daripada satu jumlah besar.

Misalnya, perusahaan furnitur dapat menawarkan paket pembayaran cicilan untuk sofa seharga 500.000, di mana pelanggan membayar 10 kali cicilan masing-masing 50.000.

Kesimpulan

Menghitung pendapatan perusahaan secara berkala sekaligus membuat strategi untuk meningkatkan pendapatan adalah hal yang harus Anda lakukan sebagai pemilik bisnis agar bisnis Anda berkembang dan terus menghasilkan keuntungan.

Jika Anda adalah pemilik bisnis yang kesulitan dalam menghitung pendapatan usaha secara manual, Anda bisa menggunakan solusi terbaik untuk pengelolaan dan pemantauan pendapatan dengan menggunakan software akuntansi Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang mempunyai fitur terlengkap dengan harga yang sangat terjangkau.

Hanya dengan 4500 perhari, Anda bisa dengan mudah melakukan proses pengelolaan akuntansi, manajemen persediaan di banyak gudang, rekonsilisasi transaksi, hingga membuat lebih dari 30 jenis laporan keuangan dengan mudah dan praktis.

Anda juga bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 9 =