7 Tips Mengatur Keuangan Usaha Terbaik

tips mengatur keuangan usaha

Tahun-tahun awal membangun bisnis baru adalah tentang belajar dan membuka jalan menuju kesuksesan dengan mengatasi tantangan. Tantangan besar yang sering dihadapi bisnis kecil atau startup selama tahun-tahun awal, dan terkadang setelah beberapa tahun berjalan, salah satunya masalah keuangan. Oleh sebab itu harus mengetahui tips mengatur keuangan usaha dengan baik.

Masalah keuangan dan arus kas yang salah urus adalah masalah terbesar yang menyebabkan penutupan bisnis baru. Sementara banyak bisnis gagal mengejar pembayaran, perusahaan lain menghabiskan terlalu banyak.

Pada dasarnya, kedua hal tersebu bisa membawa bisnis Anda pada kegagalan. Menurut penelitian terbaru, lebih dari 65% usaha kecil menghadapi tantangan keuangan.

Tetapi masalah keuangan adalah sesuatu yang dapat Anda atasi. Yang perlu Anda lakukan adalah memiliki pengetahuan dan sistem yang tepat.

Pada artikel kali ini kami akan membahas tips mengatur keuangan usaha yang dapat Anda terapkan dalam proses pengelolaan bisnis agar mampu berkembang sesuai rencana.

Apa itu Manajemen Keuangan Bisnis?

tips mengatur keuangan usaha

Manajemen keuangan bisnis meliputi:

  • Pembukuan
  • Membuat laporan keuangan
  • Mengelola laporan arus kas

Memprioritaskan perencanaan keuangan untuk mencapai tujuan keuangan jangka pendek untuk bisnis Anda dengan membuat keputusan yang tepat dan menjaga kesehatan keuangan bisnis Anda

Mengelola keuangan bisnis mengharuskan pemilik bisnis untuk mencari nasihat keuangan yang baik dari penasihat pajak atau akuntan publik bersertifikat mengenai akuntansi dan mengelola arus kas sambil mempertimbangkan pendanaan utang, perpajakan, dan struktur bisnis. Ini akan membantu Anda menghindari masalah hukum.

Pentingnya mengatur keuangan dalam usaha

Membuat operasi bisnis yang lancar

Untuk mengelola keuangan usaha kecil, Anda dapat memastikan bahwa operasi bisnis dilakukan dengan lancar.

Meningkatkan value dan goodwill usaha

Manajemen keuangan tidak hanya meningkatkan margin laba bersih tetapi juga meningkatkan nilai dan niat baik bisnis secara keseluruhan.

Perencanaan pajak yang lebih baik

Manajemen keuangan yang tepat membantu pada saat membayar pajak. Jika Anda tidak memiliki perencanaan pajak sebagai bagian dari manajemen Anda, Anda bisa kehilangan cukup banyak uang.

Memberikan stabilitas ekonomibisnis

Praktik keuangan yang baik dalam bisnis akan membantu memberikan informasi tentang stabilitas ekonomi selama masa-masa sulit. Dengan stabilitas itu, perusahaan dapat dengan mudah mempertahankan kelesuan ekonomi.

Membantu dalam rencana masa depan

Mengelola dan merencanakan keuangan memungkinkan pebisnis menjadi lebih percaya diri dan berani. Ini membantu perusahaan berkembang di masa depan.

Meningkatkan kesehatan keuangan

Dengan mengelola keuangan bisnis Anda dengan benar, ini akan membantu Anda menentukan tujuan jangka panjang dan mencapainya. Ini dapat membantu bisnis Anda untuk secara teratur menjaga kesehatan keuangan Anda sepanjang hidupnya.

Baca juga: Tips Akuntansi Untuk Pemilik Bisnis Fashion

7 Tips dalam Mengatur Keuangan Usaha Anda

tips keuangan usaha terbaik

Ini adalah beberapa tips paling penting bagi pemilik usaha kecil untuk mengelola keuangan mereka dengan baik.

1. Pisahkan keuangan bisnis & pribadi Anda

Keuangan usaha Anda harus dipisahkan dengan keuangan dan pengeluaran pribadi Anda. Ini membantu dalam menghindari kebingungan selama pencatatan.

Jika Anda memiliki rekening bank terpisah untuk bisnis Anda, ini memberi Anda pemahaman yang jelas tentang uang tunai yang tersedia untuk bisnis.

  • Anda tidak boleh membayar pengeluaran terkait bisnis Anda melalui kartu kredit pribadi atau rekening bank.
  • Anda tidak boleh mentransfer uang dari rekening bank Anda ke rekening pribadi Anda.
  • Memiliki rekening tabungan bisnis dan rekening giro bisnis untuk menyisihkan uang dan menerima pembayaran, masing-masing.

Lebih baik menyimpan keuangan pribadi dan keuangan bisnis secara terpisah. Ini membantu Anda menjaga keuangan Anda aman tanpa kehilangan keuangan pribadi karena kesulitan bisnis dan sebaliknya.

Baca juga: Pengertian Ekuitas dan Pentingnya bagi Bisnis Anda

2. Digitalisasi proses manajemen keuangan Anda

Di era teknologi saat ini, lebih mudah untuk mengelola dan melakukan sesuatu daripada sebelumnya. Ada aplikasi untuk semuanya, dan penyimpanan tidak terbatas.

Mendigitalkan dokumen, akun, kontrak, dan setiap dokumen bisnis lainnya mungkin merupakan cara terbaik untuk agar Anda tidak merasa seperti dibanjiri dengan dokumen tanpa akhir sepanjang waktu ketika Anda seharusnya bisa mengerjakan hal lain

  • Jika Anda memutuskan untuk menyimpan salinan cetak, simpan file atau kompartemen terpisah dan beri label yang jelas. Anda dapat menyimpan sebagian besar dokumen penting Anda secara online.
  • Catatan bank dapat disimpan dalam aplikasi mobile banking.
  • Anda dapat menyimpan semua kontak bisnis Anda di aplikasi pencatat atau Cloud.
  • Anda dapat menyimpan aplikasi merek dagang dan paten, izin, dan lisensi di Cloud.
  • Catatan karyawan dan informasi keuangan penting dapat ditangani oleh perangkat lunak sumber daya manusia.
  • Catatan akuntansi, laporan keuangan, dan pembukuan dapat disimpan pada software akuntansi yang mudah digunakan, misalnya software akuntansi online Kledo.

Jika Anda tertarik menggunkan Kledo, Anda bisa menconbanya secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan pada gambar di bawah ini:

Banner 2 kledo

Baca juga: Sedang Cari Software Akuntansi Restoran? Perhatikan Hal Ini

3. Ambil saran dari profesional

Menggunakan jasa profesional keuangan yang tepat yang memberi Anda nasihat akan membantu Anda tetap berada di jalur yang benar.

Mereka akan memberi Anda informasi berharga yang perlu Anda ketahui untuk mengelola keuangan usaha kecil Anda dengan lebih baik. Ini akan memungkinkan Anda untuk melepaskan beban pikiran Anda dan fokus pada tugas-tugas akuntansi yang lebih mendesak.

  • Konsultasi dengan CPA membantu Anda memilah strategi keuangan, asuransi bisnis, dan laporan keuangan. Mereka akan membantu Anda mendapatkan posisi keuangan bisnis Anda dengan jelas.
  • Para profesional ini dapat membuat laporan laba rugi, neraca yang sempurna, dan bahkan laporan bank.
  • Mereka dapat memberi Anda informasi terbaru tentang pengeluaran tak terduga dan margin laba bersih atau kerugian apa pun yang terjadi selama tahun keuangan.
  • Bekerja sama dengan profesional pajak untuk mengajukan pengembalian pajak dan memenuhi kewajiban pajak Anda, sehingga Anda bisa mendapatkan bantuan dalam menghemat uang.

4. Lakukan penghematan dalam pengeluaran

Berhemat dalam bisnis berarti hanya membelanjakan apa yang penting sehingga memungkinkan Anda untuk menjadi efisien. Bisnis Anda mengharuskan Anda untuk memiliki keseimbangan yang baik antara pemotongan biaya dan membuat keputusan keuangan yang cerdas.

Berhemat tidak berarti Anda berhenti membayar tagihan yang belum dibayar atau tidak membelanjakan biaya tak terduga. Ini berarti Anda harus berpikir jernih sebelum melakukan pembelian atau keputusan besar yang dapat memengaruhi kesehatan keuangan bisnis Anda.

Jangan hanya hemat dalam membayar orang lain, hemat juga sambil membayar gaji untuk diri sendiri. Sebagai seorang pebisnis, Anda sudah tahu betapa sulitnya mendapatkan uang itu. Berhemat adalah tentang menunjukkan betapa Anda menghargai.

Baca juga: Asset Liability Management: Pengertian Lengkap & Cara Menghitungnya

5. Kelola utang dengan benar

Utang terkadang tidak bisa Anda hindari, tidak hanya bagi kita individu tetapi juga untuk bisnis.

Utang dapat dalam bentuk apa pun: kartu kredit bisnis, pinjaman usaha kecil, pendanaan awal, pembayaran hipotek komersial, atau pinjaman bank untuk peralatan modal atau sewa properti atau peralatan.

Hampir tidak ada bisnis yang sepenuhnya bebas utang. Jadi, bisnis bebas utang di dunia saat ini adalah mitos.

JIka Anda menghutang dengan benar, semua akan baik-baik saja. Anda perlu melacak biaya yang terkait dengan pinjaman. Jumlah modal, tingkat bunga, dan beberapa biaya tersembunyi dapat menghabiskan banyak uang.

Anda harus memiliki rencana keuangan yang jelas untuk menyelesaikan hutang tersebut. Rencana tersebut akan mengharuskan Anda untuk melihat ke dalam utang dengan cermat.

Penilaian utang setiap hari diperlukan. Dapatkan seorang akuntan untuk membantu Anda di mana pun Anda pikir Anda membutuhkan bantuan.

6. Pelajari arus kas Anda dengan baik

Tantangan terbesar yang dihadapi oleh usaha kecil seringkali adalah arus kas. Mendapatkan bagan arus masuk dan keluar yang akurat untuk bisnis Anda akan memberi Anda wawasan berharga tentang aset berharga bisnis Anda.

Anda dapat menggunakan software akuntansi Kledo untuk menghasilkan laporan arus kas. Lalu, Anda bisa meminta bantuan seorang akuntan untuk membantu Anda memahami arus kas bisnis Anda dengan lebih baik.

Jika Anda ingin mempelajari cara membaca laporan arus kas dalam bisnis Anda bisa membaca artikel ini.

Mempelajari diagram alur pendapatan bisnis Anda sendiri membantu Anda mengidentifikasi pola dalam bisnis Anda. Pola-pola ini membantu Anda memahami di mana Anda salah dalam bisnis.

Mempelajari aliran pendapatan bisnis Anda secara teratur memungkinkan Anda untuk mengontrol keuangan Anda dan mengontrol pengeluaran apa pun jika diperlukan.

  • Laporan arus kas dapat membantu Anda mengidentifikasi potensi risiko masalah uang dalam bisnis.
  • Ini membantu Anda untuk merestrukturisasi aspek-aspek tertentu dari bisnis Anda untuk menghindari penurunan keuangan.
  • Saat mempelajari aliran kas, ukuran perbedaan antara aliran masuk dan aliran keluar adalah yang paling penting.
  • Ini membantu Anda meningkatkan peringkat kredit Anda.
  • Anda dapat membuat penyesuaian arus kas masuk Anda dengan lebih menyelaraskan arus masuk dengan arus keluar.
  • Buat perkiraan pendapatan tahunan. Ini membantu Anda merencanakan pembelian dan kemajuan yang lebih signifikan yang membutuhkan lebih banyak uang tunai untuk meningkatkan lini bisnis.
  • Ini menunjukkan jumlah tertentu yang Anda butuhkan untuk menjaga bisnis Anda berjalan lancar.

Baca juga: Analisis Transaksi dalam Akuntansi: Pengertian dan Tahapannya

7. Bayar untuk diri sendiri terlebih dulu

Membayar diri sendiri tidak berarti Anda harus menyedot semua keuntungan dari bisnis. Tetapi membayar diri sendiri adalah latihan yang sangat baik untuk menghemat uang untuk masa depan atau menguji profitabilitas bisnis Anda.

Di satu sisi, membayar diri sendiri hanya meningkatkan lebih banyak tabungan untuk bisnis. Bank dan perusahaan keuangan sering melihat pemilik bisnis yang membayar diri mereka sendiri sebagai orang yang berkomitmen tinggi.

Membayar diri sendiri memiliki beberapa manfaat. Beberapa dari manfaat tersebut adalah rahasia yang hanya akan dibagikan oleh akuntan Anda kepada Anda.

  • Membayar diri sendiri membantu Anda menciptakan jaring pengaman untuk pengeluaran tak terduga atau pengeluaran operasional.
  • Ketika Anda membayar sendiri, Anda dapat mencoba dan bekerja sebagai dana darurat untuk diri sendiri dan bisnis Anda.
  • Ini dapat membantu Anda membentuk kebiasaan finansial yang baik dan membangun masa depan.
  • Sebagai pemilik perusahaan skala kecil, Anda tidak dapat mengabaikan peran Anda dalam bisnis. Sangat penting bahwa Anda terus mengkompensasi diri sendiri sesuai.
  • Anda harus ingat bahwa Anda adalah bagian dari bisnis. Jadi, Anda perlu mengkompensasi diri sendiri sebanyak orang lain.

Baca juga: 10 Cara Mengelola Akuntansi untuk Bisnis Kecil, Mudah!

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mengatur keuangan usaha yang bisa Anda terapkan dalam bisnis Anda. Mengelola keuangan merupakan hal penting jika bisnis Anda ingin berkembang.

Tanpa pengaturan keuangan yang baik, hampir bisa dipastikan Anda tidak akan mendapatkan keuntungan, bisnis Anda stagnan, bahkan bisa membawa bisnis Anda berakhir pada kebangkrutan.

Untuk memudahkan Anda dalam mengelola dan menagatur keuangan dalam bisnis, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi Kledo yang bisa Anda coba secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − one =