Apa itu Growth Hacking dan Bagaimana Strategi Melakukannya?

growth hacking

Setiap bisnis perlu mendapatkan pelanggan baru untuk tumbuh dan berkembang, itulah sebabnya banyak perusahaan atau usaha baru menggunakan strategi growth hacking untuk membantu mereka mendapatkan pelanggan baru, meningkatkan kesadaran merek, dan membuat kampanye iklan yang lebih efektif.

Jika Anda bekerja di periklanan, manajemen produk, atau penjualan, mempelajari cara kerja growth hacking dapat membantu Anda menghasilkan lebih banyak prospek dan meningkatkan pendapatan.

Dalam artikel ini, kami mendefinisikan apa itu growth hacking, menjelajahi strategi yang dapat Anda ambil untuk menerapkan strategi growth hacking yang sukses, dan memberikan kiat untuk membantu Anda memulai.

Apa itu Growth Hacking?

growth hacking
Growth Hacking – Business Concept with Hand Drawn Icons Around on the Brick Wall Background. Growth Hacking Inscription on Modern Style Illustation. with Green Arrow and Doodle Design Icons Around.

Growth hacking adalah istilah yang mengacu pada strategi pemasaran yang hanya berfokus pada pertumbuhan perusahaan. Strategi ini sering memerlukan pengujian di berbagai platform pemasaran, seperti saluran media sosial, aplikasi digital, jaringan televisi, dan stasiun radio.

Growth hacking yang sukses bergantung pada pengujian dan pengoptimalan yang berkelanjutan, perhatian pada pengembangan kembali produk, dan investasi dalam upaya keterlibatan komunitas.

Perusahaan baru sering menggunakan strategi growth hacking untuk mendapatkan pelanggan baru secepat dan seefektif mungkin.

Mengenal apa itu growth hacker

Growth hacker adalah seseorang yang menerapkan strategi kreatif dan ramah anggaran untuk membantu bisnis mendapatkan dan mempertahankan pelanggan baru.

Mereka fokus menggunakan data dan analitik untuk mengembangkan teknik pemasaran yang memberi bisnis pertumbuhan terukur. Growth hacker menggunakan data yang mereka kumpulkan dari halaman arahan, media sosial, iklan digital, dan tes pemasaran untuk memahami perilaku audiens target mereka.

Ini dapat membantu bisnis meningkatkan strategi pemasaran mereka untuk dan meningkatkan tingkat keberhasilan mereka. Banyak growth hacker memulai karir mereka sebagai mereka yang ahli di pemrograman, tetapi growth hacker mungkin juga memiliki latar belakang sebagai marketer, manajer produk, atau analis data.

Baca juga: Simak! Inilah Strategi Jitu Pemasaran Internasional yang Harus Anda Coba

Manfaat growth hacking

Perusahaan memilih untuk menggunakan strategi growth hacking karena banyaknya manfaat yang mereka berikan untuk membantu mendapatkan pelanggan baru. Menerapkan strategi growth hacking dapat membantu Anda:

  • Menemukan model bisnis baru dan ide produk
  • Mengidentifikasi audiens target Anda
  • Mengembangkan produk yang lebih baik
  • Mengunakan data untuk membuat keputusan pemasaran yang lebih tepat
  • Mengurangi biaya pemasaran
  • Meningkatkan laba atas investasi Anda dari kampanye pemasaran
  • Menskalakan strategi dan kemampuan pemasaran Anda
  • Menghasilkan kesadaran merek atau brand awareness
  • Membangun basis pelanggan yang setia
  • Meningkatkan tingkat konversi Anda secara keseluruhan

Tahapan dalam Menggunakan Strategi Growth Hacking

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk menerapkan strategi growth hacking yang sukses:

1. Kembangkan dan uji produk Anda

Langkah pertama menuju strategi growth hacking yang sukses adalah menentukan apakah Anda memiliki produk yang diminati pelanggan untuk dibeli.

Banyak bisnis membuat prototipe produk mereka atau melakukan survei umpan balik pelanggan untuk menilai apakah mereka memiliki produk yang layak sebelum memulai produksi.

Ini dapat membantu Anda mengumpulkan data penting tentang audiens target ideal Anda, mengidentifikasi area untuk peningkatan, dan menentukan taktik growth hacking mana yang paling bermanfaat.

2. Identifikasi target audiens Anda

Alih-alih memasarkan produk Anda ke grup umum, fokuslah pada orang-orang yang kemungkinan besar akan membelinya.

Ini dapat membantu Anda membangun audiens yang terlibat dengan merek Anda, yang dapat meningkatkan rujukan pelanggan dan mendorong pertumbuhan di masa mendatang.

Banyak growth hacker membangun profil pelanggan untuk membantu mereka mengidentifikasi siapa target audiens ideal mereka. Untuk membangun profil pelanggan, pertimbangkan siapa yang mungkin menerima manfaat maksimal dari penggunaan produk Anda.

Anda dapat membuat daftar potensi demografi, riwayat karier, nilai, dan tujuan mereka untuk memulai. Cobalah untuk lebih spesifik dan gunakan deskriptor yang relevan sebanyak mungkin untuk membantu Anda memvisualisasikan pelanggan ideal Anda.

Baca juga: Strategi Mengubah Pengunjung Menjadi Pembeli di Bisnis Online

3. Pilih metrik yang ingin Anda tingkatkan

Untuk melakukan kampanye growth hacking yang sukses, pilih metrik yang relevan yang dapat membantu Anda menilai kinerja Anda.

Ini dapat membantu Anda menentukan bagian mana dari kampanye yang berhasil dan di mana ada ruang untuk perbaikan. Ini juga dapat membantu Anda menetapkan garis dasar untuk kampanye mendatang dan menentukan laba atas investasi (ROI) keseluruhan dari strategi growth hacking Anda.

Beberapa metrik utama yang dapat Anda gunakan untuk mengukur kinerja Anda meliputi:

  • Jumlah orang yang melihat
  • Jumlah engagement
  • Jumlah klik
  • Rasio klik-tayang (RKT)
  • Biaya per klik
  • Biaya per tampilan landing page
  • Jumlah tampilan landing page
  • Tingkat konversi
  • Jumlah konversi atau penjualan
  • Jumlah tayangan atau tampilan
  • Biaya per orang yang melihat
  • Biaya per tayangan atau tampilan

Anda dapat menggunakan analitik gratis yang disediakan oleh sebagian besar media sosial dan jaringan digital untuk membantu Anda mengumpulkan informasi ini, atau Anda dapat berinvestasi dalam perangkat lunak untuk membantu Anda melacak dan menganalisis metrik Anda.

Pertimbangkan untuk meneliti berbagai program atau software data dan analitik untuk menentukan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

4. Mengembangkan SOP

Growth hacker profesional memahami pentingnya mengembangkan prosedur operasi standar (SOP) yang dengan jelas menguraikan langkah-langkah yang mereka ambil untuk setiap kampanye.

SOP dapat membantu Anda meniru proses sukses yang Anda gunakan saat menerapkan strategi growth hacking. Mereka juga dapat meningkatkan efisiensi dan konsistensi Anda dengan memberi Anda panduan sederhana untuk diikuti.

Anda mungkin juga ingin mengembangkan SOP jika Anda berencana untuk melatih orang lain di tim Anda untuk menjalankan strategi growth hacking Anda.

Untuk membuat SOP, catat setiap langkah proses Anda selama strategi growth hacking berikutnya. Anda kemudian dapat menggunakan catatan Anda untuk mengembangkan petunjuk langkah demi langkah untuk kampanye mendatang.

Baca juga: Cara Melakukan Branding Produk di Media Sosial, Mudah!

5. Dengarkan audiens Anda

Anda dapat melakukan riset pasar untuk mengidentifikasi apa kebutuhan pelanggan Anda. Beberapa metode penelitian yang mungkin Anda gunakan termasuk survei, kelompok fokus dan wawancara.

Pertimbangkan untuk berfokus pada area berikut untuk mengumpulkan informasi berguna tentang pelanggan Anda:

  • Harapan dan keinginan: Identifikasi apa yang ingin dicapai atau diperoleh pelanggan Anda, lalu pertimbangkan bagaimana produk Anda dapat membantu mereka melakukannya.
  • Pain point dan ketakutan: Tentukan pain point atau ketakutan apa yang dialami pelanggan Anda yang dapat Anda kurangi dengan produk Anda. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi kebutuhan yang belum terpenuhi yang mungkin dimiliki pelanggan sehingga Anda dapat melayani mereka dengan lebih baik.
  • Hambatan dan ketidakpastian: Teliti hambatan atau keraguan potensial apa yang dapat memengaruhi pelanggan Anda, kemudian buat ide tentang bagaimana Anda dapat membantu pelanggan Anda mengatasi ketidakpastian ini untuk mendorong mereka membeli produk Anda.
  • Demografi: Ajukan pertanyaan untuk membantu Anda mengidentifikasi usia, jenis kelamin, lokasi, pendapatan, tingkat pendidikan, dan situasi keluarga pelanggan Anda.

Gunakan informasi yang Anda kumpulkan dari riset pasar Anda untuk menyesuaikan produk dan strategi growth hacking Anda kepada pelanggan Anda.

Anda juga dapat terus meminta umpan balik rutin kepada pelanggan Anda untuk lebih meningkatkan produk dan taktik pemasaran Anda.

6. Pilih saluran pemasaran yang tepat

Gunakan hasil dari riset pasar Anda untuk menentukan platform periklanan mana yang paling efektif untuk membantu Anda menjangkau pelanggan Anda.

Growth hacking tahu bahwa penting untuk menggunakan platform yang paling banyak digunakan pelanggan mereka untuk meningkatkan ROI kampanye pemasaran mereka.

Anda juga dapat menjalankan A/B testing pada saluran pemasaran yang berbeda untuk membantu Anda mengoptimalkan strategi periklanan Anda.

A/B testing juga dikenal sebagai pengujian terpisah, melibatkan penayangan dua varian iklan yang sama ke segmen berbeda dari audiens target Anda untuk menentukan mana yang berkinerja terbaik.

Beberapa saluran pemasaran populer yang dapat Anda jelajahi meliputi:

Baca juga: Strategi Pemasaran Era Digital yang Bisa Digunakan Bisnis

7. Mengembangkan materi pemasaran

Langkah selanjutnya adalah mengembangkan materi pemasaran untuk saluran yang Anda rencanakan untuk digunakan. Growth hacking biasanya menguji beberapa jenis materi pemasaran untuk menentukan mana yang berkinerja terbaik.

Beberapa materi pemasaran yang dapat Anda coba meliputi:

  • Konten media sosial
  • Podcast
  • Postingan blog
  • Video digital
  • Webinar
  • Kontes dan hadiah
  • Email

8. Analisis data dan optimalkan kampanye Anda

Gunakan metrik utama yang Anda buat untuk kampanye Anda untuk mengumpulkan dan menganalisis data. Anda dapat merujuk data ini dengan tolok ukur dari kampanye sebelumnya untuk menentukan seberapa sukses upaya pemasaran Anda.

Anda juga dapat meneliti tolok ukur industri untuk menentukan biaya rata-rata per tindakan atau jumlah hasil yang diterima perusahaan lain dengan produk terkait. Ini dapat membantu Anda menilai keseluruhan kinerja kampanye Anda.

Pertimbangkan area mana dari kampanye Anda yang berkinerja baik dan di mana mungkin ada ruang untuk perbaikan, kemudian gunakan apa yang telah Anda pelajari untuk meningkatkan kampanye Anda berikutnya.

Ini dapat membantu Anda mengembangkan kampanye pemasaran yang lebih hemat biaya dan efisien.

Banner 2 kledo

Baca juga: 10 Metode Riset Pemasaran yang Bisa Digunakan Bisnis Anda

Tips dalam Menerapkan Strategi Growth Hacking

growth hacking

Berikut adalah beberapa tip untuk membantu Anda menerapkan strategi growth hacking yang sukses:

Atur data Anda

Jaga agar data dan analitik Anda tetap teratur dengan menggunakan spreadsheet untuk melacak metrik utama.

Anda juga dapat meneliti berbagai program perangkat lunak data dan analitik yang mungkin terintegrasi dengan saluran pemasaran yang Anda rencanakan untuk digunakan.

Optimalkan saat Anda mulai

Daripada menunggu kampanye pemasaran berakhir, pertimbangkan untuk mengoptimalkan bagian kampanye yang berbeda, seperti elemen visual atau salinan tertulis, saat masih aktif.

Ini dapat membantu Anda mengurangi biaya dengan mengalokasikan lebih banyak anggaran iklan ke teknik pemasaran yang memberikan laba atas investasi tertinggi.

Catat kemajuan Anda

Lacak kemajuan Anda dengan menyusun laporan di akhir setiap kampanye. Ini dapat membantu Anda menentukan seberapa sukses kampanye dibandingkan dengan kampanye sebelumnya.

Ini juga dapat memberi Anda data penting untuk referensi di masa mendatang.

Berinvestasi dalam perangkat lunak yang tepat

Berinvestasi dalam program data dan analitik yang tepat dapat membantu Anda melacak kinerja kampanye dan meningkatkan efisiensi Anda.

Ini juga dapat membantu Anda mengoptimalkan kampanye dan menentukan ROI Anda secara keseluruhan. Gunakan mesin pencari untuk menentukan perangkat lunak mana yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda berdasarkan saluran pemasaran yang Anda gunakan.

Baca juga: Pelanggan Potensial: Mengetahui Jenisnya dan Cara Menjangkau Mereka

Contoh Kasus

Berikut adalah beberapa contoh strategi growth hacking yang sukses yang dapat Anda pelajari:

Contoh 1

Platform manajemen file online baru yang ingin meningkatkan pelanggan dengan memberi penghargaan kepada pengguna yang ada dengan ruang penyimpanan tambahan untuk setiap orang yang mereka undang untuk mendaftar.

Strategi growth hacking ini memberikan nilai bagi pelanggan saat ini dengan memenuhi kebutuhan mereka akan ruang penyimpanan tambahan.

Ini juga mendorong pelanggan baru di audiens target untuk berbagi produk dengan individu yang berpikiran sama yang dapat mengambil manfaat dari menggunakan platform manajemen file online.

Contoh 2

Sebuah perusahaan pasta gigi membuat video yang mengesankan tentang layanan berlangganan baru mereka, yang mengirimkan pasta gigi dan benang gigi baru setiap bulan kepada anggota hanya dengan seribu rupiah

Mereka menggunakan video ini untuk menjalankan iklan di berbagai platform media sosial, aplikasi digital, dan stasiun televisi. Video dengan cepat menjadi viral dan langganan meningkat secara dramatis.

Strategi growth hacking ini berhasil karena memadukan produk yang dibutuhkan orang dengan biaya rendah dan layanan pengiriman yang nyaman.

Dengan menjalankan iklan video yang sama di berbagai platform, perusahaan dapat menjangkau lebih banyak orang. Metode ini juga dapat memastikan bahwa orang-orang di audiens target melihat video beberapa kali, yang dapat membuat iklan lebih mudah diingat dan mempengaruhi penonton untuk membeli produk.

Contoh 3

Platform baru yang menawarkan diskon untuk barang dan jasa lokal ingin meningkatkan pengguna. Untuk melakukan ini, mereka memerlukan jumlah minimum orang untuk mengklaim setiap diskon agar kesepakatan dapat diaktifkan.

Mereka juga mendorong pengguna untuk membagikan diskon yang mereka minati dengan teman-teman mereka. Referensi ini membantu mereka meningkatkan jumlah pengguna di platform mereka.

Dalam contoh ini, perusahaan memberi pelanggan diskon yang berharga untuk barang dan jasa yang mungkin sudah ingin mereka beli. Mereka juga memberikan insentif bagi pengguna untuk mengundang teman mereka menggunakan platform, yang membantu mereka menjangkau lebih banyak pelanggan potensial dengan nilai yang sama.

Baca juga: 10 Strategi Penjualan dan Cara Melakukan Perencanaan Strategi Penjualan

Kesimpulan

Itulah pengertian lengkap tentang growth hacking, strategi, tips dan contohnya yang bisa Anda adaptasikan dalam bisnis Anda. Proses growth hacking memang membutuhkan perencanaan dan data yang faktual agar proses pemasaran berjalan maksimal dan menghasilakan ROI yang memuaskan.

Untuk memudahkan Anda dalam memantau keuntungan dan memantau ROI dalam bisnis, ada baiknya Anda menggunakan sistem akuntansi yang memiliki fitur sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda dan mudah digunakan, salah satunya adalah Kledo.

Kledo adalah software akuntansi berbasis cloud yang sudah digunakan oleh lebih lebih dari 10 ribu pengguna dari berbagai jenis dan skala bisnis di Indonesia.

Dengan menggunakan Kledo, Anda bisa dengan mudah memantau kesehaatan keuangan bisnis, mencatat pembukuan dan transaksi, membuat laporan keuangan, dan masih banyak lagi.

Jadi tunggu apalagi? Anda bisa mencoba menggunakan Kledo secara gratis selama 14 hari atau selamanya melalui tautan ini.

sugi priharto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × 3 =